Komik: Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal? Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya

Apakah Anda sudah melakukan investasi? Apa Keuntungan Investasi dibandingkan dengan hanya menabung di bank saja?

Terkadang masyarakat masih belum memahami dengan investasi, padahal investasi ini membawa banyak kebaikan. Yuk kita cari tahu apa saja keuntungan investasi yang bisa Anda dapatkan melalui artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Menabung? Dimana?

 

Memiliki impian memang sah-sah saja, apalagi kalau impian kita ini bisa dengan mudah diwujudkan. Terkadang, kita menganggap kalau impian hanyalah impian tidak mungkin menjadi kenyataan.

Kalau pun ingin mewujudkan impian, biasanya kita harus bekerja dengan sangat keras supaya impian itu terwujud. Terkadang, saat kita sudah bekerja dengan begitu keras, kita masih sulit mewujudkan impian tersebut.

Misalkan, salah satu impian klien saya adalah memiliki sebuah mobil SUV dengan uangnya sendiri. Klien saya pun bercerita kalau dia sering sekali bekerja lembur bahkan sempat memiliki kerjaan tambahan.

Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya 08 Bekerja Keras - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Berinvestasi, Pahami Dulu Industri Pengelolaan Investasi Indonesia]

 

Dia pun bercerita ternyata sangat melelahkan harus bekerja terus setiap harinya. Pada hari biasa saja klien saya sudah bekerja lebih dari 12 jam demi mewujudkan impiannya.

Belum lagi waktunya ketika weekend pun dipakai untuk bekerja freelance di pernikahan-pernikahan. Hingga sulit bagi klien saya ini sebelum bertemu dengan saya untuk mewujudkan impiannya.

Hingga pada suatu hari setelah bekerja setiap hari, klien saya pun jatuh sakit. Maksud hati uang yang dikumpulkan untuk membeli mobil ternyata harus terpakai untuk membayar biaya rumah sakit.

Setelah klien saya bercerita seperti ini, saya pun bertanya mengapa ia harus bekerja sangat keras padahal kalau saya lihat dengan gajinya pun ia bisa mewujudkan impiannya.

 

Dan seharusnya, saat klien saya menambahkan pekerjaannya, impiannya semakin cepat untuk diwujudkan. Saya pun bertanya, apakah uang yang selama ini didapatkan hanya disimpan di rekening bank?

Klien saya pun menjawab iya, uang yang selama ini didapatkannya hanya ditaruh di bank saja tidak diinvestasikan.

Saya bertanya kembali, mengapa tidak diinvestasikan saja, supaya uang Anda yang bekerja untuk Anda bukan sebaliknya.

Ternyata klien saya ini belum paham tentang investasi, sehingga ia pun ragu untuk menyimpan uangnya melalui investasi. Dari cerita klien saya dan cerita dari komik di atas pun sama.

Kebanyakan orang tidak mau berinvestasi karena tidak mengetahui produk investasi tersebut. Kedua, orang tersebut tidak memiliki waktu untuk belajar bahkan tidak memiliki keinginan untuk mempelajarinya.

Selain itu, masih ada orang yang takut akan risiko berinvestasi. Memang betul, setiap investasi pasti ada risikonya. Termasuk investasi yang memiliki risiko rendah seperti deposito.

Bank tidak menjamin pada satu tahun ke depan, bunga deposito akan tetap atau bisa saja turun bahkan bisa naik. Jadi, setiap investasi yang dilakukan pasti ada risikonya.

Mengapa sih investasi ini menjadi penting? Yuk mari kita simak keuntungan dari berinvestasi yang sudah dijelaskan di komik. Saya pun akan menjelaskannya secara rinci.

Sebelum Anda mulai berinvestasi, ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan keuangan Anda di bawah ini. Supaya Anda tahu apakah Anda sudah berinvestasi dengan benar atau belum.

 

Untungnya Berinvestasi

Mengapa sekarang banyak sekali platform-platform keuangan yang menggembar-gemborkan untuk berinvestasi. Sekarang saja di aplikasi finansialku sudah bisa berinvestasi reksa dana.

Kenapa sih investasi ini semakin heboh dari hari ke harinya. Apa sih yang ditawarkan investasi dibandingkan dengan menabung di rekening bank?

 

Untungnya Investasi #1 Terhindar dari Risiko Inflasi

Jika Anda menabung di bank, berapa sih bunga yang biasa Anda dapatkan? Jangan-jangan Anda lebih sering menikmati potongan administrasi di bank daripada mendapatkan bunga di bank?

Salah satu bank swasta, memberikan bunga untuk tabungan sebesar 0,60% itu pun kalau Anda menyimpan sejumlah nominal tertentu. Kalau Anda tidak memiliki nominal tertentu, Anda tidak akan mendapatkan bunga tersebut.

Tahukah Anda kalau inflasi saja sudah mencapai 3,16% pada bulan Oktober 2018? Berdasarkan data dari Bank Indonesia, tingkat inflasi saja rata-rata berada di 3 koma sekian persen.

Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya 09 - Finansialku

Laporan Inflasi (Indeks Harga Konsumen) – Bank Indonesia

 

Jika Anda tetap menabung di bank, maka uang yang Anda simpan akan berkurang setiap harinya. Inflasi saja sudah mencapai 3% tetapi bunga di tabungan Anda hanya mencapai 0,60%.

Sudah terbayang bukan kalau menabung di bank sebenarnya merugikan Anda? Anda tidak bisa mengamankan uang Anda, yang Anda harapkan akan bertambah malah sebenarnya nilai uang Anda semakin hari semakin berkurang.

 

Untungnya Investasi #2 Kemudahan Akses

Apakah Anda masih berpikir kalau berinvestasi harus bertanya kepada satu kantor khusus untuk investasi? Atau malah Anda masih berpikir kalau mau berinvestasi Anda harus ke bursa efek Jakarta?

Sekarang adalah zamannya Anda hanya perlu membuka akun investasi melalui handphone saja. Apakah Anda sudah memiliki aplikasi finansialku? Jika belum, Anda dapat download disini. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Melalui aplikasi finansialku, Anda sekarang bisa berinvestasi. Anda tinggal klik menu lalu ke produk keuangan, nantinya akan muncul belanja reksa dana dari bareksa.

Kemudian, Anda akan diarahkan ke menu reksa dana yang tersedia di aplikasi finansialku seperti gambar di bawah ini.

Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya 10 - Finansialku

Menu Reksadana Aplikasi Finansialku

 

Jika Anda lihat, beberapa reksa dana mampu memberikan return di atas 3%, maka dengan kemudahan Anda membeli reksa dana tinggal online pun memberikan Anda kemudahan untuk mengontrolnya.

Jika Anda masih belum tahu bagaimana caranya membuka akun reksa dana di finansialku. Anda dapat menonton video buka akun reksa dana di bawah ini.

 

Untungnya Investasi #3 Bisa dimulai dari Rp100.000

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa dengan berinvestasi, Anda harus memiliki modal yang besar. Pada kenyataannya Anda cukup memiliki modal minimal sebesar Rp100.000.

Tidak percaya? Salah satu produk investasi, yaitu reksa dana, memberikan syarat minimum pembelian sebesar Rp100.000 tanpa adanya biaya administrasi apapun yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya 11 - Finansialku

Reksa Dana

 

Salah satu produk reksa dana ini memberikan syarat jika ingin membeli reksa dana ini minimum harus sebesar Rp100.000. selanjutnya, jika Anda ingin top up pun Anda hanya harus membeli minimum sebesar Rp100.000 tanpa ada biaya pembelian.

 

Untungnya Investasi #4 Anda Tidak Perlu Bekerja Setiap Hari

Ketika Anda akhirnya memutuskan untuk berinvestasi, Anda pun tidak perlu untuk bekerja setiap hari tanpa ada libur. Memang benar, saat Anda menambahkan pekerjaan, impian Anda akan lebih cepat terwujudnya.

Tetapi, kembali lagi, instrumen investasi apa yang Anda pilih. Jika Anda memilih untuk berinvestasi reksa dana, saham, emas, rumah dan lain sebagainya. Anda hanya perlu menanamkan modal di awal atau Anda bisa menabung investasi setiap bulan.

Nantinya, uang Anda pasti akan bertambah dan nilai dari uang Anda pun tidak akan berkurang setiap harinya. Sehingga, tentu saja akan lebih mudah untuk Anda mewujudkan impian Anda.

Ingat! Sebelum Anda berinvestasi ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari investasi yang Anda jalankan.

Jika Anda masih bingung mengenai investasi reksa dana, Anda dapat download ebook investasi reksa dana untuk pemula di bawah ini yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Pastikan Impian Anda Sebelum Berinvestasi

Sebelum Anda berinvestasi, ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu apa impian Anda. Misalkan impian dalam satu tahun ke depan, tiga tahun ke depan atau lima sampai sepuluh tahun ke depan.

Supaya investasi Anda akan bekerja dengan efektif dan efisien. Jika Anda hanya asal berinvestasi, Anda namanya bermain judi bukan melakukan investasi.

Jika Anda masih ingin belajar bagaimana mewujudkan impian Anda, Anda bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui keuntungan dari berinvestasi.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui keuntungan dari berinvestasi. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Mahal – https://goo.gl/4EUQKA
  • Bekerja Keras – https://goo.gl/XnTFYi
  • Laporan Inflasi (indeks Harga Konsumen), Bank Indonesia – https://goo.gl/8rLupK
Summary
Komik: Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal? Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya
Article Name
Komik: Yakin Masih Mikir Investasi Itu Mahal? Yuk Kita Cari Tahu Keuntungan Investasi Sebelum Memulainya
Description
Apakah Anda sudah melakukan investasi? Apa Keuntungan Investasi dibandingkan dengan hanya menabung di bank saja?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

Leave A Comment