Menjalankan usaha franchise bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan. Lalu, peluang usaha franchise 2019 seperti apa yang tepat untuk Anda?

Anda dapat memilih dan belajar dari 5 peluang usaha franchise di tahun 2019 yang tidak mengecewakan melalui artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Peluang Usaha Franchise 2019

Secara umum waralaba atau franchise merupakan suatu bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa cara membeli lisensi dagang.

Pemegang franchise, membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise untuk menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis waralaba serta hak untuk menjual produk dan mendapat dukungan dari pemilik franchise.

 

Peluang Usaha Franchise 2019: Tidak Mengecewakan

Dalam memulai suatu bisnis tentu akan ada risikonya, bahkan franchise pun memiliki risiko.

Namun salah satu keuntungan membeli franchise dibanding membangun usaha dari nol adalah kemungkinan yang lebih besar untuk memperoleh sukses dengan mudah, karena merek dagang yang digunakan sudah dikenal banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan lain membuka bisnis franchise.

Tengok 5 Peluang Franchise 02 Franchise 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

#1 Memulai Bisnis Lebih Cepat

Membuka bisnis dengan membeli franchise jauh lebih cepat daripada membuka bisnis perorangan dari nol.

Hal ini disebabkan karena franchise sudah memiliki model bisnis. Pemilik franchise juga akan memberikan panduan dan persyaratan untuk menjalankan bisnis tersebut dengan baik.

 

#2 Mendapat Pelatihan dan Dukungan

Franchise merupakan bisnis tim, sehingga pemilik franchise akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai standar tertentu.

Tengok 5 Peluang Franchise 03 Franchise 3 - Finansialku

[Baca Juga: Dijamin Berhasil! 10 Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba]

 

#3 Panduan Memilih Lokasi

Menentukan lokasi bisnis yang strategis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengusaha. Padahal lokasi yang strategis menentukan kesuksesan dari bisnis itu sendiri.

Dengan membeli franchise, maka Anda tidak perlu lagi kebingungan mencari lokasi yang strategis karena Anda akan mendapat panduan dari pemilik franchise untuk menentukan lokasi bisnis Anda.

 

#4 Merek yang Terkenal

Memperkenalkan merek dagang yang Anda bangun kepada masyarakat bukanlah hal yang mudah.

Kebanyakan pengusaha membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun reputasi dari merek dagang mereka dan memperoleh pelanggan yang setia.

Dengan membuka usaha franchise maka Anda tidak perlu kesulitan membangun reputasi tersebut, karena merek dagang dari usaha franchise Anda sudah dikenal masyarakat, begitu pula dengan reputasinya.

Tengok 5 Peluang Franchise 04 Franchise 4 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Hal Yang Membuat Bisnis Waralaba Sukses dan Gagal! Pahami Sekarang!]

 

#5 Mudah Memperoleh Keuntungan

Kebanyakan pengusaha yang membangun usaha mereka dari nol akan mengalami kerugian di awal.

Hal ini karena produk yang ditawarkan masih belum banyak dikenal masyarakat, sehingga konsumen yang dimiliki pun jumlahnya masih sedikit.

Dengan membuka usaha franchise, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan keuntungan, karena bisnis Anda sudah memiliki banyak konsumen.

Tengok 5 Peluang Franchise 05 Franchise 5 - Finansialku

[Baca Juga: Tengok Peluang Bisnis dan Waralaba Es Kepal yang Viral di Media Sosial!]

 

#6 Tidak Memerlukan Biaya Pemasaran yang Besar

Dengan membuka bisnis franchise, maka Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana caranya memasarkan bisnis Anda, karena pemilik franchise sudah menyiapkan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda.

Hal ini juga dapat membuat Anda mendapatkan media promosi secara gratis dari pemilik franchise.

 

#7 Dukungan Sesama Rekan Franchise

Kesuksesan dari satu usaha franchise akan membantu kesuksesan dari usaha franchise yang lain. Sehingga para pemegang usaha franchise akan saling membantu dan mendukung kesuksesan dari merek dagang bisnis tersebut.

Biaya awal dan royalti yang Anda keluarkan akan membantu mendanai biaya kantor pusat, perekrutan dan pelatihan karyawan baru serta pemasaran dalam skala besar.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

5 Peluang Usaha Franchise di Tahun 2019 yang Tidak Mengecewakan

Bisnis franchise membantu Anda membuka dan mengembangkan bisnis lebih cepat dengan sistem operasional yang sudah mantap, serta dukungan dan saran dari pemilik franchise maupun sesama pemegang franchise.

Yuk simak peluang usaha franchise apa saja yang menguntungkan!

 

#1 JNE

JNE didirikan pada tahun 1990 dan berkembang dengan pesat hingga sekarang. Di awal perkembangannya JNE merupakan bagian dari perusahaan ekspedisi barang internasional yaitu PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki).

Saat ini sudah terdapat ratusan agen resmi milik JNE yang tersebar di seluruh Indonesia.

Meskipun demikian peluang untuk menjadi agen atau mitra bisnis usaha ini tetap menjanjikan, terlebih jika Anda memiliki tempat yang lokasinya strategis.

Untuk bisa bergabung dengan JNE, sebelumnya Anda harus menyediakan modal awal sebesar Rp5,5 juta yang akan digunakan untuk mengurus perjanjian dan dana promosi.

Lalu Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp10 juta untuk pihak JNE sebagai jaminan. Namun dana ini akan dikembalikan setelah masa kontrak yang telah disepakati selesai.

Tengok 5 Peluang Franchise 06 JNE - Finansialku

[Baca Juga: 5 Bisnis Waralaba Kurir yang Menjanjikan: JET Express, JNE, SiCepat, TIKI, Wahana]

 

#2 Kumon

Kumon memiliki model bisnis yang telah teruji selama lebih dari 50 tahun. Materi-materi Kumon secara berkelanjutan terus ditingkatkan guna memaksimalkan pembelajaran dan perkembangan siswa.

Kumon telah tersebar luas di dunia dengan lebih dari 7.500 kelas, Kumon mempunyai lebih dari 4,2 juta siswa di 50 negara dan region di seluruh dunia.

Tengok 5 Peluang Franchise 07 Kumon - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Buka Usaha Bimbel? Anda Bisa Melirik Pada Waralaba Pendidikan]

 

#3 Sabana Fried Chiken

Rasanya yang dibilang mirip dengan KFC membuat Sabana Fried Chicken mempunyai penggemar setia sendiri.

Apalagi harga ayam goreng yang ditawarkan dapat dikatakan murah. Dengan membayar Rp15 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan paket ayam dan nasi.

Untuk membeli franchise ini, Anda membutuhkan kisaran modal sebesar Rp16,7 juta.

Selama 3 bulan pihak Sabana akan memantau dan membimbing perkembangan usaha Anda.

Jika Anda bisa sukses menjalankan bisnis franchise Sabana Fried Chicken ini, maka dalam satu bulan Anda bisa mengantongi omzet hingga Rp20 juta.

Tengok 5 Peluang Franchise 08 Sabana - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Peluang Bisnis dan Waralaba McDonalds di Indonesia]

 

#4 Kebab Baba Rafi

Franchise makanan yang satu ini sudah terkenal sekali. Apakah Anda pernah melihat gerobak dengan tulisan Kebab Baba Rafi saat sedang di jalan atau saat mampir ke minimarket?

Kebab Baba Rafi adalah salah satu franchise makanan yang sukses besar dan paling lama bertahan. Ingin bermitra dengan Kebab Baba Rafi?

 

Anda perlu menyediakan dana sebesar Rp75 juta. Dengan modal tersebut Anda akan mendapat kedai dari model gerobak hingga kontainer, karyawan, dan Anda juga akan dicarikan lokasi yang strategis untuk berjualan.

Kebab Baba Rafi dalam satu hari bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp650 ribu. Ini artinya Anda dapat meraih omzet sekitar Rp19,5 juta per bulan.

Tengok 5 Peluang Franchise 09 Kebab Baba Rafi - Finansialku

[Baca Juga: Pemilik Bisnis Waralaba, Belajar Kesuksesan dari Franchise Upnormal]

 

#5 Indomaret

Indomaret merupakan jaringan ritel waralaba terbesar di Indonesia, yang sudah berdiri sejak tahun 1988 di Ancol, Jakarta Utara.

Salah satu anak perusahaan milik Salim Group ini dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Tahun 1997 perusahaan ini mengembangkan bisnis waralabanya untuk pertama kali di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai.

Hingga awal tahun 2017, jumlah gerai Indomaret sudah tercatat sebanyak 13.000 toko. Mitra usaha waralaba Indomaret ini meliputi koperasi, badan usaha dan perorangan.

Kini gerai Indomaret sudah tersebar merata dari Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

Tengok 5 Peluang Franchise 10 Indomaret - Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung Jadi Buntung! Ketahui Cara Memilih Bisnis Waralaba yang Benar!]

 

Miliki Bisnis Franchise Sukses Dari Sekarang

Setiap usaha bisnis pasti akan menghadapi berbagai rintangan, karena itu Anda harus siap menjalani berbagai rintangan tersebut dan jangan mudah menyerah.

Kesuksesan tidak dapat diraih secara instan karena segala sesuatu akan ada prosesnya. Teruslah berjuang untuk membangun bisnis Anda!

 

Bagi Anda yang masih bingung untuk membuka usaha franchise Anda bisa menuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain yang tertarik juga untuk membuka usaha franchise, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 April 2018. Ide Bisnis Waralaba Untuk Karyawan 2019. Embunmulia.com – https://goo.gl/9Z9ifC

 

Sumber Gambar:

  • Franchise – https://goo.gl/xNzkJ2
  • JNE – https://goo.gl/WS4q6T