Seringkali bertanya-tanya seperti apa sih tanda akan melahirkan. Bagi moms yang baru pertama kali hamil, pasti gugup.

Bagaimana bisa tahu kalau waktu melahirkan sudah dekat? Jangan khawatir! Berikut ini beberapa tanda akan melahirkan sudah dekat. Yuk, simak, moms!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tanda Akan Melahirkan yang Wajib Diketahui Bumil

Moms, ketahui yuk apa saja tanda-tanda bumil melahirkan. Simak berikut ini.

 

#1 Posisi Janin Turun Ke Panggul

Salah satu tanda waktu melahirkan sudah dekat ialah berubahnya posisi janin. Asalnya, posisi kepala berada di atas dan kaki di bawah. Namun, sekitar 1-4 minggu menjelang persalinan, posisinya menjadi terbalik.

Kepala berada di bawah, sedangkan kaki berada di atas. Hal ini berarti sang bayi sedang mengatur tubuhnya untuk siap ke lahir.

 

#2 Leher Rahim Terbuka

Leher rahim (serviks) juga mulai mempersiapkan kelahiran. Ini ditandai dengan leher rahim yang mulai melebar.

Pelebaran leher rahim ini berkembang dengan sangat lambat. Namun, ketika semakin dekat ke waktu kelahiran, pelebarannya berlangsung cepat. Juga, diikuti dengan munculnya kontraksi yang teratur.

Bumil, Ketahui 10 Tanda Akan Melahirkan Si Buah Hati 02

[Baca Juga: Jika Moms Positif Hamil Muda, Maka Ayah Siap-siap Biaya Ini]

 

Proses pembukaan leher rahim ini diukur dengan skala sentimeter atau dengan memasukkan jari. Jika 10 jari sudah dapat dimasukkan, berarti Anda sudah memasuki tanda akan melahirkan. 

 

#3 Kram dan Nyeri Punggung yang Semakin Parah

Kram dan nyeri punggung akan semakin menjadi menjelang persalinan. Nyeri yang dialami mirip seperti ketika menstruasi namun lebih parah.

Namun, ini adalah hal yang wajar. Pasalnya, otot dan sendi tubuh Anda sedang meregang dan bergeser. Jadi, jangan khawatir ya, moms.

 

#4 Diare

Apa moms sering bolak-balik ke toilet karena diare? Ini merupakan salah satu tanda menjelang melahirkan. Otot-otot di rektum mengalami rileksasi.

Akibatnya, buang air besar menjadi lebih sering. Ini kondisi normal, sehingga moms tak usah khawatir. Sering-sering minum air putih ya.

 

#5 Perubahan Energi

Semakin hari, perus moms semakin membesar. Di malam hari, moms jadi serba salah. Pasalnya, susah sekali mendapat posisi tidur yang nyaman. Kadang juga sering terbangun di malam hari karena ingin ke toilet atau merasa gerah.

Hal tersebut membuat moms jadi sulit tidur. Nah, hal inilah yang menyebabkan moms lebih ingin berbaring di tempat tidur di siang harinya. Bawaannya mengantuk terus. Namun, ada juga yang justru mendapatkan energi berlebih.

Bumil, Ketahui 10 Tanda Akan Melahirkan Si Buah Hati 03

[Baca Juga: Hamil Muda: Anak Laki-Laki, Perempuan, atau Kosong]

 

Moms jadi semangat melakukan berbagai persiapan untuk menyambut si kecil. Ada keinginan kuat untuk membersihkan dan merapikan segalanya.

 

#6 Berat Badan Tidak Menjadi Stabil

Berat tubuh moms akan menjadi stabil menjelang melahirkan. Padahal, ketika di awal kehamilan, berat badan cenderung naik. Hal ini normal, moms. Pasalnya, kadar cairan ketuban menjadi lebih rendah lantaran sering buang air kecil.

 

#7 Keluar Lendir Seperti Keputihan

Peningkatan cairan vagina sering dialami ibu hamil menjelang melahirkan. Tandanya, vagina akan mengeluarkan lendir mirip keputihan.

Selama hamil, ada semacam sumbat tebal berupa lendir yang melindungi pembukaan serviks. Hal ini berfungsi melindungi rahim dari bakteri.


Nah, Menjelang persalinan, leher rahim mulai membuka. Akibatnya, sumbatan alami tersebut dikeluarkan.

Jika lendir moms ternyata berwarna kemerahan seperti pendarahan, kemungkinan ada masalah pada kehamilan Anda, moms. Jadi segeralah ke dokter jika hal ini terjadi.

 

#8 Sendi Terasa Lebih Longgar

Hormon relaxin telah membuat ligamen menjadi lembut dan longgar. Hal ini menyebabkan sendi di sekujur tubuh moms terasa lebih longgar. Ini adalah cara alami tubuh untuk mempersiapkan persalinan. Jadi, jangan khawatir ya, moms.

 

#9 Kontraksi dengan Pola Kuat dan Teratur

Tanda yang paling utama adalah moms akan merasakan kontraksi. Awalnya, pola kontraksinya tak beraturan dan muncul jarang-jarang. Namun, ini bukanlah tanda-tanda melahirkan yang sebenarnya alias kontraksi palsu.

Kontraksi yang sebenarnya justru membuat moms tak nyaman.

Bumil, Ketahui 10 Tanda Akan Melahirkan Si Buah Hati 04

[Baca Juga: 8 Cara Cepat Hamil yang Alami dan Sehat, BUKTIKAN SENDIRI!]

 

Sakit punggung dan perut bagian bawah mulai terasa. Belum lagi tekanan di daerah panggul. Pola nya pun kuat dan teratur. Dalam posisi apapun, kontraksi yang sebenarnya akan tetap terasa. Jika ini terjadi, segeralah mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

#10 Air Ketuban Pecah

Kantong ketuban merupakan selaput pembungkus cairan yang berfungsi sebagai pelindung janin selama berada di dalam kandungan.

Tanda melahirkan yang pasti adalah pecahnya air ketuban. Biasanya terjadi beberapa jam sebelum persalinan.

Air ketuban keluar seperti tetesan dan tidak keluar dalam bentuk semburan dalam jumlah banyak.

Waspadai 10 Tanda-Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

[Baca Juga: Keuangan untuk Ibu Hamil, 5 Pos Keuangan Ini Harus Disiapkan Supaya Tidak Perlu Utang ]

 

Keluarnya air ketuban tidak dapat ditahan, berbeda dengan urin.

Begitu ketuban pecah, bayi tak lagi dikelilingi bantalan pelindung. Hal ini membuatnya jadi lebih rentan terkena infeksi. Karena hal inilah, dokter atau bidan segera membantu mengeluarkan bayi setelah pecah ketuban.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Bersiap Untuk Menyambut Si Kecil

Untuk kelahiran, bumil wajib mempersiapkan beberapa hal. Misalnya saja kantong yang berisi perlengkapan dan peralatan moms selama di rumah sakit atau bidan.

Jadi, ketika tanda melahirkan sudah terasa, moms bisa bersiap untuk pergi ke dokter. Moms tak perlu lagi bingung mencari-cari hal-hal yang perlu dibawa.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana persalinan, ya. Sebelumnya, moms bisa berkonsultasi masalah finansial dengan penasihat keuangan Finansialku lewat aplikasi pengelola keuangan, Finansialku. Moms bisa mengunduhnya di sini.

 

Itu dia tanda-tanda bumil akan melahirkan. Jangan sampai salah menerjemahkan tanda-tandanya ya. Akan lebih baik jika Anda share artikel ini pada bumil yang sedang menanti kelahiran si buah hati.

 

Sumber Referensi:

  • Karinta Ariani Setiaputri. 16 Januari 2020. 10 Tanda-Tanda yang Muncul Ketika Anda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat. Hellosehat.com –  https://bit.ly/38zulgt

 

Sumber Gambar:

  • Bumil 01 – https://bit.ly/2voiC67
  • Bumil 02 – https://bit.ly/31eknPr
  • Bumil 03 – https://bit.ly/37EKSzJ
  • Bumil 04 – https://bit.ly/2GA2Xmx
  • Bumil 05 – https://bit.ly/38LIYN