Sebesar apapun gaji Anda, tetap saja tidak akan mencukupi seluruh keinginan Anda. Ketahui cara membuat anggaran keuangan karyawan sesuai dengan standar kebutuhan.

Dengan demikian, pengeluaran bisa dikontrol dan tidak akan membuat kantong Anda menipis.

Mari ketahui tips-tips membuat anggaran bulanan berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kendali Penuh Atas Keuangan Melalui Anggaran Bulanan

Ketika Anda memiliki anggaran keuangan, Anda memiliki kendali lebih besar atas keuangan Anda.

Anggaran adalah salah satu alat terbaik yang bisa Anda miliki untuk mengendalikan keuangan Anda dan mencegah situasi terburuk, kehabisan uang saat Anda memerlukannya.

Setidaknya, dengan anggaran, Anda memiliki andil untuk bisa menikmati situasi apapun dengan tetap tersenyum.

Mau Pandai Mengatur Keuangan Ini 9 Cara Efektif Meningkatkan Literasi Keuangan Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Banyak orang mengeluh bahwa anggaran yang telah mereka buat tidak berfungsi. Banyak juga orang yang tidak bisa membuat anggaran karena tidak memiliki banyak waktu.

Lalu, bagaimana solusinya? Simak pembahasannya di bawah ini:

 

Anggaran Keuangan Karyawan

Ada banyak kesalahpahaman tentang membuat anggaran dan soal keuangan. Memang butuh usaha, terutama beberapa bulan pertama yang Anda anggarkan karena ada periode penyesuaian. Namun, Anda dapat menggunakan beberapa ide berikut ini untuk membuat anggaran menjadi lebih mudah.

 

#1 Masukkan Uang Cash ke Dalam Amplop Sesuai Kategori

Pilihan ini bisa Anda lakukan jika Anda termasuk orang yang sering lupa mencatat keuangan, sehingga tidak tahu ke mana saja uang Anda pergi.

Ambil uang Anda di bank pada awal bulan saat mendapatkan gaji, kemudian siapkan beberapa amplop yang sudah Anda tulis sesuai dengan kategori kebutuhan Anda.

Beberapa kategori yang umum, biasanya tentang belanja bulanan, hiburan, pakaian, dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Serba-serbi-Anggaran-Keuangan-Karyawan-Uang Amplop-2-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

 

Sisakan uang di rekening untuk membayar beberapa pengeluaran seperti biaya asuransi, cicilan bulanan seperti cicilan kendaraan atau cicilan rumah, serta dana untuk investasi. Agar Anda tidak kelupaan, disarankan untuk melakukan auto debet untuk pengeluaran yang besarannya sama tiap bulannya.

Kemudian, jika uang yang ada di amplop itu sudah menipis atau habis, Anda sudah harus menyadari bahwa Anda tidak bisa mengambil uang dari amplop lainnya untuk membeli barang kebutuhan sesuai kategori tersebut. Kecuali untuk kebutuhan yang dirasa urgent, Anda bisa menggunakan darurat.

Sudahkah Anda mengetahui berapa besar dana darurat yang Anda butuhkan? Setiap orang dengan jenjang usia dan level kehidupan yang berbeda akan memiliki kebutuhan akan dana darurat yang berbeda pula.

 

#2 Catat Setiap Pengeluaran & Arus Kas

Jika Anda ingin memiliki keuangan yang sehat, Anda sangat dianjurkan untuk mencatat setiap pengeluaran dan arus kas Anda setiap waktu dan terperinci.

Dengan melakukan hal ini, Anda mengetahui setiap rekam jejak dari setiap receh uang Anda yang Anda keluarkan entah itu dari dompet atau dari ATM Anda.

Strategi-Cerdas-Mengatur-Keuangan-Freelance-2-Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Pengeluaran sekecil apapun itu, perlu Anda catat, karena uang tersebut keluar dari dompet Anda, bukan dari dompet teman Anda.

Bahkan ketika Anda membayar parkir atau memberikan uang kepada pengamen di pinggir jalan pun, Anda perlu mencatatnya.

Dunia yang semakin modern ini semakin memudahkan manusia, terutama dalam pencatatan keuangan melalui ponsel pintar yang ada dalam genggaman kita.

Alangkah lebih teratur jika Anda memiliki pencatatan keuangan seperti Aplikasi Keuangan dari Finansialku yang memudahkan Anda untuk mencatat segala pengeluaran dan arus kas Anda setiap hari, bahkan setiap waktu dengan sangat mudahnya.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Lakukan Evaluasi Anggaran

Layaknya sebuah proyek, entah itu proyek besar ataupun kecil di perusahan, sebuah evaluasi perlu dilakukan secara berkala untuk melihat perkembangan dan perubahan yang terjadi.

Dengan dilakukannya evaluasi, akan ada aksi untuk antisipasi atau bahkan penanggulangan jika diperlukan untuk mengubah sebuah strategi.

Demikian juga dalam melakukan evaluasi anggaran keuangan bulanan, Anda perlu melakukan evaluasi.

Ada yang menyarankan setiap minggu, tetapi ada juga yang menyarankan setiap hari.

Jika Anda sudah berkeluarga, Anda sangat dianjurkan untuk melakukannya bersama pasangan.

Cara Mengatur Keuangan Pasangan Muda Digabung vs Dipisah, Kamu Pilih Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

Melalui evaluasi ini, Anda bisa melihat, ke mana saja uang Anda pergi. Apakah perlu ada perubahan dalam anggaran yang telah dibuat, atau perlukah dibuat kategori baru setelah melihat adanya keperluan baru yang timbul karena perubahan.

Jika ingin anggaran bulanan Anda sehat, evaluasi keuangan sangat perlu dilakukan namun sering kali terlupakan atau malas untuk melakukannya.

Dalam melakukan penganggaran atau evaluasi, tentu Anda akan menghadapi beberapa kendala, tak menutup kemungkinan anggaran keluarga bagi Anda yang sudah berpasangan.

Tak perlu kuatir jika menghadapi kendala dalam keuangan keluarga atau pribadi, Anda dapat mengandalkan Konsultan Finansialku yang siap menolong keluarga Indonesia dalam menanggulangi masalah pengaturan keuangan.

 

#4 Pangkas Biaya Bulanan yang Tidak Perlu

Ini bisa menjadi sebuah petualangan seru dalam mengatur anggaran dan keuangan bulanan Anda.

Coba Anda ambil waktu sejenak dan temukan berbagai pengeluaran rutin bulanan yang bisa Anda pangkas.

Anda bisa memangkas pengeluaran bulanan yang bukanlah sebuah kebutuhan tetapi keinginan semata. Dan ketika Anda memangkasnya, pastikan kehidupan pribadi dan kelangsungan hidup Anda tidak terganggu secara signifikan.

Salah satu contohnya adalah biaya rutin untuk TV kabel. Sekarang, TV kabel sudah jarang digunakan secara optimal, lagi pula sekarang Anda bisa streaming video atau film melalui smartphone Anda. Sangat menguntungkan jika Anda bisa melakukannya melalui fasilitas free wifi di kantor.

Serba-serbi-Anggaran-Keuangan-Karyawan-Streaming di Smartphone-3-Finansialku

[Baca Juga: Ingat Kembali! Ini Tips dan Trik Mengembangkan Bisnis Startup Anda!]

 

Tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk adanya biaya TV kabel bulanan bukan?

Jika Anda bisa memangkas beberapa pengeluaran rutin itu, bayangkan Anda bisa menabungnya dalam jumlah yang besar dan Anda bisa menambah uang tabungan investasi demi masa depan Anda.

Coba hitung jika Anda bisa menghemat setidaknya Rp300 ribu setiap bulannya, siapa tahu uang itu bisa menambah uang muka untuk rumah impian Anda.

 

#5 Pangkas Uang Jajan

Jajan seringkali menjadi sebuah magnet yang memikat bagi kebanyakan orang. Tak lengkap rasanya jika saat jalan-jalan, tidak mengeluarkan uang untuk jajan, setidaknya membeli air minum.

Salah satu cara untuk menambah uang tabungan Anda, cobalah membawa bekal ke kantor dan dan juga membawa botol air minum sendiri. Ini bisa membuat Anda lebih hemat dan tidak membuat pengeluaran Anda membengkak dan kantong jadi cekak.

Tentu Anda sudah paham bila dengan membawa makanan dari rumah, Anda bisa sangat menghemat uang ketimbang harus makan di luar setiap hari.

12 Cara Mengubah Lifestyle yang Tidak Anda Sadari dapat Menghemat Pengeluaran Bulanan 06 Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Terlebih, masakan dari rumah tentu akan terjamin kebersihannya bukan? Dengan demikian, bukan hanya kantong Anda yang sehat, tapi kesehatan tubuh Anda terjamin dan membuat Anda terhindar dari biaya pengobatan yang sebetulnya tidak perlu.

Bukan artinya Anda tidak boleh memanjakan diri ketika sedang berada di luar dan hang out dengan teman-teman. Tapi, kurangi alokasi dana untuk jajan. Berapa besaran yang harus dikurangi? Itu kembali lagi pada Anda, pilihan ini ada di tangan Anda.

Dengan mengurangi uang jajan, Anda bisa menambah uang tabungan investasi juga lho. Raih suksesmu secara finansial dengan berinvestasi dari sejak dini.

Belum tahu caranya investasi untuk masa depan Anda yang cerah?

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan mengunduh ebook gratis tentang panduan berinvestasi dari Finansialku, ada Panduan Berinvestasi Saham, ada Panduan Berinvestasi Reksa Dana, dan ada Panduan Berinvestasi Emas juga:

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Dari Karyawan Bisa Jadi Usahawan

Gaji karyawan Anda bisa untuk modal bisnis jika Anda punya visi untuk jadi entrepreneur lho.

Siapa bilang seumur-umur Anda tetap jadi karyawan dan tidak bisa membangun kebebasan keuangan Anda sendiri?

Segera miliki dan patuhi anggaran bulanan Anda dan jangan lupa lakukan evaluasi sesuai dengan kebutuhan!

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Miriam Caldwell. 12 September 2016. 5 Budget Hacks to Make Your Life Easier. Thebalance.com – https://goo.gl/4B2Q7c

 

Sumber Gambar:

  • Anggaran Karyawan – https://goo.gl/Df9fvK
  • Pos Pengeluaran – https://goo.gl/ogi93p
  • Streaming di Smartphone – https://goo.gl/NexqBd
Summary
Serba-serbi Anggaran Keuangan Karyawan yang Akan Memudahkan Hidup Anda
Article Name
Serba-serbi Anggaran Keuangan Karyawan yang Akan Memudahkan Hidup Anda
Description
Sebesar apapun gaji Anda, tetap saja tidak akan mencukupi seluruh keinginan Anda. Ketahui cara membuat anggaran keuangan karyawan sesuai dengan standar kebutuhan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo