Anda seorang freelance? Ini dia 5 strategi investasi untuk freelance yang dapat Anda terapkan untuk menambah pundi-pundi keuntungan bulanan Anda.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Entrepreneur atau Freelancer? Kembangkan Diri Anda

Apakah Anda seorang pengusaha yang siap untuk meningkatkan arus pendapatan? Rubrik ini menyajikan informasi berupa strategi investasi untuk meraih kesuksesan Anda.

Bagi Anda yang sedang membaca artikel ini, Anda mungkin adalah seorang freelancer atau pengusaha, dan mungkin Anda memiliki bisnis sendiri.

Sebagai pengusaha yang telah mempekerjakan stafnya, Anda dapat mendelegasikan sebagian besar beban kerja kepada staf yang Anda gaji tersebut.

Menjadi pengusaha dan memiliki bawahan kedengarannya adalah sebuah posisi yang baik karena Anda dapat memberi perintah dan peraturan. Namun, apakah hanya sampai di situ?

Apakah ada hal-hal yang harus diperbaiki dalam proses pengembangan usaha Anda?

5 Strategi Investasi untuk Freelance 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor! Kenali Untung dan Rugi Investasi Rumah Kost]

 

Bagi beberapa orang, mungkin mereka sudah berpuas diri dengan pencapaian mereka atas usaha yang mereka jalani dan menghabiskan uang hasil keuntungan usaha mereka untuk pesta dan juga liburan bersama keluarga.

Jika Anda masuk ke dalam kategori yang menginginkan penghasilan yang lebih banyak  daripada yang sudah Anda miliki, dan Anda sedang berusaha mengusahakannya, maka inilah saatnya untuk mengembangkan strategi investasi langkah demi langkah untuk mewujudkan hal impian Anda itu.

Sebagai wiraswasta, strategi investasi seperti apakah yang sudah Anda lakukan dengan baik melalui bisnis yang Anda jalankan?

Atau Anda sebagai seorang freelancer dengan jumlah klien yang belum cukup banyak, strategi investasi apakah yang telah Anda jalankan dengan berhasil?  

Mari mulai mempertimbangkan gagasan untuk mengembangkan usaha Anda melalui strategi investasi yang tepat.

Ini adalah saat untuk menentukan apakah Anda siap untuk meningkatkan pendapatan tersebut dengan cara kreatif melalui strategi investasi.

Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda hasilkan, gagasan terbaik adalah ketika Anda mengurus keuangan Anda dan berusaha menambahkan keuntungan pada “kolam uang” yang sedang Anda buat secara pasif atau biasa disebut dengan passive income.

Apa yang kita maksud dengan pasif?

Pasif artinya Anda sudah tidak perlu lagi berkecimpung dalam usaha menghasilkan uang karena uang yang akan bekerja untuk Anda.

Pekerja Freelance, Ini Cara Menentukan Harga Jual Layanan Anda 02a - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Berinvestasi Emas, Ayo Kenali Dulu Karat Emas dan Alasan Investasi Emas]

 

Dengan kata lain, Anda tidak perlu pergi ke kantor, mendelegasikan tugas dan segala pekerjaan yang harus Anda pikirkan.

Anda dapat mengembangkan sayap bisnis Anda yang lain atau menjadi agen perubahan dunia melalui pengaruh yang Anda berikan sebagai seorang dermawan melalui harta Anda yang melimpah.

 

Strategi Investasi

Mau mewujudkan impian Anda mendapatkan passive income? Lakukan strategi investasi di bawah ini.

 

#1 Langkah Pertama: Siapkan Persediaan

Langkah pertama dalam mendapatkan kekayaan dan menumbuhkan kekayaan Anda melalui investasi (dan tabungan) adalah untuk dapat menentukan berapa nilai bersih atau kekayaan bersih Anda saat ini sebelum kita memulai prosesnya.

Jika Anda tidak tahu dimana Anda berada pada titik awal, Anda tidak akan dapat mengukur peningkatan dan ukuran untuk mengembangkan kekayaan Anda.

Aspek lain adalah menentukan apakah Anda berada pada kondisi keuangan yang baik atau kondisi finansial yang tidak cukup menguntungkan untuk memulai investasi Anda.

Jika Anda sedang berada pada kondisi keuangan yang kurang menguntungkan untuk memulai sebuah investasi, maka yang Anda perlukan adalah Anda harus mengumpulkan sejumlah dana untuk sebelum memulainya.

Tentu Anda tidak ingin menggadaikan rumah atau bahkan barang-barang di rumah Anda untuk modal investasi bukan?

Pekerja Freelance, Ini Cara Menentukan Harga Jual Layanan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Investasi Obligasi? Ketahuilah Cara Membeli Obligasi]

 

Oleh sebab itu, gunakan kreativitas Anda dalam bekerja dan menghasilkan modal investasi jangka panjang Anda.

Dengan melakukan inventarisasi posisi keuangan Anda secara finansial dan memeriksa kekayaan bersih Anda, Anda akan siap untuk segera mengambil langkah berikutnya untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik dan mulai bangkit dalam memperbaiki kehidupan dan kesuksesan Anda.

Langkah pertama ini menyarankan Anda untuk dapat memprioritaskan tabungan Anda untuk investasi dan mungkin Anda juga perlu “mengencangkan ikat pinggang” alias melakukan saving lebih sehingga Anda dapat menambah modal investasi demi keuntungan di masa depan yang lebih besar.

Sebetulnya, saran ini lebih kepada “tidak memberi makan” kepada gaya hidup yang berlebihan atau tidak sesuai dengan pendapatan Anda.

Tahukah Anda bahwa di luar sana banyak sekali orang kaya sukses yang memulai karier investasinya dari nol melalui inventarisasi kekayaan dan berhasil memiliki kekayaan bersih yang semakin meningkat melalui strategi investasi yang benar?

Maukah Anda menjadi salah satunya?

Anda pun juga bisa menjadi salah satunya jika Anda memiliki tekad yang kuat.

 

Segera download ebook gratis panduan berinvestasi reksa dana bagi pemula dari Finansialku.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Langkah Dua: Percaya pada Diri Sendiri

Percaya pada diri sendiri adalah sesuatu yang benar bahkan ketika Anda belum mengalami kesuksesan.

Banyak pengusaha telah mencapai kesuksesan karena mereka telah memulai dengan keyakinan dasar tentang diri mereka sendiri.

Mungkin Anda belum berhasil menumpuk kekayaan secara signifikan atau penghematan yang signifikan.

Namun ketika Anda sedang dalam proses menuju ke arah keberhasilan itu, Anda perlu memiliki keyakinan pada diri sendiri bahwa Anda akan berhasil!

Dengan keyakinan diri tersebut, Anda dapat menggambarkan diri Anda sebagai orang sukses.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Langkah Tiga: Edukasi Diri Sendiri

Salah satu langkah strategi utama adalah mempelajari beberapa dasar tentang strategi investasi yang aman.

Bahkan jika Anda berniat mempekerjakan ahli di bidang investasi, sebaiknya Anda mengedukasi diri Anda sendiri tentang pengetahuan akan strategi investasi yang benar.

Dengan demikian, Anda juga bisa melihat jika ada suatu kejanggalan yang dilakukan oleh ahli investasi yang Anda hire dalam menjalankan investasi Anda.

Proses untuk memastikan proses pendidikan yang komprehensif bagi Anda, di bidang strategi investasi, mungkin memerlukan waktu dan terutama kesabaran.

Jangan mudah menyerah pada sesuatu, terutama saat tantangan hidup mulai mengacaukan proses jadwal belajar Anda.

Pekerja Freelance Ini Cara Negosiasi dengan Klien Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Melihat Prospek Berinvestasi di Saham RANC, Pemegang Merk Dagang Ranch Market]

 

Tahukah Anda akan apa yang ditabur, maka hasilnya akan Anda tuai seperti yang Anda tabur sebelumnya.

Dan proses untuk menuai membutuhkan waktu, kerja keras, pengorbanan dan juga kesabaran.

Demikian juga pendidikan atau proses pembelajaran yang Anda sedang ukir untuk dapat mengerti tentang strategi investasi.

Sebagai bagian dari proses belajar, Anda mungkin diminta menentukan arah tujuan Anda.

Dalam menentukan arah tujuan Anda dan menuju kesana, Anda mungkin perlu melakukan penghematan terutama ketika Anda ingin berinvestasi.

Pada saat yang sama. Ketika Anda sudah berhasil menanamkan modal investasi dan menghasilkan sebuah pertumbuhan yang baik, Anda juga perlu mengatur dorongan atau hasrat Anda dalam berbelanja atau keinginan untuk menghabiskan (membelanjakan) uang hasil keuntungan tersebut.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Mungkin sempat terjadi ketika Anda tergiur untuk mengambil uang hasil investasi Anda dan membelanjakannya untuk kepentingan yang bersifat konsumtif.

Terkadang ini bisa manusiawi namun Anda disarankan untuk tidak terlena dengan situasi ini.

Ini sebetulnya adalah situasi kemunduran.

