Anda ingin mengelola bisnis rumah makan tapi takut menghadapi banyak risiko? Inilah kisah sukses Restoran Sederhana Masakan Padang.

Motivasi dulu diri Anda dengan menyimak kisah seorang pebisnis sukses yang jadi pendiri Restoran Sederhana Masakan Padang dalam artikel Finansialku ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mengenal Tokoh Pendiri Restoran Sederhana Masakan Padang

Siapa yang tidak kenal sedapnya makanan khas dari Kota Padang yang bisa ditemukan di segala tempat?

Rumah makan masakan Padang menjadi tempat yang sudah populer sejak lama, di sana menyajikan berbagai menu makanan yang memiliki cita rasa khas dari Padang.

Perintisan pertama berdirinya restoran sederhana masakan Padang ini dimulai sejak 1973. Pada tahun 1973 tersebut, rumah makan sederhana pertama kali didirikan di Minangkabau, di atas rumah tradisional Gadang.

Perintisnya bernama H. Bustaman, yang saat ini sudah menjalani bisnisnya dengan sukses, memiliki 100 cabang restoran di berbagai wilayah, termasuk di dalam negeri dan luar negeri.

Bahkan restoran tersebut saat ini berkembang menjadi sebuah perusahaan PT. Sederhana Citra Mandiri yang menaungi restoran tersebut.

 

Kisah Sukses H. Bustaman Mendirikan Restoran Sederhana Masakan Padang

Setiap orang yang saat ini berhasil sukses mengelola bisnisnya dengan baik dulunya memiliki kisah yang sulit dan berliku.

Mereka mendapatkan banyak risiko saat merintis usahanya sehingga Anda, para pembaca yang ingin memulai bisnis sebaiknya jangan perlu takut menghadapi hambatan dan risiko.

Karena hal itu pasti terjadi menimpa para pebisnis muda. Begitu pun yang dialami oleh H. Bustaman, si pemilik restoran sederhana masakan Padang.

Bustaman merintis karirnya dari awal, ia bahkan berpengalaman bekerja di berbagai bidang. Bustaman mulai mencoba membuka usaha warung makanan dari hal yang sederhana yang ia dapatkan saat merantau.

Ia mendapatkan resep masakan enak dari pedagang asongan, kemudian membangun stand atau lapak kecil.

Pembeli memang banyak berdatangan tetapi hambatan juga tidak berhenti menerpanya, mulai dari kebakaran, kehilangan lapak, dan sebagainya.

 

5 Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Rumah Makan Ala H. Bustaman

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa ragu sebelum memulai perjalanan bisnis Anda yakni mempelajari nilai sukses yang telah dialami tokoh berpengalaman.

Oleh karena itu, simak dengan baik strategi sukses yang ditempuh oleh H. Bustaman berikut ini.

 

Strategi 1: Mencari Peluang Tanpa Menyerah

Jika Anda merupakan seorang pemula yang ingin mencoba bisnis di berbagai bidang yang memungkinkan, maka jangan menyerah. Carilah peluang besar dengan melihat permintaan tinggi yang ada di pasaran.

Kisah Di Balik Suksesnya Restoran Sederhana Masakan Padang 02 Masakan Padang 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Final UMKM Turun, Pemerintah Akan Terbitkan Mini Tax Holiday]

 

Seperti yang dialami oleh H. Bustaman, Ia melihat bahwa bisnis makanan tidak ada habisnya, akan selalu ada pengunjungnya meskipun banyak usaha lain di bidang makanan. Yang terpenting adalah meningkatkan kualitas cita rasa.

Kemampuannya melihat peluang tersebut juga harus disertai niat dan usaha yang cukup keras. Anda sebaiknya mencontoh apa yang dilakukan oleh H. Bustaman saat menghadapi banyak risiko tanpa menyerah.

Sehingga pada akhirnya hasil yang diperoleh benar-benar memuaskan. Cobalah meskipun banyak risiko yang benar-benar parah harus Anda hadapi.

Bangun jaringan yang lebih luas agar Anda mampu bertahan, pastikan Anda memiliki beberapa anggota keluarga yang memberikan dorongan.

Seperti istri H. Bustaman yang selalu mendukungnya meskipun beberapa dari anggota kerabatnya menghambat usahanya tersebut.

 

Strategi 2: Mempertimbangkan Lokasi Bisnis Strategis

Selama perjalanan usaha membuka rumah makan, H. Bustaman sering melakukan perpindahan tempat sesuai lokasinya merantau.  

Apa yang dilakukan oleh H. Bustaman biasa terjadi kepada para pebisnis pemula, yakni dengan mendirikan stand di lokasi strategis.

Namun, stand-stand tersebut saat ini telah banyak disediakan oleh para penyedia lahan di sekitar lokasi strategis, jika Anda ingin membuka usaha di bidang kuliner hanya perlu bermodalkan resep makanan dan menyewa atau membeli stand tersebut.

Kisah Di Balik Suksesnya Restoran Sederhana Masakan Padang 03 Masakan Padang 3 - Finansialku

[Baca Juga: Pemerintah Dorong UMKM Lakukan Pembukuan Supaya Adil Pajak]

 

Anda bisa mengelola lokasi tersebut dengan bebas tanpa membayar apapun lagi jika sudah membelinya. Lokasi tersebut biasanya disewakan atau dijual perpetak.

Jika Anda ingin melanjutkan usaha yang lebih besar dengan lahan yang lebih luas, maka Anda bisa menjual nya. Tentu proses yang Anda lalui saat ini lebih mudah jika dibandingkan dengan yang dialami oleh H. Bustaman.

 

Strategi 3: Berani Mencoba Segala Bidang Usaha

Apabila Anda berhasil melihat peluang usaha pada bidang tertentu, namun tidak memiliki keahlian khusus di dalamnya, Anda bisa menekuni dan mempelajarinya.

Seperti yang dilakukan oleh H. Bustaman, ketika pertama kali Ia membuka usaha warung masakan Padang pun tanpa dibekali kemampuan memasak.

Kisah Di Balik Suksesnya Restoran Sederhana Masakan Padang 04 Masakan Padang 4 - Finansialku

[Baca Juga: Modalku, Platform P2P Lending Akan Rangkul Industri UMKM yang Belum Memiliki Akses Kredit]

 

Ia dengan gigih mempelajari dan menekuninya hingga akhirnya memiliki resep yang sangat laku di pasaran.

Apabila Anda sama sekali tidak memahami bidang usaha yang Anda inginkan maka bisa mempelajarinya melaui seseorang yang ahli, Anda pun bisa bekerja sama dengannya.

 

Strategi 4: Menciptakan Nama Merek Usaha

Agar setiap orang dapat mengenali sebuah produk tentu membutuhkan identitas. Selain itu, merek atau brand sebuah produk usaha juga sangat diperlukan untuk menjaga kepemilikan dan legalitas sebuah usaha.

Hampir semua pengusaha memiliki nama merek tertentu untuk menandai originalitas produknya, begitu pun H. Bustaman.

Ia memberikan merek Rumah Makan Sederhana pada warung masakan Padang miliknya. Dengan begitu, usahanya bisa dikenali di berbagai tempat.

Namun, pastikan merek yang Anda gunakan tidak memiliki kesamaan dengan produk lain karena hal tersebut bisa terkait dengan plagiasi hak merek.

 

Strategi 5: Jalankan Bisnis Menggunakan Waralaba

Bisnis waralaba saat ini sedang populer dijalankan oleh banyak pebisnis di Indonesia.

Begitu pun dengan H. Bustaman yang juga menjalani bisnis dengan sistem waralaba sehingga mampu mencapai kesuksesan besar yang tersebar di berbagai wilayah domestik dan mancanegara.

Jika Anda ingin memperluas jaringan bisnis, waralaba tentu cocok sebagai salah satu jalan menuju sukses dalam bisnis Anda.

 

Berani Melangkah Maju Mengembangkan Bisnis

Banyaknya risiko yang dialami H. Bustaman tidak menyurutkan niatnya untuk terus berusaha mengembangkan bisnisnya.

Perjuangannya yang hampir sukses dimulai lagi sejak Ia menyewa kios, hingga akhirnya semakin berkembang ketika ia membeli lapak baru yang berbeda dengan sebelumnya.

Warungnya mulai ramai dikunjungi pembeli tanpa ada gangguan sesering yang dialami sebelumnya. Saat ini warung sederhananya merambah pasar hingga ke mancanegara, yakni Malaysia.

Terdapat kurang lebih 70 restoran yang berada tersebar di Indonesia hingga Malaysia.

Kisah tersebut tentu sangat berarti bagi Anda yang membutuhkan banyak motivasi untuk memulai bisnis di bidang katering, makanan, atau membuka restoran.

Pastikan resep masakan Anda banyak disukai oleh pembeli, dan jangan mudah berputus asa meskipun risiko sering mendatangi Anda.

Anda bisa membaca ebook Pentingnya mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jadi, sudah siapkah Anda jatuh bangun dalam dunia bisnis kuliner? Bagikan inspirasi yang memotivasi ini pada lebih banyak pebisnis start up ya, terima kasih.

 

Sumber referensi:

  • Helda. 08 Juni 2018. Gak Nyangka, Ada Kisah Haru di Balik Suksesnya Rumah Makan Sederhana. Moneysmart.id – http://bit.ly/2VesElA

 

Sumber Gambar:

  • Pemilik Restoran Sederhana Masakan Padang 1 – https://goo.gl/images/yFdZt3
  • Pemilik Restoran Sederhana Masakan Padang 2 – https://goo.gl/images/UD4UU2
  • Pemilik Restoran Sederhana Masakan Padang 3 – https://goo.gl/images/77yHv9
  • Pemilik Restoran Sederhana Masakan Padang 4 – https://goo.gl/images/nvMDXP