Sudahkah Anda membangun personal branding diri Anda untuk meraih kesuksesan di dunia kerja? Mari bangun personal branding Anda melalui pemaparan berikut ini.

Pada rubrik Finansialku ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara membuat personal branding yang penting untuk masa depan karier Anda.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Membangun Personal Branding untuk Meraih Kesuksesan

Menurut Tom Peters – ahli personal branding, branding diri sebetulnya tidak ada hubungannya dengan jabatan, jenis pekerjaan atau usia seseorang.

Bagi Anda yang menyadari begitu pentingnya nama dan citra diri bahkan citra dari perusahaan yang dikelolanya, maka personal branding haruslah dibangun dan dijaga kualitasnya agar khalayak umum atau bahkan konsumen yang menggunakan produk atau jasa akan mendapatkan kepercayaan.

Junior Partner dari Expert Consultant, Yuni Lasti Faulinda menyatakan bahwa personal branding adalah cara dan proses dimana kita memasarkan diri kepada orang lain atau komunitas yang menjadi target kita.

Bangun Personal Branding Diri Anda Untuk Meraih Kesuksesan Dunia Karier 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Alasan Utama Kenapa Pendidikan Manajemen Keuangan Penting untuk Keluarga Anda]

 

Mengapa personal branding begitu penting terutama jika Anda ada dalam dunia bisnis?

Personal branding akan memberikan gambaran akan pengalaman yang didapatkan konsumen saat melakukan interaksi dengan pemilik brand.  

Tidak hanya konsumen yang diberikan keuntungan berupa kepercayaan dengan pemilik brand, namun pemilik brand juga semakin diuntungkan dengan semakin dikenalnya produk perusahaan atau citra perusahaan di kalangan konsumen atau masyarakat yang menjadi target pasar.

Kiat Membangun Personal Branding

Tentu personal branding memiliki banyak sekali manfaat dan tentu saja sangat menguntungkan.

Mari bangun personal branding positif Anda untuk meraih kesuksesan karier Anda melalui beberapa langkah atau kiat berikut ini.

 

#1 Temukan Brand Anda

Langkah pertama adalah dengan menemukan terlebih dahulu brand apa yang akan Anda ciptakan.

Misalnya, Anda ingin menjadi video blogger, penulis artikel, atau membangun creative photographer.

 

#2 Tanamkan Karakter dan Integritas

Seperti apakah Anda ingin dikenal oleh khalayak umum? Inilah pertanyaan yang dapat mengimplementasikan karakter dan integritas seperti apa yang ingin Anda tanamkan pada personal branding Anda.

Hal ini akan mempengaruhi cara Anda berbicara, gaya Anda berpakaian, cara berjalan yang menunjukkan kepada brand yang sedang Anda bangun.

Pastikan bahwa personal branding yang ingin Anda ciptakan dan karakter tersebut muncul dari dalam hati yang tulus sehingga brand yang Anda keluarkan memiliki unsur kejujuran.

Slide 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses - Finansialku

[Baca Juga: 40 Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga, yang Dapat Anda Lakukan. Kalau Bisa Nambah Pemasukan, Kenapa Tidak?]

 

Seseorang yang memiliki personal branding artinya ia sedang menjadi dirinya sendiri.

Berikan juga tagline dalam sebuah kalimat yang menggambarkan diri Anda. Disarankan untuk menggunakan kalimat yang dapat “menjual” atau layaknya promosi.

Tentu Anda sudah menyadari bahwa ketika akan membangun personal branding, ini akan menjadikan kita sebagai seorang figur publik.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaganya dengan baik.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 Kerucutkan Positioning Anda

Dengan membangun personal branding yang kuat, maka Anda akan memiliki perbedaan serta nilai tambah yang dibandingkan orang lainnya.

Setelah menemukan brand dan menanamkan karakter serta integritas, Anda perlu mengerucutkan positioning Anda dalam membangun personal branding.

12 Tanda Jika Anda Memiliki Mindset Wirausaha yang Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tahun Ini Usia 40 an? Begini Cara Menabung Usia 40 an dan Cara Merencanakan Keuangan. Berapa Checklist yang Sudah Anda Lakukan?]

 

Jika Anda ingin membangun brand sebagai vlogger, Anda dapat mengerucutkan kepada bidang travelling misalnya, atau vlogger mengenai cara-cara praktis & edukatif dalam penggunaan setiap alat-alat rumah tangga.

Semakin spesifik dan ahli maka personal brand Anda akan semakin baik.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Buat Portofolio dan Produktivitas

Untuk memperkuat personal branding Anda, tentu Anda harus memberikan berbagai bukti mengenai brand yang sedang Anda bangun melalui sebuah portofolio.

Jika Anda adalah seorang penulis blog, maka Anda dapat membuktikannya melalui setiap tulisan original Anda di blog, media massa konvensional, media massa online atau lain sebagainya.

Setiap bukti atau karya tersebut akan menjadi portofolio Anda.

Apakah Anda Punya Mindset Orang Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Masih Single di Usia 30 an? Tenang, Banyak Kegiatan Bermanfaat Yang Bisa Anda Lakukan]

 

Jika Anda adalah travelling video blogger, Anda dapat memuat setiap karya liputan Anda mengenai tempat destinasi wisata yang telah Anda kunjungi berikut dengan berbagai informasi penting di dalamnya.

Tampilkan informasi yang memang sesuai dengan fakta sehingga Anda akan mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang menjadi target pasar Anda.

 

#5 Optimalkan Media Sosial

Setiap media sosial yang Anda miliki merefleksikan diri Anda. Media sosial apa saja yang Anda miliki? 

Entah itu, Twitter, LinkedIn, Instagram, Facebook dan sebagainya, Anda perlu mendeskripsikan pribadi Anda pada setiap media sosial tersebut agar setiap orang yang berkunjung ke akun Anda akan melihat citra diri Anda.

Mengubah status pribadi dengan inspiring quotes juga dapat menambah nilai plus pada brand Anda, selain memberikan resume yang baik pada setiap media sosial yang Anda gunakan.

Ayo Manfaatkan Media Sosial untuk Pelayanan Konsumen yang Lebih Baik 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memulai Karier MUA (Make Up Artist) dengan Modal KTA? Ini Cara Mengatur Keuangannya]

 

Anda juga dapat mengunggah berbagai foto kegiatan yang positif. Misalnya, ketika Anda mengikuti kegiatan amal, menjadi pembicara di sebuah seminar, atau ketika Anda mendapatkan penghargaan atas prestasi yang Anda raih.

Selain itu, optimalkan media sosial Anda untuk membangun personal branding dengan membuat website pribadi atau video profile.

Meraih Kesuksesan Dengan Personal Branding

Manfaatkan kecanggihan teknologi di zaman modern ini yang semakin pesat meningkat. Tuangkan pikiran Anda dalam website atau video profile tersebut dan perkuat citra diri Anda melalui aplikasi digital dan gaya hidup yang terkini.

Raih kesuksesan dengan personal branding.

Sudahkah Anda membangun personal branding Anda?

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang juga ingin membangun personal branding agar mereka juga dapat meraih kesuksesan darinya.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai perencanaan keuangan, konsultan keuangan Finansialku siap menolong Anda.

Anda dapat menuliskan komentar, tanggapan dan juga pengalaman Anda membangun personal branding melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Deep Patel. 1 September 2017. 5 Reasons A Personal Brand Is Crucial To Career Success. Forbes.com – https://goo.gl/3eibnZ
  • Arry Rahmawan. Tips dalam Membangun Personal Branding. Arryrahmawan.net – https://goo.gl/XAeJ7Z
  • Admin. 4 Langkah Membangun Personal Brand. Pesona.co.id – https://goo.gl/GUDd4U
  • Ayyub Mustofa. 11 Juli 2017. 5 Kiat Membangun Personal Branding yang Kuat dan Bermanfaat bagi Perusahaan. Techinasia.com – https://goo.gl/PdxwTs

 

Sumber Gambar:

  • Meraih Kesuksesan dengan Personal Branding 1 – https://goo.gl/AVTmsQ
  • Meraih Kesuksesan dengan Personal Branding 2 – https://goo.gl/Q2ReWy

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang