10 Prospek Kerja Teknik Industri yang Harus Diketahui Semua Mahasiswa Jurusan Teknik Industri

Apa saja prospek kerja teknik industri? Jurusan teknik industri adalah salah satu bidang paling terkenal dalam dunia teknik. Teknik industri secara luas dikenal sebagai perpaduan antara teknik dan manajemen. Menurut survei di beberapa negara, lulusan teknik industri adalah salah satu yang memiliki gaji tertinggi. Selain itu, teknik industri adalah bidang teknik yang memiliki prospek kerja dengan kesempatan kerja yang luas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sekilas Mengenai Teknik Industri

Jika bidang teknik yang lain menerapkan keterampilan pada wilayah yang spesifik, misalnya jurusan teknik kimia membahas tentang proses-proses kimia teknik, jurusan teknik arsitektur membahas tentang bangunan, jurusan teknik elektro membahas tentang listrik dan sistem jaringannya, maka jurusan teknik industri memberikan pelakunya untuk bekerja pada banyak bidang yang berbeda.

Jurusan teknik industri seperti menggabungkan berbagai ilmu yang terlibat dalam sebuah proses industri. Aspek paling khas dari teknik industri adalah fleksibilitas yang ditawarkannya, jurusan ini membahas industri secara luas sehingga dapat melibatkan pembahasan bidang keteknikan lainnya, karena itu prospek kerja jurusan teknik ini menjadi sangat luas.

10 Prospek Kerja Teknik Industri yang Harus Diketahui Semua Mahasiswa Jurusan Teknik Industri 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan dan Perencanaan Biaya Pendidikan]

 

Peran lulusan teknik industri dapat terdiri dari pemotongan jalur sistem, perampingan ruang operasi, pemasaran secara global yang bermuara pada tujuan untuk menghemat modal dan efisiensi sumber daya.

Jurusan teknik industri pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga sub bidang keahlian.

 

#1 Sistem Manufaktur

Bidang keahlian sistem manufaktur menekankan pada pembahasan tentang perencanaan optimasi sistem produksi dengan penerapan konsep dan metode kuantitatif. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya.

Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam sistem manufaktur antara lain adalah sistem produksi, perencanaan, dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik dan ergonomi.

 

#2 Manajemen Industri

Bidang keahlian manajemen industri membahas tentang cara menciptakan dan meningkatkan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis dalam usaha untuk menghadapi persaingan dunia yang semakin kompetitif.

Beberapa hal yang dipelajari dalam manajemen industri adalah manajemen keuangan, manajemen kualitas, manajemen inovasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keputusan dan ekonomi teknik.

Negara Mana yang Memiliki Biaya Pendidikan Termurah 1 - Finansialku

[Baca Juga: Negara Mana yang Memiliki Biaya Pendidikan Termurah?]

 

#3 Sistem Industri dan Tekno Ekonomi

Bidang keahlian sistem industri dan tekno ekonomi membahas tentang peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah.

Ilmu yang dipelajari adalah sistem industri dan tekno ekonomi misalnya statistika industri, sistem logistik, logika pemrograman, operational research, dan sistem basis data.  

 

10 Prospek Kerja Teknik Industri yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai ilmu yang didapatkan seorang mahasiswa jurusan teknik industri menjadikan lulusan jurusan ini memiliki prospek lapangan kerja yang relatif luas. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik industri, dari industri kecil hingga yang besar, dari industri hulu hingga hilir. Beberapa peran yang dapat diambil seseorang lulusan jurusan teknik industri dalam berbagai perusahaan diantaranya:

 

#1 Divisi Produksi

Di dalam Divisi Produksi, seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri umumnya dipercaya untuk dapat menangani berbagai hal dalam hal proses produksi suatu pabrik. Hal ini dikarenakan pada saat kuliah seorang seorang mahasiswa jurusan teknik industri mendapatkan pengetahuan di bidang proses produksi seperti mata kuliah Simulasi Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik dan sebagainya.

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya?]

 

Beberapa contoh posisi dalam Divisi Produksi yang dijabat oleh seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri adalah:

  • Analyst Production yang bertugas mengatur sistem kerja yang efisien dan efektif.
  • Production Head yang bertugas mengatur keseluruhan tim produksi untuk dapat menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi dan efisien

 

#2 Divisi Engineering

Divisi Engineering adalah suatu divisi yang bertanggung jawab akan kelancaran mesin-mesin produksi untuk dapat beroperasi sesuai dengan kapasitas mesin tersebut. Di divisi ini seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri seringkali dipercaya oleh suatu perusahaan untuk menjabat sebagai Head of Engineering.

Orang tersebut bertanggung jawab untuk:

  • Mengatur tim engineering di dalam setting mesin-mesin produksi agar selalu dalam kondisi terbaiknya
  • Mengatur jadwal maintenance setiap mesin produksi
  • Memastikan setiap part yang diganti dalam suatu mesin produksi adalah part yang tepat dan memiliki kualitas part yang tepat
  • Bertanggung jawab di dalam setiap kualitas barang yang dihasilkan di setiap mesin produksi agar sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

#3 Divisi PPIC/Gudang (Warehouse)

Divisi PPIC/Gudang adalah suatu divisi yang bertanggung jawab:

  • Membuat jadwal pemakaian mesin
  • Memastikan kesesuaian kebutuhan bahan baku untuk setiap mesin produksi agar stock bahan baku sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin produksi berdasarkan demand dari bagian marketing
  • Memastikan setiap bahan baku yang datang tepat jumlah dan tepat kualitas sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Memastikan proses peletakan setiap mesin produksi sesuai dengan jalur proses produksi, sehingga jalur distribusi barang tidak ada yang berlawanan
  • Memastikan peletakan yang teratur dan mudah diraih untuk setiap bahan baku yang ditaruh di Gudang.

 

Ingin Melanjutkan Pendidikan S2 ke Eropa. Begini Cara Merencanakan Dananya - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melanjutkan Pendidikan S2 ke Eropa? Begini Cara Merencanakan Dananya]

 

Umumnya seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri di dalam Divisi PPIC/Gudang ini dipercaya untuk menjabat sebagai Head of PPIC ataupun Head of Warehouse yang merupakan jabatan krusial di dalam suatu industri manufaktur

 

#4 Divisi SHE (Safety, Health, and Environment)

Divisi SHE adalah suatu divisi yang bertanggung jawab akan keselamatan dan kesehatan pekerja dan lingkungan tempat suatu industri berdiri. Divisi ini merupakan suatu divisi yang mempunyai tanggung jawab yang sangat besar karena setiap kebijakan dan pekerjaan yang diambil oleh Divisi SHE ini menyangkut akan keselamatan atau jiwa para pekerja di dalam perusahaan.

Umumnya seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai seorang Health Safety Environment Engineer yang bertugas untuk menganalisis lokasi dan prosedur kerja atas dampak keselamatan dan kesehatan pekerja.

 

#5 Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia

Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia atau nama yang lebih umum dikenal adalah bagian Human Resources Development (HRD). Divisi ini bertanggung jawab di dalam mencari calon pekerja yang dibutuhkan oleh setiap divisi di dalam suatu perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan mendapatkan orang yang tepat pada posisi/jabatan yang tepat.

Divisi ini merupakan suatu divisi yang mempunyai tanggung jawab yang sangat besar, karena divisi ini harus dapat memastikan bahwa setiap calon pekerja yang direkrut adalah orang yang tepat dan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, di dalam memajukan suatu perusahaan.

Jika Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia ini tidak menganggap serius setiap merekrut calon pekerja, dapat dipastikan perusahaan tersebut tidak akan dapat maju dan dapat berakibat bangkrutnya suatu perusahaan.

 

#6 Divisi Pemeliharaan (Maintenance)

Divisi Pemeliharaan ini mempunyai pekerjaan yang berkaitan erat dengan Divisi Engineering, karena pada umumnya di suatu perusahaan manufaktur kedua divisi ini selalu bekerja sama di dalam memastikan setiap mesin produksi beroperasi dengan kapasitas terbaiknya. Setiap mesin produksi, walaupun mesin baru, tetap membutuhkan yang namanya pemeliharaan, karena tanpa pemeliharaan, suatu mesin produksi rentan akan kerusakan ataupun hasil cacat pada setiap barang hasil produksi tersebut.

Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Divisi Pemeliharaan ini juga mempunyai posisi yang sangat krusial, karena bagus atau tidaknya setiap barang hasil produksi bergantung kepada kualitas mesin produksi tersebut. Jika Divisi Pemeliharaan ini tidak melakukan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, dapat dipastikan setiap mesin produksi di dalam perusahaan manufaktur akan mengalami kerusakan yang berakibat pada hasil produksi tidak maksimal.

 

#7 Divisi Perencanaan Biaya dan Cost Control Engineer

Divisi Perencanaan Biaya dan Cost Control Engineer adalah suatu divisi yang bertanggung jawab di dalam:

  • Membuat kalkulasi biaya, waktu dan tenaga yang diperlukan untuk menjalankan sebuah produksi
  • Memastikan setiap mesin ataupun aset yang akan dibeli oleh perusahaan memiliki jaminan hasil yang menunjang perusahaan dan memberikan profit yang lebih pada perusahaan tersebut.

 

Umumnya seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai seorang Cost Control Engineer. Seorang Cost Control Engineer dengan pengalaman kerja 5 tahun dapat memiliki gaji minimal Rp15.000.000 per bulan.

 

#8 Divisi Pengendalian Mutu (Quality Control)

Divisi ini adalah suatu divisi yang bertanggung jawab akan setiap kualitas barang yang dihasilkan oleh setiap mesin produksi di dalam industri manufaktur. Divisi ini harus dapat memastikan agar barang yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas yang telah diterapkan sebelumnya dan menjaga agar jangan sampai konsumen menerima barang yang tidak sesuai dengan standar kualitas barang yang ditetapkan perusahaan.

Umumnya seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai Quality Assurance Head dimana posisi ini harus dapat mengatur setiap bawahannya untuk dapat bekerja dengan efisien dan efektif di dalam menjaga kualitas barang hasil produksi.

 

#9 Bidang Sistem Informasi

Divisi Sistem Informasi adalah suatu divisi yang saat ini semakin dibutuhkan oleh setiap perusahaan di dunia, baik perusahaan manufaktur maupun perusahaan non-manufaktur. Karena Sistem Informasi, atau yang lebih dikenal dengan nama IT, sangatlah dibutuhkan di dunia teknologi yang saat ini terus menerus berkembang.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 01 - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua: Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika]

 

Dengan konsumen yang semakin “melek” teknologi, setiap perusahaan tentunya harus dapat mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan teknologi saat ini. Setiap teknologi pastilah membutuhkan orang IT untuk dapat menjalankan dan men-setting setiap teknologi agar tepat guna sesuai dengan yang dibutuhkan setiap perusahaan.

Posisi yang umumnya ditempati lulusan Teknik Industri diantaranya adalah IT Supervisor, IT Head, staf/supervisor dalam instalasi sistem informasi, dan bahkan banyak mahasiswa lulusan teknik industri yang berwirausaha di bidang software house atau IT Consultant. Perusahaan teknologi yang membutuhkan lulusan Teknik Industri contohnya: SAP Indonesia, Oracle Telkomsel, Pertamina, P&G dan masih banyak lainnya.

 

#10 Divisi lainnya (Purchasing, Marketing dan Lain Sebagainya)

Sebenarnya masih sangat banyak divisi lainnya yang membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan teknik industri. Hal ini dikarenakan mahasiswa lulusan jurusan teknik industri dipercaya telah memiliki berbagai pengetahuan yang dibutuhkan oleh perusahaan, tidak hanya pengetahuan di bidang manufaktur, tetapi juga pengetahuan di bidang keuangan, bidang manajemen, dan bidang-bidang lainnya.

Hal inilah yang membuat setiap mahasiswa lulusan jurusan teknik industri mempunyai nilai lebih di mana perusahaan karena tidak hanya dapat menempati 1 jenis posisi tetapi juga dapat menempati berbagai posisi di dalam suatu perusahaan. Contoh divisi lain selain divisi yang telah disebutkan di atas yang membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan teknik industri adalah Divisi Sales & Marketing, Divisi Purchasing (Pembelian), Divisi Customer Relationship, Divisi Analyst & Research, Divisi Logistic, dan masih banyak divisi lainnya yang membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan teknik industri.

 

Apakah Anda siap untuk memulai dunia kerja setelah lulus kuliah nanti? Pertimbangkan seluruh aspek yang dibutuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya kepada kami tentang perencanaan keuangan khususnya dana pendidikan. Kami siap membantu Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Janiarto Paradise. 4 Juli 2017. Prospek Kerja Jurusan Kuliah Teknik Industri. Jurusankuliah.info – https://goo.gl/4BmfpN
  • Admin. 7 Juli 2017. Program Studi Teknik Industri-Fakultas Teknologi Industri. Usm.itb.ac.id – https://goo.gl/LqPcEk
  • Terbaur. 24 Juli 2016. Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri di Dunia Kerja. Terbaur.com – https://goo.gl/cY6wCF

 

Sumber Gambar:

  • Industri – https://goo.gl/YsLwyG
  • Mahasiswa Teknik Industri – https://goo.gl/PhC2cH

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

14 Comments

  1. muhammad anwarudin 9 August 2017 at 19:55 - Reply

    selamat malam admin saya mau bertanya kan umur saya 28 thun baru mau masuk kuliah fakultas teknik industri apakah dengan umur saya yg segitu ke depanya masih ada peluang buat masuk dunia kerja masih terbuka gak? terima kasih

    • Finansialku
      Finansialku 4 September 2017 at 12:02 - Reply

      Hi Pak M. Anwarudin terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda, pasti selalu ada peluang.
      Anda perlu menjadi spesialis di bidang tertentu, misalnya Anda ahli dibidang manufaktur CNC, robotika atau lainnya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  2. Ig fangla_prb1991 10 August 2017 at 07:30 - Reply

    Saya pemula, krna saya maba jrusn T.industri di suatu ptn di indonesia. Nah, biasanya apa aja sih buku yg wajib kita punya buat seorang mahasiswa teknik industri? Lalu kalau kita ke perpus atau book store biasanya bgian buku mana yg harus kita datangi?

    • Finansialku
      Finansialku 4 September 2017 at 12:01 - Reply

      Hi terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda, biasanya setiap dosen memiliki buku text book masing-masing.
      Anda dapat berkonsultasi dengan dosen pengajar.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  3. Asep Jalaludin 21 September 2017 at 04:41 - Reply

    Maaf mohon saya baru kuliah ditehnik industri karna pengalam saya dibidang pabrik otimotif dan saya masih belum tahun tehnik industri itu bagaimna diduni kerja dan maximal usia untuk lulusan tehnik industri

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:41 - Reply

      Hi Pak Asep
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Teknik industri dapat bekerja di sisi manajemen, produksi atau manajemen mutu (quality control).
      Lulusan maksimal tergantung pada kebijakan universitas, contoh maksimal masa pendidikan 7 tahun.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  4. citra dewi agustin 25 September 2017 at 19:31 - Reply

    Saya mau tanya,apa peranan teknik industri dalam otomotif

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:40 - Reply

      Hi Mbak Citra
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Teknik industri lebih banyak membantu dalam hal manufaktur kendaraan.
      Setiap pabrik-pabrik otomotif (yang memproduksi mobil/motor) membutuhkan lulusan teknik industri.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  5. Luthfi rc 4 October 2017 at 16:53 - Reply

    Selamat siang, saya murid kelas 3 dan berencana ingin melanjutkan ke teknik industri kira kira apasaja yg perlu saya persiapkan. Terimakasih.

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:39 - Reply

      Hi Mas Luthfi
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Pastikan Nilai-nilai mas untuk masuk kuliah TI dapat tercukupi.
      Cek syarat masuk ke perguruan tingginya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  6. fina 8 October 2017 at 20:56 - Reply

    assalamualaikum. saya sudah disemester 5 jrusan tknik industri, tapi saya masih bingung… kira-kira untuk perempuan bagusan manajemen apa mnufaktur ya? kalo iya ambil manajemen pas skripsi .. pas kerja saya harus kemana?
    dan kalo manufaktur saya harus ke bagian mana? terimakasih.

    • Finansialku
      Finansialku 10 October 2017 at 10:36 - Reply

      Hi Fina
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Sebenarnya disesuaikan dengan passion (minat) dan kemampuan, karena baik manajemen maupun manufaktur sama-sama memiliki peluang karir yang bagus.
      Selain itu kami sarankan coba Fina diskusi dengan dosen-dosen pengajar untuk mendapat info mengenai potensi lapangan kerja.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  7. Dorisman 19 October 2017 at 21:12 - Reply

    Saya mau bertanya,saya skrg sudah selesai studi saya dan jurusan saya teknik industri,kira” di dalam teknik industri,jenis peluang usaha apa yang cocok buat jurusan saya ini, d saya ingin membuka suatu usaha dan cara nya gimana,

    • Finansialku
      Finansialku 8 November 2017 at 12:28 - Reply

      Hi Pak Dorisman
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Bapak dapat bekerja di bidang keuangan, manufaktur, industri pada umumnya.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download