Apakah yang dimaksud dengan surat kuasa pengambilan gaji?

Bagaimana pula contohnya? Yuk ikuti penjelasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Surat kuasa pengambilan gaji merupakan sebuah surat yang dibuat bertujuan sebagai kuasa untuk mewakili seseorang melakukan pengambilan gaji, dan yang diminta untuk mewakili harus bisa menunjukkan surat kuasa tersebut.

Banyak contoh terbaru untuk bentuk surat kuasa pengambilan gaji tersebut, termasuk gaji pensiunan.

 

Petunjuk Penting Mengenai Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Jenis surat kuasa ini terdiri dari beberapa macam, mulai dari contoh surat kuasa pengambilan gaji cuti hamil hingga pensiunan,  bahkan variasinya juga ada contoh  surat kuasa pengambilan gaji pensiunan di kantor pos.

Ini Dia Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan Terbaru 04 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga?]

 

Biasanya yang diminta untuk mewakilkan adalah pihak keluarga yang bersangkutan disaat orang tersebut sedang dalam kondisi tidak bisa mengambil sendiri. Berikut merupakan petunjuk penting dalam surat kuasa tersebut:

 

#1 Judul dan Nomor Surat

Dalam sebuah surat resmi, hal yang tidak boleh dilupakan adalah judul dan nomor surat. Hal ini untuk menunjukkan keabsahan surat tersebut dan bentuk keseriusan melakukan kuasa akan sesuatu hal pada orang yang diutus.

 

#2 Nama Pembuat Surat Kuasa

Sudah bisa dipastikan, bahwa nama lengkap pembuat surat harus tertera dengan jelas dalam surat agar tidak terjadi kesalahan kedepannya. Nama tertera di dalam isi surat dan di penghujung surat beserta tanda tangan.

 

#3 Identitas Pemberi dan Penerima Surat Kuasa

Selain nama, tentunya data atau identitas si pemberi kuasa harus dibuat juga dengan lengkap dan jelas. Selain itu, tidak hanya identitas pemberi kuasa tetapi juga penerima kuasa.

Ini Dia Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan Terbaru 03 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Agar bisa diketahui juga dengan jelas, bahwa orang tersebut adalah utusan yang ditujukan untuk mewakili pengambilan gaji tersebut. Bisa saja ada juga wakil atau utusan yang juga memanipulasi nama.

 

#4 Informasi Utama

Ini yang terpenting, yaitu informasi utama yaitu mengenai keterangan yang jelas mengenai maksud dan tujuan surat tersebut. Yaitu, kamu memberi kuasa pada orang lain yang sudah diutus untuk melakukan pengambilan gaji tersebut.

 

#5 Tanggal dan Waktu Pembuatan

Setelah itu, hal kecil satu ini juga perlu diperhatikan. Yaitu, pemberian tanggal dan waktu pada saat surat tersebut dibuat. Untuk dijadikan barang bukti jika terjadi manipulasi atau kesalahan, sehingga bisa diketahui kapan surat tersebut beredar.

Ini Dia Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan Terbaru 01 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada 7 Penyebab Keuangan Berantakan Ini, Sebelum Terlambat!]

 

#6 Meterai Sebagai Penanda

Sebuah surat resmi atau surat perjanjian harus menyertakan sebuah meterai pada bagian tanda tangan pembuat surat. Hal tersebut berfungsi untuk menambah muatan hukum, sehingga surat tersebut sudah bisa dikatakan legal dan dapat digunakan.

 

#7 Nama Lengkap dan Tanda Tangan Pemberi Kuasa

Petunjuk terakhir yang juga tak kalah pentingnya adalah nama lengkap dan tanda tangan dari si pembuat surat yang menjadi pemberi kuasa. Sehingga, diketahui dengan jelas nama pemberi kuasa yang membedakan dengan nama utusannya.

Ini Dia Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan Terbaru 00 - Finansialku

[Baca Juga: Simak Sejarah Pos Indonesia Dari Zaman VOC Hingga Sekarang]

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karyawan

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI KARYAWAN

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Renny Anjani

No. KTP          : 32722712187200032

Pekerjaan        : Ahli Analisa SEO

Alamat             : Jl. Gandamanah No. 74, Bogor

 

Melalui surat ini memberikan kuasa penuh untuk mengambil gaji pensiun PNS periode bulan September 2019 di PT Abadi Jaya karena kondisi kesehatan kurang baik, kepada anak saya yang bernama:

Nama              : Sumatri

No KTP           : 32711208109950312

Pekerjaan        : Karyawan Swasta

Alamat             : Jalan Gandamanah No. 74 Bogor

 

Segala risiko beserta hal-hal yang diakibatkan dari pelimpahan wewenang ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun untuk bisa dipergunakan dengan semestinya.

 

Bogor, 5 September 2019

Pemberi Kuasa                                                                             Penerima Kuasa

 

 

Renny Anjani                                                                                  Sumatri

 

GRATISSS Download!!! Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Landing page cara membuat surat resign-03

Download Sekarang

 

Fungsi dan Manfaat Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Contoh surat kuasa ini memiliki satu fungsi utama, yaitu memberikan kuasa pada yang diutus untuk mengambilkan gaji seorang pensiunan.

Karena, pihak keuangan atau pihak bank ataupun pihak-pihak yang berhubungan dengan pengelolaan gaji hanya menginginkan berurusan dengan orang yang bersangkutan langsung.

Ini Dia Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiunan Terbaru 05 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda]

 

Memang sekarang ini pun masih ada perusahaan yang melakukan penggajian karyawan secara manual, itulah manfaatnya contoh surat kuasa pengambilan gaji diwakilkan.

Karena dengan begitu, jika ada kendala sesuatu hal, surat kuasa inilah yang berperan langsung. Tanpa adanya surat ini, tidak ada yang bisa ditunjuk untuk menjadi wakil dalam pengambilan gaji walaupun keluarga sekalipun.

Setelah membuat surat kuasa dengan benar, setelah gaji tersebut kamu dapatkan, kamu harus mengaturnya dengan baik. Jangan sampai uang tersebut menjadi cepat habis dan tidak terkontrol.

Aplikasi Finansialku bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan agar lebih efektif dan efisien. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

 

Setelah membaca artikel di atas, tentunya ada banyak informasi tentang yang kamu dapatkan bukan? Jangan lupa, bagikan info penting ini pada sesama karyawan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Elmi Rahmatika. 9 Desember 2019. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Bagi Karyawan Aktif Dan Pensiunan. 99.co – https://bit.ly/3djhPnw

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 – https://bit.ly/2Yh5EmS
  • Gambar 2 – https://bit.ly/2YVc7D6
  • Gambar 3 – https://bit.ly/3ejWY4x