Cryptocurrency disebut-sebut sebagai mata uang masa depan, namun bagaimana dengan prediksi cryptocurrency 2018 ini?

Cryptocurrency telah menjadi fenomena global yang dikenal banyak orang. Melalui artikel ini, Anda akan disuguhi informasi 10 cryptocurrency yang diprediksi sangat berharga di masa depan:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Awal Mula Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan produk temuan terbaru dari mata uang yang muncul pertama kali dari Satoshi Nakamoto dalam bentuk Bitcoin.

Meski awalnya tidak berniat menciptakan mata uang, namun tujuannya adalah untuk membuat uang digital atau disebut “A Peer-to-Peer Electronic Cash System.“  

Satoshi Nakamoto mengumumkan Bitcoin di SourceForge, 9 Januari 2009:

Announcing the first release of Bitcoin, a new electronic cash system that uses a peer-to-peer network to prevent double-spending. It’s completely decentralized with no server or central authority.”

 

Pada tahun 1990-an, banyak usaha yang dilakukan untuk menciptakan uang digital ini, namun masih gagal. Satoshi dinobatkan sebagai pelopor uang digital saat Bitcoin lahir.

Inilah awal mula cryptocurrency, yang masih sangat kompleks dan sulit dimengerti. Nyatanya cryptocurrency menimbulkan dinamika luar biasa terhadap pasar bagi investor dan spekulator.

Namun, kini mata uang digital ini memang sudah mulai penetrasi ke tengah masyarakat, termasuk di Indonesia.

Prediksi-Cryptocurrency-2018-02-Finansialku

[Baca Juga: Uang Tidak Dapat Dilihat dengan Menggunakan Mata, Latihlah Pikiran Anda dari Sekarang agar Dapat Melihat Uang]

 

Seiring perkembangannya, terdapat beberapa cryptocurrency yang beredar di tengah masyarakat dewasa ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

Mata uang digital pertama dan paling terkenal di kalangannya, bitcoin menjadi standar logam mulia dalam seluruh industri cryptocurrency, dan sering digunakan sebagai alat pembayaran global yang tak jarang dimanfaatkan untuk tindakan kriminal seperti darknet markets atau ransomware.

Setelah beredar selama 7 tahun lamanya, harganya telah naik dari nol hingga mencapai lebih dari US$650 atau setara dengan Rp9,4 juta, dan volume transaksinya mencapai 200 ribu per hari.

Seorang genius Vitalik Buterin menciptakan cryptocurrency yang menduduki peringkat kedua. Perbedaannya dengan Bitcoin adalah, Ethereum bukan hanya bisa memproses transaksi, namun juga kontrak dan program yang kompleks.

Fleksibilitas ini menjadikan Ethereum sebagai instrumen sempurna bagi blockchainapplication. Namun, setelah kasus Hack of the DAO, developer memutuskan untuk membentuk Ethereum Classic.

Mungkin Ripple merupakan cryptocurrency paling tidak populer dan paling dibenci dalam komunitasnya. Meski memiliki dasar cryptocurrency, XRP, Ripple lebih condong ke dalam jaringan untuk memproses IOU.

Ripple Labs membuat setiap XRP-token, perusahaannya juga mengelola Ripple Network sendiri, serupa halnya dengan pendistribusiannya. Karena alasan ini, Ripple sering dianggap bukanlah cryptocurrency.

Litecoin merupakan salah satu cryptocurrency setelah Bitcoin dan disebut sebagai perak di samping emas Bitcoin.

Litecoin merupakan inovasi asli yang diciptakan sebagai adik dari Bitcoin. Meski gagal menempati peringkat kedua dalam cryptocurrency, Litecoin terus dikembangkan dengan harapan menjadi pengganti Bitcoin.

Merupakan contoh algoritma dari cryptocurrency, di mana algoritmanya diciptakan untuk memberikan privasi yang hilang dalam Bitcoin. Dengan konsep ring-signatures, algroritma ini mampu menutupi kelemahan transaksi dalam Bitcoin.

Popularitasnya menanjak hingga puncaknya pada musim panas 2016 di mana

Darknet Markets menerimanya sebagai mata uang. Hal ini berefek pada peningkatan harganya yang stabil, meski penggunaannya masih sangat sedikit.

 

 

Di samping contoh di atas, masih banyak cryptocurrency lainnya. Mayoritas diciptakan sebagai usaha untuk meraih investor dan menghasilkan uang, namun tidak banyak yang berhasil menciptakan dasar inovasi yang menjanjikan.

Bicara tentang uang, sudahkah Anda melakukan perencanaan keuangan dengan tepat? Anda bisa mendapatkan panduannya melalui ebook Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

10 Cryptocurrency yang Diprediksi Sangat Berharga

Dewasa ini, cryptocurrency terus datang dan pergi begitu saja. Sebagian dari mereka sukses meningkatkan nilainya layaknya Bitcoin, namun ada juga yang gagal dan hilang dari peredaran.

Tetapi tahukah Anda, ada elemen yang akan memberi tahu para analis tentang nilai prediktif dari blockchain. Elemen-elemen ini antara lain adalah:

  • Kegunaan dan fungsi,
  • Permintaan,
  • Kemudahan transfer,
  • Keamanan dan stabilitas,
  • Siklus hidup, dan
  • Komunitas di balik koin.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Melalui elemen-elemen tersebut, para pakar melakukan prediksi pasar serta teknologi di balik cryptocurrency, dan menemukan 10 cryptocurrency yang harus diperhatikan karena potensi kesuksesannya di masa depan.

Penasaran bukan? Segera simak rangkuman Finansialku berikut ini:

 

#1 DigiByte (DGB)

Ada lebih dari 1000 cryptocurrency di pasar saat ini, tetapi kenyataannya adalah bahwa sebagian besarnya gagal. Tidak demikian halnya dengan DigiByte (DGB) yang diperkirakan akan naik tinggi harganya pada tahun ini.

Saat ini harganya US$0,034 atau setara dengan Rp492, dan diproyeksikan akan mencapai nilai US$5 atau setara dengan Rp72.380 dalam lima tahun ke depan.

Hal ini mungkin terjadi karena dari sudut pandang transaksi, Digibyte (DGB) menghasilkan mata uang yang jauh lebih baik daripada Bitcoin, Litecoin, dan Ripple. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  • DigiByte (DGB) sangat terdesentralisasi.
  • DigiByte (DGB) dapat menangani lebih dari 560 transaksi per detik, yang mendekati 40 kali lebih cepat daripada Bitcoin, dan juga jauh lebih cepat daripada Ripple (XRP).
  • Memungkinkan pengembangan Dapps di salah satu blockchain yang teraman dan termurah di dunia.

 

#2 Ark (ARK)

Ark (ARK) merupakan salah satu proyek penuh ambisi dalam dunia cryptocurrency. Saat ini, harganya telah mencapai US$2,55  atau setara dengan Rp36.913, tetapi diperkirakan akan mencapai US$410,69 atau setara dengan Rp5,9 Juta dalam perkiraan lima tahun.

Visi dari Ark adalah untuk menjadi all-in-one blockchain platform. Sehingga memungkinkan Anda untuk membuat blockchain baru hanya dengan menekan tombol hingga berperan sebagai jembatan antar blockchains.

Ark diestimasikan akan menjadi pemain besar dalam blockchain platforms.

 

#3 Tokencard (TKN)

Bekerja sebagai sebuah platform dompet pintar atau kartu debit dan kredit di mana Anda dapat membayar dengan koin digital. Beberapa elemen di dalamnya termasuk Token Contract Wallet, Token Card, dan Token App.

Tokennya disebut dengan sebutan TKN dan harga saat ini adalah US$1,43 atau setara dengan Rp20.700, tetapi diprediksi akan naik menjadi US$277,85 atau setara dengan Rp4 juta dalam lima tahun.

TKN merupakan jenis token Ethereum spesial, dan merupakan sebuah aset berbasis token. Setiap kali TokenCard digesek, transaksinya dikenakan 1% licensing fee yang akan masuk ke dalam TKN Asset Contract.

Prediksi-Cryptocurrency-2018-03-Finansialku

[Baca Juga: Bitcoin? Apa Manfaat dan Kegunaannya? Ketahui Informasi Selengkapnya!]

 

#4 Stellar (XLM)

Didirikan oleh nirlaba yang bertujuan untuk memotong biaya transfer tunai internasional. Pendirinya, Jeb McCaleb, juga salah satu pendiri Ripple.

Harga dari Stellar (XLM) mencapai nilai tertingginya pada rabu malam kemarin, dengan kenaikan lebih dari 10% hingga mencapai US$0.33 atau setara dengan Rp4.777 di Bitfinex.

Meskipun tidak ada kejadian tertentu yang memicunya, mata uang digital ini sudah menjadi perbincangan karena perkembangannya yang positif.

Stellar atau lebih dikenal dengan nama Lumens (XLM), juga meningkat jumlahnya dengan hampir  diperdagangkannya XLM senilai US$17,5 juta atau setara dengan Rp253,3 miliar per 10 PM GMT.

 

#5 Ripple (XRP)

Meski awalnya Ripple merupakan cryptocurrency paling tidak populer dan paling dibenci dalam komunitasnya, dalam beberapa tahun terakhir setelah didirikan pada tahun 2012 mata uang ini mulai melambung tinggi.

Ripple bahkan telah digambarkan sebagai Goldman Sachs of Crypto. Harga saat ini berada di nilai kisaran US$0,617 atau setara dengan Rp8.931, namun analis pasar memprediksi bahwa nilainya dalam lima tahun ke depan akan menembus US$4,5 atau setara dengan Rp65.142.

Bayangkan jika Anda menginvestasikan US$100 atau setara dengan Rp1,4 juta pada koin hari ini, ROI akan mencapai US$750,22  atau setara dengan Rp10,8 juta pada 2023.

 

#6 Golem (GNT)

Sejak akhir kuarter kedua dari pasar cryptocurrency, investor dan trader sudah memonitor mata uang di samping 10 mata uang terkuat saat itu. Salah satunya adalah Golem Network Token (GNT) yang menarik perhatian banyak individu.

Harga saat ini untuk GNT turun menjadi US$0,611 atau setara dengan Rp8.844. Namun, perkiraan pasar lima tahun untuk Golem adalah bahwa koin akan mencapai US$68,95 atau setara dengan Rp998.120.

Hal ini diprediksikan akibat sifat desentralisasi dan konsep open-source dari Golem, yang memungkinkannya untuk diakses oleh siapapun.

Golem juga terus menarik perhatian karena pencapaiannya yang terus memasuki surat kabar.

Prediksi-Cryptocurrency-2018-04-Finansialku

[Baca Juga: Dibalik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

#7 Cardano (ADA)

Charles Hoskinson, salah satu pelopor dari Cardano (ADA) dan Ethereum (ETH) mengungkapkan cita-citanya untuk melihat Cardano menjadi Trillion Dollar Crypto pertama di dunia.

Charles Hoskinson, memang selalu dikenal akan rencana dan pernyataan ambisiusnya. Namun pernyataannya dilengkapi dengan tindakan yang kerap mengagetkan dunia cryptocurrency

Hal ini terbukti dengan pencapaian Cardano, koin yang didasarkan pada sistem peer-review hasil ciptaannya bersama Jeremy Wood.

Hal ini terjadi salah satunya karena blockchain Cardano yang sepenuhnya aman dan terukur.

Saat ini, memang nilainya sedang turun ke angka US$0,220 atau setara dengan Rp3.184, tetapi diperkirakan lima tahun lagi ADA akan mencapai angka US$24,31 atau setara dengan Rp351.911.

 

#8 Red Pulse (RPX)

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenali mata uang Red Pulse (RPX). Benar sekali, ini adalah ICO Token Based pertama dalam NEO blockchain.

Mata uang yang satu ini dinilai memiliki masa depan sangat cerah dalam pasar cryptocurrency. Mengapa demikian?

Pertama, perusahaan yang bermarkas di Hong Kong terpilih untuk Accenture Fintech Innovation Lab pada tahun 2017. Kedua, platform-nya memiliki voting system yang akan menjamin high quality content di dalamnya.

Ketiga, hingga saat ini, harga Red Pulse adalah US$0,056 atau setara dengan Rp810, tetapi diperkirakan akan meningkat menjadi US$10,41 atau setara dengan Rp150.695 dalam waktu lima tahun.

Jadi, bagaimana menurut Anda masa depan dari RPX ini?

 

#9 Verge (XVG)

Sejak diperjualbelikan pada pertengahan Januari 2018, Verge (XVG) sudah menarik perhatian para pemain mata uang digital.

Meskipun serangan DDOS menyerangnya baru-baru ini, Verge mati-matian mempertahankan posisinya agar tetap stabil.

Kris Chase, kepala pemasaran Verge, mengungkapkan dalam tweet-nya bahwa mereka berada dalam kondisi mengimplementasikan basis kode baru yang secara drastis akan meningkatkan keamanan.

Dia menepis serangan itu sebagai FUD belaka.

Verge juga sudah memberi isyarat bahwa mereka akan melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mengintegrasi platform-nya agar dapat bekerja lebih baik lagi ke depannya.

Ini adalah bukti bahwa mereka berupaya kuat untuk memperoleh kepercayaan lagi.

Prediksi-Cryptocurrency-2018-05-Finansialku

[Baca Juga: Mata Uang Dunia: Daftar Mata Uang Tertinggi dan Terendah di Dunia]

 

#10 Altcoin

Altcoin atau alternative coin, merupakan alternatif mata uang digital dari Bitcoin, yang menjadi mata uang digital pertama. Altcoin Banyak mata uang yang termasuk dalam Altcoin, misalnya saja Ether, Ripple, Zcash, Monero dan Dash.

Dalam dunia pasar cryptocurrency, Altcoin memiliki beberapa perbedaan mendasar dari Bitcoin. Sebagai contoh, model ekonomi yang berbeda atau proof-of-work mining algorithms yang juga berbeda dari Bitcoin.

Beberapa Altcoin menawarkan programming language yang lebih bervariasi, di mana Bitcoin lebih bersifat privat.

Altcoin bahkan mendapat kepercayaan dari maskapai penerbangan Tapjets Inc., yang mengumumkan bahwa mereka mempertimbangkan Verge, Ripple dan Litecoin sebagai pembayaran untuk layanannya.

Namun, perhatikan baik-baik karena tidak semua Altcoin memberikan kelebihan daripada Bitcoin.

Beberapa di antaranya malah lebih tidak berguna dan lebih sulit digunakan sehingga potensinya di masa depan bisa dibilang suram.

 

Manakah yang Menarik Perhatian Anda?

Melalui penjabaran di atas, apakah Anda sudah mengetahui mana cryptocurency yang paling berpotensi?

Mengingat pasar cryptocurrency luas dan sangat cepat, maka bisa dikatakan bahwa mata uang digital memang menjadi incaran para investor.

Pemilik Codelitt, Cody Littlewood mengungkapkan,

“In 2 years from now, I believe cryptocurrencies will be gaining legitimacy as a protocol for business transactions, micropayments, and overtaking Western Union as the preferred remittance tool.  Regarding business transactions – you’ll see two paths: There will be financial businesses which use it for it’s no fee, nearly-instant ability to move any amount of money around, and there will be those that utilize it for its blockchain technology. Blockchain technology provides the largest benefit with trustless auditing, single source of truth, smart contracts, and color coins.”

 

Artinya, dalam 2 tahun ke depan, Cody Littlewood meyakini bahwa cryptocurrencies akan memperoleh legitimasinya sebagai protokol dalam transaksi bisnis, micropayments, dan menyaingi Western Union sebagai alat remittance.

Terkait transaksi bisnis, Anda akan melihat 2 jalur, di mana akan ada bisnis keuangan yang menggunakannya tanpa biaya, kemampuan instan untuk memindah-mindahkan uang, dan akan ada fungsi untuk mengutilisasi teknologi blockchain-nya sendiri.

Teknologi blockchain menyediakan benefit terbesar dengan trustless auditing, single source of truth, smart contracts, dan color coins.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai prediksi cryptocurrency 2018: 10 cryptocurrency yang diprediksi sangat berharga lainnya?

Tinggalkan komentar Anda di bawah. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih!

 

Catatan: US$1 = Rp14.476

 

Sumber Referensi:

  • Block Geeks. What is Cryptocurrency: Everything You Need To Know [Ultimate Guide]. Blockgeeks.com – https://goo.gl/esGkQy
  • Dinanto. 23 Juni 2018. 8 Cryptocurrency Ini Diprediksi Sangat Bernilai Ditahun 2018 dan Seterusnya. Kabarcoin.com- https://goo.gl/4HU5mg

 

Sumber Gambar:

  • Prediksi Cryptocurrency 2018 1 – https://goo.gl/YHnkyt
  • Prediksi Cryptocurrency 2018 2 – https://goo.gl/e5NDtJ
  • Prediksi Cryptocurrency 2018 3 – https://goo.gl/Dm3WNP
  • Prediksi Cryptocurrency 2018 4 – https://goo.gl/dCk7rb
  • Prediksi Cryptocurrency 2018 5 – https://goo.gl/XmonQy
Summary
Prediksi Cryptocurrency 2018: Ada 10 Cryptocurrency yang Diprediksi Sangat Berharga
Article Name
Prediksi Cryptocurrency 2018: Ada 10 Cryptocurrency yang Diprediksi Sangat Berharga
Description
Cryptocurrency disebut-sebut sebagai mata uang masa depan, namun bagaimana dengan prediksi cryptocurrency 2018 ini?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo