Di internet banyak sekali informasi terkait Bitcoin, baik informasi bohong maupun fakta. Ketahui fakta menarik Bitcoin sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi!

Mata uang yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 ini memang kerap diperbincangkan. Tapi mana yang mitos dan mana yang fakta? Yuk cari tahu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Sekilas tentang Bitcoin

Disebut-sebut sebagai digital currency pertama di dunia, Bitcoin menjadi cryptocurrency yang sistem pertukarannya tidak dikelola oleh operator manapun, melainkan dilakukan dengan sistem peer-to-peer alias dilakukan langsung antarindividu tanpa perantara.

Mata uang Bitcoin tidak tercantum dalam sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah dan seluruh pertukarannya terekam dalam sebuah distributed ledger yang disebut blockchain.

Bitcoin kerap digunakan untuk transaksi pribadi yang bersifat tanpa nama (anonymous transactions) sehingga memungkinkan untuk disalahgunakan untuk transaksi ilegal.

Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik atau denominasi fisik. Bitcoin hanya ada sebagai informasi didalam jaringan komputer yang saling terkoneksi. 

Public Key dan Private Key, Kunci Mengamankan Bitcoin Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Penggunaan Bitcoin di Indonesia serta Prediksi Harga Bitcoin pada Akhir Tahun 2017]

 

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, seluruh transaksi Bitcoin terekam dalam blockchain. Sehingga untuk membuat Bitcoin, seseorang harus membuat blok dalam jaringan tersebut.

Setiap blok dibuat secara cryptographic dengan cara mengikat tenaga komputer pengguna yang kemudian ditambahkan ke blockchain. Dengan demikian pengguna memperoleh Bitcoin dengan menjalankan jaringan.

Anda bisa membeli Bitcoin dalam marketplace yang menyediakan Bitcoin Exchange. Sebagai contoh, tempat pertukaran Bitcoin terbesar adalah Mt. Gox.

Bitcoin kemudian bisa ditransfer kepada pengguna lain menggunakan aplikasi smartphone atau dengan komputer, layaknya mentransfer uang secara digital.

Kemudian Bitcoin akan tersimpan dalam digital wallet, yang tersedia di komputer pengguna. Digital wallet ini layaknya akun bank virtual yang memungkinkan pengguna menyimpan, mengirim dan menerima, serta menggunakan Bitcoin untuk jual beli.

Beberapa orang menganggap Bitcoin sebagai sebuah investasi, berharap nilainya akan terus naik.

Memang betul Bitcoin memang sedang naik daun dan harganya sudah mencapai puluhan juta rupiah per 1 Bitcoin. Nilai ini bisa dibilang sangat tinggi dan tentunya menarik banyak investor dalam investasi Bitcoin.

Namun, kali ini Finansialku akan mengajak Anda untuk melihat dahulu 25 fakta menarik tentang Bitcoin yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mulai berinvestasi di instrumen ini.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

25 Fakta Menarik Bitcoin

Bitcoin memang selalu jadi topik menarik untuk diperbincangkan. Di berbagai negara, mata uang digital ini telah menjadi sorotan dan bahkan diprediksi akan menjadi mata uang masa depan.

Namun apakah Bitcoin merupakan jenis investasi yang tepat untuk Anda? Simak pembahasan berikut untuk menentukan jawabannya:

 

#1 Diciptakan oleh sekelompok programmer misterius atas nama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009

Tidak pernah diketahui sebenarnya apakah Satoshi Nakamoto adalah nama asli pencipta Bitcoin. Bahkan beredar RUMOR bahwa Satoshi Nakamoto memiliki 1 juta Bitcoin.

 

#2 Persediaannya (supply) terbatas, hanya ada 21 juta Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia

Seperti telah Anda ketahui, setelah mencapai 21 juta Bitcoin, maka tidak akan ada lagi Bitcoin yang akan di-generated. Dengan supply yang terbatas, maka jelas bahwa akan muncul kelangkaan dalam alat tukar digital ini.

Dengan adanya kelangkaan, maka harga Bitcoin diramalkan akan terus naik, mengingat banyaknya demand atau permintaan dengan supply yang terbatas.

 

#3 Tidak tercantum dalam sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah, sehingga tidak terpengaruh oleh siapapun

Mata uang Bitcoin tidak tercantum dalam sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah dan seluruh pertukarannya terekam dalam sebuah distributed ledger yang disebut blockchain.

 

#4 Tidak diproduksi atau dikontrol oleh individu, grup, maupun perusahaan

Bitcoin menjadi cryptocurrency yang sistem pertukarannya tidak dikelola oleh operator manapun, melainkan dilakukan dengan sistem peer-to-peer alias dilakukan langsung antar individual tanpa perantara.

 

#5 Mustahil untuk diduplikasi

Bitcoin bersifat unik dan tidak mungkin bisa disuplikasi sama persis.

25-Fakta-Menarik-Bitcoin-3-Finansialku

[Baca Juga: Di Balik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

#6 Tidak memiliki bentuk fisik, sehingga tahan lama (tidak mudah hancur)

Tidak seperti mata uang pada umumnya, Bitcoin merupakan mata uang digital. Sehingga tidak ada bentuk fisik yang bisa rusak atau hancur seiring waktu.

 

#7 Bersifat tanpa nama (anonymous transactions)

Walaupun seluruh transaksinya terekam dalam blockchain, nama pembeli dan penjual Bitcoin tidak pernah bisa diketahui oleh siapa pun. Yang bisa diketahui hanya wallet ID-nya saja.

 

#8 Dengan pasokan Bitcoin yang terbatas, diperkiraan Bitcoin akan berakhir ditambang pada tahun 2140

Diestimasikan 21 juta Bitcoin akan berhenti ditambang pada tahun 2140.

 

#9 Perubahan harganya murni terjadi akibat adanya supply dan demand

Tidak seperti uang pada umumnya, yang diproduksi oleh bank sentral dan dikendalikan oleh pemerintah, TIDAK ada satupun perusahaan atau institusi yang mengontrol Bitcoin.

Harga Bitcoin hanya berdasarkan penawaran dan permintaan yang ada di antara orang-orang yang membeli dan menjual Bitcoin di pasar Bitcoin.

 

#10 Tersimpan dalam digital wallet

Bitcoin akan tersimpan dalam digital wallet, yang tersedia di komputer pengguna.

Digital wallet ini layaknya akun bank virtual yang memungkinkan pengguna menyimpan, mengirim dan menerima, serta menggunakan Bitcoin untuk jual beli.

Jangan Asal Tebak! Lakukan Analisis Fundamental untuk Memprediksi Kenaikan atau Penurunan Harga Bitcoin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bitcoin? Apa Manfaat dan Kegunaannya? Ketahui Informasi Selengkapnya!]

 

#11 Bisa dibeli mulai dari nilai terkecilnya yakni 1 Satoshi yang bernilai 0.00000001 Bitcoin

Jangan kaget mendengar nilainya yang puluhan juta rupiah, karena Anda bisa mulai berinvestasi dengan nilai terkecilnya.

Trading Bitcoin bisa dilakukan mulai dari 1 Satoshi atau 0.00000001 Bitcoin saja, mengingat harganya yang sangat mahal.

Bahkan di www.bitcoin.co.id Anda bisa bertransaksi mulai dari 1.000 rupiah.

 

#12 Nilai Bitcoin terus meningkat hingga 879,999 kali dari tahun 2010-2017

Harga Bitcoin selalu berfluktuasi layaknya logam mulia atau saham sejak dikenal khalayak ramai pada tahun 2013.

Harga Bitcoin cenderung naik, namun sempat terjun menjadi sangat rendah karena jatuhnya tempat pertukaran Bitcoin terbesar, yaitu Mt. Gox.

Setelah itu harga Bitcoin perlahan-lahan merangkak naik karena demand-nya yang semakin meningkat. Mengingat banyak ahli keuangan yang beranggapan bahwa Bitcoin kini sedang memulai era kejayaannya.

 

#13 Dapat ditransaksikan di seluruh dunia

Bitcoin tidak mudah dibuat atau diperoleh, namun mudah ditransaksikan. Artinya Anda dapat dengan mudah membelanjakan Bitcoin.

Mengapa demikian? Karena Bitcoin sangat populer dikalangan pengguna internet dan diterima sebagai mata uang digital di mayoritas negara di dunia.

 

#14 Selama kematian The Silk Road, FBI menyita sebagian aset situs tersebut yakni 1,5 persen Bitcoin

Sekitar 5% ekonomi Bitcoin yang aktif di pasar gelap online secara tersembunyi, dan disebut The Silk Road. 

Situs tersebut akhirnya ditutup oleh FBI, dengan menambahkan fitur keamanan yang baru untuk menjaga anonimitas pasar gelap itu mulai berjalan kembali.

Akibat penutupan tersebut, FBI berhasil menyita 1,5% Bitcoin tersebut.

 

#15 Bitcoin Exchange terbesar di dunia, Mt Gox, jatuh pada tahun 2014, mengakibatkan turunnya harga Bitcoin sekitar 40%

Anda yang sudah lama berkutat di dunia cryptocurrency tentunya pernah mendengar berita mengenai bangkrutnya MTGox yang menyebabkan kerugian bagi para pengguna Bitcoin?

Pemberitaan semacam inilah yang bisa memicu penurunan harga Bitcoin sehingga muncul kerugian di pihak para pengguna Bitcoin.

25-Fakta-Menarik-Bitcoin-2-Finansialku

[Baca Juga: Haramkan Penggunaan Bitcoin, BI Akan Buat Mata Uang Pesaing]

 

#16 Dapat diperoleh dengan 3 cara:

  • Menambang (mining),

Mau tahu lebih dalam soal menambang Bitcoin? Simak artikel berikut ini: TERNYATA! Begini Cara Menambang Bitcoin (Cara Mining Bitcoin) yang Dapat Dilakukan oleh Orang Awam

  • Membelinya di Bitcoin Exchange
  • Memperoleh bayaran dalam Bitcoin

 

#17 Transaksi Bitcoin tidak bisa dibatalkan

Bitcoin bersifat anti pembatalan (irreversible) setelah transaksi terkonfirmasi oleh jaringan, dan sudah bersifat final. Kecuali apabila penerima transaksi bersedia mengirimkannya kembali.

 

#18 Blok baru Bitcoin dipecahkan setiap 10 menit sekali menggunakan algoritma matematika

Tingkat kesulitan akan berubah setiap mencapai 2016 blok, yang kisaran waktunya kurang lebih selama 2 minggu. Perubahan tingkat kesulitan, disesuaikan dari seberapa efisien para penambang selama periode 2016 blok sebelumnya.

Jika rata-rata penciptaan blok dalam 2 minggu lebih cepat atau lebih kecil dari 10 menit, maka tingkat kesulitan akan bertambah dan menyesuaikan. 

 

#19 Seorang programmer muda asal Luxembourg melakukan perjalanan keliling dunia selama 365 hari hanya dengan berbekal Bitcoin

Programmer muda asal Luxembourg Felix Weis juga memiliki kisah menarik atas pengalamannya bersama Bitcoin.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya mulai mengenal Bitcoin sejak tahun 2012 dan mempelajarinya dalam kurun waktu yang cukup lama.

Setelah berhasil mempelajari tentang Bitcoin, dirinya melakukan perjalanan hanya dengan berbekal Bitcoin saja. Alhasil, Weis berhasil keliling dunia selama 365 hari loh!

Dirinya murni hanya menggunakan Bitcoin untuk membayar makanan, akomodasi, dan seluruh biaya transportasi yang dimulai dari Berlin.

 

#20 Bitcoin Exchange Bitfinex di Hongkong dibobol hacker hingga menimbulkan kerugian miliaran rupiah, mengakibatkan anjloknya nilai tukar Bitcoin secara drastis

Kasus kedua yang menggemparkan dunia Bitcoin yakni peristiwa buruk yang menimpa Bitcoin Exchange Bitfinex. Bitcoin exchange di Hongkong itu dibobol hacker hingga menimbulkan kerugian miliaran rupiah.

Kasus ini menjadi tolok ukur untuk menebak pergerakan harga Bitcoin, namun pada saat itu mengakibatkan anjloknya nilai tukar Bitcoin secara drastis.

Bappebti-Gelar-Kajian-Bitcoin-2-Finansialku

[Baca Juga: Lagi! BI Ancam Akan Menindak Pelaku Usaha Pengguna Mata Uang Digital Bitcoin]

 

Untungnya, hal ini juga menjadi salah satu pelajaran bagi Bitcoin exchange lain untuk segera meningkatkan sistem keamanannya agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Alhasil hingga kini manfaat Bitcoin tetap bisa dinikmati oleh para penggunanya.

 

#21 Universitas Nicosia, Cyprus, merupakan universitas pertama yang menerima Bitcoin untuk pembayaran kuliah

Bitcoin memang sudah mulai dilakukan sebagai mata uang sah dalam bertransaksi di beberapa tempat, salah satunya adalah di Universitas Nicosia, Cyprus.

Contoh lainnya adalah Virgin Galactic, agensi travel yang juga bersedia menerima Bitcoin dalam pembayarannya.

 

#22 Bank Indonesia melarang transaksi pembayaran dengan menggunakan virtual currency (termasuk Bitcoin)

Berdasarkan Pasal 34 huruf a Peraturan BI 18/2016, Bank Indonesia melarang Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran untuk melakukan pemrosesan terhadap seluruh transaksi pembayaran dengan menggunakan virtual currency (termasuk Bitcoin).

 

#23 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melarang lembaga jasa keuangan memanfaatkan dan memasarkan mata uang digital atau Bitcoin

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melarang lembaga jasa keuangan memanfaatkan dan memasarkan mata uang digital atau “Bitcoin” karena tidak adanya legalitas dari Bank Indonesia.

Direktur Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Fithri Hadi menjelaskan penyebab larangan ini dalam 3 poin berikut:

  • Belum diketahui nilai fundamental atau fungsi dari Bitcoin secara mendasar.
  • Kesulitan dalam mencocokkan Bitcoin sebagai mata uang mengingat Undang-Undang (UU) Mata Uang menegaskan bahwa hanya Rupiah yang menjadi alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  • Tidak ada yang bisa dijadikan jaminan (underlying) yang mendasari Bitcoin sebagaimana produk investasi lainnya.

 

#24 Ethereum dan Litecoin hadir sebagai token cryptocurrency menggunakan teknologi yang sama dengan Bitcoin, Blockchain

Pada tahun 1990-an, banyak usaha yang dilakukan untuk menciptakan uang digital ini, namun masih gagal. Satoshi dinobatkan sebagai pelopor uang digital saat Bitcoin lahir.

Setelah Bitcoin, mulailah bermunculan banyak mata uang digital lainnya. Beberapa di antaranya yang menggunakan teknologi Blockchain adalah Ethereum dan Litecoin.

 

#25 Bitcoin dianggap ilegal di 3 negara, terlarang di 6 negara,  sedangkan terdapat 68 negara yang menganggapnya legal di seluruh dunia

3 negara yang menganggap Bitcoin ilegal adalah sebagai berikut:

  • Bangladesh
  • Bolivia
  • Ecuador

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

Bijak dalam Berinvestasi Bitcoin

Di balik kesuksesan, pasti ada isu atau rumor yang beredar. Demikian halnya dengan Bitcoin, yang berhasil menggemparkan dunia mata uang digital dan menimbulkan banyak rumor beredar tentangnya.

Jika ingin berinvestasi Bicoin, Anda tidak perlu takut akan pendapat atau rumor negatif soal Bitcoin. Yang terpenting adalah Anda bijak dalam membedakan mana yang mitos atau rumor dan mana yang fakta.

Jadi, saat mendengar rumor negatif tentang Bitcoin, Finansialku menyarankan agar Anda:

  1. Tidak langsung terpengaruh (tidak tergesa-gesa menjual Bitcoin saat harganya rendah)
  2. Menggali informasi lebih dalam akan peristiwa yang diisukan
  3. Segera memanfaatkan momen tersebut jika benar terjadi dengan membeli Bitcoin karena umumnya harganya hanya jatuh sesaat
  4. Menjual kembali Bitcoin saat harganya kembali naik
  5. Menikmati profit dari kasus negatif tersebut

 

Kini Anda bisa memutuskan apakah ingin berinvestasi Bitcoin atau tidak menimbang beberapa fakta yang diperoleh dari artikel ini.

Jika masih ragu, konsultasikan masalah keuangan Anda kepada konsultan keuangan seperti Finansialku. Anda akan memperoleh solusi keuangan yang solutif dengan seluruh fakta-fakta keuangan yang ada.

Anda dapat menghubungi Finansialku sekarang juga melalui telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com).

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 25 fakta menarik Bitcoin yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Oscar Darmawan dan Sintha Rosse. 2017. Bitcoin, Trading for Z generation
  • Redaksi CNN Tech. What is Bitcoin? Money.cnn.com – https://goo.gl/Q5WYbM
  • Cara McGoogan & James Titcomb. 1 September 2017. Technology: What is bitcoin, how does it work and what affects its price? Telegraph.co.uk – https://goo.gl/N8XZa3
  • Admin. 29 November 2017. Legalitas Bitcoin Menurut Hukum Indonesia. Hukumonline.com – https://goo.gl/9DBdWK
  • Redaksi Kompas.com. 6 Desember 2017. BI Larang Bitcoin Ditransaksikan di Indonesia Mulai 2018. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/eTRZ7a
  • Desy Setyowati, Ameidyo Daud. 13 Desember 2017. OJK Sulit Mengatur Investasi Bitcoin karena Tiga Faktor. Katadata.co.id – https://goo.gl/EeK9CV
  • Admin. 16 Mei 2016. Penjelasan Lengkap Menambang Bitcoin (Bitcoin Mining). Edukasibitcoin.com – https://goo.gl/G5gBhm

 

Sumber Gambar:

  • Fakta Bitcoin – https://goo.gl/kLpLqt
  • Fakta Bitcoin 2 – https://goo.gl/Em8AHw
  • Fakta Bitcoin 3 – https://goo.gl/UTiYcu

 

Summary
25 Fakta Menarik Bitcoin yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi
Article Name
25 Fakta Menarik Bitcoin yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi
Description
Di internet banyak sekali informasi terkait Bitcoin, baik informasi bohong maupun fakta. Ketahui fakta menarik Bitcoin sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo