Pola pikir menentukan tindakanmu selanjutnya. Praktikkan sendiri pola pikir orang kaya di rumah yang dapat kamu terapkan setiap hari.

Selamat membaca & miliki pengalaman menjadi orang kaya dengan memulainya dari pola pikirmu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Pola Pikir Orang Kaya di Rumah

Semua tindakan bermula dari pola pikir.

Kenapa orang bisa boros dan menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang sebetulnya tidak mereka perlukan – dan setelah membawa pulang barang yang mereka beli, mereka segera menyadari bahwa barang tersebut tidak benar-benar mereka perlukan?

Mungkinkah ini pernah terjadi pada dirimu? Atau mungkin… hampir sering kali terjadi?

Coba pikirkan kembali barang-barang yang ada di rumahmu yang sebetulnya tidak kamu perlukan.

Sudahkah kamu daftarkan semua barang-barang tersebut?

Jangan biarkan kamu menambah penyesalan dalam hidupmu dengan terus mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Kamu dapat menghentikannya dengan mengubah pola pikirmu melalui beberapa tips praktis berikut ini mengenai pola pikir orang kaya di keluarga yang kamu terapkan setiap hari setelah kamu menyelesaikan bacaanmu melalui artikel berikut ini.

Pola Pikir Orang Kaya di Rumah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Komik: Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal? Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya]

 

Sebelum membahasnya lebih lanjut, sudahkah kamu melakukan pencatatan keuangan hari ini?

Ingat ya! Pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa melakukan evaluasi pengeluaran dari pemasukan yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa lebih mengontrol arus keuangan setiap harinya. Jika ingin lebih mudah, jangan lupa gunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang sangat membantu kamu untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk soal catatan keuangan.

Jika belum memiliki aplikasinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar kamu dapat mengetahui hal apa saja yang dapat kamu rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Meskipun terlihat mudah, masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan saat mempraktikkannya.

Itulah mengapa kamu sangat disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Kamu bisa mempelajarinya dari berbagai sumber relevan yang terpercaya, salah satunya ialah ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Di dalamnya terdapat sejumlah pembahasan beserta simulasi yang dapat membantu kamu agar lebih mudah dalam memahaminya.

Semua ilmu tersebut, dapat kamu peroleh secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.

Tunggu apalagi? Yuk miliki, praktikkan, dan rasakan manfaatnya!

Kini, mari kita kembali membahas mengenai pola pikir orang kaya di rumah!

 

#1 Pola Pikir Orang Kaya di Rumah = Bangun Pagi Adalah Peluang Baru

Pola pikir orang kaya di keluarga akan kita mulai dari awal perjalanan pada pagi hari saat kamu masih di atas ranjang tempat tidur dan membuka matamu.

Apa yang terlintas dalam pikiranmu saat bangun pagi?

Apakah itu tentang makanan apa yang akan kamu siapkan di pagi hari; pekerjaan yang belum juga selesai setelah semalaman lembur hingga menjelang subuh; ataukah rasa menyesal karena sudah waktunya untuk mengakhiri mimpimu dan keluar dari zona nyaman dari ranjang yang empuk dan selimut yang hangat?

Pola Pikir Orang Super Kaya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Lebih Aman Investasi di Reksa Dana Terproteksi? Yuk Cari Tahu Jawabannya!]

 

Pola pikir orang kaya dalam mengawali hari mereka adalah dengan memikirkan peluang baru yang akan mereka dapatkan pada hari yang baru saat mereka membuka mata.

Pikiran mereka diisi dengan berbagai hal-hal yang akan dilakukan dan melihat berbagai kesempatan untuk menjadi yang terbaik dari diri mereka sendiri setelah mengevaluasi hidupnya pada malam sebelumnya.

Apa yang telah kamu evaluasi pada malam hari tentang hidupmu? Apa saja to do list yang ada di pikiranmu untuk kamu lakukan hari ini?

 

#2 Pola Pikir Orang Kaya di Rumah = Awali Hari dengan Bersyukur

Masih dengan rutinitas pagi hari, inilah yang membedakan orang-orang kaya dari mereka yang masih mengejar kekayaan dengan “membabi buta”.

Ketika matamu terbuka di pagi hari, ketika kamu sadar di mana kamu sedang berbaring, saat kamu tahu bahwa masih banyak hal yang harus kamu kerjakan, ketika kamu ingat akan hal-hal menyebalkan yang akan kamu hadapi pada hari yang baru – apa yang ada di benakmu?

Beberapa pilihan akan muncul dalam pikiran ketika kamu bangun pagi dan membuka matamu, diantaranya:

  • Tetap menikmati empuknya kasur dan memperpanjang waktu tidur dengan alasan “sebentar lagi, 5 menit lagi” dan menekan tombol snooze pada alarm.
  • Menggerutu dalam hati dan menyesal karena matahari masuk lewat sela-sela kaca jendela dan membuatmu terbangun, ditambah lagi dengan suara alarm yang berisik.
  • Kesal dengan orang-orang yang akan kamu temui pada hari tersebut dan berharap bahwa kamu bisa “menjentikkan” jarimu dan membuat orang-orang itu hilang dari muka bumi.

 

Selain dari beberapa kemungkinan di atas, apa yang akan muncul dalam benakmu sesungguhnya?

Apakah mungkin lebih buruk dari kemungkinan-kemungkinan di atas, atau malah sebaliknya?

Pola pikir orang kaya di keluarga yang bisa kamu praktikkan berikutnya adalah bersyukur saat pertama kali kamu membuka mata di pagi hari.

Seperti sebuah kalimat yang mengatakan:

“Selalu ada alasan untuk beryukur!”

 

Setelah meditasi pada malam sebelumnya dengan daftar evaluasi yang telah kamu lakukan, hal-hal apa saja yang bisa kamu syukuri setelah beberapa jam sebelumnya bisa beristirahat dan membuat setiap hormon positif bekerja di dalam tubuhmu saat kamu terlelap?

Sepertinya kamu perlu sebuah daftar atas setiap hal yang kamu syukuri sebagai bentuk kemajuan dalam hidupmu untuk memiliki pola pikir orang kaya di keluarga.

Daftarkan rasa syukurmu, usahakan sebanyak mungkin yang bisa kamu syukuri.

Jika kamu rasa agak sulit memulainya dengan 100 daftar rasa syukur setiap hari, kamu bisa memulainya dengan 5 daftar rasa syukur di pagi hari.

Orang Kaya TIDAK Melakukan 6 Kesalahan Berikut Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menguntungkan, Ini Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Lele! Ketahui Berapa Modalnya!]

 

Apakah kamu merasa sulit untuk bersyukur?

Memang ada kalanya situasi tertentu membuat kita sangat sulit untuk beryukur dan mengatakan terima kasih pada Sang Empunya Semesta, termasuk menerima dengan rasa syukur setiap kejadian yang kamu alami.

Tapi, di sinilah letak pola pikir orang kaya di keluarga itu bekerja dalam “dosis” yang tinggi, di mana rasa syukur itu tetap bisa terucap melalui mulutmu dengan ketulusan ketika setiap kejadian (bahkan yang kamu rasa paling buruk sekalipun yang menimpamu) terlintas dalam pikiranmu atau orang-orang yang tidak kamu harapkan ada di hidupmu.

Mau ambil tantangan untuk kemajuan yang lebih pesat dan lompatan yang lebih besar? Coba “dosis” tertinggi dari daftar rasa syukurmu di pagi hari tanpa terpengaruh dengan situasi serta kondisi yang terjadi dalam hidupmu.

Dan, selalu ingat bahwa “Selalu ada alasan untuk beryukur!”

 

#3 Pola Pikir Orang Kaya di Rumah = Peduli Pada Diri Sendiri

Menjadi egois terhadap diri sendiri bukan artinya tidak mempedulikan kepentingan orang lain.

Sebelum kita peduli dengan kehidupan orang lain, kita perlu peduli dengan diri kita sendiri terlebih dahulu, bukan?

Apa yang perlu kamu benahi dalam dirimu – dalam hal ini tubuhmu sendiri? Apakah kamu sudah cukup sehat dengan tubuhmu saat ini?

Apakah kamu perlu meningkatkan kualitas asupan setiap hari untuk mendapatkan kesehatan dari dalam?

Apakah kamu perlu berolahraga dan memberi sebagian waktumu untuk bergerak, berkeringat dan membentuk tubuh agar lebih ideal?

Mengapa harus asupan yang sehat dan berolahraga?

25 Rahasia Kebiasaan dan Kehidupan Orang Kaya Yang Jarang Diketahui Orang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Di Mana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

Bagi sebagian orang, mungkin mereka tidak memikirkannya. Mereka ingin mendapatkan banyak uang dengan hasil keringat mereka, atau mungkin dengan usaha yang minimal namun mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu kedengarannya sangat baik dan menguntungkan, bukan? Siapa yang tidak mau hidup seperti itu?

Coba resapi pemikiran di bawah ini!

Bagaimana kamu bisa menikmati kekayaanmu jika kamu sendiri tidak mempedulikan tubuhmu dimana pada akhirnya kamu menghabiskan tabunganmu untuk pengobatan rutin dan terbaring di kasur rumah sakit?

 

Pola pikir orang kaya yang bisa terapkan di rumah berikutnya adalah peduli dengan dirimu sendiri. Peduli dengan kesehatanmu melalui asupan dan olahraga rutin.

Menjadi kaya tidak semata-mata hanya sebatas memiliki banyak uang, harta melimpah, berlibur dua hingga tiga kali setiap tahun atau bahkan lebih.

Tetapi, menjadi kaya itu adalah bagaimana menikmati setiap receh yang sudah kamu hasilkan dengan jerih lelah kamu, atau bahkan dengan effort yang sedikit tapi menghasilkan sesuatu yang besar.

Intinya adalah tentang menikmati setiap usaha yang telah kamu kerjakan dengan tubuh yang sehat dan bugar – inilah pola pikir orang kaya di rumah yang perlu kamu renungkan.

Jadi, kapan kamu akan memulai membelanjakan uangmu untuk bahan makanan yang membuatmu lebih sehat?

 

Kapan kamu akan memprioritaskan kesehatanmu dengan menaruh 1 hingga 2 jam dalam sehari untuk bergerak, berkeringat dan berolahraga?

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”

 

Kutipan tentang pentingnya olahraga di atas tentu sudah kita dengar sejak kecil.

Tapi, sudahkah kita mengerti arti dari kalimat tersebut dan berusaha mempraktikkannya sehingga kita bisa menuai hasilnya?

Mulai sesegera mungkin, dan usahakan untuk tidak menunda! Lakukan kebaikan pada diri sendiri.

Resep Seorang Muda yang Kaya Berkat Internet 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

#4 Pola Pikir Orang Kaya di Rumah = Menabung Adalah Prioritas

Sudah sangat sering kita mendengar:

Sisihkan sebagian uangmu untuk ditabung

 

Coba kamu perhatikan kata yang dicetak tebal! Apa arti sebenarnya dari kata “menyisihkan”?

Menyisihkan identik dengan pengertian menyisakan.

Jika kita berpikir bahwa tabungan itu adalah untuk masa depan, maukah kamu membuat masa depan dari sisa-sisa uang yang ada?

Atau sebaliknya, kamu mengutamakan uangmu untuk tabungan, dalam hal ini berarti menjadikan tabungan sebagai PRIORITAS?

Berapa besar tabunganmu untuk hari tua kelak? Sudahkah terkumpul dan kamu masukkan pada tempat yang tepat dimana uangmu tidak hilang sedikit demi sedikit?

12 Tips Menabung untuk Karyawan Kantoran 01 Finansialku

[Baca Juga: Top 5 Investasi Hari Tua yang Menguntungkan untuk Para Pensiunan di Indonesia]

 

Memprioritaskan akan membawa kita pada pemahaman untuk mengutamakan dan menjaganya agar berada pada kondisi yang aman, bahkan berkembang – dalam hal ini adalah uang tabungan yang kamu prioritaskan.

Pola pikir orang kaya di rumah yang bisa kamu terapkan adalah MEMPRIORITASKAN uang tabungan dan bukan menyisihkan atau menyisakannya.

Mau Tahu bagaimana memprioritaskan uangmu? Ubah pola pikirmu dengan melihat video Youtube Finansialku.

 

#5 Pola Pikir Orang Kaya di Rumah = Apa yang Bisa Kamu Berikan?

Setelah melewati tahapan peduli terhadap diri sendiri dan memprioritaskan keuangan untuk masa depan hari tuamu, kini saatnya kamu perlu peduli dengan orang lain di sekitarmu, orang yang paling dekat di dalam rumahmu?

Siapa dia dan siapa mereka yang terdekat di dalam rumahmu? Mereka yang adalah anggota keluargamu.

Jika kamu adalah seorang suami, tentu orang terdekatmu adalah istri.

Jika kamu sudah punya anak, tentu selain istrimu, kamu perlu menaruh kepedulian dan perhatian kepada anakmu juga.

Atau, orangtua yang ada di dalam rumah dan masih tinggal denganmu.

Lihat mereka ada dalam pikiranmu kemudian pikirkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang bisa kamu berikan bagi mereka – sesuatu yang paling mereka butuhkan darimu.

Apakah sebuah barang bisa membuat mereka merasa bahagia atau terpenuhi kebutuhan mereka melalui dirimu?

Atau lebih dari pada itu, yaitu dirimu sendiri melalui cinta yang kamu miliki?

“Memberi bisa dilakukan tanpa mengasihi (cinta), tapi mengasihi (cinta) tidak dapat dilakukan tanpa memberi.”

 

Pola pikir orang kaya di rumah yang kamu bisa latih berikutnya adalah, pelihara dan kembangkan rasa cintamu kepada orang-orang yang tinggal bersamamu – mereka yang adalah bagian dari keluargamu.

Mengembangkan rasa cintamu tentu akan menuntun kepada sebuah hasrat untuk menyatakannya dalam sebuah perbuatan nyata dengan cara memberi – memberi dengan sepenuh hati karena kamu mencintai mereka.

Berikan yang terbaik kepada mereka yang kamu cintai melalui kerja kerasmu, usahamu di tempat kerja, setiap jerih lelahmu meraih prestasi bagi mereka yang mendoakan atas kebaikanmu.

Berikan yang terbaik bagi mereka yang mempedulikanmu bahkan dengan perhatian kecil yang tak terpikirkan, termasuk memberikan waktumu yang berkualitas bagi mereka yang kamu cintai di rumah, sebelum waktu itu sendiri pergi dan tak bisa diulang kembali.

“Seberapa kayanya seseorang, mereka tidak akan pernah mampu untuk membeli waktu.”

 

Setiap orang punya waktu dan ini adalah anugerah dari Sang Khalik bagi setiap insan – tapi, sudahkah mereka menggunakan waktu itu dengan bijak dan arif?

Penyesalan tidak akan pernah bisa membawa waktu kembali ke pangkuanmu.

Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menguntungkan: 4 Rahasia Menciptakan Kesetiaan Konsumen (Consumer Loyalty)]

 

Mulai dengan Pola Pikir Orang Kaya di Rumah yang Benar

Memulai akan selalu menjadi sebuah langkah yang baik. Jadikan niatmu untuk menjadi orang kaya dengan memiliki pola pikir orang kaya yang benar.

Buatlah ini sebagai sebuah langkah nyata dan bukan sekadar angan-angan belaka.

Ketahuilah bahwa setiap hari ketika kita membuka mata di pagi hari, akan selalu ada peluang baru yang menantimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mensyukuri setiap lembah dan tanjakan dalam hidupmu.

Gunakan uangmu dengan bijak, prioritaskan masa depan hari tuamu sebagai bukti bahwa kamu mencintai diri sendiri sebelum menyatakan cintamu pada orang-orang terdekat.

 

Kamu dapat berbagi dan rasakan sukacita dari berbagi kepada orang lain dengan membagikan setiap artikel Finansialku kepada mereka yang kamu kenal.

Kamu juga dapat menuliskan komentar atau tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Adinda Tri Wardhani. 13 Agustus 2016. 4 Cara Berpikir yang Bisa Membantu Anda untuk Hidup Hemat. Liputan6.com – https://bit.ly/2IOHJo5
  • Boby. 3 Februari 2019. Ini Pola Pikir yang Gak Ditemukan di Orang Miskin, tapi Ada di Orang Kaya. Moneysmart.id – https://bit.ly/2GHq4vj
  • Ishak Okta Sagita. 18 September 2018. 9 Pola Pikir Orang Kaya yang Bisa Kamu Pratikkan Sehari-hari. IDNTimes.com – https://bit.ly/2GSuXmE
  • Laruno. 26 Januari 2018. 22 Perbedaan Orang Kaya Dan Orang Miskin. Laruno.com – https://bit.ly/2VvHHr9
  • Sukarto. Pola Pikir Seperti Ini yang Buat Anda Jadi Kaya, Tetap Kaya dan Lebih Bahagia. Sukarto.com – https://bit.ly/2L7j0gJ

 

Sumber Gambar:

  • Pola Pikir Orang Kaya di Rumah 1 – http://bit.ly/2vyrV03
  • Pola Pikir Orang Kaya di Rumah 2 – http://bit.ly/2GWB9Zm