Apakah Anda ingin tahu bagaimana tips untuk pengembangan diri agar hidup bisa semakin sukses dan bermakna?

Jika Anda masih menganggap pengembangan diri tidaklah penting dalam mencapai tujuan Anda, maka Anda perlu simak artikel berikut ini.

Yuk cari tahu pentingnya pengembangan diri serta beberapa tips dari Dale Carnegie.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mencari Tahu Pentingnya Pengembangan Diri

Beberapa orang siap untuk membawa karier dan hidup Anda ke tingkat selanjutnya. Namun apakah Anda tidak termasuk di dalamnya?

Memang betul saya mendengar bahwa banyak orang yang sibuk menjalani hidup dan kariernya hingga lupa untuk mengembangkan diri secara personal.

Ditambah lagi, pengembangan diri merupakan perjalanan tanpa akhir sehingga membuat banyak orang menundanya.

7 Tips Pengembangan Diri Agar Hidup Sukses dan Lebih Bermakna 02 - Finansialku

 [Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Namun hasil dari perjalanan ini sangatlah penting, sehingga Anda tidak boleh mengabaikan pentingnya pengembangan diri ini.

Mengapa perjalanan untuk mengembangkan diri itu penting? Pada pembahasan kali ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa alasan mengapa Anda perlu mengembangkan diri secara kontinu:

 

Alasan Pengembangan Diri #1 Sebagai Panduan

Pengembangan diri yang dilakukan memungkinkan Anda untuk melihat apa yang Anda inginkan dari kehidupan serta apa yang menjadi nilai dan keyakinan Anda.

Hal tersebut selanjutnya akan membuat Anda mengetahui apa tujuan Anda dan bagaimana mencapainya.

 

Alasan Pengembangan Diri #2 Sebagai Motivasi

Jika Anda telah menemukan tujuan dan misi yang akan dicapai, serta cara untuk mencapainya kini Anda bisa melangkah maju lagi. Anda harus mulai merealisasikannya.

7 Tips Pengembangan Diri Agar Hidup Sukses dan Lebih Bermakna 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Tahu: Tunjangan dan Kompensasi Kerja? Dan Bagaimana Cara Memanfaatkan dengan Benar?]

 

Tapi, seseorang bisa saja menyerah di tengah jalan karena kurangnya motivasi. Nah, pengembangan diri akan memberikan Anda lebih banyak motivasi untuk melakukan perjalanan dalam mengembangkan diri karena Anda dapat melihat tujuan akhir dengan jelas.

 

Alasan Pengembangan Diri #3 Menghargai Diri Sendiri

Dengan pengembangan diri, Anda akan lebih mengenal diri sendiri serta memahami diri kita. Kemampuan untuk memahami diri akan membuat Anda bisa lebih menghargai diri sendiri.

Itu artinya, Anda bisa belajar mengatasi kelemahan dan merasa bangga dengan kekuatan yang dimiliki.

 

Alasan Pengembangan Diri #4 Peluang Terbuka Lebar

Ketika mulai mengembangkan diri, Anda akan melihat semua potensi yang ada di dalam diri sendiri dan hal ini selanjutnya akan membuka lebih banyak peluang.

Peluang ini akan menentukan keberhasilan dan kesuksesan Anda di masa depan.

 

Alasan Pengembangan Diri #5 Mampu Menghadapi Masalah

Anda perlu tahu bahwa pengembangan pribadi tidak akan menghentikan masalah yang timbul.

Hanya saja, pengembangan diri yang terjadi akan memungkinkan Anda untuk mampu mengatasi masalah dan menghadapinya dengan lebih baik.

 

Alasan Pengembangan Diri #6 Kemampuan Beradaptasi

Dunia terus berputar dan segalanya terus berkembang. Jika Anda tidak mau menjadi seperti pager atau televisi hitam putih yang punah karena gagal beradaptasi, maka Anda perlu terus mengembangkan diri.

Pengembangan diri akan memungkinkan Anda membangun keterampilan dan kualitas diri untuk terus bersaing dalam perubahan. Anda harus menyadari bahwa perubahan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, namun Anda bisa mengatasinya dengan terus mengembangkan diri.

 

Alasan Pengembangan Diri #7 Percaya Diri

Saat Anda mampu mengatasi keterbatasan atau kelemahan yang ada di dalam diri, maka Anda bisa lebih percaya diri.

Meskipun perjalanan pengembangan diri masih sangat panjang, tetapi Anda bisa melihat ada banyak hal yang telah berubah dan ini akan memberikan kepercayaan diri untuk terus maju dan berkembang.

Jadi, 7 alasan tadi menunjukkan betapa pentingnya mengembangkan diri dalam dunia yang terus berkembang ini.

Nah, sekarang Anda pastinya sudah lebih termotivasi untuk berubah ke arah yang lebih baik bukan? Yuk kita simak bagaimana tips pengembangan diri agar lebih sukses lagi:

 

7 Tips Pengembangan Diri ala Dale Carnegie

Pernahkah Anda mendengar soal Pelatihan Dale Carnegie? Pelatihan ini didirikan berdasarkan prinsip-prinsip pembicara terkenal dan penulis “How to Win Friends and Influence People” tersebut.

Saat ini, perusahaan menawarkan pelatihan kepemimpinan untuk membantu bisnis dan individu mencapai tujuan mereka.

Ketika berencana untuk membawa karier dan kehidupan Anda ke tingkat berikutnya, banyak orang tidak tahu harus mulai dari mana.

7 Tips Pengembangan Diri Agar Hidup Sukses dan Lebih Bermakna 04- Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Nah, Celia Wang dari Pelatihan Dale Carnegie belum lama ini berbagi tujuh rahasia pengembangan diri dalam pelatihannya.

Finansialku ingin mengangkat materi ini agar dapat membantu Anda belajar bagaimana menemukan kesuksesan dan tetap positif dalam perjuangan Anda.

Yuk lanjutkan membaca untuk melihat rahasia dan tips dari Pelatihan Dale Carnegie yang berspesialisasi dalam pelatihan kepemimpinan untuk membantu Anda melangkah lebih jauh dan sukses dalam mengembangkan diri:

 

#1 Anda yang bertanggung jawab atas pengembangan pribadi Anda

Tahukah Anda, pengembangan pribadi Anda sepenuhnya tergantung pada Anda; itu bukan proses yang bisa dilakukan untuk Anda oleh orang lain.

Aspirasi, niat, dan kekuatan untuk mengubah diri Anda berasal dari dalam, jadi fokuslah pada tujuan Anda dan jangan terganggu oleh orang lain.

Demikian juga, Anda tidak dapat mengembangkan orang lain, kecuali diri Anda sendiri.

Jadi, kini saatnya mengambil alih dan bertanggung jawab atas kegagalan serta kesuksesan diri Anda. Yuk kembangkan diri  agar tidak lagi menyalahkan keadaan akan kegagalan Anda.

 

#2 Pengembangan adalah proses pribadi

Sama seperti setiap individu adalah unik, tidak ada “proses” standar untuk pengembangan pribadi. Berkembang menjadi bentuk diri Anda yang lebih baik, daripada mencoba mengubah diri Anda menjadi orang lain.

Ingatlah kata-kata ini dari Jean-Jacques Rousseau:

“Saya tidak dibuat seperti yang pernah saya lihat. Saya berani percaya bahwa saya tidak dibuat seperti orang-orang yang ada. Jika saya tidak lebih baik, setidaknya saya berbeda. “

 

#3 Keberhasilan terjadi di tempat-tempat di mana Anda tidak mengharapkannya

Terkadang, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba melakukan sesuatu dengan benar, hal-hal tidak berjalan sesuai rencana.

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, tetapi terus bekerja keras pada sesuatu hampir selalu membuahkan hasil pada akhirnya.

Jika Anda gagal pada awalnya, jangan berkecil hati. Ingat bahwa kesuksesan dapat dicapai dengan terus-menerus mencoba, dan itu sering terjadi dalam keadaan yang tidak terduga.

 

#4 Fokus pada hal-hal kecil di sekitar Anda, bukan hanya gambaran yang besar saja

Dalam berubah, kita tidak harus melulu membuat perubahan besar. Anda bisa memulai dengan langkah kecil dan dapat berkembang jauh sebagai pribadi.

Hidup bukanlah hanya soal gambaran besar, namun terkadang hal kecil lah yang membentuk gambaran besar tersebut.

7 Tips Pengembangan Diri Agar Hidup Sukses dan Lebih Bermakna 05 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan]

 

Jadi, jika Anda membuat perubahan kecil pada sikap, tujuan, atau orang-orang yang ada di sekeliling Anda, maka suatu hari akan menjadi metode yang efektif untuk pengembangan.

Ingatlah bahwa segala sesuatu dimulai dari yang kecil, sehingga Anda akan lebih menghargai hal-hal kecil ini.

 

#5 Meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda membuat Anda menjadi komunikator yang lebih baik.

Tahukah Anda, bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan orang lain berdampak besar pada hubungan dan interaksi Anda. Komunikasi yang efektif mencakup tidak hanya berbicara, tetapi juga mendengarkan.

Semakin banyak Anda mendengarkan, semakin baik Anda berkomunikasi.

Mendengarkan sebelum berbicara juga dapat memastikan percakapan Anda berjalan dengan lancar, dan akan membantu Anda untuk lebih memahami dan memotivasi orang lain.

Jadi, jangan lupakan pentingnya mendengarkan orang lain. Anda akan mendapat banyak hal dari sini, dan hal inilah yang terus akan mengubah Anda menjadi lebih baik lagi.

 

#6 Jangan pernah berhenti mempelajari keterampilan baru

Dale Carnegie berucap, bahwa kebutuhan mutlak dalam proses pembangunan diri adalah untuk terus melakukannya.

Apa pun yang Anda inginkan, Anda harus mendorong diri sendiri untuk meningkatkan keterampilan Anda saat ini dan mempelajari keterampilan baru yang memungkinkan Anda untuk tumbuh.

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat melakukan yang lebih baik sebelum Anda menguasai keterampilan yang diperlukan untuk sampai ke sana. Dan proses ini adalah proses yang berkelanjutan.

 

#7 Sukses dimulai dengan kegagalan dan merupakan proses “uji coba”

Sekalipun Anda berhasrat untuk sukses, ingatlah bahwa tidak semua orang selalu dapat mencapai tujuan mereka.

Skenario kasus terburuk dapat terjadi, dan selalu ini tandanya Anda membutuhkan ide cerdas untuk bersiap menghadapi kasus terburuk.

7 Tips Pengembangan Diri Agar Hidup Sukses dan Lebih Bermakna 06 - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda Apa itu Sistem Perencanaan Sumber Daya Manusia? Yuk Cari Tahu Sekarang!]

 

Dalam kegagalan, cobalah melihat bahwa ini bukannya menghancurkan Anda, namun Anda akan belajar dan tumbuh dari situasi ini, dan bahwa Anda harus selalu berusaha.

Jadi, janganlah mudah menyerah saat sebuah kegagalan terjadi. Perlu diingat, kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda.

 

Kesimpulan: Pengembangan Diri itu Penting

Melihat pembahasan di atas tentunya Anda sudah tahu bahwa pengembangan diri memang penting dan harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Ini yang akan membuat Anda bertahan dalam dunia yang terus berubah ini.

Bukan hanya dalam berbisnis atau hidup, pengembangan diri juga dibutuhkan dalam pengaturan keuangan. Oleh karena itulah, kami mengajak Anda untuk membekali diri Anda dengan pengetahuan keuangan dari Finansialku.

Finansialku selalu siap memberikan informasi keuangan dan isu-isu terbaru yang pastinya membekali diri Anda agar terus berkembang.

Yang terbaru dari kami adalah buku “Make a Plan dan Get Your Financial Dreams Come True” dari pendiri sekaligus CEO Finansialku sendiri yakni Melvin Mumpuni.

Dari buku ini Anda akan belajar mengembangkan diri dari segi finansial untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Tentunya ini akan sangat bermanfaat dalam pengembangan diri Anda bukan?

Yuk segera miliki bukunya sekarang juga. Klik tautan ini untuk pembelian dan informasi lebih lanjut:

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda! Apabila ada masukan, silakan berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

 

Kini Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara untuk mengembangkan diri. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, maka ayo mulai mengembangkan diri Anda dari sekarang.

Jika Anda sudah mengetahui hal ini, mungkin tidak demikian halnya dengan orang lain. Semua orang butuh informasi ini. Kembangkanlah diri Anda dimulai dengan membagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda sebagai bukti kepedulian terhadap mereka.

Anda memiliki pertanyaan seputar Finansialku? Silakan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Sintia Astarina. 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Selalu Mengembangkan Diri. Koinworks.com – http://bit.ly/2m4jrN2
  • Valerie Soleil. 7 Stages of Personal Development and Self-Growth: Which One Are You in?. Leraning-mind.com – http://bit.ly/2kvbm3t
  • Admin. 7 Secrets Of Personal Development From Dale Carnegie Training. Mattmcwilliams.com – http://bit.ly/2mroNC6
  • CHR. Jimmy L. Gaol. 2014. A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta:Grasindo

 

Sumber Gambar:

  • Pengembangan Diri 01 – http://bit.ly/2kUKOZz
  • Pengembangan Diri 02 – http://bit.ly/2lXhuSl
  • Pengembangan Diri 03 – http://bit.ly/2krCHmX
  • Pengembangan Diri 04 – http://bit.ly/2mpzQvr
  • Pengembangan Diri 05 – http://bit.ly/2mrq3VQ
  • Pengembangan Diri 06 – http://bit.ly/2kX6RyD