Kata siapa prospek karier lulusan ekonomi cuma sebatas bankir? Kamu punya segudang peluang kerja, bahkan bisa bergabung di Finansialku lho!

Bidang ekonomi bisa dibilang jadi primadona di dunia perguruan tinggi. Alhasil jumlah mahasiswanya kerap mendominasi, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Nah jika kamu salah satu mahasiswa atau lulusan ekonomi, yuk ketahui prospek karir yang cocok dan bisa jadi pilihan untuk kamu tekuni. Ada tips suksesnya juga lho. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sangat Luas, Prospek Karier Lulusan Ekonomi

Sobat Finansialku, berbicara tentang dunia kerja bagi lulusan ekonomi sangatlah luas. Hal ini tidak terlepas dari bidang ekonomi itu sendiri, dimana selain mempelajari ilmu ekonomi juga ada disiplin ilmu lainnya seperti manajemen dan akuntansi.

Tak hanya itu, dari beberapa disiplin ilmu yang menjadi bagian fakultas ekonomi, terdapat bidang kajian atau konsentrasi keilmuan yang lebih spesifik.

Contohnya saja, untuk akuntansi ada akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi syariah, dan sebagainya.

Sementara untuk manajemen, bisa terbagi menjadi manajemen pemasaran atau bisnis, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan operasional. Lalu, untuk ilmu ekonomi terdapat ekonomi public, ekonomi pembangunan, ekonomi industri, dan masih banyak lagi.

Prospektif! Inilah Segudang Peluang Karier Bagi Lulusan Ekonomi 02

[Baca Juga: Apa Tujuan Karier Anda? Ini Jawaban Profesional Wawancara]

 

Sehingga dari beragam disiplin keilmuan inilah yang mendasari para lulusan ekonomi memiliki prospek karier yang begitu luas dan potensial. Bahkan, lulusan ekonomi bisa bersaing dengan lulusan dari beberapa jurusan lainnya, seperti teknik ataupun sosial.

Jadi, Sobat Finansialku yang saat ini masih kuliah atau sudah menyandang gelar sebagai Sarjana Ekonomi, berhenti untuk berpikir bahwa lingkup pekerjaan hanya di sektor perbankan saja.

Masih banyak peluang karir di berbagai sektor yang bisa jadi pilihan dan sesuai dengan bidang yang ingin ditekuni. Mau tahu apa saja? Berikut penjelasannya!

 

#1 Risk Analyst

Nah, jika Sobat Finansialku memiliki concern pada market analis, profesi sebagai risk analyst atau analis risiko bisa kamu coba. Nantinya, kamu harus mengumpulkan berbagai data keuangan perusahaan sebagai dasar saat mengajukan pinjaman atau kerja sama.

Kemampuan menganalisa ini juga bisa kamu manfaatkan saat menentukan kendaraan untuk berinvestasi lho.

 

#2 Credit Analyst

Masih dalam dunia analis, ada profesi sebagai credit analyst yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan survei.

Contohnya saat mengajukan cicilan kendaraan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan biasanya tim dari credit analyst yang akan turun melakukan survei.

 

#3 Akuntan Publik

Tertarik dengan dunia investigasi? Sobat Finansialku bisa menjajal profesi sebagai akuntan publik, karena umumnya berkaitan dengan pengurusan rekam jejak transaksi, mempersiapkan surat-surat keuangan dan pengurusan pengembalian pajak (tax returns).

Pekerjaan ini umumnya di dominasi oleh para Sarjana Ekonomi dari jurusan akuntansi. Kamu bisa bekerja sebagai akuntan publik pada sebuah perusahaan ataupun kamu membuka jasa akuntan publik sendiri.   

 

#4 Financial Planner

Berbekal ilmu ekonomi yang dipelajari di bangku perkuliahan, kamu bisa memanfaatkan peluang karir sebagai financial planner atau perencana keuangan.

Financial Planner membantu merencanakan keuangan klien baik itu keuangan pribadi maupun bisnis, serta membantu mengarahkan untuk mencapai tujuan keuangan para klien, seperti dalam memilih investasi dan sebagainya.

Contohnya seperti saya yang menjadi Financial Planner di Finansialku. Sebagai seorang financial planner, banyak orang yang datang mencari saya untuk berkonsultasi baik melalui konsultasi.finansialku.com maupun aplikasi Finansialku.

Melalui platform tersebut, saya bisa memberikan masukan hingga membuat perencanaan keuangan bagi klien.

Kamu juga bisa berbincang-bincang dengan saya melalui kedua platform tersebut jika kamu ingin mulai merencanakan keuangan ya.

 

#5 Investor Relation Associate

Suka terhubung dengan banyak orang? Mungkin istilah sederhananya membangun networking. Nah, jika ini salah satu kegemaranmu, tidak ada salahnya mencoba peluang berkarier sebagai Investor Relation Associate. Pernah dengar?

Sebagai lulusan ekonomi, kamu berkesempatan menempati profesi ini untuk melakukan pendekatan dan pengenalan dengan para calon penanam modal/saham di perusahaan tempat bekerja

Nah, profesi ini semakin di dukung jika kamu memiliki skill berkomunikasi yang baik agar dapat memberikan informasi mengenai perusahaan dari sudut pandang ekonomi dengan penyampaian yang jelas.

 

#6 Tenaga Pengajar/Dosen

Tidak sedikit lulusan ekonomi yang berkecimpung di bidang pendidikan yakni sebagai tenaga pengajar atau dosen. Tentunya, sebagai dosen maka kamu harus selalu upgrade keilmuan yang dimiliki setidaknya bergelar S2.

Dengan studi lanjut bahkan mengambil disiplin ilmu yang lebih spesifik, dapat meningkatkan keahlian di bidang tersebut.

Eits, ketika menjadi dosen fokusnya tidak hanya mengajar saja ya, jangan lupa untuk melakukan aspek Tridharma Perguruan Tinggi lainnya selain pendidikan, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

#7 Penulis/Content Creator

Menggeluti bidang penulisan seperti membuat artikel, tidak hanya digeluti oleh lulusan jurnalistik saja.

Selama memiliki ide, pemikiran, kamu bisa menuangkannya ke dalam berbagai bentuk baik tulisan, gambar, ataupun video sebagai content creator.

 

#8 Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Kesempatan lulusan ekonomi untuk menjadi PNS yang bekerja di pemerintahan sangat terbuka lebar.

Beberapa kantor pemerintahan yang biasanya memerlukan para lulusan ekonomi yaitu Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bappenas dan Bappeda.

Itulah beberapa peluang karier untuk para lulusan ekonomi, ternyata cakupannya sangat luas, bukan?

Walaupun sektor perbankan menjadi salah satunya, tapi kamu jangan terpaku pada sektor itu saja karena masih banyak bidang lain yang memerlukan lulusan ekonomi lho.

 

banner -keuangan mahasiswa

 

Tips Sukses Berkarier untuk Lulusan Ekonomi

Sobat Finansialku, begitu luasnya kesempatan karir bagi lulusan ekonomi, maka dari itu kamu harus bisa memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan yang ada di depan mata dengan sebaik mungkin.

Nah, sebelum menutup artikel kali ini saya ingin membagikan beberapa tips untuk meraih kesuksesan berkarir untuk para lulusan ekonomi. Yuk disimak!

 

#1 Tentukan Bidangnya

Mengingat banyaknya disiplin keilmuan di bidang ekonomi, maka akan lebih baik ketika di bangku kuliah kamu sudah berpikir jangka panjang, kira-kira bidang apa yang ingin kamu tekuni? Ingin bekerja di perusahaan apa? Ingin menjajal profesi apa?

Semua hal itu sebaiknya sudah tergambar saat kamu menjadi mahasiswa ekonomi, paling tidak ketika kamu menyandang gelar sarjana ekonomi.

 

#2 Pelajari Bidang yang Digeluti

Setelah membuat keputusan, maka pelajari bidang tersebut. Seperti potensi bisnisnya, isu yang harus diperhatikan, dan lain sebagainya. Sehingga kamu lebih siap untuk menjalani profesi tersebut.

 

#3 Mengasah Skill

Meskipun sudah memiliki bekal ilmu di bangku kuliah, bukan berarti kamu merasa cukup atau puas. Mengasah dan meningkatkan skill tetap harus dilakukan, khususnya yang berkaitan dengan job description di tempatmu bekerja.

 

#4 Menjaga Integritas

Last but not least, integritas adalah hal utama karena nama baik sangat mahal harganya dan berlaku seumur hidup. So, di manapun, kapanpun, jagalah integritasmu.

 

Siap Wujudkan Karier Gemilang

Sobat Finansialku, karier yang gemilang tidak akan menghampiri begitu saja. Agar dapat mewujudlannya, diperlukan usaha, kerja keras, dan keseriusan dalam menjalaninya.

So, tidak ada kata terlambat. Manfaatkan setiap peluang yang ada, jangan hanya menunggu atau menunda.

 

Sobat Finansialku, itulah pembahasan tentang prospek karir untuk lulusan ekonomi. Semoga informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan membuka peluang karir yang diimpikan.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada keluarga dan rekan yang juga lulusan ekonomi, supaya mereka juga bisa memanfaatkan kesempatan berkarir. Terima kasih.

 

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3uowA22
  • https://bit.ly/3qNZ1nE