Melirik waralaba kursus musik bisa jadi arahan yang tepat untuk melebarkan pemasukan Anda karena minat musik yang semakin digandrungi.

Hal ini disebabkan tingginya kebutuhan para orang tua dalam mengupayakan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Tak heran waralaba kursus musik pun menarik banyak minat orang tua. Tidak percaya?

Yuk simak ulasannya disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Mengapa Waralaba Kursus Musik?

Berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989, pendidikan dilaksanakan dalam bentuk bimbingan, pengajaran, dan latihan.

Banyak orang tua yang mengupayakan pendidikan bagi buah hatinya dengan pendidikan di luar jam belajar formal, misalnya dengan bimbingan belajar atau kursus.

Menurut Syamsu Yusuf dan Junika, pendidikan di luar pendidikan formal ini dapat memberikan bantuan kepada anak untuk mencapai perkembangan yang lebih optimal.

Waralaba Kursus Musik, Bisnis Menggiurkan yang Naik Daun 02

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Nyatanya hal ini sudah mulai menjadi kesadaran bagi para orang tua yang menginginkan perkembangan yang baik bagi buah hatinya.

Dengan demikian, tentu bisa disimpulkan bahwa bimbingan belajar atau kursus ini memiliki potensi yang cukup besar.

Jadi, bidang pendidikan ini kini sudah semakin menjanjikan, karena sudah terbukti ketahanan kritisnya.

Terlebih apabila kursus memberikan jadwal bimbingan yang fleksibel dibandingkan pendidikan formal di sekolah, pastinya lebih cocok untuk anak dengan jadwal yang padat.

Namun tentunya bingung harus memulai dari mana untuk membuka kursus musik ini bukan? Jangan khawatir. Kabar baiknya kini sudah sangat banyak usaha kursus yang menawarkan peluang kemitraan atau waralaba.

Salah satunya adalah kursus di bidang musik. Mengapa musik?

Dunia musik di tanah air terus berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa tahun terakhir ini bahkan banyak musisi tanah air yang membawa nama baiknya ke dunia musik internasional.

Misalnya saja Stephanie Poetri dengan lagunya “I Love You 3000”.

Fenomena ini membuat minat masyarakat terhadap penguasaan kemampuan bermusik tetap tinggi.

Ditambah lagi, memperoleh kemampuan bermusik tak cukup hanya dari belajar secara otodidak. Mereka masih membutuhkan lembaga profesional untuk mendukung minat dan bakat musiknya.

Waralaba Kursus Musik, Bisnis Menggiurkan yang Naik Daun 03

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Jadi, bisnis waralaba kursus musik ini punya potensi besar untuk dikembangkan.

Bagaimana dengan keuntungannya? Tenang. Meski modal yang dikeluarkan untuk menjalani bisnis sekolah musik relatif besar, namun tarif kursus musik juga terkenal cukup tinggi.

Dengan demikian Anda bisa memperoleh keuntungan yang tidak sedikit dari sini.

Sudah semakin tertarik membuka kursus musik?

Jika Anda sudah mulai memantapkan hati Anda, sekarang yuk mulai persiapkan modalnya. Ada banyak buku pengetahuan keuangan di luar sana yang bisa memberikan pengetahuan bagi Anda yang ingin membuka franchise.

Namun di aplikasi Finansialku, Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab untuk berkonsultasi langsung dengan Perencana Keuangan Bersertifikat tentang keuangan pembangunan franchise Anda.

Apabila Anda adalah seorang pengusaha, Anda juga bisa baca buku Finansialku mengenai Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Pribadi agar tidak tecampur dan keduanya memiliki arus kas yang baik.

Nah, kali ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa sekolah musik di Indonesia yang profesional dan sudah dikenal dengan baik.

Semoga artikel ini memberikan jawaban atas pertanyaan Anda tentang alternatif waralaba kursus musik:

 

4 Alternatif Waralaba Kursus Musik

Dunia musik memang tidak akan pernah mati. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melirik waralaba kursus musik yang tentunya bisa memberikan untung besar bagi Anda.

Yuk simak 4 alternatif waralaba kursus musik Indonesia yang pastinya profesional dan sudah dikenal publik berikut ini:

 

#1 Purwa Caraka Music Studio

Nama Purwa Caraka tentu sudah tidak asing di telinga Anda, terutama yang pernah bergelut di dunia musik.

Purwa Tjaraka, seorang musisi kenamaan Indonesia, membangun sebuah sekolah musik sejak 1988.

Sekolah ini terus berkembang setelah meluaskan usahanya dengan sistem waralaba sejak 2001.

Per tahun 2008 silam, cabang dan mitra sekolah musik Purwa Tjaraka masih sekitar 64 mitra. Kini, usaha ini sudah memiliki 80 cabang dan mitra yang berfokus di Kalimantan.

“Sekitar setahun belakangan ini, kami fokus mengembangkan cabang di Kalimantan,” ujar Purwa Tjaraka.

Kang Purwa, begitu panggilan akrab Purwa Tjaraka, mengungkapkan bahwa dirinya enggan memisahkan jumlah antara cabang dan mitranya.

Sebab, ia mengaku selalu turut campur dalam urusan manajemen di tiap sekolah musiknya meski permodalan berasal dari mitra bisnisnya.

Jadi, Anda bisa tenang membuka kursus musik ini karena akan selalu dipandu oleh Kang Purwa.

Waralaba Kursus Musik, Bisnis Menggiurkan yang Naik Daun 04

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Untuk paketnya sendiri ditawarkan dengan harga mulai dari Rp315 juta. Biaya sebesar itu sudah termasuk biaya franchise Rp50 juta dan membeli alat musik senilai Rp65 juta.

Berbagai hal lain yang harus disiapkan adalah bangunan sekolah yang memiliki cukup ruang kelas dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

 

#2 Chic’s Music

Waralaba kursus music lainnya yang bisa Anda lirik adalah Lembaga Pendidikan Musik Chic’s Music.

Pemilik Chic’s Music, Jemmy Suhadi, merintis bisnis ini setelah melihat peluang bisnis yang cukup besar dari antusiasme musik kalangan anak muda.

Bisnis yang bermula pada 1 Oktober 1997 ini didirikannya dengan modal hasil jual alat musik bekas yang ditekuninya sejak tahun 1989. Bisnis ini pun mulai diwaralabakan per bulan Januari 2007.

Waralaba lembaga pendidikan musik ini ditawarkan senilai Rp700 juta dengan jangka waktu lima tahun. Jemmy menjelaskan:

“Investasi itu sudah mencakup semua kebutuhan mitra.”

 

Namun diestimasikan perhitungan balik modal akan diperoleh mitra hanya dua tahun.

Target balik modal tersebut bisa tercapai bila lembaga pendidikan itu mampu merekrut murid rata-rata 200 orang per bulan, dengan biaya kursus Rp225.000- Rp275.000.

Namun kabar terakhir adalah bahwa Jemmy telah memodifikasi tawaran waralaba tersebut. Pasalnya, beberapa mitra sedikit kerepotan menyiapkan kebutuhan memulai bisnis sesuai aturan Chic’s.

“Karena itu, kami modifikasi paket investasi. Jadi mitra tinggal menyiapkan tempat.”

 

Kini, Chic’s Music memiliki 9 mitra. “Kami sedang berusaha menembus pasar Malaysia,” kata Jemmy. Sudah ada tiga calon potensial, tapi masih terbentur aturan di sana.

 

#3 Sekolah Musik Yamaha

Sekolah Musik Yamaha juga merupakan kursus musik kenamaan yang sudah tidak asing lagi. Pasalnya, orang lebih memilih untuk bersekolah musik di sekolah musik yang telah terkenal.

Karena itulah menjalin hubungan franchise dengan sekolah musik yang telah terkenal seperti Sekolah Musik Yamaha merupakan pilihan yang tepat.

Biaya franchise Sekolah Musik Yamaha dibutuhkan sebagai modal awal diantaranya untuk biaya alat musik yang menunjang belajar, biaya buku atau modul dan sarana pembelajaran lainnya, alat promosi, berbagai fasilitas tambahan serta biaya training untuk pengajar.

Karena itulah biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan franchise Sekolah Musik Yamaha diestimasikan mencapai puluhan juta rupiah.

Tertarik membuka waralaba Sekolah Musik Yamaha? Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat langsung menghubungi cabang Sekolah Musik Yamaha terdekat.

 

#4 Calista Music

Calista Music berdiri sejak tahun 2000 silam, dimana kisahnya berawal dari privat keyboard & piano dari rumah kerumah. Bisnis ini berdiri berdasarkan hobi dan melihat peluang usaha yang masih sedikit di Kota Palembang.

Ricky Febriansyah, pemilik Calista Music mengatakan:

“Di Calista Musik Kursus musik, layanan jasa kami meliputi penjualan alat musik, jasa stem piano, jasa pengajar paduan suara, juri musik atau vocal.”

 

Sekolah Musik Calista sendiri menerapkan konsep kekeluargaan. Ricky memaparkan dengan metode belajar yang tetap formal akan tetapi guru dan murid serta admin dengan suasana sahabat bahkan keluarga.

Saat ini Calista Music memiliki 4 gerai, yang tersebar di Palembang dan Kalimantan. Namun Calista Music tetap membuka peluang waralaba bagi yang berminat.

Berbicara mengenai investasi yang ditawarkan di Calista Music, dengan investasi senilai Rp40 juta investor sudah bisa bergabung menjadi mitra Calista Musik.

Waralaba Kursus Musik, Bisnis Menggiurkan yang Naik Daun 05

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

Dari investasi diatas, mitra akan mendapat training admin dan training guru sebanyak 45 pertemuan, website resmi, program online Calista Music berupa laporan keuangan, dan mendapatkan buku pembelajaran sebanyak 100 buku. Mitra cukup menyiapkan lokasi usaha yang nantinya akan di support oleh pihak pusat. Untuk BEP Ricky memperkirakan 1 tahun.

“Setelah investor resmi bergabung dengan kami, tim pusat akan memberikan  website www.domain.com dimana calon mitra nantinya akan memberikan promo dan layanan yang ada di Calista Music. Training di lakukan di palembang atau bisa dilakukan di wilayah mitra.”

 

Ingin Menjadi Pebisnis Waralaba Kursus Musik?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra kursus musik di atas? Jika berminat, Anda bisa langsung mencari informasi kemitraannya dan menghubunginya lebih lanjut.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang pendidikan atau kursus musik yang berkualitas dan terjamin.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda semakin mantap berinvestasi dalam bisnis waralaba kursus musik? Anda bisa mengutarakan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Siapa tahu Anda bisa mendapat masukan masukan berarti dari pembaca lainnya.

Jangan lupa share artikel ini sebagai agen informasi yang baik dalam komunitas Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017
  • Sister Endo. 7 November 2016. Biaya Franchise Sekolah Musik Yamaha. Endometriosisister.blogspot.com – http://bit.ly/2BJiaPL
  • Rizki Canturini, Reymond Reynaldi. 27 September 2010. Melirik Kembali Alunan Laba Sekolah Musik. Peluangusaha.kontan.co.id – http://bit.ly/2MK9I9h
  • Alvin Pratama. Melirik Cuan Bisnis Alunan Kursus Sekolah Musik. Majalahfranchise.com – http://bit.ly/2pbGxTF

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Kursus Musik 01 – http://bit.ly/2PeYefL
  • Waralaba Kursus Musik 02 – http://bit.ly/31NHLlg
  • Waralaba Kursus Musik 03 – http://bit.ly/2MJa93C
  • Waralaba Kursus Musik 04 – http://bit.ly/361dLWq
  • Waralaba Kursus Musik 05 – http://bit.ly/32Mff4X

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang