Lebih mahal mana, biaya hidup di Jakarta atau biaya hidup di Singapura?  Tidak ada salahnya kan kalau kita membandingkan seberapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membiayai hidup di dua kota yang paling ramai dikunjungi di Asia Tenggara Ini. Hitung-hitung buat nambah pengetahuan daripada nantinya Anda kaget saat pertama kali berkunjung.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apakah Biaya Hidup di Jakarta Jauh Lebih Murah Dibanding Biaya Hidup di Singapura?

Siapa sih yang tidak tahu Jakarta. Kota metropolitan yang satu ini menjadi kota yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Mulai dari orang kampung yang ingin mengadu nasib di Ibukota, para birokrat yang memiliki kepentingan dinas hingga anak-anak sekolah yang ingin bersafari melihat Monas. Bisa dibilang, Jakarta memiliki banyak daya tarik yang menjadikan kota ini tak pernah lepas dari hiruk pikuk keramaian khas Ibukota. Semuanya ada di kota ini dan di kota inilah pusat berbagai transaksi, bisnis dan kepentingan lainnya.

Ini 4 Cara Berhemat agar Hidup Menjadi Nikmat - Finansialku

[Baca Juga: Ini 4 Cara Berhemat agar Hidup Menjadi Nikmat]

 

Perbandingan Biaya Hidup di Jakarta dan di Singapura

Jakarta memang kota yang paling terkenal di Indonesia, terkenal mahalnya juga. Hal ini dapat dirasakan pada hampir semua harga barang, property dan biaya-biaya lainnya. Karena begitu mahalnya hidup di Jakarta, mereka yang hidupnya pas-pasan wajib hidup hemat. Tujuannya agar uang hasil kerja tidak ludes untuk biaya hidup sehari-hari dan masih cukup dana untuk ditabung. Namun, anggapan Jakarta adalah kota yang sangat mahal bisa meredup jika Anda melihat kota-kota metropolitan di negara lain. Tak usah jauh-jauh membandingkan ke New York atau Los Angeles. Cukup lihat Singapura saja, Anda sudah bisa menyimpulkan bahwa mahalnya biaya hidup di Jakarta tidak ada apa-apanya dibanding biaya hidup Singapura.

#1 Indeks Biaya Hidup Jakarta dan Singapura

Untuk mengetahui perbandingan biaya hidup Jakarta, biaya hidup Singapura, kami mendasarkan pengamatan pada statistik biaya hidup Jakarta, biaya hidup Singapura.

Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga: Hemat Dompet agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera]

 

Jika dilihat dari indeks biaya hidup, Singapura jauh lebih mahal dari Jakarta pada seluruh aspek. Inilah perbandingan indeks biaya kedua kota metropolitan tersebut.

Indeks Jakarta Singapura
Biaya Hidup 47,06 70,99
Sewa 70,99 22,75
Makanan dan Minuman 50,22 72,50
Restoran 26,80 58,32
Biaya Hidup dan Sewa 35,41 77,25
Daya Beli Lokal 39,52 95,17

 

Dari data-data di atas, diketahui bahwa memang Singapura jauh lebih mahal dari Jakarta. Dilihat dari indeksnya, perbedaan yang paling mencolok terlihat pada daya beli masyarakat lokalnya. Selisih indeks yang cukup lebar antara daya beli masyarakat Singapura dan Jakarta menunjukkan bahwa masyarakat-masyarakat di Singapura, hampir seluruhnya mampu membiayai hidup. Inilah yang mempengaruhi sangat tingginya harga-harga serta biaya hidup di Singapura. Bandingkan dengan Jakarta yang justru lebih banyak masyarakat tidak mampunya daripada yang mampu.

Apakah Biaya Hidup di Bandung 10% Lebih Murah dari Biaya Hidup di Jakarta - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Biaya Hidup di Bandung Lebih Murah 10% dari Biaya Hidup di Jakarta?]

 

#2 Perbandingan Harga Menu Restoran Jakarta dan Singapura

Jika Anda ingin mengetahui seberapa mahalnya biaya hidup Jakarta dan biaya hidup Singapura, salah satunya dengan melihat harga makanan yang disajikan oleh restorannya. Adapun perbandingan harga antara makanan yang sama tetapi dijual di Jakarta dan Singapura antara lain:

Keterangan Harga Rata-rata (Rp) Rentang Harga (Rp)
Meal, Restoran Murah 40.000 25.000-50.000
Meal, Restoran Kelas Menengah 250.000 150.000-325.000
McMeal di McDonalds 45.000 38.000-50.000

 

Dari beberapa harga makanan di atas, lalu bandingkan dengan harga makanan di restoran Singapura.

Keterangan Harga Rata-rata (SG$) Rentang Harga (SG$)
Meal, Restoran Murah 12 8-20
Meal, Restoran Kelas Menengah 60 40-80
McMeal di McDonalds 8 6-10

Keterangan Harga Rata-rata (Rp) Rentang Harga (Rp)
Meal, Restoran Murah 111.600 74.400-186.000
Meal, Restoran Kelas Menengah 558.000 372.000-744.000
McMeal di McDonalds 74.400 55.800-93.000

*Kurs SG$1 = Rp9.300

Dari statistik perbandingan harga makanan di atas, makanan-makanan yang dijual di Restoran Singapura harganya jauh lebih mahal dari makanan-makanan yang di jual di Restoran Jakarta. Padahal, nama menu makanan, porsi serta nama restoran sama (seperti McDonald Jakarta dan McDonald Singapura). Untuk kategori restoran murah, harga yang dibanderol restoran Jakarta hanya Rp40.000. Bandingkan dengan jenis makanan yang sama serta porsi yang sama tetapi restoran tersebut di Singapura yang mana harga makanan tersebut dibanderol S$12 atau sekitar Rp111.600. Dari sini dapat diketahui bahwa harga makanan di Singapura hampir 3 kali lebih mahal dari harga makanan di Jakarta.

Cara Berhemat BBM untuk Masyarakat Jakarta

[Baca Juga: Cara Berhemat BBM untuk Masyarakat Jakarta]

 

Begitupun halnya McMeal yang sama-sama produksi McDonald, dimana restoran Singapura memasang harga jauh lebih tinggi dari restoran Jakarta. Restoran Jakarta memasang harga Rp45.000 untuk menu McMeal tersebut dimana harga ini masih jauh lebih murah dibanding harga yang ditawarkan restoran Singapura. Harga McMeal di Singapura ialah S$8 atau sekitar Rp74.400 Selisih harga ini memang jauh lebih tinggi dari yang dibanderol restoran Jakarta, tetapi tidak semencolok menu meal tadi.

 

#3 Tarif Transportasi Jakarta dan Singapura

Perbandingan selanjutnya yaitu seberapa mahalnya biaya transportasi di Jakarta dan Singapura.

Keterangan Harga Rata-rata Jakarta (Rp) Harga Rata-rata Singapura (Rp)
Tiket Sekali Jalan 3.500 17.000 (SG$1,80)
Tarif Bulanan 205.000 930.000 (SG$100)
Tarif Taksi (normal) 7.000 33.000 (SG$3,50)

 

Dari rata-rata harga tarif tersebut, jelas terlihat bahwa biaya transportasi di Singapura lebih mahal daripada biaya transportasi Jakarta. Terutama untuk tarif taksi normal yang selisihnya sangat jauh. Singapura menetapkan tarif hampir 5 kali lipat tarif taksi Jakarta.

Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Senang-Senang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Makan Enak]

 

Biaya Hidup di Jakarta Lebih Murah

Berdasarkan statistik di atas dapat disimpulkan bahwa Jakarta masih jauh lebih murah dari Singapura. Jadi, bagi Anda yang bercita-cita untuk hidup dan menetap di Singapura, lebih baik pertimbangkan betapa besarnya biaya hidup disana. Meskipun standar gaji di Singapura lebih tinggi dari Indonesia, khususnya Jakarta, kenyataannya gaji besar tersebut akan cepat habis untuk keperluan hidup di Singapura.

 

Apakah Anda berminat untuk tinggal di Singapura? Bagikan pandangan dan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan setiap informasi yang Anda dapatkan melalui Finansialku.com. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Numbeo. Cost of Living in Jakarta. Numbeo.com – https://goo.gl/CwGUlB
  • Numbeo. Cost of Living in Singapore. Numbeo.com – https://goo.gl/0tk3gy

 

Sumber Gambar:

  • Patung Selamat Datang – https://goo.gl/OuAU3S
  • Merlion – https://goo.gl/5PI31s

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang