Apa saja kesalahan-kesalahan saat melunasi utang? Ikuti cerita kakek Fico, mengenai kesalahaan saat melunasi utang.

 

6 Kesalahan Saat Melunasi Utang yang Harus Anda Hindari

Apakah Anda pernah menyadari seseorang yang sudah terkena jebakan kartu kredit atau utang konsumtif sulit untuk keluar dari jeratan utang? Ternyata banyak orang yang tidak sadar jika mereka melakukan kesalahan parah, seperti yang dilakukan oleh Kakek Fico. Apa saja kesalahan-kesalahan saat melunasi utang?

Pelajaran Beharga 7 Kesalahan Kakek Fico Saat Meluasi Utang 1 - Finansialku

[Baca Juga : 9 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Terlilit Utang]

 

Simak diskusi antara Kakek Fico dengan Papa Ronald:

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Pa, kasihan teman Ronald si Uli. Dia terkena jebakan kartu kredit dan KTA, sampai-sampai gajinya habis untuk bayar cicilan.

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Waduh kasihan sekali si Uli, papa dulu pernah mengalami masalah yang sama.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Emang papa dulu pernah terjebak masalah utang?

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Ya betul Ronald, papa pernah terjebak dengan utang. Papa takut sekali terkena masalah tersebut. Papa menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk keluar dari masalah utang.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Apa mungkin Uli melakukan kesalahan sama seperti papa dulu ya?

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Ya mungkin saja si Uli teman kamu melakukan kesalahan seperti yang papa dulu lakukan. Dulu papa pernah melakukan kesalahan saat melunasi utang. Salah satunya adalah salah mindset. Dulu papa berpikir tidak masalah menambah utang, karena gaji papa kan naik saat itu. Dari staff jadi supervisor dan asisten manager. Jadi papa waktu itu mikirnya nambah utang tidak masalah. 

Gaji Besar Kok Tidak Punya Tabungan, Ini Penyebabnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Gaji Besar Kok Tidak Punya Tabungan, Ini Penyebabnya]

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Ya pa, harusnya mikirnya jangan seperti itu ya, karena utang itu sebenarnya nambah masalah untuk keluarga.

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Ya Ronald, sebenarnya ada dua jenis utang ada utang produktif dan utang konsumtif. Permasalahannya dulu papa utangnya konsumtif semua, jadi nambah masalahnya. Selain itu papa juga saat itu ga punya rencana atau strategi untuk beresin utang.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Wah maksudnya ga punya rencana itu gimana pa?

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Pada saat itu, papa tidak punya rencana atau strategi untuk melunasi utang. Kalau keingetan pas zaman dahulu, papa jadi mikir kok dulu bodoh amat ya.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Emangnya ada ya strategi atau rencana untuk menyelesaikan utang?

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Ya ada donk, Akhirnya papa bicara sama perencana keuangan papa dan diberi cara melunasi utang, namanya debt snowball. Papa dibuatkan strategi untuk melunasi utang dan akhirnya papa jalanin strateginya. Salah satu strateginya adalah bayar utang yang jumlahnya paling kecil dan lainnya bayar di atas pembayaran minimum.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Ow jadi harus bayar utang dengan pokok yang paling kecil ya? Jadi masalah papa saat itu beres donk, karena sudah ada strateginya.

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

ya kurang lebih begitu sih Ronald, papa fokus melunasi utang dengan cara menambah penghasilan dan mengurangi pengeluaran. Papa sampai ngirit-ngirit banget. Papa motong biaya-biaya konsumtif, termasuk makan di resto, nonton bioskop dan lainnya. Mama kamu dulu sempet ngomel-ngomel sih.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Harusnya kalau begitu utang papa sudah pasti cepat lunas donk ya?

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Ya pas itu ada kebutuhan darurat, kalau ga salah kamu sakit deh. Jadi papa harus pinjem utang lagi deh. Ronald kamu harus inget-inget ya, jangan pernah gunakan dana darurat untuk bayar utang.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Ya Pa, okeii..

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

kalau dirangkum papa dulu punya beberapa kesalahan saat melunasi utang. 

  1. Salah mindset
  2. Tidak punya rencana atau strategi
  3. Bayar telat dan/atau bayar minimum
  4. Terlalu ngirit
  5. Menggunakan dana darurat untuk membayar utang
  6. Menambah Utang Lagi

 

Kasi tahu ke temen kamu si Uli, agar dia melunasi utang dengan cara yang benar.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Ya Pa, terima kasih infonya. Ronald akan whatsapp si Uli, biar dia mulai melakukan hal yang benar. Plus aku kasih tahu nomor perencana keuangan kita.

Kakek Fico - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)com
Kakek Fico

Ya Ronald, semoga masalah utang Uli segera dapat terselesaikan dan mulai merencanakan keuangannya.

 

Hindari 6 Kesalahannya Saat Melunasi Utang dan Mulai Memperbaiki Kondisi Keuangan

Banyak orang melakukan kesalahan saat melunasi utang, sehingga utang tidak kunjung beres. Jika Anda atau kenalan Anda mengalami permasalahan utang, mulailah merencanakan keuangan dengan benar. Jangan sampai Anda melakukan 6 kesalahan tersebut, khususnya mindset dan rencana keuangan. Untuk membantu Anda memperbaiki masalah utang, silakan cek flowchart berikut ini:

Cara Melunasi Hutang, Kredit dan Cicilan [Flowchart] - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Cek Flowchart : Cara Melunasi Utang, Kredit dan Cicilan]

 

Selain mengurangi pengeluaran (khususnya pengeluaran konsumtif Anda), pertimbangkan juga menambah penghasilan bulanan. Gunakan penghasilan tambahan tersebut untuk fokus melunasi utang-utang yang sudah ada.

Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada teman-teman Anda yang terkena masalah utang, karena mereka juga perlu bantuan untuk menyelesaikan utang mereka. Semoga utang mereka juga dapat segera terlunasi.

 

Apakah Anda pernah mendapat masalah saat melunasi utang? Silakan share pengalaman Anda, pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar :

  • Bad Debts – https://goo.gl/WfrD00

 

Ingin tahu Cerita Keluarga Ronald?

Cerita Seru Keluarga Ronald

 

Sumber Gambar

Logo Freepik

Karakter keluarga Ronald adalah courtesy dari www.Freepik.com people avatar 761436. Anda dapat mendownload karakter-karakternya di www.Freepik.com.

Couple Talking – https://goo.gl/Kaztca

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]