Kira-kira lebih menguntungkan mana antara pinjaman online vs kartu kredit? Apakah sama-sama menguntungkan?

Simak pembahasan Finansialku dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kartu Kredit dan Pinjaman Online

Kartu kredit merupakan bentuk kepercayaan bank kepada nasabah berupa pemberian utang dengan limit tertentu dan dibayarkan setiap bulan. Peran kartu kredit sebagai alat pembayaran membuat perannya tergolong penting.

Di tengah berkembangnya startup e-money, layanan satu ini tetap menjadi favorit banyak orang karena kemudahan di dalamnya.

Sementara itu, pinjaman online merupakan jenis pinjaman yang diberikan secara daring melalui situs tertentu. Pinjaman online diberikan oleh perusahaan fintech, baik yang berbentuk market aggregator maupun peer to peer lending.

Sejak tahun 2010-an keberadaan jenis pinjaman ini mulai populer seiring meningkatnya akses dan kecepatan koneksi internet. Tentu saja, sebagai pemberi pinjaman, baik kartu kredit maupun pinjaman online sama-sama memiliki plus minus.

Pinjaman Online VS Kartu Kredit, Mending yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Panik!! Gini 5 Cara Jitu Melunasi Utang Kartu Kredit]

 

Plus Minus Kartu Kredit vs Pinjaman Online

Kartu kredit dan pinjaman online memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Keduanya merupakan dua produk berbeda sehingga memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Berikut ini perbandingan utang dalam bentuk kartu kredit dan pinjaman online:

 

#1 Proses

Pinjaman melalui kartu kredit memiliki proses yang cukup panjang jika dibandingkan dengan pinjaman online. Estimasi paling cepat adalah hitungan hari. Debitur juga harus rela wara-wiri ke kantor cabang untuk mengurusnya.

Sementara itu, pinjaman online memiliki proses yang lebih singkat. Bahkan pencairan bisa dilakukan dalam hitungan jam. Pinjaman online menggunakan verifikasi sistem sehingga pertimbangan bisa diambil dengan cepat.

 

#2 Perhitungan Bunga

Kartu kredit memiliki bunga yang relatif kecil. Kendati dihitung dengan sistem harian, bunga kartu kredit hanya berkisar 2% per bulan.

Sama-sama menggunakan bunga harian, pinjaman online dinilai memiliki nominal yang terlalu besar. Pasalnya, bunga harian bisa mencapai 1%. Jika tenor yang diambil adalah 10 hari, maka Anda harus membayar 10%.

Pinjaman Online VS Kartu Kredit, Mending yang Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Aman Mengajukan Cicilan Tanpa Kartu Kredit]

 

#3 Nominal Plafon Pinjaman

Sebagai lembaga yang memberikan layanan keuangan, bank melalui kartu kredit memberikan plafon pinjaman yang lebih tinggi, yakni mencapai ratusan juta untuk beberapa kartu.

Selain itu, dengan sistem yang jelas, bank adalah lembaga terpercaya untuk memperoleh pinjaman. Pinjaman online memiliki plafon pinjaman yang lebih kecil. Biasanya hanya sekitar Rp 20-30 jutaan saja.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#4 Pihak Pemberi Pinjaman

Bank merupakan badan yang terlisensi dan memiliki rekam jejak yang cenderung positif. Oleh karena itu, pinjaman di bank juga lebih aman keran kemungkinan penipuan sangat kecil, bahkan hampir mustahil.

Selain itu, bank relatif santun dengan keterlambatan pembayaran kredit dan tetap menjaga nama baik debiturnya.

Pinjaman online agak riskan jika salah memilih perusahaan pemberi pinjaman. Alih-alih mendapat bantuan finansial, justru Anda yang kehilangan aset dalam jumlah besar.

Beberapa oknum pinjaman online juga tidak sopan ketika melakukan penagihan. Bahkan, pada beberapa kasus, ada debitur yang sampai dipermalukan.

Pinjaman Online VS Kartu Kredit, Mending yang Mana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Biar Gak Kalut, Pahami Risiko Pinjam Uang di Fintech Bodong]

 

#5 BI Checking

Lamanya proses yang dilakukan bank ketika seseorang melakukan pengajuan kartu kredit adalah karena prosesnya yang sangat formal, salah satunya melewati BI checking.

Layanan ini akan menelusuri riwayat kredit debitur. Sejak 1 Januari 2018, BI Checking digantikan oleh Sistem Layanan Informasi Keuangan  (SLIK) yang dikelola OJK. Di sisi lain, pinjaman online tidak menggunakan BI Checking.

 

#6 Kemungkinan Mengajukan Pinjaman Selanjutnya

Kartu kredit dan pinjaman online relatif mudah untuk diajukan. Hanya saja, kartu kredit memiliki waktu yang lebih panjang saat proses verifikasi.

Pada pinjaman online, jika rekam jejak Anda bagus, maka perusahaan tak akan segan mengajukan penawaran kembali.

 

#7 Tenor

Umumnya, bank memberi masa tenor yang cukup panjang untuk kartu kredit, yakni antara 3 hingga 12 bulan. Selama masa itu, Anda dikenai bunga, sejalan dengan transaksi dan besar utang yang Anda miliki.

Sementara itu, pinjaman online memiliki masa tenor yang sangat singkat, yakni hanya hitungan hari. Dengan bunga harian yang cukup besar, melakukan utang di fintech cenderung mencekik debitur.

 

#8 Keamanan

Selama terpercaya, pinjaman online memberikan keamanan seperti halnya bank. Hak-hak debitur akan terpenuhi dengan baik.

Sementara di bank, Anda tak perlu risau, sebab ada banyak peraturan yang berpihak kepada debitur. Dengan begitu, selain aman, Anda juga tidak akan dirugikan.

Pinjaman Online VS Kartu Kredit, Mending yang Mana 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu 7 Risiko Pinjaman Online, Sebelum Mengajukan!]

 

Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Anda bisa mengajukan pinjaman di fintech atau bank sesuai kebutuhan. Keduanya memiliki plus minus masing-masing.

Jika Anda butuh uang cepat dan tidak terlalu banyak, Anda bisa mengajukan utang di pinjaman online. Tetapi, jika Anda butuh pinjaman untuk beberapa waktu, kartu kredit atau bahkan KTA adalah pilihan yang bagus.

Ketika telah mendapatkan pinjaman, usahakan penuhi kewajiban Anda sebagai debitur dengan baik.

Sebagai tambahan, simak video berikut jika anda memutuskan untuk membuat kartu kredit.

 

Itulah perbedaan antara pinjaman online dan kartu kredit yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Finley Susanto. Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit di Sini! Amalan.com – https://bit.ly/2XgK8OK
  • Finley Susanto. KTA Bank vs Pinjaman Online: Mana yang Lebih Baik? Amalan.com – https://bit.ly/2Rfc1TQ
  • Fitria Monica Sari. 12 Januari 2019. Ini Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online Langsung Cair. Liputan6.com – https://bit.ly/2V3inqj
  • Admin. 28 Juli 2018. 10 Resiko Pinjaman Online Wajib Dipahami Semua Peminjam. Duwitmu.com – https://bit.ly/2Xlg2tR

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman 1 – https://bit.ly/352E1zL
  • Pinjaman 2 – https://bit.ly/353iEy8
  • Pinjaman 3 – https://bit.ly/3eTItW6
  • Pinjaman 4 – https://bit.ly/3eRjN08