Royal Garden Spa, Peluang Bisnis Spa Keluarga Warisan Nusantara

Hampir 10 tahun berada di industri spa & reflexology, Royal Garden Spa membuka peluang franchise bagi para pebisnis.

Siapa sangka sebuah ide spa dan reflexology dapat diterima dengan baik di tengah masyarakat Indonesia.

Tidak percaya? Cek peluang bisnisnya berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Bagi Anda para investor tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis investasi yang satu ini.

Pada dasarnya, waralaba (franchise) adalah ikatan bisnis di mana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya.

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Karena seluruh sistem dan kebutuhannya telah disediakan oleh penyedia waralaba (franchisor), maka bisnis ini sangatlah praktis.

Selain itu, karena sudah dikembangkan terlebih dahulu oleh franchisor-nya, maka bisnis ini juga cukup menjanjikan.

Royal Garden Spa 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Franchisor dan franchisee di sini berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain.

Mengapa demikian? Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Waralaba menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik dan kabar baiknya sudah banyak alternatif pilihan dalam berbisnis waralaba.

Namun sebelum Anda mulai berbisnis waralaba, Finansialku akan menjabarkan mengenai bisnis spa and reflexology Royal Garden Spa berikut ini.

 

Spa dan Reflexology

Menurut Wikipedia, spa adalah bisnis yang menawarkan berbagai layanan dengan tujuan meningkatkan kesehatan, kecantikan, dan relaksasi melalui treatment seperti pijat, facial wajah, dan perawatan rambut.

Sedangkan reflexology atau pijat refleksi dalam Wikipedia disebut sebagai ilmu yang mempelajari ilmu tentang pijat di titik-titik tubuh tertentu.

Pijat ini dilakukan dengan alat tangan dan benda-benda lain berupa kayu, plastik, atau karet.

Praktisi pijat ini mempunyai pengetahuan tentang saraf-saraf manusia, dan masih berhubungan dengan pengobatan tusuk jarum.

Dengan kata lain, spa dan reflexology merupakan sebuah tempat relaksasi yang menawarkan layanan kesehatan dan kecantikan.

Layanan kesehatannya berupa pijat pada titik-titik tubuh untuk memperoleh efek pada bagian tubuh lainnya, sementara layanan kecantikannya berupa pijat dan facial wajah, serta perawatan rambut.

Royal Garden Spa 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Akar Bisnis Royal Garden Spa

Royal Garden Spa mulai berdiri sejak tahun 2009, di mana mereka memproklamirkan diri sebagai salah satu pebisnis spa dan reflexology yang mengutamakan pelayanan terbaik serta pelayanan terapis berkualitas bagi keluarga.

Mengapa untuk keluarga?

Anita Feng, pemilik Royal Garden Spa mengungkapkan alasannya:

“Karena saya melihat selama ini tempat spa sangat jarang sekali yang diperuntukkan untuk keluarga. Dan biasanya ketika sang suami beserta anaknya mengantarkan istrinya ke tempat spa, pasti hanya istrinya saja yang melakukan treatment sementara suami dan anaknya menunggu di luar.”

 

Tanpa disangka, kini Royal Garden Spa telah berkembang hingga memiliki 31 buah cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Spa dan reflexology kini menjadi gaya hidup yang digandrungi oleh segala usia.

Bukan hanya bagi wanita, namun kini pria dan anak-anak bisa menikmati pelayanan ini.

Spa dan reflexology dinilai dapat melepas penat dan stres yang semakin tinggi dalam kesibukan dewasa ini, sehingga tak diragukan lagi bisnis ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat zaman sekarang.

Royal Garden Spa 04 Anita Feng - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Ini Dia 8 Jenis Franchise yang Perlu Anda Ketahui]

 

Anita membenarkan isu tersebut dengan mengungkapkan bahwa bisnis di bidang kecantikan tak pernah terpengaruh oleh krisis dan tetap ramai dalam keadaan apapun.