Tetapi, jangan menyerah! Ini adalah kesempatan lain untuk membuktikan bahwa Anda dapat melakukannya lagi dan bangkit menuju kesuksesan!

Jadi, apa yang bisa kita pelajari dari kemunduran yang telah kita alami ketika melihat tabungan investasi kita berkembang dan membelanjakan hasil keuntungan tersebut?  

Di sinilah kita perlu mengevaluasi strategi investasi kita!

5 Cara Menghasilkan Uang Untuk Karier Freelance Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Mungkin kita bisa merubah strategi dimana kita hanya boleh mengambil 5% dari keuntungan investasi yang dihasilkan (tidak lebih).

Dengan cara itu, Anda membiarkan diri Anda berbelanja secara royal dan menghargai diri sendiri, tapi Anda tidak mengambil seluruh tabungan investasi Anda.

Itu adalah contoh pemetaan rencana Anda dan termasuk tweak strategi investasi yang akan membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.

 

#4 Langkah Keempat: Kontrol Setiap Utang dan Utang Konsumen Anda

Salah satu langkah terpenting dalam membangun portofolio investasi adalah mengendalikan utang Anda.

Meskipun mungkin tampak sulit untuk mengelola tingkat utang saat ini, hal itu sangatlah mungkin dan dapat ditangani dengan beberapa strategi tersendiri.

Ini adalah masalah pengaturan pikiran untuk mencapai tujuan investasi termasuk dalam mengendalikan pikiran untuk berutang.

Setelah menyadari bahwa itu mungkin, mengelola tingkat utang harus dilakukan dengan inventaris, penilaian, analisis dan perencanaan yang tepat.

Ciptakan strategi untuk membebaskan diri Anda dari utang yang akan “membutuhkan” Anda dan juga menjauhkan diri Anda dari tujuan investasi.

Bagian ini berbicara mengenai utang yang bersifat konsumtif.

Pekerja Freelance Ini Cara Negosiasi dengan Klien Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Strategi umum yang dapat Anda lakukan dalam mengendalikan diri dari berutang konsumtif adalah pikirkan bahwa utang Anda memiliki bunga dan juga ada batas waktu pembayaran yang akan menambah jumlah tagihan bunga tersebut.

Dengan melakukan analisis visual dasar dari beban utang, ini memungkinkan Anda untuk melihat pengendalian akan hasrat Anda dalam melakukan utang konsumtif.

Selain itu, Anda juga dapat memikirkan pembayaran untuk beban utang lainnya yang belum terbayarkan.

Jika Anda membutuhkan konsultan keuangan pribadi, Finansialku dapat menolong Anda untuk memberikan berbagai saran perihal perencanaan keuangan yang sehat untuk kondisi keuangan yang lebih baik.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Langkah Kelima: Investasi Utama

Jika Anda sekarang siap melakukan perubahan besar dalam mengejar strategi investasi Anda, Anda bisa mencari opsi seperti saham, reksa dana, pasar komoditas, obligasi dan real estate.

Pastikan juga Anda memiliki asuransi yang tepat untuk semua aset Anda. Aset ini mencakup hal-hal seperti rumah Anda, pekerjaan, kesehatan, investasi terkini, dan lain sebagainya.

Tentukan perlindungan asuransi apa yang Anda miliki dan apa yang Anda perlukan.

 

Investasi: Semakin Cepat Semakin Baik

Terlepas dari situasi keuangan Anda, semakin cepat Anda mulai berinvestasi, semakin baik. Dengan asumsi bahwa Anda telah memilih jalur investasi yang tepat, atau penasihat investasi yang tepat.

Bila ini berhasil, perkembangan tabungan investasi Anda akan merangkak naik.

Namun jika sebaliknya, Anda akan mengalami kerugian.

Lakukan diversifikasi dalam melakukan investasi dan lunasi utang Anda (usahakan mendekati nol) atau seminim mungkin sehingga Anda dapat benar-benar bergerak maju dan tidak terpengaruh dengan faktor utang yang akan menghambat kesuksesan Anda dalam berinvestasi.

Tetap realistis terhadap kerugian dan terbukalah dengan setiap ide dan saran dari para ahli keuangan atau orang-orang yang telah berpengalaman dalam investasi.

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan Anda yang menata rumah mereka dengan dekorasi rumah minimalis.

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Deborah Anderson. 22 Januari 2017. How Freelancers Can Get Ahead With an Investment Strategy. Business.com – https://goo.gl/tQpSu3

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Investasi Untuk Freelance 1 – https://goo.gl/w84rRw
  • Strategi Investasi Untuk Freelance 2 – https://goo.gl/PvQFwb

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang