Pembuatan bendera merah putih merupakan salah satu momen identitas bangsa yang membanggakan. Namun, di balik keanggunannya tersimpan fakta menarik yang tidak dimiliki oleh semua bendera negara lho!

Penasaran dengan pembuatan bendera merah putih? Simak yuk ulasannya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sang Saka Merah Putih yang Punya Banyak Kisah

Sebuah negara pasti memiliki simbol yang menjadi ciri dari negara tersebut, salah satunya adalah bendera.

Benda yang identik dengan bentuk persegi ini memang menjadi simbol sebuah negara dengan kombinasi warna-warna tertentu, termasuk juga Indonesia.

Bendera merah putih adalah simbol kebanggaan negara Indonesia yang memiliki nilai sejarah perjuangan kemerdekaan. Selain itu, ternyata simbol negara ini memiliki fakta unik juga loh, apa saja ya?

Sebagai simbol negara, bendera merah putih memiliki sejarah yang cukup panjang dan menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pengibaran bendera merah putih ini pertama kali dilakukan saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jakarta, tepatnya Jalan Pegangsaan Timur 56.

5 Fakta Menarik Pembuatan Bendera Merah Putih, Cek Fakta Ke-4! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Caranya Agar Uang Tabungan Tidak Terganggu di Tengah Maraknya Promo HUT Kemerdekaan!]

 

Warna merah dan putih digunakan karena memiliki makna filosofis yang cukup dalam. Merah menyimbolkan keberanian, bahwa dalam memperjuangkan kemerdekaan negara diperlukan jiwa pemberani.

Sedangkan warna putih memiliki arti suci, yang menggambarkan bahwa para pejuang dan pahlawan kemerdekaan memiliki niat suci untuk membebaskan tanah air dari para penjajah.

Namun ternyata, penggunaan bendera merah putih ini juga pernah dikibarkan oleh kerajaan-kerajaan di Nusantara tempo dulu. Seperti pada saat Jayakatwang melawan Kerajaan dari Singosari.

Selain itu, bendera merah putih juga terinspirasi dari kerajaan Majapahit yang memiliki panji sembilan garis merah putih.

 

Fakta-Fakta Menarik Pembuatan Bendera Merah Putih

Selain memiliki sejarah yang cukup panjang dan menjadi saksi bisu perjuangan pahlawan membebaskan tanah air dari tangan penjajah.

Bendera merah putih ternyata menyimpan fakta-fakta unik dan menarik yang perlu Anda ketahui. Apa saja fakta unik dan menarik dari bendera merah putih?

 

Fakta 1: Punya Sebutan Lain

Bendera Indonesia ini ternyata tidak hanya disebut dengan bendera merah putih loh. Ada sebutan lain bagi simbol negara yang satu ini antara lain yaitu Sang Saka Merah Putih, Sang Dwiwarna dan Bendera Pusaka.

Nama-nama tersebut tentu memiliki arti tersendiri. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus mengetahui ketiga sebutan tersebut agar penggunaannya sesuai dengan artinya.

Sebutan Sang Saka Merah Putih sering digunakan sebagai sebutan bagi bendera merah putih sebagai bendera dan simbol negara Indonesia.

Sementara itu, Sang Dwiwarna atau Sang Merah Putih merupakan sebutan yang biasa digunakan saat pengibaran bendera pada upacara bendera dan Bendera Pusaka ditunjukkan untuk bendera merah putih pertama kali yang dijahit oleh seorang wanita Indonesia bernama Fatmawati.

 

Fakta 2: Punya Fungsi Sebagai Simbol Negara

Bendera merah putih menjadi kebanggaan Indonesia karena merupakan salah satu simbol negara. Maka dari itu segala perlakukan terhadap bendera merah putih tersebut diatur oleh undang-undang.

5 Fakta Menarik Pembuatan Bendera Merah Putih, Cek Fakta Ke-4! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Rayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus HUT RI dengan Meraih Kemerdekaan Finansial Anda!]

 

Perlakuan seorang terhadap simbol negara memang tidak boleh sembarangan. Segala bentuk perbuatan yang mencerminkan merendahkan dan menghina bendera merah putih dilarang untuk dilakukan.

Seperti menginjak, mengolok-olok, membakar atau merobek. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi bendera merah putih saja, karena semua negara di dunia akan melindungi simbol negara sebagai identitas dan kebanggaan negara.

 

Fakta 3: Kain Khusus Yang Digunakan

Bahan dasar untuk membuat bendera merah putih saat ini berbeda dengan bendera merah putih pertama kali. Pada masa itu, bahan kain yang sering digunakan oleh bendera-bendera negara adalah katun Jepang.

Kain ini memiliki warna yang glossy atau mengkilap dan mempunyai bahan yang premium sehingga dipercaya awet dan tahan lama.

5 Fakta Menarik Pembuatan Bendera Merah Putih, Cek Fakta Ke-4! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Kemerdekaan Untuk Membakar Semangat Perjuangan]

 

Selain itu, katun jepang juga memiliki tekstur yang lembut. Tidak heran jika kain ini banyak digunakan sebagai bahan dasar bendera-bendera negara di dunia, termasuk juga bendera merah putih sebagai bendera negara Indonesia.

 

Fakta 4: Dilahirkan Dari Tangan Ibu Negara Langsung

Pembuatan bendera merah putih memiliki cerita yang panjang. Selain terinspirasi dari panji kerajaan Majapahit dan pemilihan warna bendera yang memiliki makna filosofis mendalam.

Proses pembuatan bendera merah putih ini juga cukup menarik. Bendera merah putih dijahit oleh tangan seorang wanita Indonesia. Wanita tersebut adalah Fatmawati, seorang istri dari presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno.

5 Fakta Menarik Pembuatan Bendera Merah Putih, Cek Fakta Ke-4! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Dalam Menyambut HUT RI, Apa Kamu Sudah Tahu 9 Tempat Wisata Sejarah Kemerdekaan Indonesia?]

 

Melalui tangan beliaulah dua warna bendera merah putih ini disatukan untuk dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan. Bendera merah putih pertama kali dibuat berukuran 276 x 200 cm.

 

Fakta 5: Memiliki Aturan Undang-Undang Tentang Bendera Merah Putih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bendera merah putih yang merupakan simbol negara Indonesia banyak tercantum dalam Undang-Undang 1945.

UUD tersebut mengatur tentang pengibaran bendera hingga pembuatan gambar sang merah putih ini.

Undang-Undang yang mengatur tentang pengibaran bendera merah putih diatur dalam Pasal 7 ayat 3 UU Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan. Dikatakan bahwa pengibaran bendera dilakukan saat matahari terbit dan  tenggelam.

5 Fakta Menarik Pembuatan Bendera Merah Putih, Cek Fakta Ke-4! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Apa Saja Kegiatan HUT Kemerdekaan RI yang Biasanya Anda Lakukan?]

 

Selain itu pembuatan gambar bendera negara secara digital harus mengikuti warna yang sudah ditentukan, yaitu warna merah RGB 55(R), 0(G), 0(B) dan putih menggunakan RGB 255(R), 255(G), 255(B).

 

Merah Putih Jati Diri Bangsa, Kitalah yang Wajib Menjaganya

Dari pembahasan di atas, bisa diketahui bahwa bendera negara merupakan kebanggaan dan simbol yang dijadikan sebagai identitas negara.

Tidak heran apabila perlakukan terhadap bendera merah putih diatur oleh undang-undang dasar 1945, termasuk juga waktu pengibaran bendera dan warna yang digunakan untuk menggambar bendera secara digital.

Sejarah pembuatan simbol negara ini juga sangat panjang dan sarat akan nilai-nilai perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tangan yang menjahit bendera pertama kali adalah Ibu Fatmawati yang merupakan Istri dari Ir. Soekarno.

Bahan yang digunakan saat itu adalah katun Jepang yang dianggap memiliki  kualitas premium dan tekstur yang lembut. Sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah kusam.

Karena itulah, kita wajib menjaga baik secara tata aturan, perlakuan dan penghargaan secara filosofis terhadap bendera identitas Indonesia tersebut.

 

Apakah ada informasi baru yang Anda dapat setelah membaca artikel ini?

Jika ya, maka jangan lupa untuk berbagai bersama teman atau rekan sesama kaum millenials yang punya jiwa nasionalisme tinggi, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Payfazz. 15 Agustus 2018. Fakta Unik Pembuatan Bendera Merah Putih. Payfazz.com – http://bit.ly/2ySIxBy

 

Sumber Gambar:

  • Pembuatan Bendera Merah Putih 01 – http://bit.ly/2KLmfr4
  • Pembuatan Bendera Merah Putih 02 – http://bit.ly/33tBwVW
  • Pembuatan Bendera Merah Putih 03 – http://bit.ly/2MQ43PD
  • Pembuatan Bendera Merah Putih 04 – http://bit.ly/2MbMUjT
  • Pembuatan Bendera Merah Putih 05 – http://bit.ly/2YV0uy6
  • Pembuatan Bendera Merah Putih 06 – http://bit.ly/2ZUuyai

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG