Bagaimana prospek investasi berlian di masa depan? Apakah menguntungkan?

Salah satu cara untuk memiliki masa depan yang aman adalah memiliki investasi. Ada banyak pilihan investasi yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah berlian.

Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi berlian, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu mengenai seluk beluk investasi berlian.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Prospek Investasi Berlian

Memiliki investasi adalah salah satu hal yang penting untuk Anda miliki sebagai jaminan masa depan. Anda bisa memilih jenis investasi yang menurut Anda paling sesuai dengan Anda.

Secara umum, jenis investasi biasa dibagi menjadi aset fisik, surat berharga, dan bisnis.

Investasi dalam bentuk aset fisik yang paling umum dipilih adalah properti dan emas. Tapi sebenarnya, ada alternatif investasi lain yang bisa Anda pilih, yaitu berlian.

Berlian adalah batu pertama yang telah ditemukan sejak sekitar 800 tahun Sebelum Masehi di India.

Karena keindahannya, batu berlian ini biasa digunakan sebagai perhiasan oleh para perempuan dari status sosial yang tinggi.

Selain itu, berlian juga dapat dijual kembali sehingga dapat dijadikan sebagai instrumen investasi alternatif selain emas.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Manfaat Investasi Berlian

Ada beberapa alasan lain yang menjadikan berlian layak Anda pertimbangkan untuk mulai menjadi instrumen investasi pilihan Anda.

 

#1 Alternatif Investasi yang Aman

Perekonomian yang tidak pasti menyebabkan nilai uang dalam bentuk cash mudah sekali menurun. Karena itu, Anda akan memerlukan instrumen investasi alternatif yang cukup aman.

Dan berlian adalah salah satu alternatif investasi yang bisa Anda pilih.

 

#2 Tahan Inflasi

Kurs mata uang akan cenderung semakin melemah seiring dengan meningkatnya nilai investasi. Untuk itu, Anda perlu memiliki instrumen investasi yang nilainya stabil.

Melihat dari polanya, nilai investasi berlian cukup aman sehingga bisa menjadi pilihan Anda untuk bertahan dalam inflasi.

Prospek Investasi Berlian di Masa Depan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung Besar dari Investasi Berlian? Cek Dulu Informasi Berikut]

 

#3 Ada Perlindungan

Saat Anda membeli berlian, Anda akan mendapatkan sertifikat GIA. Sertifikat ini akan menjadi perlindungan bagi berlian Anda.

Dengan adanya sertifikat ini, berlian Anda dapat dibuktikan kelayakannya.

 

#4 Harga Naik Terus

Sebagaimana komoditas lainnya, harga berlian cukup dipengaruhi permintaan pasar. Akan tetapi, melihat tren beberapa tahun ini, harga berlian dapat dipastikan hampir selalu meningkat.

Karena saat ini, berlian menjadi salah satu batu permata yang banyak diminati sebagai mata cincin khususnya untuk cincin pernikahan. Sementara, ketersedian berlian semakin lama semakin tinggi dan langka.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tips Investasi Berlian

Melihat kelebihan yang bisa Anda dapatkan, berlian bisa menjadi instrumen investasi yang cukup menarik untuk Anda pilih.

Akan tetapi, meskipun ada banyak keuntungan yang dimiliki oleh berlian, bukan berarti Anda bisa langsung melakukan investasi begitu saja.

Sama seperti hal lainnya, dalam memulai investasi berlian, Anda juga perlu tahu kemana dana yang Anda miliki akan Anda gunakan.

Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana tips investasi berlian yang dapat memberikan Anda keuntungan maksimal.

Bagaimana Cara Investasi Berlian Sebagai Investor Pemula 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Berlian Sebagai Investor Pemula?]

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli berlian untuk investasi:

 

#1 Pahami Karat Berlian

Nilai sebuah berlian dinilai dalam ukuran karat. Semakin besar karat pada berlian maka akan semakin mahal pula harga berlian tersebut.

Perhitungan karat pada berlian tidak sama dengan hitungan gram pada emas. Artinya, jika berlian 1 karat bisa Anda beli dengan harga 100 juta rupiah, harga berlian 2 karat bisa mencapai 300 juta rupiah.

 

#2 Perhatikan Cutting Berlian

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat berinvestasi berlian adalah bentuk irisan atau cutting berlian tersebut.

Irisan berlian ini akan membuat berlian tampak semakin cantik karena akan mempengaruhi permainan cahaya pada berlian.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dari bentuk irisan berlian ini. Di antaranya adalah proporsi yaitu rasio bagian atas dan bawah berlian, besar “meja”, juga presisi dan kerapihan irisan dari berlian tersebut. Selain itu, perhatikan pula bagian pinggang dari berlian tersebut.

 

#3 Color atau Tingkat Keputihan Berlian

Setiap berlian memiliki tingkat keputihan yang biasa disebut dengan color. Semakin putih suatu berlian, maka harganya juga bisa menjadi semakin mahal.

Sebagai ukuran, tingkat keputihan berlian ini memiliki kode dari D hingga Z. Berlian yang memiliki kode D berarti memiliki tingkat keputihan yang tinggi, sedangkan Z digunakan sebagai kode untuk berlian yang tingkat keputihannya rendah.

 

#4 Tingkat Kejernihan Berlian

Berlian dengan tingkat kejernihan atau clarity yang tinggi diberi kode VVS. Kode ini digunakan untuk berlian yang jernih tanpa cacat atau flawless. Semakin flawless suatu berlian, maka akan semakin mahal pula harganya.

Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Tahu Seperti Apa Berlian Asli? Simak Dulu Biar Anda Tidak Tertipu]

 

Dengan mengetahui empat hal tersebut, Anda akan tidak akan sembarangan membeli berlian untuk investasi.

Pastikan berlian yang Anda beli memiliki kode D, E, F, dengan tingkat kejernihan VVS. Perhatikan pula goresan berlian yang akan Anda beli.

Jika Anda tidak terlalu paham, Anda juga bisa mengkonsultasikan hal tersebut kepada ahli batu permata untuk mendapatkan penilaian yang lebih pasti.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Membeli berlian untuk perhiasan berbeda dengan berlian untuk investasi. Jika Anda membeli berlian untuk tujuan investasi, sebaiknya Anda tidak menggunakannya sama sekali.

Hal ini akan membuat berlian Anda lebih terjaga dari kemungkinan timbulnya goresan yang bisa menurunkan harga berlian Anda.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bahwa harga berlian Anda akan semakin tinggi saat ia berbentuk butiran satuan utuh dan tidak dalam bentuk pasir berlian. Karena itu, hindari proses pemotongan berlian untuk menjaga agar nilainya tidak jatuh.

Jika Anda memilih untuk memiliki berlian dalam bentuk perhiasan, maka Anda harus siap pula dengan risiko pemotongan nilai yang bisa mencapai 30 persen.

Mau Untung Besar dari Investasi Berlian Cek Dulu Informasi Berikut! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan?]

 

Pastikan juga berlian yang Anda beli untuk investasi memiliki sertifikat GIA. GIA atau Gemological Institute of America adalah lembaga sertifikasi kelas dunia.

Jika berlian Anda memiliki sertifikat GIA, maka nilai berlian yang Anda miliki akan mengacu kepada harga berlian dunia. Dan tentu saja hal ini akan lebih menguntungkan Anda.

 

Waktu Investasi Berlian 

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai investasi berlian, maka Anda juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi berlian.

Berbeda dengan emas, likuiditas berlian memang cenderung lebih rendah, sehingga akan lebih sulit mendapatkan pembeli saat Anda membutuhkan dana.

Karena itu, sebaiknya Anda mulai berinvestasi dengan berlian pada saat Anda memiliki dana yang cukup.

Jangan berinvestasi berlian dengan cara kredit berbunga.

Dan pastikan bahwa Anda memiliki dana darurat yang cukup sebelum membeli berlian sehingga, jika suatu waktu Anda perlu menjual berlian yang Anda miliki, Anda tidak perlu terpaksa melepasnya dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

 

Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk mulai menjadikan berlian sebagai instrumen investasi?

Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan investasi Anda dengan profil risiko yang Anda miliki. Selamat berinvestasi!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Maret 2014. Tertarik Investasi Berlian? Ini Dia Tipsnya. Finance.detik.com – https://goo.gl/RfHKVJ
  • Dessy Rosalina, Yudho Winarto. 5 November 2016. Mengoleksi Kilau Berlian, Investasi yang Menguntungkan. Kontan.co.id – https://goo.gl/kyvD52

 

Sumber Gambar:

  • Prospek Investasi Berlian 01 – https://goo.gl/h9Vo8A
  • Prospek Investasi Berlian 02 – https://goo.gl/nCTxmY