Memiliki rumah dengan taman minimalis sederhana memang memberikan suasana tersendiri di rumah.  Lalu, bagaimana cara memiliki taman minimalis sederhana di rumah?

Di artikel Finansialku kali ini, Anda akan menemukan berbagai inspirasi taman minimalis yang bisa Anda aplikasikan langsung di rumah Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inspirasi Taman Minimalis

Keberadaan taman di rumah memang dapat memberikan kesan yang lebih fresh di rumah. Namun, dengan area rumah yang terbatas, rasanya agak sulit untuk bisa memiliki taman di rumah.

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat taman minimalis yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa inspirasi taman yang bisa Anda aplikasikan di rumah:

 

#1 Menonjolkan Area Hijau

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Jika Budget Anda Terbatas]

 

Salah satu ciri khas pada sebuah taman adalah adanya warna hijau.

Taman dan tanaman hijau menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Karena itu, yang terpenting dalam memberikan kesan taman adalah dengan menonjolkan warna hijau di area rumah.

Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih. Utamanya adalah bagian rumah yang paling terlihat. Misalnya pada bagian depan rumah. Area ini tidak perlu terlalu luas, yang penting posisinya cukup menonjol.

Akan tetapi, perhatikan supaya tanaman di area hijau Anda tidak menghalangi jalan setapak. Untuk itu, Anda bisa memberikan pembatas. Salah satu caranya dengan menempatkan pot-pot beton yang dibuat tinggi seperti teras.

 

#2 Miniatur Taman yang Mungil

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil 03 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Caranya, Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget]

 

Konsep miniatur taman bisa Anda terapkan di halaman belakang rumah. Bahkan, Anda juga bisa menerapkannya di area rumah yang sangat sempit sekalipun.

Caranya adalah dengan menanam beberapa tanaman hijau dalam satu pot yang sama.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa konsep miniatur taman ini membutuhkan perawatan khusus. Karena itu, pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menjaga taman Anda supaya tetap terawat dan cantik.

Dan pastikan juga Anda menyesuaikan tempat menyimpan tanaman dengan kebutuhan tanaman itu sendiri.

Misalnya, jika Anda memilih tanaman yang butuh banyak cahaya, pastikan Anda mengaplikasikan konsep ini di area yang kaya cahaya.

Namun, jika Anda memilih tanaman yang tidak perlu banyak cahaya seperti tanaman indoor, Anda bisa menerapkan konsep miniatur taman ini di bagian dalam rumah.

 

#3 Konsep Taman Tempat Berteduh

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil 04 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips dan Trik Sukses Cara Dekorasi Rumah Minimalis]

 

Cara lain untuk menerapkan taman yang menyenangkan di rumah adalah dengan memperhatikan nilai estetika dari taman Anda.

Taman yang diatur dengan estetik memiliki nilai tambah tersendiri yang membuatnya jadi terlihat lebih mempesona.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menyediakan ruang di taman Anda untuk berteduh dan bersantai. Adanya area teduh untuk bersantai menjadi salah satu poin penting yang bisa menambah estetika taman kecil Anda.

Selain itu, adanya tempat berteduh dan bersantai juga akan membuat Anda merasa nyaman dan bisa lebih fresh saat pulang ke rumah.

Area ini bisa Anda jadikan tempat berkumpul atau mencari inspirasi. Atau sekedar rehat sejenak setelah pulang kerja atau di akhir pekan.

 

#4 Tanaman Rambat

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil 05 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman]

 

Adanya tanaman rambat menjadi salah satu cara paling sederhana untuk memanfaatkan area rumah yang terbatas.

Tanaman rambat biasanya tidak memerlukan banyak tempat untuk tumbuh. Sehingga, Anda bisa mengaplikasikannya di berbagai tempat.

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan tanaman rambat pada halaman belakang rumah atau satu area kecil rumah yang memiliki dinding.

Atau, Anda juga bisa menciptakan jalur untuk tanaman rambat dengan mengaplikasikan kawat atau kayu di area yang Anda inginkan.

Keberadaan tanaman rambat bisa secara instan mengubah suasana rumah jadi terasa alami dan fresh.

Apalagi, tanaman rambat juga tidak membutuhkan perawatan dan penanganan khusus. Anda yang sibuk sekalipun bisa menggunakan tanaman rambat untuk menciptakan area hijau dan teduh di rumah.

 

#5 Taman Kecil di Pintu Depan

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu]

 

Bagian depan rumah biasanya tidak terlalu banyak diperhatikan oleh banyak orang. Padahal, Anda bisa menciptakan taman kecil yang menarik di bagian ini.

Selain membuat suasana rumah jadi lebih segar, adanya taman di pintu depan juga akan membuat tamu yang datang jadi merasa lebih nyaman.

Anda bisa menggunakan satu area kecil di rumah pada sekitar pintu masuk dan membuat taman kecil. Keberadaan taman kecil ini akan memberikan nuansa segar tersendiri ke dalam rumah.

Selain di pintu depan, Anda juga bisa menerapkan konsep yang sama untuk ruang keluarga. Dengan adanya taman kecil seperti ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk menikmati suasana rumah.

Penasaran dengan 5 inspirasi taman minimalis lainnya? Pantengin terus website finansialku ya untuk lanjutan part 2 nya!

 

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk memiliki taman minimalis sederhana di rumah?

Anda bisa mencoba untuk menerapkan salah satu konsep taman minimalis di artikel ini yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah Anda. Selamat berkreasi!

 

Sumber Referensi:

  • Dyah Swastantika. 7 Mei 2018. 22 Desain Taman Kecil Untuk Lahan Terbatas. Homify.co.id – http://bit.ly/35b3PYT

 

Sumber Gambar:

  • Taman Minimalis 1 – http://bit.ly/37qTiKF
  • Taman Minimalis 2 – http://bit.ly/37jj3fR
  • Taman Minimalis 3 – http://bit.ly/36arlqj
  • Taman Minimalis 4 – http://bit.ly/2ZAQV5a
  • Taman Minimalis 5 – http://bit.ly/37nODcq
  • Taman Minimalis 6 – http://bit.ly/2QAr7BU