Sudah tau situs download MP3 untuk lagu2 kesukaanmu? Gabut karena liburan atau work from home?

Dengerin musik bisa jadi jawaban. Kalau takut pulsa habis, yuk ikuti artikel rekomendasi situs download MP3 legal dan gratis ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Situs Download MP3 Gratis Biar Pulsa Nggak Habis

Adanya situs download MP3 bisa menemani kegabutan kamu terutama kamu yang lagi galau. Cocok banget ketika kamu ingin men-download lagu yang sesuai dengan suasana hati kamu, baik itu senang maupun sedih.

Dengan situs download MP3 yang legal dan gratis, kamu bisa mengunduh lagu kapanpun dan dimanapun.

Perbedaannya jelas terletak pada proses pengunduhan lagu dari situs tertentu. Jika kamu menggunakan situs legal yang gratis, kamu mungkin sedikit mendapat iklan dalam pengunduhan tapi tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Hanya Disini! Situs Download Musik Legal 05 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Install Youtube Music Kalau Belum Tahu Kelebihannya!]

 

Sedangkan jika kamu menggunakan situs yang berbayar, kamu memang bisa lebih mudah mengunduh lagu tanpa ada halangan apapun. Tapi, dengan itu kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk men-download lagu yang kamu inginkan.

Jadi, kalau di rumah atau apartemen kamu tidak tersedia wifi, maka kamu bisa tetap menikmati musik tanpa loading lambat. Ya, masalah loading di tengah seru-serunya mendengarkan musik pasti akan menjadi perusak mood yang bisa membuat perasaan jadi tidak nyaman. Apalagi saat sendirian, makin gabut kan jadinya?

 

Rekomendasi 5 Situs Download MP3 Legal Plus Gratis

Dengan adanya situs download MP3 yang bisa digunakan secara gratis siapapun bisa men-download lagu yang diinginkan dengan mudah. Ditambah lagi yang disediakan tidak hanya men-download lagu saja.

Tapi, apa lagi? Ada juga berbagai informasi mengenai musik dan musisi sendiri seperti jadwal konser dan kabar rilis lagu terbarunya. Di situs ini kamu akan mendapatkan informasi lengkap tersebut. Berikut beberapa situs yang bisa kamu akses dengan gratis.

 

#1 Jamendo

Jamendo adalah salah satu situs download lagu yang terbaik, karena terdapat sekitar 32.000 album yang bisa diunduh oleh semua orang secara gratis.

Tapi didalamnya terdapat beberapa aturan dan proses yang harus kamu lewati untuk bisa men-download lagu.

Wajib Tahu 5 Situs Download MP3 Legal Plus Gratis untuk Teman Gabut 01 - Finansialku

[Baca Juga: Nostalgia Bersama Band Sheila On 7! Bisa Bikin Kamu Baper dan Kangen Masa Lalu]

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#2 MP3

MP3 sudah diakses oleh banyak orang guna men-download lagu dan mendapatkan sekilas informasi mengenai musisi idolanya.

Lagu dan musisi yang disediakan tidak hanya dari dalam negeri, melainkan musik dari seluruh dunia. Selain menyediakan lagu yang bisa diunduh secara gratis, situs ini juga diakses untuk mengunduh lagu secara berbayar.

Wajib Tahu 5 Situs Download MP3 Legal Plus Gratis untuk Teman Gabut 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Belajar Musik Efektif Bagi Pemula, Yuk Dicobain]

 

#3 Free Music Archive

Kamu tidak hanya mendapatkan lagu yang enak didengar menurut versi beberapa orang saja. Tapi juga bisa digunakan untuk men-download lagu terbaik pada zamannya sehingga bisa dibilang tidak memiliki batas.

Kamu bisa mengunduh lagu manapun yang Anda suka terutama musik yang memiliki genre indie yang saat ini digemari banyak orang.

Wajib Tahu 5 Situs Download MP3 Legal Plus Gratis untuk Teman Gabut 03 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Aplikasi Streaming Musik Terbaik 2020]

 

#4 Musopen

Situs Musopen menyediakan musik rekaman gratis sehingga bisa di-download oleh siapapun tanpa mengeluarkan uang. Kamu bisa mencari referensi musik yang kamu inginkan dari mengakses situs satu ini.

Wajib Tahu 5 Situs Download MP3 Legal Plus Gratis untuk Teman Gabut 04 - Finansialku

[Baca Juga: Waralaba Kursus Musik, Bisnis Menggiurkan yang Naik Daun]

 

Kamu pasti sangat bisa mendapatkan lagu mana yang kamu mau dengan bebas atau gratis. Salah satu alasan lain banyak orang yang mengakses Musopen ini adalah karena prosesnya yang mudah.

 

#5 SoundCloud

Siapa yang tidak mengetahui situs terkenal dan sudah banyak digunakan orang ini. SoundCloud adalah salah satu situs populer yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Banyak orang yang suka mengunduh lagu pada situs download ini karena menyediakan banyak sekali lagu secara gratis sehingga siapapun bisa mengunduh lagu tersebut.

Wajib Tahu 5 Situs Download MP3 Legal Plus Gratis untuk Teman Gabut 05 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Alat Musik Termahal di Dunia, Harganya Setara Puluhan Apartemen]

 

#6 Epitonic

Pertama kali situs ini digunakan oleh banyak orang pada tanggal 8 Maret 1999. Epitonic ini pernah terbengkalai dan tidak ada yang menggunakan pada tahun 2004 silam.

Tapi, pada 8 Maret 2011 situs ini di upgrade dengan penambahan fitur-fitur agar tampak lebih keren kemudian di launch kembali. Situs satu ini bisa dibilang music library dan pemberi informasi pertama mengenai industri musik.

 

#7 Insound

Insound kerap kali dibilang sebagai toko musik online yang mengeluarkan beberapa produk. Salah satu produk terkenal dari insound ini adalah mixtape yang di convert dari vinyl.

Sebagai bentuk promosi dari situs ini, insound memberikan 1-2 track download gratis pada setiap harinya.

Promosi semacam ini membuat beberapa orang suka menggunakan situs ini, walaupun harus berhari-hari agar bisa download lagu yang diinginkan secara gratis.

 

#8 Stereogum

Stereogum termasuk salah satu situs download MP3 pertama yang bisa diakses banyak orang. Pada mulanya situs ini hanya menyediakan lagu yang ber-genre indie. Tapi seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mengakses website ini. Dengan demikian, stereogum menyediakan hampir semua genre lagu agar semua orang bisa download lagu yang disukai dengan mudah.

#9 ReverbNation

Pada situs ReverbNation ini kamu sudah dimanjakan dengan berbagai macam lagu dari artis terkenal Indonesia maupun mancanegara.

Ditambah lagi pada setiap artis terdapat banyak lagu, tidak hanya satu atau dua lagu saja. Jadi Anda bisa mengakses dan download sepuasnya.

 

#10 PureVolume

Situs ini adalah tempat untuk mencari dan promosi hampir semua musisi. Para musisi disini yang mengatur apakah lagu tersebut bisa di-download secara gratis atau diperjualbelikan.

Tapi tenang saja banyak kok lagu yang dapat di download secara gratis. Di website ini juga para musisi mengunggah video dan memberikan informasi mengenai jadwal konser yang akan diadakan.

 

#11 BeSonic

BeSonic merupakan situs download musik yang secara tampilan sekilas mirip dengan SoundCloud di mana kamu bisa berbagi dan download berbagai lagu secara gratis.

Situs ini memiliki database ribuan lagu yang bisa didengar langsung dan diunduh tanpa perlu mengeluarkan uang. BeSonic ini pun memiliki berbagi macam genre lagu.

Mulai dari Alternative, Classical, Comedy, Country, Dub, Electro, Hardrock, Hip-Hop, dan masih banyak lainnya.  Kelebihan situs ini adalah fitur yang memisahkan lagu berdasarkan genre, jadi kamu tidak perlu pusing.

Kekurangan dari situs ini, untuk lagu-lagu terbaru kurang di update dengan cepat, dan biasanya dalam hitungan minggu baru kamu bisa unduh lagu terbaru yang kamu cari.

 

#12 Free Musik Archive

Untuk para content creator mungkin sudah nggak asing dengan kepopuleran situs yang satu ini. Situs ini memiliki tombol download terintegrasi dengan berbagai macam pilihan genre.

Situs Free Musik Archive secara umum memberikan lagu-lagu instrumental yang cocok untuk latar belakang video YouTube. Jadi kamu gak perlu repot-repot mencari backsound untuk video cukup kunjungi situs ini, kamu bisa memilih backsound sesuai dengan tema video.

Kekurangan dari situs Free Musik Archive ini User interface terkesan jadul dan terlalu simpel.

 

#13 Jamendo

Salah satu situs ini tentu sudah menjadi langganannya para penikmat musik. Bagaimana tidak, secara tampilan pun Jamendo sudah seperti aplikasi musik lainnya seperti Spotify atau JOOX.

Namun yang menjadi kelebihan di situs Jamendo, User Interface dan tampilan aplikasi musik profesional dan bisa download lagu Barat dengan kualitas terbaik.

Penggemar lagu indie mungkin akan menyambut gembira dengan hadirnya situs Jamendo, pasalnya Jamendo hanya menyediakan musik beraliran indie dan kamu bisa men-download secara lega dan gratis.

Jamendo juga memiliki stasiun radionya sendiri jadi kamu tidak perlu capek-capek membuat daftar putar lagu.

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan sebagai konten komersial pribadi Jamendo menyediakan layanan lebih lengkap, kualitas audio yang lebih baik dan harga yang wajar.

Namun yang menjadi kekurangan dari Jamendo ini adalah fitur streaming lagunya sedikit delay ketika sedang digunakan.

 

#14 NoiseTrade

Sama dengan beberapa situs sebelumnya, NoiseTrade juga dapat didengarkan secara streaming ataupun di download secara langsung dan gratis.

NoiseTrade, benar-benar memiliki koleksi yang banyak dan benar-benar puas untuk download lagu secara gratis dan terpenting juga legal.

Sebelum kamu memulai proses unduhan, situs NoiseTrade akan meminta kamu untuk mengisi alamat email. Hal ini tentu akan mempermudah mereka menghubungi kamu secara langsung.

Kelebihan dari situs ini, kamu bisa mendapatkan bonus download ebook secara gratis. Namun kekurangannya disini kamu diharuskan mengisi email sebelum bisa download.

 

#15 Musopen

Situs download musik Musopen menyuguhkan kumpulan musik royalty free yaitu bebas lisensi dan kamu bisa gunakan untuk berbagai keperluan. Pada situs ini kamu bisa download berbagai musik klasik ciptaan para komposer terkenal.

Seperti Beethoven, Tchaikovsky, dan sebagainya bisa kamu download secara gratis dan mudah sekali, dan terdapat pilihan filter berdasarkan nama komposer atau instrumen.

Kekurangan dari situs ini ialah navigasi yang ditampilkan kurang mudah digunakan untuk para pemula.

#16 MP3Skull

Bagi kamu yang sering download musik secara gratis, pasti tidak asing lagi dengan situs M3Skull ini. MP3Skull menjadi situs favorit banyak orang untuk download musik gratis.

Pilihan lagu yang di tawarkan situs ini pun terbilang update dan lengkap dengan berbagai pilihan kualitas yang diberikan. Selain itu fitur pencariannya pun cepat dengan navigasi yang mudah.

Selain terdapat pilihan download dalam format MP3, disini kamu bisa download dengan format MP4 juga lho.

Kekurangan situs ini, tampilannya terkesan jadul dan ketinggalan zaman jika dibandingkan dengan situs aplikasi musik saat ini, dan tidak ada fitur yang memisahkan lagu per genre.

 

#17 Stafaband

Situs yang satu ini terkenal dengan pilihan lagu-lagu Indonesia, kamu bisa download di situs Stafaband. Situs ini mungkin sudah jadi langganan pecinta musik-musik Indonesia.

Situs download lagu dalam negeri ini menyediakan berbagai genre, mulai dari lagu dangdut terbaru, lagu pop Indonesia, dan masih banyak lagi.

Selain pilih musik, kamu juga bisa download dalam format video. Kelemahan dari situs ini hampir sama dengan MP3Skull, yaitu segi tampilan yang terkesan monoton dan kurang menarik serta kurang up to date.

 

#17 MP3juices

Situs download Mp3juices juga boleh dikatakan bisa menjadi salah satu pilihan untuk mencari lagu-lagu paling update saat ini.

Walau secara tampilan situs ini tergolong biasa saja, namun Mp3juices memiliki database yang lengkap.

Kamu tidak perlu repot memilih berdasarkan genre, cukup masukkan judul lagu atau artis dalam kolom pencarian, maka lagu yang kamu cari dapat ditemukan dengan mudah.

 

 

Pilih Situs Download MP3 yang Mana Nih?

Itulah 5 situs download MP3 yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh sejumlah lagu yang kamu inginkan.

Beberapa orang yang memiliki uang lebih tentu akan memilih situs download yang berbayar. Tapi tidak sedikit pula orang yang memiliki uang lebih tetap memilih situs download gratis.

Terkhusus untuk kamu yang memang ingin untuk membeli lagu secara berbayar, jangan sampai kamu membelinya secara berlebihan.

Tetap kontrol pengeluaran kamu untuk membeli lagu. Aplikasi Finansialku bisa membantu kamu mengatur pengeluaran dan pemasukan agar lebih terkontrol. Kamu bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Kamu bisa juga intip kisah penyanyi asal korea selatan Siwon Choi yang meninggalkan “istana” demi menjadi idola dibawah ini.

 

Sebagai penikmat musik, tentunya informasi di atas akan sangat bermanfaat bukan? Share this article pada orang yang happy go lucky dengan musik ya! terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Liputan6. 8 Januari 2013. 16 Website Download Lagu Legal dan Gratis. Liputan6.com – https://bit.ly/2yUFD2B

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 – https://bit.ly/2XqUhbT
  • Gambar 2 – https://bit.ly/2XqBHRa
  • Gambar 3 – https://bit.ly/2VdjJic
  • Gambar 4 – https://bit.ly/3ed4miF
  • Gambar 5 – https://bit.ly/2JSUxZn