Apakah kita bisa berhenti berdebat tentang keuangan? Bagaimana cara yang efektif agar kita bisa berhenti berdebat tentang keuangan? Finansialku pada artikel ini akan membantu Anda dalam menemukan cara terbaik untuk menghentikan perdebatan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Cara Berhenti Berdebat Tentang Keuangan

Perdebatan dalam sebuah pernikahan memang hal yang tidak bisa dihindari, dan segala macam perdebatan biasanya berujung pada konflik atau bahkan kekerasan. Perdebatan yang terjadi dalam sebuah rumah tangga biasanya dipicu banyak hal, salah satunya adalah soal keuangan.

Uang memang sebuah bahasan yang sensitif, entah itu dalam ranah politik, lembaga, pendidikan, masyarakat termasuk di dalamnya rumah tangga, uang bisa menimbulkan kebahagiaan sekaligus permasalahan. Jika ini yang terjadi di dalam rumah tangga kita, hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti berdebat dan saling menyalahkan pasangan.

Tidak peduli siapa yang menjadi penyebab utama masalah keuangan hadir, apakah istri yang hobi belanja atau suami yang terlilit utang, hadapi permasalahan keuangan dalam kehidupan dengan kepala dingin. Ingat-ingat lagi janji suci yang Anda ucapkan di altar atau depan penghulu, bahwa setiap masalah akan dihadapi bersama.

Penting! 5 Cara Berhenti Berdebat Tentang Keuangan untuk Keluarga Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera]

 

Masalah keuangan dalam rumah tangga adalah tanggung jawab Anda dan pasangan. Penyelesaian pun harus dilakukan secara bersama agar lebih ringan.

Nah, bagi Anda yang sudah berumah tangga dan sering menghadapi masalah serupa. Cobalah untuk lebih bertenggang rasa terhadap pasangan dan hindari perdebatan sebisa mungkin. Lalu, bagaimana caranya? Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari perdebatan tentang keuangan dalam rumah tangga, di antaranya:

 

#1 Akuilah Jika Ada Masalah

Daripada berdebat dan saling menyalahkan, hadapi serta cobalah untuk menerima bahwa memang ada masalah keuangan dalam rumah tangga Anda saat ini. Penolakan hanya akan membuat komunikasi dan hubungan dengan pasangan semakin memburuk, dan yang harus dilakukan adalah belajar mengelola keuangan dengan terampil dan baik.

Anggap pasangan sebagai “partner” dalam mengelola dan mengatasi masalah keuangan, bukan sebagai musuh yang harus kita serang dengan debat kusir tak berujung. Ingatkan diri sendiri diri bahwa Anda dan pasangan adalah satu tim.

Jika salah satu sedang down atau lemah, maka yang lain harus mampu membantu meningkatkan semangatnya kembali. Jadi, tidak ada istilah utang suami atau utang istri. Itu semua merupakan utang bersama yang pelunasan dan penyelesaiannya harus dihadapi berdua pula

Ini 10 Pertanyaan Manajemen Keuangan yang Harus Anda Bicarakan dengan Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: Ini 10 Pertanyaan Manajemen Keuangan yang Harus Anda Bicarakan dengan Pasangan]

 

#2 Jujur Satu Sama Lain

Jangan pernah menyembunyikan masalah keuangan dari pasangan. Kejujuran merupakan bagian terpenting dalam kehidupan pernikahan. Cobalah untuk lebih terbuka dan jujur terhadap pasangan dalam segala hal. Termasuk di dalamnya soal keuangan beserta segala masalah yang mengikutinya.

Jika Anda bisa terbuka dan jujur dengan pasangan soal keuangan, ketika menghadapi masalah Anda berdua akan bisa menemukan solusi yang tepat. Pasangan juga dapat memahami posisi kita sehingga lebih toleran dengan segala keputusan yang diambil untuk menyelesaikan itu semua.

Meskipun kadang kejujuran bisa membuat salah satu pihak merasa tersakiti, tapi paling tidak dengan kejujuran kehidupan rumah tangga akan menjadi lebih harmonis. Kedua pasangan juga akan dapat memahami dan memaklumi setiap keputusan yang diambil oleh masing-masing pihak sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

 

#3 Jangan Menilai Pasangan Secara Sepihak

Uang merupakan manifestasi dari masalah lain yang bisa memicu terjadinya konflik besar dalam hubungan rumah tangga Anda. Jadi jika ingin berhenti berdebat tentang hal ini, Anda harus belajar untuk memisahkan perilaku keuangan tidak bertanggung jawab yang dilakukan pasangan.

Jangan hanya karena istri memiliki banyak utang kartu kredit membuat Anda menyalahkan dan berhenti mencintai. Begitu juga ketika suami tidak memiliki cukup banyak uang, sebagai istri Anda tidak boleh merendahkan suami dan menurunkan kepercayaan dirinya sebagai kepala rumah tangga.

Ingat-ingat lagi hal-hal yang membuat Anda jatuh cinta dengan pasangan. Renungkan lagi, apakah masalah sekecil ini dapat meruntuhkan cinta yang dulu pernah Anda temukan dalam diri pasangan.

 Bagaimana Cara Mengelola Uang Pertanggungan dari Pasangan yang Meninggal Dunia - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengelola Uang Pertanggungan dari Pasangan yang Meninggal Dunia?]

 

#4 Membagi Tugas Dalam Mengatur Keuangan

Sebagai pasangan suami istri, sudah menjadi tugas bersama untuk mengelola dan mengatur keuangan rumah tangga. Untuk mencegah perdebatan muncul dalam kehidupan, atur lagi pengelolaan keuangan Anda dan pasangan.

Diskusikan tentang bagaimana cara yang tepat untuk mengelola keuangan. Libatkan pasangan dalam setiap keputusan yang diambil. Belajarlah juga untuk lebih terbuka, dari mana uang untuk kehidupan sehari-hari di dapat dan ke mana saja uang tersebut dihabiskan.

Pembagian tugas yang tepat dan rata akan membuat Anda dan pasangan saling mengerti posisi masing-masing dan lebih memahami persoalan keuangan yang sedang dihadapi. Anda dan pasangan juga akan bisa menyelesaikan setiap masalah dengan lebih mudah karena diselesaikan secara bersama dan atas keputusan kedua belah pihak.

 

#5 Mengalah

Kunci utama untuk mencegah perdebatan terjadi adalah dengan mengalah. Jika pasangan tidak mau mengalah, cobalah untuk mengalah. Mengalah bukan berarti diam dan membiarkan semua masalah tanpa mencoba untuk mengatasinya. Dengan mengalah paling tidak ada salah satu dari pasangan yang bisa berpikir dengan kepala dingin sehingga bisa menemukan solusi yang tepat tanpa perlu meluapkan emosi.

Mengalah juga akan membuat pasangan berpikir bahwa dengan meluapkan emosi dan marah-marah tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah keuangan yang sedang dihadapi. Pasangan juga akan mulai introspeksi diri dan memahami, bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi setiap masalah adalah dengan mendiskusikannya secara baik-baik.

Sesulit apapun itu, cobalah untuk mengalah agar perdebatan yang mengarah ke konflik tidak akan pernah terjadi.

 5 Obrolan Keuangan yang Wajib Dibicarakan Bersama Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: 5 Obrolan Keuangan yang Wajib Dibicarakan Bersama Pasangan]

 

Introspeksi Diri Dibutuhkan

Nah, itulah 5 cara berhenti berdebat tentang masalah keuangan di kehidupan rumah tangga. Kesimpulannya, merupakan hal yang tepat bagi kita untuk tidak saling menyalahkan tentang masalah keuangan. Lebih baik kita saling introspeksi diri untuk menghindari masalah lain muncul.

Cara dan trik untuk menghindari perdebatan tentang masalah keuangan dalam keluarga ini harus diterapkan dengan baik agar hubungan suami dan istri tetap harmonis. Semoga bermanfaat.

 

Apakah Anda pernah mengalami masalah serupa? Bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah tersebut? Berikan jawaban dan pengalaman Anda pada kolom yang disediakan di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada satu kerabat terdekat Anda, karena dia pun perlu mengetahui informasi bermanfaat ini.

 

Sumber Referensi:

  • Maryn Liles. 5 Ways to Stop Arguing Over Money. Parents.com – https://goo.gl/qwLo7N

 

Sumber Gambar:

  • Keluarga Bahagia – https://goo.gl/dBQJdB
  • Keluarga – https://goo.gl/0Rmp9O

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang