facebook_pixel

Sistem Pembayaran Lokal NPG atau National Payment Gateway

Pemerintah membahas kembali sistem pembayaran lokal atau NPG (National Payment Gateway). Sebenarnya apa yang dimaksud dengan NPG (National Payment Gateway)? Apakah Indonesia sudah memerlukan NPG? Apa keuntungan masyarakat dengan adanya NPG?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

NPG (National Payment Gateway) adalah Solusi untuk Sistem Pembayaran di Indonesia

Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral di Indonesia saat ini sedang mengembangkan sistem pembayaran non tunai yang digunakan khusus di Indonesia. Sistem tersebut dikenal dengan NPG atau National Payment Gateway. Sistem pembayaran NPG sangat membantu masyarakat dalam melakukan transaksi non tunai, seperti pembayaran melalui ATM/debit, kartu kredit dan uang elektronik.

Sistem Pembayaran Lokal NPG atau National Payment Gateway 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Aman Transaksi Keuangan melalui Aplikasi Pembayaran Online?]

 

Dengan sistem yang ada saat ini, data pembayaran non tunai (baik kartu debit dan kartu kredit) diproses di luar negeri dan kembali balik ke dalam negeri pada saat penagihan. Sistem pembayaran tersebut dapat lebih efisien jika Indonesia memiliki badan atau perusahaan yang menjadi perantara. Selama ini ada perusahaan asing yang membantu seperti Visa dan Mastercard.

Bank Indonesia telah memulai mambahas sistem pembayaran nasional (NPG – National Payment Gateway) sejak tahun 2009. Mengutip sumber Detik.com dikabarkan NPG dapat mulai diimplementasikan pada Juli 2017. Sistem NPG ini memungkinkan transaksi pembayaran non tunai dapat diproses di dalam negeri.

Bank Indonesia menggandeng empat bank untuk pengembangan gerbang pembayaran nasional. Keempat bank tersebut mewakili 75% transaksi debit nasional, antara lain PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Ke depan empat bank yang ditunjuk, akan bertindak sebagai acquirer. Artinya keempat bank tersebut mampu melakukan kerja sama dengan pedagang untuk memproses transaksi dari uang elektronik yang diterbitkan.

Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu - perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Pembayaran Online ketika Belanja di Toko Online]

 

Apa Saja Manfaat NPG (National Payment Gateway)?

Merujuk pada sumber Warta Ekonomi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno memiliki penjelasan Indonesia perlu memiliki payment gateway, karena:

  1. Kedaulatan sistem pembayaran. Indonesia dapat melakukan kontrol transaksi domestik khususnya Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) domestik.
  2. Berkurangnya ketergantungan terhadap pihak principal
  3. Penghematan devisa negara karena atas fee transaksi domestik akan dapat diperoleh dan dinikmati oleh pihak-pihak domestik yaitu national principal.
  4. Peningkatan efisiensi dalam pembayaran nasional karena akan ada pelaksanaan sharing antara para pihak terkait sistem pembayaran di dalamnya.
  5. Meningkatkan efisiensi transaksi perbankan dan adanya kedaulatan sistem pembayaran nasional.

 

Fintech Payment Gateway di Indonesia

Di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan teknologi finansial (fintech) yang berbisnis di ranah payment gateway, seperti:

 

DOKU

Doku merupakan online payment pertama berasal dari Indonesia yang melayani kebutuhan pembayaran merchant online. Doku telah terhubung langsung dengan 10 bank besar di Indonesia sehingga keamanannya sudah dapat dijamin. Online payment ini sudah melayani lebih dari 17.000 merchant yang berasal dari berbagai sektor dan skala usaha. Salah satu merchant yang dilayani adalah pembayaran Facebook Ads. Jika Anda ingin menggunakan jasa promosi Facebook Ads, Anda bisa melakukan berbagai pembayaran melalui Doku.

Doku dilengkapi dengan sistem currency settlement yang memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran dan pencairan dana dari berbagai kurs di dunia. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir untuk memasarkan barang hingga ke luar negeri. Online payment ini tersedia dalam multi platform sehingga Anda bisa mengaksesnya tidak hanya dari komputer tetapi juga dari berbagai gadget seperti handphone maupun tablet. Cukup mengunduh aplikasi Doku pada platform Android maupun iOS maka Anda sudah dapat mengakses Doku dimana saja. Biaya akan dikenakan untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Perppu No 12017 Ditjen Pajak Bisa Akses Rahasia Bank, Rekening Data Nasabah di Atas US$250.000 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perppu No 1/2017: Ditjen Pajak Bisa Akses Rahasia Bank, Rekening Data Nasabah di Atas US$250.000]

 

iPaymu

iPaymu adalah gabungan dari seluruh layanan Merchant Service Provider di Indonesia. Perusahaan ini menggabungkan tiga bisnis yang terpisah yaitu e-commerce, gateway payment/pembayaran jaringan bisnis dan usaha pedagang jasa. iPaymu memberikan layanan e-Wallet yang memiliki fungsi sebagai agregator transfer antar bank yang terintegrasi dengan website. Dengan begitu penjual bisa menerima pembayaran dari 137 bank di Indonesia hanya dengan memiliki satu rekening saja. Hasil pembayaran kemudian bisa diterima oleh merchant secara real time, sementara pembeli tidak perlu menjadi anggota iPaymu.

iPaymu juga menyediakan layanan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Penjual akan dikenakan biaya sebesar 3,5% atau Rp5.000 untuk setiap transaksi dari kartu kredit Visa atau Mastercard dari pembeli. Pengguna iPaymu dapat melakukan penarikan uang dari bank, bahkan bisa memanfaatkan layanan mobile banking, internet banking hingga setoran tunai di 137 bank di Indonesia.

 

Midtrans (dahulu Veritrans)

Midtrans adalah layanan online payment gateway yang didirikan pada tahun 2012 di Indonesia. Sebelumnya perusahaan ini bernama Veritrans Indonesia tetapi kemudian diganti menjadi Midtrans. Online payment gateway ini memberikan layanan yang terpercaya, mudah dan aman. Midtrans telah bekerja sama dengan beberapa bank besar di Indonesia seperti BCA, BNI, Bank Mandiri dan CIMB. Selain bekerja sama dengan bank, Midtrans juga telah bekerja sama dengan berbagai industri teknologi digital untuk mendukung bisnisnya. Untuk layanan kartu kredit Midtrans menetapkan biaya sebesar 4% + Rp2.200 per transaksi kepada merchant dan sudah termasuk biaya pajak.

Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar]

 

TrueMoney

TrueMoney merupakan salah satu terobosan baru untuk melakukan pembayaran elektronik serta jasa remittance yang dapat diakses melalui aplikasi di ponsel, website maupun EDC pada merchant. Anda bisa melakukan cash out, transfer uang, transaksi, pembayaran belanja di merchant offline maupun online, isi pulsa hingga membayar tagihan bulanan. Untuk mengotorisasi transaksi, TrueMoney memberikan layanan keamanan menggunakan pin dan sidik jari nasabah, transaksi tidak akan disetujui tanpa otorisasi tersebut.

 

FinPay

Sama seperti online payment gateway lainnya, FinPay menyediakan kemudahan bertransaksi bagi para pebisnis online maupun offline serta perusahaan-perusahaan start up. Online payment gateway ini memiliki website yang telah terintegrasi dengan API dan Plug-ins yang tersedia. FinPay menjamin keamanan transaksi karena sudah terintegrasi dengan beberapa bank besar di Indonesia. Beberapa fitur yang bisa didapatkan dengan FinPay adalah FinPay Wallet, pembayaran kartu kredit VISA, MasterCard dan JCB, debit online, KlikPay BCA, T-Cash, hingga kode pembayaran di jaringan Indomaret, Alfagroup, Pegadaian, Kantor Pos dan channel perbankan di menu pembayaran Telkom.

FinPay juga menyediakan fasilitas FinPay Invoice yang memungkinkan penjual membuat invoice elektronik yang dapat langsung dikirim melalui email ke pembeli. Dengan begitu proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah.

 

KasPay

KasPay merupakan layanan e-Wallet yang diciptakan oleh Kaskus. Untuk menggunakan KasPay Anda harus terlebih dahulu melakukan top up dana dengan mentransfer ke virtual account KasPay. Deposit dana tersebut kemudian dapat digunakan untuk bertransaksi di Kaskus maupun merchant-merchant lainnya yang telah bekerja sama dengan Kaskus. Sistem keamanan KasPay didukung dengan enkripsi yang telah terverifikasi Verisign (Norton Secured) sehingga keamanannya tidak perlu diragukan lagi. Sistem dapat menjaga kerahasiaan username dan password pengguna. Transaksi juga semakin aman dengan adanya 6 digit PIN yang harus dimasukkan pada transaksi tertentu yang dikirimkan melalui SMS.  

Ingin Mengambil Kredit dari Bank Ketahui Penggolongan Kualitas Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Mengambil Kredit dari Bank? Ketahui Penggolongan Kualitas Kredit]

 

FirstPay

FirstPay merupakan online payment gateway yang memberikan layanan pembayaran elektronik dengan sistem otorisasi real time. Dengan begitu merchant dapat menangani pembayaran secara cepat dan memudahkan pembeli. Seperti online payment gateway lainnya, FirstPay juga bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia untuk melayani pembayaran kartu kredit VISA dan MasterCard, BCA, Mandiri, ATM Bersama, Prima, Alto serta E-money. Layanan yang disediakan FirstPay juga dapat digunakan untuk virtual account sehingga Anda dapat memonitor pembayaran yang dapat diakses 24 jam.

 

Sistem Pembayaran yang Memudahkan

National Payment Gateway atau NPG dapat memudahkan proses transaksi untuk bisnis-bisnis di Indonesia baik online maupun offline. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan online payment gateway. Keamanannya pun telah terjamin karena telah didukung oleh berbagai lembaga keuangan terpercaya.

 

Sumber Referensi:

  • Sylke Febrina Laucereno. 19 Mei 2017. Melokalkan Sistem Pembayaran dengan NPG, Apa Itu? DetikFinance – https://goo.gl/RlX1wv
  • Fajar Sulaiman. 8 Desember 2016. Pentingnya Memiliki NPG dalam Sistem Pembayaran. Warta Ekonomi – https://goo.gl/jbrKYD
  • Suci Rahmadhani. 7 Online Payment Gateway di Indonesia yang Cocok untuk Bisnis Online. Goukm.id – https://goo.gl/uK6Iwn
  • Hesti Pratiwi. 5 Juni 2014. Layanan Payment Gateway Asal Indonesia Mana yang Lebih Cocok Untuk Bisnis Anda? Dailysocial.id – https://goo.gl/SyaF2f

 

Sumber Gambar:

  • NPG – https://goo.gl/kF8ZuF
  • Kartu Kredit – https://goo.gl/J3QrLf

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-05-19T17:04:15+00:00 May 19th, 2017|Categories: Berita, Keuangan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment