Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 akan diumumkan hari ini, tepatnya pukul lima sore nanti. Rasa cemas dirasakan oleh orang tua dan siswa yang mengikuti ujian SNMPTN ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengumuman SNMPTN, Sudah Siapkan Uang Kuliah Anak?

Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk selalu memperhatikan dan memantau anaknya. Terlebih jika anak Anda merupakan siswa kelas dua belas Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Hari ini (17/04/2018), para orangtua dari siswa SMA se-Indonesia yang mengikuti ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pastinya merasa tegang. Pasalnya hasil seleksi SNMPTN tersebut akan diumumkan tepat pada pukul 17.00 WIB.

SNMPTN adalah jalur masuk kuliah universitas negeri tanpa melalui tes, melainkan berdasarkan seleksi prestasi akademik sepanjang sekolah di SMA. Siswa yang lulus seleksi dengan ‘adu nilai’ ini bisa langsung kuliah di universitas impian tanpa harus mengikuti tes.

Pengumuman hasil SNMPTN ini bisa langsung dilihat di website resmi www.pengumuman.snmptn.ac.id. Anda tinggal memasukan nama lengkap anak Anda dan beberapa data yang diminta.

 

Pertanyaannya, berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk berkuliah di universitas negeri?

 

Para orangtua yang anaknya lolos dalam SNMPTN 2018 pastinya harus menyiapkan biaya pendidikan berikut biaya hidup sang anak bila nantinya akan merantau ke luar kota.

Jika Anda tidak mempersiapkan sama sekali biaya kuliah sang anak, mungkin Anda sekarang Anda sedang sakit kepala. Namun, jika Anda sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari secara matang tentunya problematika ini bisa diatasi dengan mudah.

Seperti yang kita semua ketahui, biaya kuliah saat ini selangit. Bila tidak dipersiapkan sejak jauh hari, Anda terpaksa harus berutang.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Biaya kuliah di universitas negeri per semesternya saja dapat mencapai Rp5 hingga Rp20 juta tergantung jurusan yang diambil.

Akhirnya, tak jarang para orang jual ini-itu, cari pinjaman sana-sini, bahkan sampai mengajukan pinjamana kredit tanpa agunan (KTA) pendidikan ke bank-bank yang menyediakan fasilitas ini.

Selain uang pendaftaran dan semesteran, Anda juga harus menyiapkan adalah tapi juga biaya yang menyangkut kehidupan anak Anda sehari-hari. Yuk kita liat biaya apa saja yang perlu disiapkan ketika akan menguliahkan anak.

 

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Menguliahkan Anak

#1 Biaya Makan

Jika nantinya anak kuliah di luar kota dan harus  tinggal di kos-kosan, pastikan Anda melakukan survei biaya makan di daerah kampus dan daerah kos-kosan tersebut.

Lalu, jumlahkan kebutuhan biaya makan harian dalam sebulan untuk menjadi acuan berapa uang saku yang Anda berikan pada sang buah hati.

Semakin spesifik survei yang Anda lakukan, akan lebih bagus hasilnya karena setiap kota memiliki profil berbeda.

Makan-Enak-Di-Tanggal-Tua-02-Nasi-Goreng-Finansialku

[Baca Juga: Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang]

 

#2 Biaya Tempat Tinggal

Seperti yang bahas di poin pertama, jika sang anak kuliah di luar kota, di mana anak Anda akan tinggal? Apartemen? Rumah kontrakan? Atau kamar petak alias kos-kosan?

Kebutuhan biaya setiap pilihan tentu berbeda. Setiap kota memiliki kisaran tarfinya masing-masing.

Jadi jangan asal menyamaratakan biaya satu lokasi dengan lokasi lain.

 

#3 Biaya Transportasi

Jika nantinya anak Anda memakai kendaraan pribadi, maka Anda juga perlu menghitung biaya bensin, dan biaya perbaikan kendaraan.

Namun, jika anak Anda kelak memanfaatkan fasilitas transportasi publik, Anda bisa menyurvei biaya transportasi publik di daerah tujuan harus dilakukan. Berapa ongkos ojek, bus kota, taksi, kereta listrik, dan sebagainya.

Apakah Mobil Adalah Barang Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Orangtua Menyiapkan Biaya Kuliah Anak? Utang VS Investasi]

 

#4 Biaya Pendukung

Biaya pendukung adalah biaya yang terkait dengan aktivitas yang menunjang perkuliahan, dari mulai biaya organisasi, membeli buku kuliah, bayar praktikum, dan masih banyak lagi.

Pengumuman-SNMPTN-Hari-Ini,-Siapkan-Uang-Kuliah-Anak-2-Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya?]

 

#5 Biaya Rekreasi

Tentu Anda tidak ingin anak Anda menjadi mahasiswa yang stres dan hanya memikirkan kuliah tanpa bisa bersenang-senang karena uang saku terlampau minim, bukan?

Anda harus menyiapkan dana ini. Jika tidak bisa menyiapkan dana rekreasi yang besar, Anda bisa mendidik si anak untuk berhemat dan menabung, agar di saat teman-temannya mengajak main, ia sudah punya pegangan uang sendiri.

Serangkaian biaya di atas jika dikalkulasikan akan sangat besar lho, apalagi jika Anda tidak ada persiapan sama sekali untuk hal ini. Lalu bagaimana cara mempersiapkan biaya kuliah anak?

 

Cara Menyiapkan Biaya Kuliah Anak

Ada banyak cara untuk mempersiapkan biaya kuliah anak agar Anda bisa bernafas lega. Kira-kira apa saja ya yang harus dilakukan untuk menyiapkan biaya kuliah anak Anda? Mari kita simak ulasannya di bawah ini!

 

#1 Buat Rencana Keuangan untuk Menyiapkan Biaya Kuliah Anak

Untuk dapat menyiapkan dana pendidikan, maka Anda perlu membuat rencana biaya pendidikan anak di masa yang akan datang.

Memang sulit untuk memprediksi nilainya secara akurat karena Anda tidak akan bisa meramal kondisi perekonomian di masa yang akan datang.

Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terkait informasi biaya kuliah negeri maupun swasta.

Berdasarkan hasil riset tersebut, Anda bisa membuat estimasi biaya kuliah anak dengan mempertimbangkan besaran inflasi setiap tahunnya.

Untuk amannya, Anda bisa membulatkan nilai rata-rata inflasinya menjadi 10%. Angka ini diperlukan untuk menghitung kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.

Untuk mempermudah Anda menghitung estimasi biaya pendidikan, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku.

 

#2 Pilih Produk Investasi yang Sesuai Target Investasi Anda

Investasi adalah cara yang biasanya disarankan berbagai konsultan keuangan dalam menyiapkan dana pendidikan. Mengapa?

Karena umumnya investasi memiliki tingkat pengembalian lebih tinggi dibandingkan tabungan atau asuransi. Pilih instrumen investasi yang sesui dengan tujuan keuangan Anda.

Di bawah ini adalah ragam instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk menyiapkan biaya kuliah bagi anak Anda:

 

  1. Tabungan

Menyimpan dana investasi dalam tabungan mungkin paling familiar bagi Anda. Dengan menabung di bank, Anda dapat memperoleh bunga sekitar 1 hingga 2%.

Tapi, jangan lupa bahwa uang tersebut akan terkena potongan pajak sebesar 15% hingga 20% tergantung dari saldo tabungan. Bisa disimpulkan, jika Anda menabung di bank, uang Anda tidak akan “tumbuh” secara maksimal.

 

  1. Deposito

Hampir sama dengan menabung, deposito adalah menyimpan uang di bank dengan bunga yang lebih besar yaitu sekitar 6% per tahun.

Jika ingin berinvestasi deposito, Anda harus menyiapkan uang yang cukup besar. Biasanya bank mensyaratkan jumlah minimal untuk bisa membuka deposito yaitu sekitar Rp8 juta.

Berbeda dengan menabung di bank, Anda tak bisa mengambil uang kapan saja seperti tabungan.

 

  1. Emas

Investasi emas mungkin sudah menjadi hal yang lazim dilakukan oleh ibu-ibu. Investasi yang satu ini dapat juga digunakan untuk menyiapkan biaya kuliah juga. Investasi emas memiliki banyak kelebihan, salah satunya Anda bisa membeli produk logam mulia dengan mudah, cukup dengan smartphone Anda.

Sekarang ini sudah ada berbagai marketplace yang menyediakan fitur beli emas secara online, contohnya Bukalapak atau Tokopedia.

Anda juga bisa membuka tabungan emas di Pegadaian dengan modal awal Rp6000 rupiah saja!

Investasi emas ini sangat disarankan bagi Anda yang membutuhkan dana dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun.

Tapi sebelum berinvestasi emas, ada baiknya Anda memahami lebih dulu dasar berinvestasi emas. Nggak ribet kok, Anda bisa baca-baca panduan investasi emas di internet.

Finansialku juga punya ebook panduan investasi emas bagi pemula yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memulai investasi ini.

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

  1. Reksa Dana

Reksa dana adalah jenis investasi yang uangnya dikelola oleh perusahaan manajemen investasi.

Anda tidak perlu pusing memikirkan strategi dan risiko yang harus Anda hadapi. Semuanya sudah diatur oleh manajer investasi yang Anda pilih

Reksa dana sendiri ada beberapa jenis, dibedakan dari segi risiko, imbal hasil, serta jangka waktu.

Keuntungan dari investasi reksa dana yakni dapat dibeli kapan saja dan dicairkan kapan saja sesuai ketentuan yang berlaku di prospektus.

TTS Kenali Istilah Reksadana Sebelum Anda Investasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Ketahui Biaya Kuliah 10 Universitas Termahal Di Dunia]

 

Investasi reksa dana juga aman dan teregulasi dengan sangat baik oleh OJK, sehingga jangan takut terjebak investasi bodong.

Investasi reksa dana cocok untuk menyiapkan biaya kuliah karena Anda bisa memilih investasi sesuai jangka waktu yang Anda tuju, misalnya reksa dana saham untuk jangka waktu panjang 5 hingga 10 tahun, reksa dana campuran untuk jangka waktu menengah 1 hingga 3 tahun, dan reksa dana pendapatan tetap untuk jangka waktu 1 tahun.

 

#3 Asuransikan Diri Anda Selaku Orangtua

Apa risiko terbesar dalam menyiapkan biaya kuliah untuk anak? Yakni orangtua sang anak meninggal dunia dan sumber dana pendidikan anak ikut terhenti.

Untuk itu, kami sarankan agar Anda memiliki asuransi jiwa untuk Anda sebagai orangtua. Sejumlah asuransi jiwa memiliki manfaat untuk membiayai pendidikan anak ketika orangtuanya meninggal, contohnya Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment) dan Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life).

 

#4 Review Berkala Keuangan Anda

Menurut Anda apakah perlu melakukan review keuangan keluarga secara berkala? Menurut kami, me-review keuangan keluarga di akhir tahun adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Hasil review keuangan keluarga di akhir tahun dapat dijadikan bahan perbaikan dalam mengelola keuangan keluarga di tahun depan.

Lalu, apa saja yang harus di-review? Ini dia komponen-komponen yang harus di-review:

  • Pendapatan dan Pengeluaran
  • Jumlah Investasi
  • Aset dan Kewajiban (utang)
  • Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga
  • Rencana Keuangan

 

#5 Konsultasikan dengan Perencana Keuangan

Jika Anda masih ragu dengan rencana keuangan yang Anda miliki, silakan konsultasikan dengan perencana keuangan profesional.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa keuangan profesional, salah satunya adalah Finansialku.

Perencana keuangan kami bisa dihubungi secara online melalui fitur Tanya Jawab di aplikasi Finansialku.

Tentunya dengan bantuan perencana keuangan profesional, Anda bisa memiliki rencana keuangan yang terukur, feasible, dan sesuai dengan preferensi Anda.

 

Tipe Orangtua yang Manakah Anda?

Jadi, Anda tipe orang tua yang mana? Berutang untuk memenuhi biaya kuliah anak, atau menyiapkannya sejak dini dengan cara menabung dan berinvestasi? Coba tuliskan di kolom komentar di bawah ya!

Jika Anda merupakan tipe orangtua yang cuek, dan berprinsip ‘bagaimana nanti’, sebaiknya kebiasaan ini diperbaiki karena pada akhirnya Anda sendiri yang akan pusing mencari uang sana-sini.

 

Apa pendapat Anda tentang artikel ini? Jika ada yang ingin didiskusikan, silakan isi kolom komentar ya!

 

Sumber Referensi:

  • Hasbi Maulana. 17 April 2018. Tegang menanti pengumuman SNMPTN? Yuk, hitung uang saku buat anak yang mau kuliah. Kontan.co.id – https://goo.gl/GH2GSp

 

Sumber Gambar:

  • SNMPTN – https://goo.gl/7KYyBj
  • Uang Kuliah – https://goo.gl/YdFX45

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang