Ternyata, kini sudah banyak bisnis waralaba produk Indonesia asli yang sukses bahkan merambah ke luar negeri.

Jadi, sudah tidak perlu jauh-jauh lagi mencari waralaba ke luar negeri. Yuk kita lihat 5+ pilihan waralaba produk Indonesia asli yang dapat Anda incar!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Waralaba Produk Indonesia jadi Peluang Usaha yang Mendunia

Seperti Anda ketahui, waralaba (franchise) merupakan badan usaha yang diberi hak untuk menggunakan kekayaan intelektual atau ciri khas yang ditemukan oleh pencipta waralabanya.

Dengan demikian, bisnis ini merupakan peluang usaha yang cukup praktis terutama bagi Anda para pebisnis pemula.

Banyak orang yang mulai melirik bisnis waralaba luar negeri dengan harapan mengembangkannya di tanah air. Namun satu yang terkadang menjadi halangan adalah harga waralabanya yang tergolong tinggi.

Bisnis Waralaba Franchise Dapoer Roti Bakar Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Waralaba Sabana Fried Chicken, Waralaba Lokal dengan Cita Rasa Internasional]

 

Artinya, penting untuk menyiapkan modal membeli waralaba agar Anda tidak terkendala biaya dalam memulai bisnis. Untungnya, semua itu kini lebih mudah dengan adanya aplikasi Finansialku.

Anda bisa menghitung berapa dana yang harus disimpan atau diinvestasikan setiap bulannya hingga seluruh dana terkumpul. Pertama-tama log in ke dalam aplikasi Finansialku yang sudah Anda download tadi.

Kemudian Anda bisa masuk ke fitur “Kalkulator Dana Membeli Barang” dalam menu “Rencana Keuangan” di aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa biaya yang perlu dikumpulkan setiap periodenya demi memperoleh modal beli waralaba.

Caranya, masukkan seluruh informasi yang dibutuhkan seperti berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Membeli Barang.Rencana Keuangan Dana Membeli Barang Aplikasi Finansialku 1
  3. Masukkan nama barang yang akan Anda beli
  4. Masukkan harga barang saat ini.
  5. Masukkan berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut, contoh 1 tahun lagi, 2 tahun lagi dan seterusnya.
  6. Masukkan dana atau uang yang sudah Anda miliki saat ini.
  7. Masukkan data inflasi atau kenaikan harga barang tersebut (satuan persen % per tahun).
  8. Masukkan estimasi hasil investasi : perkiraan hasil investasi setiap tahunnya (dalam satuan persen % per tahun) ke dalam “Kalkulator Dana Membeli Barang”, kemudian klik “Hitung”.Rencana Keuangan Dana Membeli Barang Aplikasi Finansialku 1
    Rencana Keuangan Dana Membeli Barang Aplikasi Finansialku 2

    Hasil Perhitungan Dana Membeli Barang

 

Sederhana sekali bukan? Setelah mengetahui jumlah dana yang harus dikumpulkan untuk waralaba, Anda tentu harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengelola keuangan.

Hal ini tentu harus dilakukan agar Anda dapat membeli bisnis waralaba yang Anda inginkan secepatnya.

Bagaimana caranya? Tenang, Anda hanya perlu membaca e-book Finansialku tentang Perencanaan Keuangan untuk Entrepreneur dan Freelance.

Tenang, Anda bisa mendapatkan e-book ini secara GRATIS hanya dengan menekan tombol oranye di bawah ini sekarang juga!

UNDUH GRATIS E-BOOK PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK ENTREPRENUR DAN FREELANCE

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Unduh Gratis E-booknya!

 

Solusi kedua bagi Anda, ternyata kini bisnis ini juga sudah mulai berkembang di Indonesia. Artinya, Anda tidak perlu jauh-jauh mencari peluang waralaba di luar negeri.

Bukan hanya harganya yang tentu lebih sesuai dengan kantong kita, ternyata bisnis waralaba produk Indonesia pun ada yang sudah merambah sampai ke ranah internasional loh.

Tentunya hal ini sangat membanggakan ya, karena berhasil membawa nama baik Indonesia ke mancanegara.

Sering Jadi Incaran, Ini 5+ Pilihan Waralaba Produk Indonesia Asli 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Jadi, dengan mengembangkan waralaba produk Indonesia asli, kita juga turut mengembangkan bisnis waralaba Indonesia ke arah yang lebih baik juga. Menarik bukan?

Nah, jika Anda juga sedang bingung dalam memilih produk waralaba, Finansialku siap membantu Anda. Yuk kita simak pilihan-pilihan waralaba produk Indonesia asli yang sering jadi incaran berikut ini:

 

#1 Kebab Turki Baba Rafi

Salah satu bisnis waralaba yang berkembang pesat di Indonesia dan bahkan telah merambah ke luar negeri adalah waralaba Kebab Turki Baba Rafi.

Waralaba makanan khas Turki ini merupakan bisnis waralaba yang dibangun oleh Hendy Setiono pada tahun 2003. Karena perkembangannya yang menjanjikan, bisnis ini mulai diwaralabakan pada tahun 2005.

Pada tahun 2009, Kebab Turki Baba Rafi membuka outlet pertama di luar negeri, tepatnya di Malaysia dan kini sudah memiliki outlet sebanyak lebih dari 1200 outlet yang tersebar di Indonesia dan mancanegara.

Sering Jadi Incaran, Ini 5+ Pilihan Waralaba Produk Indonesia Asli 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Christian Sugiono Pendiri MalesBanget.com]

 

Namun ternyata Kebab Turki Baba Rafi belum puas sampai disini, Hendy mengungkapkan bahwa ia masih ingin memperluas usahanya ke berbagai negara lainnya di seluruh dunia.

Selain itu, pengembangan bisnis waralaba ini juga diperluas dengan merambah ke dalam konsep frozen food yaitu Babarafi-online.com.

Babarafi-online.com  menawarkan pengalaman belanja online untuk kategori makanan frozen food dan juga mengembangkan usahanya menjadi sebuah bisnis waralaba yang menawarkan peluang bagi pecinta kuliner di seluruh Indonesia untuk menjual produk mereka.

 

#2 Alfamart

Bisnis mini market ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, karena bisnis ini sudah berkembang pesat hingga memiliki lebih dari 10.000 jaringan mini market yang mencakup mini market sendiri dan yang di-waralaba-kan di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 1999 dalam naungan PT Alfaria Trijaya, Alfamart kini telah berjaya selama hampir 20 tahun lamanya.

Alfamart sendiri mendeskripsikan diri sebagai penyedia produk kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia dengan jumlah outlet mencapai 11.500 buah.

Selain itu, Alfamart mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan produk di luar kebutuhan sehari-hari, yakni tiket kereta api, tiket pesawat, layanan pulsa prabayar, hingga tagihan listrik.

Alfamart juga telah menyediakan layanan belanja online yang memudahkan masyarakat menjangkau produknya. Kini Alfamart sudah menjangkau wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok.

Bisnis ini semakin diperlebar dengan terbentuknya franchise mini market Alfamart yang membuka peluang bagi para investor untuk membuka gerai Alfamart. Peluang bisnis yang menarik bukan?

 

#3 J.CO

Johnny Andrean, pemilik usaha salon dan penata rambut memulai bisnis waralabanya dengan mengambil inspirasi dari donat di Amerika dan membuka J.CO, usaha donat yang kini sudah berkembang di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2007, bisnis donat ini berhasil melebarkan sayapnya dengan membuka gerai di Singapura, Australia, dan Hongkong.

Bukan hanya donat, J.CO kini juga menawarkan berbagai jenis makanan lain seperti kopi dan frozen yogurt.

Ternyata J.CO berhasil melakukan penetrasi pasar Indonesia, bahkan membuat citra produk Indonesia yang setara dengan mancanegara.

Akibat kesuksesannya ini, J.Co pun membuka peluang waralaba bagi Anda para pebisnis yang tertarik dalam bidang sejenis.

 

#4 Es Teler 77

Sebuah usaha es teler yang sudah melegenda di Indonesia adalah es teler 77. Bisnis ini dibangun dengan penuh kerja keras oleh Ibu Murniati Widjaja sendiri bersama suaminya Trisno Budijanto beserta anak dan menantunya yaitu Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno Nugroho.

Bisnis ini terus bertahan selama lebih dari 30 tahun bahkan menjadi salah satu brand bisnis waralaba terbaik dan terpopuler yang ada di Indonesia.

Sering Jadi Incaran, Ini 5+ Pilihan Waralaba Produk Indonesia Asli 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Bisnis ini sendiri mulai di-waralaba-kan sejak tahun 1987, yang dengan ini merupakan usaha makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba.

Bisnis ini mulai di-waralaba-kan pada tahun 1987 dan dapat dikatakan menjadi pelopor bisnis waralaba Indonesia. Es Teler 77 mulai go internasional pada tahun 1998 dan mendirikan gerai pertama di Singapura.

Kini, Es Teler 77 telah memiliki 180 gerai di Indonesia dan 6 gerai di mancanegara.

Anda sudah memulai bisnis Anda sendiri? Itu sebuah langkah yang bagus dan kami mengapresiasi Anda akan hal ini.

Jika hari ini Anda belum memiliki pengaturan keuangan baik untuk bisnis maupun keuangan pribadi, kami dengan senang hati memberikan bantuan bagi Anda.

Dengan mengunduh aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store, Anda bisa mendapatkan berbagai fitur menarik yang mendukung keuangan bisnis Anda.

Anda juga dapat melakukan upgrade ke akun premium untuk mendapatkan kesempatan konsultasi dengan para Financial Planner kami.

Cukup dengan berinvestasi sebesar Rp 350 ribu selama satu tahun, Anda dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan kami di mana pun yang Anda mau. Pastikan kelancaran keuangan bisnis Anda bersama professional kami.

Segera download aplikasinya dan rasakan manfaatnya bagi masa depan Anda. Anda juga dapat mendaftar dengan klik banner di bawah ini.

Tahukah Anda bahwa tahap awal memulai bisnis adalah tahapan yang cukup rentan? Karena dalam tahap ini sering kali orang sulit membedakan manakah uang bisnis dan uang pribadi.

Mari pelajari dan ketahui bagaimana cara membedakan uang pribadi dan bisnis melalui e-book Finansialku yang bisa Anda download secara gratis berikut.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#5 California Fried Chicken

California Fried Chicken atau sering disebut CFC ini ternyata berasal dari Indonesia, walaupun mengusung nama California, salah satu kota di Amerika. Apakah Anda baru tahu fakta ini?

Perusahaan ini berdiri sejak 1989 dan mulai diwaralabakan di China pada tahun 1996 dan karena kesuksesannya CFC kini telah memiliki 20 gerai di China sendiri.

Meski produk asli Indonesia, CFC selalu menjaga kualitasnya agar setara dengan produk fried chicken internasional seperti KFC dan McDonald’s. Jadi, sudah tidak diragukan lagi deh kualitas waralabanya.

 

#6 Sabana Fried Chicken

Bisnis Sabana Fried Chicken dimulai dari gerai pertamanya yang bertempat di kawasan Pondok Gede.

Pendiri Sabana Fried Chicken, H. Syamsalis mengungkapkan,

“Awal berdiri kita buka di dekat sini, jadi kita bisa terima langsung kritik mengenai apa yang kurang dan harus ditambahkan. Nah, dengan kritikan yang membangun itulah kita terus belajar menjadi yang terbaik.”

 

Kini Sabana telah menjadi salah satu brand waralaba fried chicken paling populer, dengan lebih dari 2.000 gerai yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia.

Sering Jadi Incaran, Ini 5+ Pilihan Waralaba Produk Indonesia Asli 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Berbeda dengan CFC, Sabana Fried Chicken merupakan waralaba fried chicken yang mengusung konsep booth. Dengan demikian, bisa dikatakan harganya pasti lebih terjangkau.

Namun meski harganya terjangkau, Sabana dikenal selalu mengutamakan kualitas dan mengutamakan kehalalan produknya.

Diketahui Sabana Fried Chicken terus berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai standar produk halal meski telah memperoleh sertifikat halalnya.

 

#7 Martha Tilaar Salon Day Spa

Setelah malang melintang cukup lama dalam bisnis kecantikan, Martha Tilaar meluaskan bisnisnya dengan membangun Martha Tilaar Salon Day Spa.

Salon dan Day Spa ini didesain dengan konsep tradisional sambil tetap menonjolkan konsep modern lifestyle-nya.

Tampilannya elegan dengan membawa ciri khas budaya setempat dan adanya perpaduan unsur local culture di daerah terkait.

Desain tradisional ini juga bukan hanya sebagai bentuk pelestarian budaya, namun juga untuk menonjolkan makna tersirat yakni kesempurnaan, ketenangan jiwa dan pikiran, serta pengendalian diri.

Visi Martha Tilaar Salon Day Spa sendiri adalah untuk mengembangkan sembilan etno wellness ramuan spa khusus asli Indonesia yang memanfaatkan ramuan tradisional dan rempah-rempah nusantara.

General Manager PT Cantika Puspa Pesona, Ita Utamiwati mengungkapkan,

“Saat ini kami sudah memiliki empat dari sembilan etno wellness. Etno wellness adalah sebuah treatment kesehatan jiwa, pikiran, dan fisik yang diambil dari kearifan budaya. Kini sudah tersedia treatment Batimung Banjar, Lulur Jawa, Boreh Bali, dan Bakera Minahasa. Sisanya masih kami kembangkan.”

Sering Jadi Incaran, Ini 5+ Pilihan Waralaba Produk Indonesia Asli 06 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Ita juga menambahkan bahwa kelebihan spa Indonesia dibandingkan dengan yang di luar negeri adalah kearifan lokal yang khas Indonesia.

Salah satu visi Martha Tilaar dari awal adalah membawa nama Indonesia go global, dengan demikian bisnis Martha Tilaar Salon Day Spa juga merambah ke waralaba.

Martha Tilaar Salon Day Spa membuka peluang luas bagi calon investor yang berminat untuk terjun di bidang spa dan salon. Tertarik menjadi salah satu mitranya?

 

Peluang Usaha Bagi Anda

Apakah Anda tertarik untuk menjadi mitra usaha waralaba produk Indonesia asli yang telah terbukti kesuksesannya tersebut?

Jika Anda ingin membuka sebuah usaha namun belum menemukan ide cemerlang, maka bisnis waralaba dapat menjadi solusinya.

Jadilah salah satu mitra usaha bisnis waralaba yang telah sukses tersebut dan rasakan kesuksesannya.

Bukan demi keuntungan Anda dan juga franchisor, mengembangkan waralaba produk Indonesia asli pun tentu akan terus meningkatkan perkembangan produk asli Indonesia ke mancanegara.

Hal ini akan semakin membantu perekonomian Indonesia.

Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Luar biasa, bukan? Yuk pilih waralaba produk Indonesia asli dan sukses bersamanya! Selamat mencoba.

 

Apakah Anda mengetahui bisnis waralaba produk Indonesia asli lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Berikan motivasi pada rekan-rekan Anda dengan membagikan artikel bermanfaat ini.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nely Merina. 15 Maret 2017. Keren!! 10 Waralaba asli Indonesia yang Sudah Ada Beberapa Negara. Goukm.id – http://bit.ly/2lNuFoO
  • Marikxon. Kebab Turki Baba Rafi – Peluang Usaha Waralaba Asli Indonesia Yang Mendunia. Maxmanroe.com – http://bit.ly/2mfBhg3
  • Cecep Supriadi. 3 Februari 2014. Ini Dia Jurus Es Teler 77 Menarik Minat Investor. Marketing.co.id – http://bit.ly/2mdqaUP
  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017. Jakarta : Tras N Co Publishing

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Produk Indonesia 01 – http://bit.ly/2kcq2UQ
  • Waralaba Produk Indonesia 02 – http://bit.ly/2m8VJ1T
  • Waralaba Produk Indonesia 03 – http://bit.ly/2keojOR
  • Waralaba Produk Indonesia 04 – http://bit.ly/2kcq9zK
  • Waralaba Produk Indonesia 05 – http://bit.ly/2k9TGtQ
  • Waralaba Produk Indonesia 06 – http://bit.ly/2lRcBdm