Melirik sejenak kisah sukses Saung Angklung Udjo yang merupakan destinasi wisata tradisional di tatar Parahyangan.

Lengkapi saat santai Anda dengan inspirasi segar dari kisah sukses Pendiri Saung Udjo melalui rubrik berikut ini.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Warisan Budaya Asli Bumi Parahyangan – Saung Angklung Udjo

Warisan budaya memang tak boleh dihilangkan bahkan terlupakan oleh generasi yang semakin modern ini.

Terkesan tradisional, namun peninggalan nenek moyang haruslah dijaga dan bahkan dilestarikan agar anak cucu kita kelak tidak kehilangan identitas sebagai penerima warisan budaya yang tak lekang termakan zaman.

 

Mengenal Lebih Dalam Sosok Pendiri Saung Angklung Udjo

Sekitar tahun 1950-an, sepasang suami istri menempati sebuah kawasan di jalan Padasuka, Bandung.

Dialah Udjo Ngalagena yang akrab disapa sebagai Mang Udjo, beserta istrinya, Uum Sumiati, dimana mereka telah dikaruniai 10 orang anak.

Keluarga ini merintis sebuah sanggar kesenian Sunda yang dikenal dengan Saung Angklung Udjo dengan sebuah prinsip untuk melestarikan dan mengembangan kesenian asli budaya Sunda.

Paguyuban Sunda yang unik telah mereka dirikan dengan ide dasar menjadikan bambu sebagai elemen yang memiliki multi karakter dan mendominasi

Tak heran jika sebagian besar perlengkapan yang dipakai dan juga diproduksi dari Saung Angklung Udjo berasal dari bahan bambu.

Terinspirasi dari gurunya yang bernama Daeng Soetigna, Mang Udjo mengembangkan prinsip yang ia dapat dari gurunya tersebut dengan memberikan unsur pertunjukan yang tidak hanya Mudah, Murah, Mendidik, Menarik dan Massal, tetapi juga membuatnya begitu Meriah.

Prinsipnya tersebut kini lebih dikenal dengan nama Kaulinan Urang Lembur, dimana pertunjukan seni budaya asli Sunda ini dipadukan dengan nilai-nilai kesenian yang atraktif dan tak lepas dari unsur nilai-nilai pendidikan.

Kisah Sukses Mang Udjo, Pendiri Saung Angklung Udjo 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download Ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Usaha Pelestarian Saung Angklung Udjo

Mang Udjo merupakan sapaan akrab pendiri Saung Udjo yang kini menjadi salah satu destinasi wisata tradisional tatar Sunda yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Dalam melestarikan warisan asli budaya Sunda, beliau mengembangkannya dengan cara memperkenalkan budaya Sunda melalui musik, pagelaran budaya dan juga berbagai kerajinan tangan tradisional khas bumi Parahyangan kepada para turis domestik maupun mancanegara.

Kisah Sukses Mang Udjo, Pendiri Saung Angklung Udjo 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

 

Selain itu, demi menanamkan nilai-nilai kebudayaan Sunda kepada masyarakat, beliau memberikan sumbangsihnya sebagai penggagas pengembangan kebudayaan Sunda melalui sarana pendidikan dan pelatihan di sebuah wadah yang juga dinaungi oleh Saung Udjo.

Keinginannya untuk mengembangkan dan melestarikan budaya nenek moyang dari tatar Sunda membawa pendiri Saung Angklung Udjo kepada kesuksesan dan dikenalnya setiap karya beliau melalui berbagai pagelaran tradisional yang memukau para wisatawan yang berkunjung ke Saung Angklung Udjo.

 

Saung Angklung Udjo dalam Usaha Regenerasi Budaya

Saung Angklung Udjo selalu berusaha untuk dapat melakukan regenerasi budaya dan memperkenalkan warisan Sunda melalui pendidikan kepada masyarakat pewaris budaya Sunda.

Hal ini dilakukannya agar nilai budaya tatar Parahyangan ini tak luntur termakan zaman yang begitu dinamis dengan berbagai perubahan yang sangat cepat.

Secara konsisten, Saung Angklung Udjo meningkatkan usahanya agar pengenalan akan budaya asli Sunda dapat terus eksis di era yang semakin modern ini melalui regenerasi budaya.

Agar nilai-nilai budaya Sunda tidak tergerus, ratusan anak setiap harinya belajar budaya Sunda, khususnya musik angklung, suling, gamelan dan lain sebagainya.

Tanpa meninggalkan sekolah formal, anak-anak tersebut bergantian setiap tahunnya untuk belajar pendidikan budaya Sunda di Saung Angklung Udjo.

Kisah Sukses Mang Udjo, Pendiri Saung Angklung Udjo 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

 

Setiap tahunnya, pendaftaran sekolah kesenian ini selalu melebihi dari batas kapasitas Saung Udjo dalam menampung para calon siswa pendidikan budaya seni Sunda.

Bayangkan saja, lebih dari 700 anak selalu mendaftar setiap tahunnya, namun tidak semuanya dapat diterima mengingat kuota dari pendidikan di Saung Angklung Udjo hanya untuk 100 anak saja.

Setelah bersekolah formal, setiap anak yang telah diterima di Saung Angklung Udjo akan belajar mengenai musik Sunda dan berlatih untuk pementasan yang biasanya digelar setiap akhir pekan.

Tak jarang jika sedang musim liburan atau ketika pengunjung yang cukup banyak, anak-anak ini akan diminta untuk tampil di hari biasa.

Selain pengalaman melakukan pertunjukan seni budaya Sunda di Saung Angklung Udjo, anak-anak ini juga pernah melakukan pergelaran di luar negeri, sambil mengharumkan nama bangsa dan memperkenalkan warisan budaya nenek moyang.

Berbagai undangan dari kedutaan besar negara asing di Indonesia pun seringkali diterima oleh Saung Angklung Udjo.

Berbagai inovasi lainnya juga dilakukan Saung Angklung Udjo dalam mengikuti perkembangan zaman, diantaranya para tim kreatif Saung Angklung Udjo mengaransemen lagu-lagu barat yang sedang nge-hits.

Selain itu, mereka juga melakukan pertunjukan dengan permainan angklung dan suling terbanyak sehingga memenangkan sebuah rekor.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kegiatan Para Wisatawan di Saung Angklung Udjo

Para wisatawan akan disajikan berbagai pementasan yang memukau di Saung Angklung Udjo.

Jika Anda berlibur ke sana, jangan lewatkan beragam kegiatan pagelaran berikut ini ya!

 

#1 Pertunjukan Seni

Pertunjukkan seni akan diadakan setiap hari dari mulai Pukul 15.30 – 17.30 WIB.

Pertunjukan tersebut diantaranya adalah demonstrasi wayang golek, helaran, tari topeng, angklung orkestra dan tak lupa juga para pengunjung akan diajak untuk bermain angklung bersama dan juga menari bersama.

 

#2 Belajar Membuat Angklung

Tak hanya sebagai pementasan pagelaran kesenian budaya Sunda, Saung Angklung Udjo juga merupakan sebuah pusat produksi angklung dimana pengunjung dapat melihat secara langsung bagaimana keseluruhan dari proses pembuatan angklung yang merupakan salah satu alat musik tradisional khas tatar Parahyangan.

Dari sebuah batang bambu menjadi sebuah tabung yang dapat menghasilkan suara yang memukau, angklung diproduksi di Saung Angklung Mang Udjo.

Kisah Sukses Mang Udjo, Pendiri Saung Angklung Udjo 05 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

#3 Workshop Angklung

Pengunjung yang datang tidak hanya akan melihat proses produksi dari pembuatan angklung, tetapi juga akan mendapatkan kesempatan untuk membuat angklung mereka sendiri dan hasil karya mereka akan dimainkan dalam pertunjukan bambu.

Tentu kesempatan ini tidak boleh disia-siakan oleh para pengunjung.

Angklung buatan mereka akan menjadi cinderamata buatan tangan sendiri yang akan menjadi pengalaman berharga dalam berpetualang mempelajari kesenian asli Sunda tersebut.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Fasilitas Guest House

Para pengunjung yang ingin menikmati dan mempelajari budaya Sunda lebih lama.

Saung Angklung Udjo juga menyediakan fasilitas Guest House yang akan membuat sensasi menginap yang berbeda dan tak terlupakan dengan pengalaman atmosfer suasana budaya Sunda yang sangat kental.

 

#5 Membeli Cinderamata

Tidak hanya angklung, berbagai kerajinan berbahan dasar bambu akan Anda temui di Saung Angklung Udjo. Para pengunjung dapat membeli pernak-pernik kerajinan tangan tersebut sebagai oleh-oleh atau cinderamata.

Wayang, golek, gantungan kunci dan tentu saja alat musik tradisional khas Sunda akan disajikan di gerai cinderamata dan dapat dibeli oleh para pengunjung yang datang.

Kisah Sukses Mang Udjo, Pendiri Saung Angklung Udjo 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

#6 Menikmati Suasana Kampung Sunda

Setelah dihibur dengan berbagai pagelaran Sunda yang memberi menginspirasi dan mengunjungi gerai cinderamata, para pengunjung dapat menikmati suasana kampung Sunda yang terdapat di taman belakang Saung Angklung Udjo.

Kuliner khas Sunda juga tersaji di kantin dan kafe di Saung Angklung Udjo sehingga para pengunjung dapat menikmati kelengkapan liburan wisata budaya kesenian tatar Parahyangan.

 

Saung Angklung Udjo Jadi Juara ASEAN

Saung Angklung Udjo adalah destinasi wisata tradisional yang mendunia dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, Saung Angklung Udjo yang digawangi oleh Taufik Hidayat selaku CEO Saung Angklung Udjo mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata Indonesia, di Jakarta pada Selasa tanggal 26 Januari 2016 silam.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas kemenangan Saung Ungklung Udjo dalam kategori “Best ASEAN Cultural Preservation Effort” di ajang ASEANTA Awards 2016 di Manila, Filipina pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2016.

Melalui penghargaan itu, Saung Angklung Udjo berhasil menyabet kemenangan dengan keberhasilan mengalahkan kompetitor lainnya dari berbagai negara anggota ASEAN khususnya Malaysia dan Singapura yang menjadi pesaing utama pariwisata Indonesia.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin Saung Udjo. Saung Angklung Udjo. Angklung-udjo.co.id – https://goo.gl/V6svHr
  • Muhammad Irzal A. 27 Januari 2016. Jadi Juara ASEAN, Ini Rahasia Keberhasilan Saung Angklung Udjo. Travel.kompas.com – https://goo.gl/9hHnWb
  • 19 Agustus 2010. KISAH SUKSES: Mang Udjo: Hiburan Rakyat yang Mendunia. Facebook.com – https://goo.gl/263w2M
  • Redaksi Info Bandung. 25 November 2011. Sejarah Saung Angklung Udjo. Infobandung.co.id – https://goo.gl/Ue66UV
  • Huyogo Simbolon. 28 April 2017. Awali Pagi dengan Kisah Saung Angklung Udjo yang Mendunia. Liputan6.com – https://goo.gl/DBQmdv
  • Admin. 6 September 2015. Saung Angklung Udjo, Wisata dan Belajar Budaya Sunda. Strategidanbisnis.com – https://goo.gl/uKcAMd
  • Huyogo Simbolon. 29 April 2017. 6 Kegiatan Seru Patut Dicoba di Saung Angklung Udjo. Liputan6.com – https://goo.gl/ad59Lz
  • Tewe Turwanto. 15 Mei 2013. Catatan Perjalanan Saung Angklung Udjo. Kompasiana.com – https://goo.gl/WAZ9To

 

Sumber Gambar:

  • Saung Angklung Udjo 01 – https://goo.gl/xiAS4G
  • Saung Angklung Udjo 02 – https://goo.gl/hDsMGS
  • Saung Angklung Udjo 03 – https://goo.gl/xSD9ob
  • Saung Angklung Udjo 04 – https://goo.gl/bsUAK7
  • Saung Angklung Udjo 05 – https://goo.gl/EgLbWP
  • Saung Angklung Udjo 06 – https://goo.gl/A5AW7M