7 Alasan Utama Kenapa Pendidikan Manajemen Keuangan Penting untuk Keluarga Anda

Ketahuilah 7 alasan utama kenapa pendidikan manajemen keuangan penting untuk keluarga Anda.

Apakah Anda tahu perbedaan neraca dan laporan laba rugi? Apakah Anda tahu langkah yang diperlukan sebelum meletakkan modal risiko pada investasi baru? Apakah Anda tahu perbedaan antara investasi dan perjudian dan bagaimana hal itu mempengaruhi keuntungan Anda?

Hebatnya, satu keterampilan terbesar yang dapat membuat sukses keuangan tidak diajarkan di sekolah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

7 Alasan Utama Kenapa Pendidikan Manajemen Keuangan Penting untuk Keluarga Anda

Manajemen keuangan dikategorikan sebagai salah satu ilmu di bidang manajemen yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pemeriksaan, pengendalian, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang dilakukan individu, organisasi, atau pun perusahaan.

Dokter dan pengacara dapat membuka praktik mereka sendiri tanpa petunjuk bagaimana membaca laporan keuangan.

Pemilik usaha dan investor tetap tidak berdaya dengan undang-undang pajak. Anda harus mengembangkan jika tujuan Anda adalah untuk membangun kekayaan dan menikmati keamanan finansial.

7 Alasan Utama Kenapa Pendidikan Manajemen Keuangan Penting untuk Keluarga Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Slide: 5 Kesalahan Manajemen Keuangan Pemilik Bisnis Online yang Sering Dilakukan! Plus Solusinya]

 

Masalah utama sebuah keluarga yang selalu ada biasanya seputar keuangan. Bisa karena kekurangan uang, kelebihan uang, atau karena bingung bagaimana mengatur uang bagi orang yang penghasilannya pas-pasan, sedangkan kebutuhan selalu melebihi pemasukan.

Namun muara dari itu semua, kata kuncinya adalah bagaimana mengatur keuangan keluarga atau pribadi dengan cerdas, cermat dan sebaiknya-baiknya. Karena masalah mengatur keuangan tidak memandang orang miskin, menengah atau kaya. Siapa pun bisa mengatur keuangan keluarganya. Jika telah bisa mengelola keuangan keluarganya maka bisa dikatakan 50% mereka sudah sukses dan berhasil dalam hal finansialnya.

 


 

#1 Memilah Berbagai Nasihat Keuangan

Ketika Anda berbicara dengan ahli keuangan dan investasi, seringkali mereka masing-masing mempunyai pendapat sendiri-sendiri.

Anda mungkin pernah mendengar saran-saran berikut ini:

  • Salah satu ahli mengatakan diversifikasi dapat mengurangi risiko, dan ahli lain mengatakan bahwa diversifikasi hanya untuk ketakutan saja yang menjamin hasil yang biasa-biasa saja.
  • Salah satu ahli mengatakan membayar semua utang Anda karena itu berdampak buruk, namun yang lain berkata hutang itu baik untuk membangun kekayaan.
  • Salah satu ahli mengatakan pasar saham adalah kunci untuk kekayaan, dan ahli yang lain memberitahu Anda lebih banyak jutawan datang dari real estate.

 

25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi 01 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi]

 

Alasan pertama kenapa pendidikan manajemen keuangan penting untuk Anda miliki adalah untuk Anda bisa memilah dan memilih dengan tepat nasihat-nasihat keuangan yang ada. Dan mengetahui dengan tepat nasihat keuangan yang bisa Anda ambil.

 

#2 Satu Ukuran Tidak Cocok untuk Semua Investor

Semua ahli investasi yang menjual seminar dan kursus ingin Anda untuk percaya. Menurut John Bogle dari Vanguard Investment berkata “The Secret is there are no secrets.” Artinya rahasia itu tidak ada rahasia.

Ada banyak cara untuk berinvestasi secara menguntungkan, dan ada berbagai sumber yang dapat memberikan Anda informasi berinvestasi.

Anda mungkin mengikuti pelatihan atau seminar yang mahal, dan Anda mungkin bisa menemukan informasi yang hampir sama dengan buku atau toko buku online yang Anda baca.

Saran investasi yang diberikan biasanya bersifat general. Dan tidak semua strategi investasi sesuai untuk semua orang, tapi ada satu solusi tepat untuk Anda.

Pasar Modal Syariah, Apakah Ada Perdagangan Saham yang Syariah Ini Aturannya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 + 1 Prinsip Investasi Syariah yang Harus Diketahui oleh Calon Investor. Sudah Tahukah Anda Apa yang Dimaksud Riba?]

 

Tugas Anda adalah menemukannya sehingga Anda bisa mencapai financial freedom. Anda harus mencari kunci nyata untuk financial freedom Anda, mencari tahu dari banyak strategi investasi yang ada, mana yang bekerja untuk situasi pribadi Anda.

Anda adalah individu yang unik dengan keahlian, latar belakang, pengalaman dan pandangan hidup Anda sendiri.

Anda memiliki toleransi risiko yang unik untuk Anda dan preferensi, kerangka waktu, dan sasaran yang berbeda dari keinginan orang lain.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Oleh karena itu, alasan kedua mengapa pendidikan manajemen keuangan penting adalah agar Anda dapat cukup belajar tentang diri Anda dan berbagai strategi investasi yang ada.

Tujuannya untuk mengembangkan solusi, membangun kekayaan yang sesuai dengan keahlian, nilai, dan sumber unik Anda, seperti yang kita lihat di dalam seminar-seminar yang Anda ikuti.

Jika Anda tidak mendidik diri Anda untuk melakukannya, tidak ada orang lain yang akan melakukannya.

 

#3 Bagaimana Kita Menghindari Konflik Kepentingan di Nasihat Investasi

Orang hanya 100% berkomitmen untuk uang saku sendiri. Semua orang memiliki konflik kepentingan.

Anda perlu mendidik diri Anda sendiri tentang mengelola keuangan dan untuk mempromosikan pendidikan finansial yang lebih besar untuk anak-anak Anda.

Ketika Anda melek finansial, hal ini dapat membantu mencegah orang muda membuat keputusan yang buruk yang bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk diatasi.

Mau Belajar Investasi Tips Investasi Reksa Dana Untuk Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Investasi Untuk Mahasiswa yang Ingin Mulai Belajar Berinvestasi]

 

Anda harus belajar bagaimana menginvestasikan uang Anda karena tidak ada yang peduli dengan hal itu sama seperti Anda.

Tidak ada orang lain yang membuat keputusan finansial dalam hidup Anda tanpa konflik kepentingan kecuali Anda. Anda adalah satu-satunya penasihat investasi untuk portofolio Anda yang hanya memiliki kepentingan terbaik Anda.

Menghindari konflik kepentingan dengan menjadi cukup terampil untuk menyortir fakta investasi dari fiksi adalah alasan ketiga mengapa manajemen keuangan dibutuhkan.

 

#4 Anda Dapat Mendelegasikan Wewewang, Tetapi Anda Tidak Bisa Mendelegasikan Tanggung Jawab

Banyak orang ingin percaya penasihat mereka akan mengurus masalah-masalah keuangan yang besar seperti pensiunan, tabungan kuliah, dan perencanaan kekayaan untuk mereka. Namun sebenarnya ini adalah tanggung jawab Anda.

Anda mempekerjakan ahli keuangan atau berinvestasi secara independen, Anda tetap bertanggung jawab atas hasil investasi Anda. Setiap pilihan adalah keputusan yang Anda buat, oleh karena itu, Anda bertanggung jawab.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda memutuskan ahli investasi mana yang akan dipekerjakan, dan Anda memutuskan investasi mana yang akan dibeli.

Jika Anda tidak menyukai hasil investasi Anda, tidak ada orang kecuali Anda yang harus disalahkan.

Anda tidak dapat mendelegasikan tanggung jawab, bahkan jika Anda mendelegasikan wewenang.

Satu-satunya cara untuk membuat keputusan investasi yang cerdas secara konsisten adalah jika Anda mempelajari apa yang berhasil, apa yang tidak dan mengapa. Jika keputusan investasi Anda tidak didasarkan pada pengetahuan itulah saat kehancuran finansial Anda dimulai.

 

#5 Ramuan Kecerdasan Finansial Anda Seperti Uang

Sangat penting bahwa kecerdasan finansial Anda tumbuh setidaknya secepat portofolio Anda. Karena tidak ada satu pun keputusan investasi finansial yang bernilai lebih dari satu juta dolar yang dibuat dengan kecerdasan finansial seharga seribu dolar.

Hasil yang paling berharga dari pendidikan manajemen keuangan adalah kemampuan untuk membuat diri Anda melakukan hal yang harus Anda lakukan, kapan hal itu harus dilakukan, apakah Anda suka atau tidak.

Kecerdasan finansial Anda bertindak sebagai plafon yang membatasi pertumbuhan kekayaan Anda. Sewaktu Anda meningkatkan kecerdasan finansial Anda, Anda menaikkan plafon tentang apa yang secara finansial mungkin bagi Anda.

Pembelajaran Dari Miliarder Agar Anda Sukses Dalam Karier 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Kecerdasan Emosional yang Mungkin Tidak Diketahui Para Entrepreneur]

 

Kecerdasan finansial Anda menentukan konteks kesuksesan investasi Anda atau kekurangan Anda.

Pengembalian investasi Anda harus meningkat saat Anda belajar berinvestasi lebih konsisten dan mengendalikan kerugian bila terjadi kesalahan yang tak terelakkan. Itu berarti lebih banyak uang di saku Anda dan keamanan finansial yang lebih besar.

Bila Anda melakukan ini, kecerdasan finansial Anda akan berlipat ganda dan tumbuh menjelang pertumbuhan akun investasi Anda untuk membantu menciptakan keamanan finansial seumur hidup.

 

#6 Kecerdasan Finansial Adalah Salah Satu Investasi yang Anda Tidak Pernah Kehilangan

Pendidikan manajemen keuangan itu seperti anuitas. Ini adalah investasi satu kali yang membayar dividen sepanjang sisa hidup Anda.

Orang bisa mencuri uang Anda, tapi tidak ada yang bisa mengambil pendidikan keuangan Anda.

Semakin cepat Anda mencari pendidikan sebagai investor, semakin cepat Anda bisa mulai menuai hasilnya. Semakin lama Anda menikmati melek finansial, semakin banyak nilai yang akan Anda dapatkan darinya.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#7 Kebebasan dan Kemerdekaan Finansial Memerlukan Kecerdasan Finansial

Saat Anda membutuhkan orang lain untuk membuat keputusan finansial bagi Anda adalah bentuk ketergantungan.

Terlepas dari jumlah uang yang Anda miliki, Anda tidak akan pernah mandiri atau aman secara finansial selama Anda bergantung pada orang lain untuk mengelola uang Anda.

Anda tidak dapat mengalami kebebasan sejati jika Anda bergantung pada pengalaman dan pengetahuan orang lain untuk kesejahteraan finansial Anda.

7 Hal yang Dilakukan oleh Setiap Orang Sukses dan Tidak Pernah Diajarkan Kepada Orang Lain 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual adalah Cara Menjadi Sukses]

 

Dunia dipenuhi orang-orang yang membangun kekayaan besar dan kehilangan segalanya karena ketidaktahuan finansial mereka sendiri. Kurangnya kecerdasan finansial adalah kebalikan dari keamanan finansial, tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki.

Memilih jalur kecerdasan finansial, dimana Anda belajar membuat keputusan yang independen dari nasihat orang lain, mengarah pada kebijaksanaan investasi. Ini memungkinkan Anda untuk secara mandiri menyortir semua pendapat berbeda dengan percaya diri dan memutuskan apa yang unik berlaku untuk Anda dan portofolio Anda.

 


 

Penting Mendapatkan Pendidikan Manajemen Keuangan

Pendidikan manajemen keuangan mengajarkan Anda bagaimana cara memancing sehingga Anda tidak perlu bergantung pada orang lain untuk memberikan Anda ikan lagi. Pendidikan finansial mengajarkan kebebasan finansial.

 

Menurut Anda, apa keuntungan yang Anda dapatkan jika Anda mengikuti pelatihan pendidikan manajemen keuangan?

Silakan beri komentar dan jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Financial Mentor. 7 Key Reasons Why Financial Education Is Your Best Investment. Financialmentor.com – https://goo.gl/P5hEcJ

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan Manajemen Keuangan 1 – https://goo.gl/riQ6kP
  • Pendidikan Manajemen Keuangan 2 – https://goo.gl/nMZ31z

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download