Menurutnya, perawatan tubuh dan kecantikan ini kini bukanlah sebuah kemewahan, namun dibutuhkan oleh laki-laki, wanita, dan anak-anak baik dalam tujuan kecantikan atau hanya sebagai ajang relaksasi bagi tubuh.

Menurut Anita, bisnis spa dan reflexology juga merupakan sebuah wujud nyata dari budaya Indonesia yang telah dikenal di mata internasional.

Oleh karena itulah Royal Garden Spa mengusung tagline “Mahakarya Warisan Nusantara” yang bermakna menggabungkan budaya adiluhung Indonesia menjadi perawatan kelas dunia.

 

Perkembangan Royal Garden Spa

Saat ini, Royal Garden Spa sudah memiliki 30 item produk dengan sertifikasi sah dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun kualitas tinggi ini bukan berarti harganya mahal. Royal Garden Spa menjanjikan spa berkualitas dengan harga terjangkau.

Berkualitas di sini dimaksud dengan penggunaan bahan-bahan yang aktif alami dan aman meski bagi kulit sensitif sekalipun, serta bagi anak-anak di atas usia 1 tahun.

Produk yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari treatment rambut, hingga wajah, dan tubuh.

Produk ini ditawarkan bagi Anda yang berminat menjadi reseller.

Royal Garden Spa 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Berkembangnya cabang dan produk yang ditawarkan membawa empat belas penghargaan bagi Royal Garden Spa di tingkat nasional, berikut ini beberapa penghargaan yang diterima oleh Royal Garden Spa:

  • Franchise Market tahun 2014
  • Franchise Top Choice 2015
  • Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri, dan masih banyak lagi.

 

Dengan komitmen tinggi untuk selalu menginovasi dan menjamin kualitas layanannya, Royal Garden Spa berhasil memberikan pelayanan terbaik dalam kategori spa dan reflexology kelas menengah.

Asosiasi Franchise Indonesia dan Departemen Perdagangan bahkan meminta Royal Garden Spa untuk mewakili spa Indonesia dalam pameran franchise bergengsi di HKDTC, Hongkong.

Anita bersyukur atas dukungan dan kesempatan yang diberikan kepada bisnisnya:

“Berkat kerja keras semua tim dari Royal Garden Spa kami diberikan kesempatan untuk mewakili Indonesia di pameran franchise bergengsi di Hongkong. Dan bahkan kami telah menandatangani Letter of Intent dengan calon mitra dari Changsa, China. Selanjutnya kami akan fokus ke prioritas membangun merek Indonesia yang dihargai di mata internasional, melalui international franchising.”

 

Dapat dilihat bahwa beberapa penghargaan dan pencapaian sukses Royal Garden Spa mengusung tema “waralaba” alias franchise. Kok bisa ya?

Tentunya karena Royal Garden Spa sudah membuka peluang kemitraan bagi para pebisnis nasional yang tertarik dalam bidang perawatan tubuh dan kecantikan ini.

Penasaran? Mari simak peluang bisnisnya berikut ini.

 

Peluang Waralaba (Franchise) Royal Garden Spa

Setelah mengembangkan bisnisnya hingga ke ranah internasional, Royal Garden Spa tidak berniat berhenti sampai di sana.

Mereka kemudian memperluas bisnisnya dengan membuka paket kemitraan atau investasi bagi para pebisnis nasional dalam bidang tersebut.

Keseriusan ini dibuktikan dengan adanya 2 training center yang dibangun di Depok dan Tangerang.

Menurut Anita, training center tersebut dibangun untuk mencari para SDM yang berkualitas:

“Di tempat tersebut SDM tidak hanya dilatih dalam hal treatment, tetapi juga kurikulum, Standard Operating Procedure (SOP), dan mencakup standar kebersihan tubuh, peralatan, serta lingkungan. Selain itu SDM juga harus mengikuti ujian tertulis, ujian lisan, dan praktik.”

 

Menurut Anita, cara ini ditujukan untuk membantu para mitra agar tetap bisa menyajikan layanan sesuai standar kualitasnya.

Adapun Royal Garden Spa menawarkan 3 paket kemitraan (waralaba) dengan harga yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang berminat, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tapi sebelum itu, Anda perlu mengetahui kiat-kiat untuk mengelola keuangan pribadi dan bisnis supaya mengurus uang bisnis dan uang pribadi jadi jauh lebih mudah.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Paket Value for Money

Investasi ini bernilai Rp266 juta, di mana Anda sebagai mitra akan memperoleh dukungan penuh dalam proses berikut ini:

  • Survei lokasi,
  • Rekrutmen SDM,
  • Training karyawan,
  • Sistem software online,
  • Peralatan operasional spa dan reflexology lengkap.

 

Namun investasi ini belum mencakup biaya sewa lokasi, di mana syarat luas minimal lokasi 100m2 diberlakukan. Luas yang disarankan adalah 120m2 hingga 150m2.

 

#2 Paket Royal Garden Spa Center

Dengan merogoh kocek sebanyak 286 juta rupiah, Anda sebagai mitra bisa membeli paket kedua yang hampir serupa dengan paket pertama.

Letak perbedaannya hanyalah luas lokasi yang disarankan yakni 180m2 hingga 260m2 dengan konsep bangunan minimalis.

 

#3 Paket Royal Garden Platinum

Paket paling mewah adalah Royal Garden Platinum yang dibanderol dengan harga 386 juta rupiah.

Anda disini memperoleh kelebihan berupa nuansa spa dan reflexology yang didukung dengan desain sesuai tema “Mahakarya Warisan Nusantara”.

Royal Garden Spa 06 Royal Garden Platinum - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Anita menjabarkan bahwa paket pertama dan kedua adalah diperuntukkan untuk kalangan menengah yang lokasinya juga terletak di daerah perumahan kalangan menengah.

Sedangkan paket ketiga diperuntukkan bagi customer kalangan atas yang ingin merasakan premium treatment sambil menikmati kekayaan alam adiluhung budaya Indonesia.

Berdasarkan penjelasan Anita, bisnis waralaba ini juga berpotensi memberikan omzet cukup besar, yakni sekitar 48 hingga 100 juta rupiah per bulannya.

Namun omzet tersebut diperhitungkan berdasarkan harga treatment dan target penjualan yang ditentukan dari kemampuan target market di sekeliling lokasi, kompetitor, serta harga sewa lokasi.

Anita juga mengungkapkan bahwa ke depannya Royal Garden Spa akan mengembangkan program terbarunya yakni Android Application Online Booking dan Website Online Booking.

Dengan teknologi tersebut, diharapkan konsumen akan lebih mudah untuk melakukan pemesanan dalam 31 cabang Royal Garden Spa.

 

Ingin Menjadi Mitra Royal Garden Spa? Daftar Sekarang Juga!

Setelah melihat perkembangan bisnisnya, apakah Anda ingin menjadi mitra bisnis Royal Garden Spa?

Jika berminat, Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya melalui kontak berikut ini:

Sudirman Park A0203

Jl. KH Mas Mansyur Kavling 35, Jakarta Pusat

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang spa dan reflexology.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai franchise Royal Garden Spa lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017
  • Wikipedia. Pijat Refleksi. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/RbAhmW

 

Sumber Gambar:

  • Royal Garden Spa 1 – https://goo.gl/dxYJcL
  • Royal Garden Spa 2 – https://goo.gl/BEW7nS
  • Spa – https://goo.gl/qBJuv1
  • Anita Feng Royal Garden Spa – https://goo.gl/5Y4yss
  • Franchise Royal Garden – https://goo.gl/HhVDrK
  • Royal Garden Platinum – https://goo.gl/vEZUWC

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-28T13:51:23+00:00 December 27th, 2017|Categories: Bisnis, Waralaba (Franchise)|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment