Pola pikir untuk jadi orang kaya ternyata bisa kamu kembangkan, termasuk ketika kamu ada dalam komunitas. Seperti apa pola pikir orang kaya di komunitas itu?

Simak artikel Finansialku berikut ini yang akan membahas tentang bagaimana cara mengembangkan pola pikir orang kaya di komunitas. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Jadi Orang Kaya dengan Mengubah Pola Pikir

Renungkan kedua kalimat di bawah ini!

  • Orang kaya hidup di dunia yang penuh dengan kelimpahan.
  • Orang miskin hidup dalam dunia keterbatasan.

 

Orang miskin berpikir bahwa uang yang dimiliki tidaklah cukup untuk berkeliling di dunia. Mereka memiliki pola pikir berdasarkan rasa takut.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu seorang ahli teori kemungkinan atau pemikir yang berdasarkan ketakutan?

Orang kaya mengerti bahwa dengan sedikit kreativitas, kemauan untuk menjadi yang tidak biasa-biasa saja dan memiliki pikiran terbuka, mereka dapat memiliki apa yang mereka mau.

All you need is the willingness to start thinking in a different way and the courage to take actions based on this new way of thinking.

Yang kamu butuhkan adalah kemauan untuk mulai berpikir dengan cara yang berbeda dan keberanian untuk mengambil tindakan berdasarkan cara berpikir yang baru ini.

 

Ketika kamu membangun hidupmu untuk menjadi orang sukses dengan menuai kekayaan, ada banyak kesempatan dan kemungkinan yang akan terjadi, dan kamu perlu melihat peluang yang sebelumnya tidak kamu ketahui.

Melalui rubrik kali ini, kita akan membahas bagaimana pola pikir orang kaya di komunitas.

Ini adalah tentang berpikir dalam perspektif orang kaya saat mereka ada di dalam komunitas di mana mereka bergabung, berkembang dan berkoneksi dengan orang lain di luar sana.

Belajar Bahasa Inggris Otodidak 06 Komunitas - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Investasi Emas Logam Mulia VS Investasi Cryptocurrency? Dan Kenapa Pilih Investasi Emas di Tahun 2018?]

 

Atur arus kas milikmu dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkanmu dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial kamu semakin baik.

Setelah kamu memiliki semua fakta tersebut, kamu dapat memutuskan bagaimana mulai menumbuhkan uang kamu.

Jika uangmu ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuanmu dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

Kamu juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Pola Pikir Orang Kaya di Komunitas – Belajar dari Kisah Andrew Carnegie

Pernah mendengar nama Andrew Carnegie. Mungkin nama itu cukup asing di telinga kamu, bukan?

Jika kamu mengetik nama Andrew Carnegie pada mesin pencari Google, kamu akan menemukan bahwa nama tersebut adalah orang kaya pertama di dunia yang menorehkan sejarah sebagai orang terkaya pertama di dunia yang paling dermawan dengan aktivitas kesehariannya sebagai seorang filantropis.

Sebuah artikel menyebutkan bahwa Andrew Carnegie adalah seorang Crazy Rich asal Skotlandia yang memiliki perusahaan baja bernama US Steel.

Dilansir dari Americaslibrary.gov, Andrew Carnegie pensiun dari pekerjaannya pada tahun 1901, kala ia berusia 66 tahun.

Menurutnya, orang-orang kaya wajib mengembalikan uang mereka kepada masyarakat, sesuai dengan kepercayaannya mengenai “Gospel of Wealth”.

Salah satu kegiatan amal yang ia lakukan adalah dengan mendirikan Carnegie Institution pada tahun 1902 sebagai wadah untuk menyalurkan dana penelitian ilmiah dan juga dana pensiun bagi para guru dengan dana sumbangan mencapai US$10 juta pada waktu itu.

25 Rahasia Kebiasaan dan Kehidupan Orang Kaya Yang Jarang Diketahui Orang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Tipe Investor yang Terlalu Percaya Diri? Kenali Gejala “Overconfidence Bias” agar Investasi Anda Aman!]

 

Dalam bidang pendidikan, Andrew Carnegie juga tidak lupa untuk menggelontorkan sejumlah besar dana demi kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Kiprahnya dalam amal di bidang pendidikan tidak lepas dari jasa Kolonel James Anderson yang seringkali mengizinkan Andrew Carnegie saat masih kecil untuk menggunakan perpustakaan pribadinya dengan cuma-cuma demi memuaskan hasratnya yang senang membaca buku.

Maklum, pada masa itu Amerika Serikat belum punya perpustakaan umum gratis.

 

Karena kebaikan hati Kolonel James Anderson, Andrew Carnegie tidak segan untuk mengeluarkan dana berapa pun besarnya untuk mendukung kemajuan pendidikan.

Salah satunya dengan membangun lebih dari dua ribu perpustakaan umum untuk masyarakat luas yang ingin membaca tanpa harus membayar biaya apapun.

Selain Carnegie Institution, dengan dana sebesar US$125 juta, Andrew Carnegie juga membangun yayasan yang bernama Carnegie Corporation sebagai wadah untuk menolong perguruan tinggi dan beberapa sekolah.

Jiwa kedermawanannya yang tinggi membuat Andrew Carnegie membangun Carnegie Endowment for International Peace demi keperluan dana yang dibutuhkan bagi Hague Palace of Peace – sebuah tempat pengadilan dunia yang bertempat di Belanda.

Respon Orang Kaya dan Orang Miskin 02 Kantor Google - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda?]

 

Sebagai sosok senang memberi dari kekayaannya, para karyawan dan bawahannya di perusahaan mengenalnya sebagai seorang atasan yang galak dan kejam.

Ia mengharuskan para pekerjanya untuk bekerja selama 12 jam sehari, 6 hari seminggu, dan mendapatkan jatah libur hanya satu kali dalam satu tahun.

Ia mengatakan bahwa melalui kerja keras maka keuntungan yang lebih besar akan didapat agar dapat menolong masyarakat lain yang kurang mampu.

Inilah kenapa pada tahun 1911, Andrew Carnegie sang filantropis pertama di dunia ini bahkan menyumbangkan 90% dari kekayaannya untuk disumbangkan.

 

Pola Pikir Orang kaya di Komunitas = Memberi & Berderma Kepada yang Membutuhkan

Mungkin agak mengherankan ya, kok bisa orang yang sudah berjerih lelah dengan keringatnya sendiri dan menghasilkan uang banyak tapi pada akhirnya ia gunakan untuk sumbangan atau amal kepada orang lain.

Inilah pola pikir orang kaya yang sebenarnya dalam komunitas, di mana mereka akan menjadi orang yang melek terhadap kepedulian akan kehidupan masyarakat, kesenangan untuk berderma dan memberi kepada mereka yang membutuhkan serta menciptakan peradaban manusia yang semakin baik melalui uangnya dengan cara pengembangan pendidikan, kesehatan, dan juga teknologi bagi kemajuan umat manusia.

Perbedaan-Orang-Kaya-dan-Orang-Miskin-2-Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Memiliki pengalaman menjadi orang kaya tidak selamanya melulu soal mengumpulkan uang untuk diri sendiri.

Berderma dan memberi kepada orang yang membutuhkan melalui uang yang disisihkan adalah salah satu pola pikir orang kaya di komunitas yang bisa kamu praktikkan.

 

Terobos Batasan Dengan Miliki Pola Pikir Orang Kaya di Komunitas

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut sejujur ​​mungkin:

  • Apakah kamu ingin karier yang sukses atau hubungan dekat dengan keluargamu?
  • Apakah kamu ingin mendapatkan kekayaan atau melakukan pekerjaan yang kamu sukai?
  • Apakah kamu ingin memberi donasi untuk kegiatan amal atau membeli mobil baru?
  • Apakah kamu ingin berkeliling dunia atau menghasilkan uang dengan pekerjaanmu?

 

Hanya ada satu jawaban untuk semua pertanyaan ini, yaitu kedua-duanya.

Salah satu kebiasaan paling kuat yang dapat membawa kekayaan dan kelimpahan dalam hidupmu adalah tentang kebiasaan berpikir.

Ubah pola pikirmu dengan membiasakan mengatakan “Keduanya!” Kapan pun kamu diminta untuk memutuskan dua opsi, katakan kamu menginginkan keduanya.

Kemudian gunakan kejeniusan dari kreativitasmu untuk mewujudkannya.

Ketika kamu ditanya apakah kamu ingin selai kacang atau cokelat, ucapkan keduanya.

Saat kamu diminta memilih pekerjaan atau mengajak putrimu untuk bermain sepak bola, ucapkan keduanya dan korbankan apa yang memang tidak perlu untuk dipertahankan seperti menonton tayangan TV pada malam hari misalnya.

Hanya kamu yang dapat membuat keputusan untuk menerobos batasan yang ada dalam hidupmu.

Kamu memiliki kekuatan untuk mengubah keyakinan dalam diri tentang kelimpahan dan membuktikan kepada diri sendiri bahwa kamu benar-benar layak untuk menikmati apa yang kamu inginkan.

Terobos batasan dengan memiliki pola pikir orang kaya yang memulainya dari komunitasmu.

 

Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Tuliskan juga komentar dan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Talane’s Top 10 Tips to Create a Wealthy Mindset and Attract True Wealth. Lifecoach.com – https://bit.ly/2LBsgtX
  • Arina Yulistara. 17 November 2018. Ini Orang Terkaya yang Jadi Filantropis Pertama di Dunia. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2Q3b52O
  • George J. Ziogas. 25 November 2018. How To Develop Your Mindset For Wealth And Prosperity. Medium.com – https://bit.ly/2E43Z9z
  • Leigh Hankin. 10 Mindsets About Wealth All Billionaires Share. Lifehack.org – https://bit.ly/2vSSYUb
  • Lisa Jimenez. 12 April 2016. How to Achieve a Rich Mindset. Success.com – https://bit.ly/2YijXom

 

Sumber Gambar:

  • Pola Pikir Orang Kaya di Komunitas 1 – http://bit.ly/2YDrjTD