Bagaimanakah cara mengajukan pembatalan KTA (Kredit Tanpa Agunan)? Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau sering disebut sebagai unsecured loans merupakan pinjaman perorangan tanpa adanya jaminan.

Namun terkadang terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi keputusan debitor sehingga berubah pikiran. Mari kita lihat bagaimana prosedur pembatalan pengajuan KTA, jika Anda berubah pikiran.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membatalkan Pengajuan KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk yang banyak digemari debitor yang membutuhkan dana cepat, namun karena dibutuhkan secara mendesak, biasanya debitor mencari pilihan lain dalam mencari pinjaman dana.

Karena satu dan lain hal, seringkali pengajuan KTA tidak terjadi secepat yang diinginkan, karena melalui beberapa proses seperti pengecekan riwayat kredit, BI checking, pengecekan NPWP dan dokumen pendukung lainnya.

Lalu jika Anda terpaksa harus membatalkan pengajuan KTA, bagaimanakah cara membatalkannya? Finansialku akan menjabarkan prosedur pembatalan pengajuan KTA, jika Anda berubah pikiran.

Prosedur Pembatalan Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan), Jika Anda Berubah Pikiran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Tanpa Agunan Tawarkan 5 Keuntungan Ini Pada Nasabah]

 

Alasan Pembatalan Pengajuan KTA

Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan debitor untuk membatalkan pengajuan KTA kepada pihak bank, seperti terjadi hal-hal berikut yang mengharuskan pembatalan, antara lain:

  1. Akibat lamanya pencairan dana, debitor sudah memperoleh pinjaman dari pihak lain.
  2. Muncul tawaran yang lebih menarik.
  3. Nilai pinjaman yang disetujui oleh pihak bank jauh lebih rendah dari pengajuan awal.
  4. Dana tidak dibutuhkan lagi.

Dengan beberapa alasan tersebut, biasanya seseorang dapat berubah pikiran dengan cepat dan membatalkan pengajuan KTA-nya.

Namun pihak bank umumnya tidak pernah menjelaskan prosedur pembatalan KTA secara jelas walaupun seharusnya pada saat pengajuan KTA Anda seharusnya menerima informasi mengenai prosedur pengajuan, risiko, hingga proses pembatalannya dan konsekuensinya.

Perlu diketahui bahwa prosedur pembatalan pengajuan KTA di setiap bank memiliki prosedur baku yang berbeda-beda. Pembatalan pengajuan KTA sendiri mungkin terjadi sebelum dana cair atau sesudahnya. Apakah terdapat perbedaan dalam prosedur pembatalannya? Berikut merupakan penjelasan standar pembatalan pengajuan KTA untuk kedua kondisi tersebut.

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

#1 Pembatalan KTA Pra Pencairan

Terdapat prosedur dan ketentuan baku pada setiap bank untuk membatalkan pengajuan KTA, baik pembatalan yang dilakukan pra pencairan maupun pasca pencairan. Pembatalan KTA pra pencairan umumnya lebih mudah karena dana pinjaman belum sampai ke tangan peminjam.

Jika Anda ingin membatalkan pengajuan KTA dan kondisinya adalah masih dalam tahap pra pencairan, maka berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan:

  1. Langkah pertama. Mengunjungi bank secara langsung (hindari pembatalan via call center) dan menanyakan serta mengonsultasikan perihal pembatalan KTA. Gunakan nada bicara yang tegas dan jelas agar tidak terpengaruh untuk tetap mengajukan KTA. Jelaskan alasan pembatalannya dengan jelas.
  2. Membuat surat pernyataan pembatalan KTA dengan kelengkapan berupa meterai, identitas diri, hari dan tanggal pembatalan, identitas karyawan yang mewakili pihak bank, serta stempel sebagai tanda kedua pihak mengetahui dan menerima keputusan tersebut.
  3. Meminta atau memfoto kuitansi penerimaan sebagai arsip autentik bukti pembatalan.

 

Yang perlu Anda pastikan adalah Anda memiliki bukti bahwa pengajuan pembatalan kredit Anda sudah diketahui dan diterima oleh bank. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika dana tetap ditransfer ke rekening Anda, sehingga Anda dapat menunjukkan bukti pembatalannya.

Mau Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Apakah Bisa Bagaimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Apakah Bisa? Bagaimana Caranya?]

 

#2 Pembatalan KTA Pasca Pencairan

Karena pencairan dana telah terjadi dan uang sudah diterima di tangan Anda, maka prosedur pembatalan pasca pencairan akan jauh lebih rumit karena ini artinya kedua pihak sudah menyetujui pinjaman tersebut.

Walaupun Anda menyiapkan alasan yang sangat kuat, karena perjanjian dua belah pihak sudah berjalan, maka seluruh pembatalan Anda diatur di dalam hukum yang berlaku. Pembatalan KTA pasca pencairan tidak bisa disebut pembatalan, karena Anda dipaksa untuk menyelesaikan kredit dengan segala konsekuensinya.

Solusi yang dapat Anda tempuh adalah melunasi KTA secara langsung, dan Anda akan dikenakan biaya penalti karena pelunasan lebih cepat dari waktu yang telah disepakati bersama.

Biaya penalti yang umum dikenakan akibat pelunasan dini adalah 5% dari jumlah pinjaman, dan belum mencakup biaya administrasi pelunasan yang juga akan dikenakan kepada debitor. Namun biasanya penalti pembatalan yang dikenakan pada debitor bergantung pada beberapa hal berikut:

  1. Kurun waktu pinjaman.
  2. Suku bunga pinjaman.
  3. Denda keterlambatan dan biaya administrasi yang berlaku.

 

apakah-bisa-mahasiwa-mengajukan-kta-kredit-tanpa-agunan-2-finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa, Mahasiwa Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

Pertimbangkan Sebelum Mengambil Keputusan

Sebelum mengajukan KTA, sebaiknya pertimbangkan matang-matang akan kebutuhan dana Anda dan seluruh konsekuensinya, pertimbangkan pula pilihan-pilihan lain yang memungkinkan sehingga Anda dapat menghindari rumitnya pembatalan pengajuan KTA.

Selain rumit, banyak risiko pembatalan pengajuan KTA yang jelas-jelas akan merugikan Anda. Untuk menghindarinya, alangkah baiknya untuk membandingkan beberapa pilihan yang Anda dan berkomitmen untuk mengajukan pinjaman yang siap Anda jalani hingga akhir.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai prosedur pembatalan pengajuan KTA lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 22 September 2016. Tidak Jadi Mengajukan KTA? Ini Prosedur Pembatalannya. Cermati.com – https://goo.gl/7XYjZp
  • Admin. 31 Mei 2016. Batal Ajukan KTA? Ini Prosedur yang Mesti Dilalui. Cermati.com – https://goo.gl/LgP2Kj

 

Sumber Gambar:

  • Meminjam Uang – https://goo.gl/zwZmsf
  • Menghitung Uang – https://goo.gl/4BL6Q1

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana