Apakah kamu sudah tahu siapa itu Roman Avdeev? Ia adalah seorang pengusaha muda dengan bisnis sukses dan kekayaan yang mencapai triliunan.

Orang-orang tidak terlalu mengenal sosok ayah dari 23 orang anak ini, meski ia sudah dinobatkan sebagai pebisnis kaya.

Ingin tahu siapa sebenarnya sosok pebisnis yang berasal dari negara Rusia ini? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Sosok Roman Avdeev yang Tidak Banyak Dikenal

Rusia dikenal sebagai negara terkemuka dengan stratifikasi sosial yang tinggi, dan sistem kasta yang begitu terasa.

Perbedaan antara golongan atas dan bawah begitu terlihat dan terasa sangat miris jika dilihat lebih jauh lagi. Padahal sebenarnya stratifikasi dapat melumpuhkan kekuatan hidup yang sangat penting dari orang-orang.

Banyak masyarakat Rusia yang sudah mencapai kelas menengah, memutuskan untuk pindah dari Moskow dan menetap di negara lain.

Saat mendengar nama pebisnis sukses dengan kekayaan melimpah, mungkin Anda lebih banyak mendengar nama-nama seperti Roman Abramovich atau Alisher Usmanov.

 

Namun, Anda melewatkan satu nama yang sebenarnya akan membuat Anda berpikir, mengapa sosok ini tidak berada dalam ingatan Anda jika membahas pebisnis kaya raya asal Rusia.

Pria yang merupakan seorang bankir muda dan juga pemilik perusahaan investasi Rossium Concern ini memang tidak banyak dikenal dunia.

Sebenarnya, ia merupakan pebisnis di peringkat ke-56 di antara orang-orang terkaya di Rusia menurut Majalah Forbes.

Hartanya saat ini diperkirakan berjumlah US$1,5 miliar atau setara dengan Rp22,5 triliun.

Pelajaran dari Roman Avdeev 02 Roman Avdeev 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Tony Fernandez, Pendiri Air Asia]

 

Kisah Menarik Perjalanan Hidup Sederhana Roman Avdeev

Sosok Roman Avdeev lahir pada 17 Juli 1967, di Odintsovo. Sejak kecil ia sudah memiliki mimpi untuk menjadi seorang arkeolog.

Karena itulah ketika lulus dari sekolah menengah, ia menjadi mahasiswa di Institut Energi di ibu kota Rusia, Moskow.

Hal menarik lainnya selain kekayaannya yaitu sebuah fakta bahwa ia merupakan seorang ayah dari 23 orang anak, dimana 4 di antaranya merupakan anak kandung dari pernikahannya yang kedua dengan Lyudmila Johnnboy pada tahun 1978.

Sosok Roman Avdeev ialah seorang filantropis sejati yang mendirikan lembaga sosial bernama Kindness Arithmetic.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari sikap sederhananya dan caranya membantu serta mencintai anak-anak.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

#1 Bekerja Keras

Setelah ia melakukan pelatihan selama satu tahun di Institut Energi di Moskow, Roman dipanggil untuk menjadi tentara militer.

Pada tahun 1986, ia bertugas di Kostroma dalam formasi konstruksi militer sebagai sekretaris komandan dan sebagai pembersih. Ia juga harus menjadi penjaga di malam hari sambil melanjutkan pendidikannya.

Hal ini menunjukkan bahwa semua orang sukses juga pasti pernah memiliki kehidupan yang penuh perjuangan sebelum mencapai kesuksesan mereka.

 

Kemudian ia melanjutkan pendidikan teknisnya di Universitas Teknik Lipetsk untuk mendapatkan gelar diploma.

Ia juga mengikuti kursus praktis perbankan di Universitas Bisnis Internasional Moskow dan Teknologi Informasi, yang menjadi awal baginya untuk menjadi seorang bankir sukses di Rusia.

Pada tahun 2014 Avdeev diakui sebagai Banker of The Year. Ia juga mendapatkan penobatan sebagai Legend of Industry dan Investor Terbaik menurut RBC.

 

#2 Tidak Menyia-Nyiakan Kesempatan

Saat ia menempuh pendidikannya di universitas, ia juga mulai menciptakan perusahaannya sendiri dengan membangun kerjasama bersama pabrik Ukraina, Elektronmash.

Dia memulai bisnisnya dengan memproduksi dan menjual decoder televisi dan mulai membawa komputer ke luar negeri.

Setelah itu ia justru beralih ke bisnis perbankan dan mengakuisisi sebuah bank pada tahun 1991 dengan menggunakan uang hasil dari berjualan komputer.

Pada saat itu, ia sudah mampu mempekerjakan 14 orang karyawan, hingga akhirnya ia mampu membangun bisnis yang mendunia hingga saat ini.

Fakta lainnya yaitu bank yang ia miliki merupakan salah satu bank terbaik di antara 30 lembaga kredit lainnya dengan total lebih dari 150.000 klien.

Bank miliknya juga termasuk sebagai 10 besar bank terbaik di Rusia dan 20 besar untuk kategori laba bersih.

Roman Avdeev juga dikabarkan membeli sebuah klub sepakbola Torpedo pada tahun 2016 dan menjanjikan bahwa para pemain akan bermain di stadion milik mereka sendiri yang diberi nama Eduard Streltsov.

Pelajaran dari Roman Avdeev 03 Roman Avdeev 3 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Lebih dari 150 Cabang, Ini Dia Kisah Sukses Warteg Kharisma Bahari]

 

#3 Percaya Bahwa Anak Membutuhkan Sosok yang Harus Dicintai

Sosok pebisnis ini merupakan orang yang sangat peduli dengan lingkungan dan dikenal dermawan kepada anak-anak.

Dia sudah menikah sebanyak dua kali. Pernikahan pertamanya hanya berlangsung selama enam bulan.

Tahun 1978, ia menikah untuk yang kedua kalinya dengan Lyudmila Johnnyboy, dimana pada saat itu Roman telah memiliki 12 anak asuh.

Roman kini memiliki 23 orang anak, dimana 4 orang merupakan anak kandung dan 19 orang merupakan anak yang diadopsi dari panti asuhan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Hal inilah yang membuatnya dianugerahi gelar “Pelindung Tahun Ini” oleh walikota Moskow, Sergei Sobyanin di Kremlin Palace.

Roman percaya bahwa panti asuhan itu baik, tetapi tidak benar-benar efektif. Karena menurutnya di sana anak mampu mengembangkan diri dan berinteraksi dengan masyarakat, tetapi tidak kepada orang tua langsung.

Roman berpendapat bahwa anak membutuhkan seseorang yang mereka cintai untuk diri mereka sendiri, sehingga dapat membantu mereka dalam berbagai persoalan kehidupan.

Roman selalu memprioritaskan keluarga, sehingga ia merasa bahwa sebenarnya seorang anak harus tumbuh di dalam sebuah keluarga.

Pelajaran dari Roman Avdeev 04 Roman Avdeev 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Young Lex, Sang Rapper Muda Sukses. Inspiratif!]

 

#4 Seorang Filantropis Sejati

Roman juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia telah mendirikan lembaga amal yang diberi nama Kindness Arithmetic.

Dana yang dikumpulkan dari Lembaga ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak, terutama kebutuhan pendidikan.

Lembaga ini juga memberikan perhatian khusus kepada narapidana panti asuhan dan memberikan fasilitas tempat tinggal.

Pelajaran dari Roman Avdeev 05 Roman Avdeev 5 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong, Pendiri JD.com]

 

Seorang Pebisnis yang Berasal dari Keluarga Sederhana

Avdeev merupakan sosok seorang anak yang terlahir dari keluarga sederhana dan di kota yang biasa.

Namun, ia dapat membuktikan bahwa dengan usahanya sendiri, ia dapat sukses hingga menjadi seorang pebisnis besar yang dapat membantu orang lain.

Sosok Avdeev dapat dijadikan sebagai sebuah panutan dalam dunia bisnis bagi para pebisnis pemula agar tidak mudah menyerah dengan rintangan dalam dunia bisnis.

 

Bagi Anda yang masih sering mengeluh untuk memulai usaha karena Anda berasal dari keluarga sederhana, sebaiknya Anda segera mengubah pola pikir Anda menjadi lebih terbuka dan tidak cepat menyerah.

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Eduardo Simorangkir. 15 Oktober 2018. Mengenal Roman Avdeev, Pengusaha Muda yang Punya 23 Anak. Finance.detik.com – https://goo.gl/CGLMjt

 

Sumber Gambar:

  • Roman Avdeev 1 – https://goo.gl/Dvitqo