PT Kliring Berjangka Indonesia telah meluncurkan program SITNa untuk memberikan rasa aman transaksi komoditi berjangka. Apa itu SITNa dan apa manfaatnya untuk nasabah?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PT. Kliring Berjangka Indonesia Berikan Terobosan Baru

Pernahkan Anda mendengar perdagangan berjangka komoditi? Biasanya dikenal juga dengan perdagangan defivatif. Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali perusahaan perdagangan berjangka (futures trading) yang menawarkan layanannya. Perdagangan berjangka komoditi cukup populer di Indonesia, karena hasil investasi yang cukup besar dan adanya sistem leverage. 

 

Fungsi Tabungan Sudah Bukan Untuk Kaya, Tetapi ... - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pastikan Anda Memiliki Rencana Keuangan, sebelum Berinvestasi

 

Investasi selalu tidak lepas dari kata risiko (risk) dan hasil investasi (return). Begitupula dengan perdagangan berjangka komoditi. Pemerintah berinisiatif untuk mengambil peran Self Regulation Organization (SRO). Pemerintah melalui PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) menjalankan amanat Undang-undang No 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Salah satu terobosan terbaru yang dilakukan PT. Kliring Berjangka Indonesia (PT KBI) dalah SITNa – Sistem Informasi Transaksi Nasabah.

 

SITNa Berikan Rasa Aman dan Nyaman ke Nasabah

SITNa atau Sistem Informasi Transaksi Nasabah adalah sistem penyedia informasi transaksi berjangka yang telah dijaminkan ke KBI. Salah satu keuntungan adanya SITNa, adalah setiap transaksi kontrak berjangka di Jakarta Future Exchange (JFX) dapat dipantau oleh nasabah secara real time kapan pun di mana pun.

 

[Baca Juga: Apa Bedanya Risiko dan Berisiko?]

 

Pada kondisi sebelumnya nasabah hanya dapat memantau melalui laporan konfirmasi transaksi yang disediakan oleh pialang berjangka. Artinya nasabah tidak dapat memantau secara real time. Dengan adanya SITNa, transaksi menjadi lebih mudah, nyaman dan transparan. Tentu saja dengan kehadiran sistem baru ini, kepercayaan nasabah / investor diharapkan dapat meningkat.

SITNa diluncurkan pada 10 November 2015, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Pemiliha. KBI ingin memberikan komitmen yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) di pasar komoditi berjangka. Program SITNa ini adalah hasil kerjasama antara PT. KBI dengan Jakarta Futures Exchange (JFX) serta dukungan Bappebti. Anda dapat mengetahui lebih lengkap mengenai SITNa di website resminya: http://www.ptkbi.com/layanan/sitna.html

 

Walaupun Sudah Lebih Nyaman, Tetapi Anda Perlu Tetap Waspada

Menurut kami, perdagangan berjangka komoditi dan perdagangan derivative lainnya (mata uang, indeks dan lainnya) lebih tepat dikategorikan trading bukan investasi. Jika Anda ingin memulai bisnis perdagangan berjangka (commodity trading, forex tranding, atau trading lainya) Anda perlu mempelajari lebih lanjut. Sistem SITNa memberikan kenyamanan Anda untuk melakukan perdagangan, tetapi SITNa tidak menghilangkan risiko Anda.

 

Apakah Anda pernah melakukan trading berjangka komoditas?

 

Sumber Artikel:

  • Trading – http://goo.gl/cLDY5t

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)