Sudah punya rencana untuk tempat liburan natal nanti? Menikmati liburan natal bersama orang terkasih memang menjadi impian banyak orang.

Apalagi jika momen natal kali ini dilewatkan di tempat yang berkesan, dijamin perayaan natal kali ini akan menjadi perayaan yang tidak terlupakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Liburan Natal

Merasakan natal dengan suasana yang berbeda tentu saja akan menyenangkan. Apalagi jika Anda bisa menikmati liburan natal kali ini di luar negeri.

Jika Eropa atau Amerika masih terasa terlalu mahal atau tabungan Anda masih tidak cukup untuk pergi kesana, ada banyak destinasi liburan natal favorit lain yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan liburan natal kali ini.

Selain tempat yang menarik, memilih destinasi wisata juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Pertama-tama Anda perlu tahu berapa nominal yang Anda perlukan untuk mewujudkan liburan impian Anda.

Hadiah Natal 2018 02 Natal 2 - Finansialku

[Baca Juga: Minim Budget? Lakukan Tips Liburan Gak Over Budget Supaya Liburanmu Tetap Menyenangkan]

 

Setelah itu, tentukan kapan Anda ingin liburan ke tempat tersebut, dan cari tahu berapa jumlah dana yang harus Anda alokasikan atau tabung sekarang agar dana yang dibutuhkan bisa tercukupi.

Jangan lupa untuk mencari tahu berapa tingkat kenaikan harga yang mungkin terjadi.

Hal ini akan membantu Anda menentukan bagaimana cara yang paling efektif untuk mengumpulkan dana liburan, agar kenaikan harga masih dapat Anda kejar.

Jika Anda merasa bingung untuk menentukan hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan fitur dana liburan yang ada di Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda menghitung jumlah uang yang harus Anda simpan setiap bulannya.

Anda bisa download Aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Berikut cara menggunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana liburan Anda.

Pertama-tama pilih menu Rencana Keuangan kemudian pilih tanda +. Setelah itu pilihlah menu Dana Liburan. Maka Anda akan diminta untuk mengisi kolom-kolom yang dibutuhkan.

Misalkan dalam jangka waktu 1 bulan lagi Anda akan liburan ke Singapura selama 5 hari dengan biaya tiket pesawat Rp2.000.000, biaya penginapan selama 5 hari Rp3.000.000, dan biaya makan selama 5 hari Rp2.000.000.

Hadiah Natal 2018 11 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Kemudian dana yang sudah Anda miliki saat ini sebesar Rp2.000.000, sementara perkiraan kenaikan dana adalah 10% per tahun dan estimasi hasil investasi adalah 12% per tahun.

Hadiah Natal 2018 12 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah semua data yang dibutuhkan terisi, maka Anda bisa menekan tanda Hitung. Maka akan muncul hasil perhitungan dimana Anda memerlukan dana sebesar Rp5.038.333 untuk memenuhi anggaran liburan Anda.

Hadiah Natal 2018 13 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Destinasi atau Tempat Liburan Natal Terbaik di Asia

Bicara tentang liburan natal, mungkin Anda adalah salah satu dari banyak orang yang menganggap bahwa Amerika dan negara-negara Eropa adalah destinasi liburan natal terbaik yang ada di dunia.

Sayangnya, untuk bisa berkunjung ke Amerika dan negara-negara Eropa, Anda membutuhkan dana perjalanan yang dapat dikatakan tidak murah.

Apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Bagi Anda yang belum bisa mendatangi Amerika dan negara-negara di Eropa, berikut ini adalah enam destinasi natal terbaik di Asia yang bisa Anda datangi.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

#1 Singapura

Coba lalui natal kali ini dengan menikmati Christmas Wonderland di Gardens by the Bay, yang dilengkapi dengan tata lampu megah, wahana es dan juga salju buatan yang memukau dan akan membuat natal Anda semakin berkesan.

Melewati natal di Singapura juga sangat cocok jika Anda menikmati liburan natal kali ini bersama dengan keluarga.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Di Universal Studio, Anda atau anak juga dapat mengambil foto bersama berbagai tokoh kartun kesayangan, seperti karakter dari Sesame Street, Madagascar, dan Minion

Dan jika Anda berkunjung bersama pasangan atau orang terkasih, Anda bisa menikmati Premiun Sky Dining yang berada di ketinggian 165 meter. Christmas Eve Dinner Anda akan menjadi kenangan romantis yang tidak terlupakan.

Hadiah Natal 2018 03 Singapura - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

 

#2 Filipina

Mau mencoba melewatkan natal ditemani dengan udara dingin di Asia? Memang tak banyak tempat dengan udara dingin yang ada di Asia. Tapi, Anda bisa mencoba datang ke Baguio, Filipina.

Baguio merupakan salah satu daerah paling dingin yang ada di Filipina, dan disebut sebagai desa natal. Datang ke tempat ini pada hari natal akan memberikan Anda atmosfer natal yang sangat kuat.

Bukan hanya dari udara dinginnya saja, sepanjang Desember desa ini akan penuh dengan hiasan lampu neon yang terang, lantunan lagu natal dari anak-anak, dan berbagai dekorasi mewah yang akan membuat Anda merasakan semangat natal.

Hadiah Natal 2018 04 Filipina - Finansialku

[Baca Juga: Ketje! 8 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun 2018 di Asia Tenggara]

 

#3 Hong Kong

Sudah pernah merasakan perayaan natal di Hong Kong? Kalau belum, mungkin tahun ini akan jadi kesempatan Anda untuk menikmati natal di Hong Kong dan melihat pohon natal yang menjulang tinggi disana.

Setiap tahunnya, di Hong Kong selalu ada sebuah pohon natal ikonik dan indah menjulang di kota ini. Lengkap dengan dekorasi spektakuler yang membuat suasana natal akan lebih terasa.

Jika Anda memutuskan untuk melewatkan liburan natal di Hong Kong, jangan lupa untuk mengunjungi The Statue Square Christmas dan berfoto di sana.

 

Jangan lewatkan juga kesempatan melihat Hongkong Pulse 3D Light Show yang memukau.

Hongkong juga merupakan destinasi wisata yang cocok Anda kunjungi selama liburan natal.

Ada banyak tempat hiburan yang menyajikan atraksi spesial natal selama liburan, misalnya saja Hong Kong Disneyland, Ocean Park, dan Noah’s Ark.

Hadiah Natal 2018 05 Hongkong - Finansialku

[Baca Juga: 30 Tempat Wisata di Hong Kong yang Seru, Asik dan Bagus di Media Sosial (Part 1)]

 

#4 Jepang

Jepang juga merupakan negara yang tidak kalah meriah menyambut natal. Pusat kota Tokyo di malam natal akan penuh dengan berbagai dekorasi natal yang meriah dan memanjakan mata Anda.

Berbagai lampu dipasang dan membuat jalan-jalan di Tokyo jadi terlihat gemerlap dan indah.

Tidak hanya itu saja, warga kota Tokyo juga terbiasa merayakan natal dengan meriah. Biasanya mereka akan melewatkan natal dengan memasak ayam goreng dan menikmati kue tart dengan stroberi.

 

Selanjutnya Anda juga bisa merasakan asyiknya bermain salju dengan berkunjung ke Nagano. Salah satu lokasi di Jepang yang pernah menjadi tuan rumah Winter Olympic Games.

Setelah puas bermain ski atau snowboarding di Shika Kogen, Anda dapat menghangatkan diri sambil bersantai di Shibu Onsen dengan berendam di pemandian air panasnya.

Hadiah Natal 2018 06 Jepang - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Terlewat! Ayo Siapkan Budget Travel untuk Olimpiade 2020 Jepang]

 

#5 Korea Selatan

Natal di Korea Selatan akan memberikan Anda pengalaman yang menarik karena cukup berbeda dengan natal di negara-negara Eropa.

Korea Selatan mengakui natal sebagai hari libur nasional dan dirayakan selama satu bulan penuh.

Masyarakat Korea Selatan menjadikan hari natal bukan hanya sebagai pesta keagamaan bagi umat kristiani, tapi juga sebagai waktu menikmati kebersamaan bersama pasangan.

Orang Korea Selatan terbiasa bertukar kado natal dengan orang-orang terdekat mereka pada hari natal dan juga mendekorasi pohon natal.

Anak-anak di Korea Selatan juga akan bernyanyi lagu-lagu natal dan bermain dengan Santa Claus. Akan tetapi, mereka memiliki Santa Claus versi mereka sendiri yang disebut dengan Santa Haraboji.

Hadiah Natal 2018 07 Korea - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan Ke Korea Selatan? Yuk Cek Dulu Dana Perjalanan (Plus Info Liburan Murah dan Wisata Gratis)]

 

#6 Yordania

Meskipun termasuk sebagai negara Arab, Yordania ternyata juga layak Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan natal.

Warga beragama Muslim dan Kristen di Yordania hidup berdampingan dengan akur. Bahkan, selama natal akan ada festival dengan dekorasi pohon natal besar di kota Fuheis.

Ingin mencoba natal di negara Timur Tengah? Yordania bisa Anda jadikan pilihan.

Hadiah Natal 2018 08 Yordania - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat]

 

#7 Vietnam

Tidak terlalu jauh dari Indonesia, Vietnam juga bisa Anda jadikan sebagai tujuan liburan natal Anda nanti. Anda yang ingin mencoba suasana natal yang agak berbeda dan cukup tenang bisa berkunjung ke Sapa.

Sapa berada di daerah dataran tinggi dengan cuaca yang sejuk dan pemandangan alam yang mempesona.

Jika Anda bosan bersantai, Anda bisa mencoba trekking di Cat Cat Village Trek. Jangan lupa juga untuk mencoba kuliner Vietnam yang rasanya luar biasa enak.

Hadiah Natal 2018 09 Vietnam - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan ke Vietnam? Yuk Berangkat! Ketahui Wisata Vietnam dan Biayanya]

 

#8 Malaysia

Kalau budget Anda terbatas, tapi tetap ingin menikmati liburan natal ke luar negeri, Malaysia bisa jadi pilihan.

Datanglah ke Langkawi, Malaysia, maka Anda akan dimanjakan dengan suasana malam natal yang indah dan tenang.

Begitu pagi menjelang, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di sini. Mulai dari berkuda, diving, snorkeling, skydiving, atau hanya bersantai dengan berjalan-jalan sore sambil menikmati pemandangan alam.

Hadiah Natal 2018 10a Malaysia - Finansialku

[Baca Juga: 35 Tempat Wisata di Malaysia yang Asik Buat Liburan dan Bagus Buat di Instagram]

 

Negara Mana yang Menjadi Tujuan Anda untuk Liburan Natal?

Itulah beberapa negara yang bisa Anda kunjungi pada saat natal nanti.  Jangan lupa untuk mempersiapkan budget Anda sebaik mungkin.

Ketika budget liburan Anda sudah direncanakan dengan baik, maka Anda siap berlibur dengan nyaman dan tenang, karena Anda sudah mempersiapkan segalanya terlebih lagi dana cadangan bila terjadi hal-hal darurat yang tidak terduga.

 

Jadi, negara mana yang Anda pilih untuk menghabiskan liburan natal? Tuliskan pendapat dan pertanyaan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Desember 2016. Enam Destinasi Terbaik di Asia Untuk Liburan Natal Berkesan. Netz.id – https://goo.gl/GNmURf
  • Admin. 28 November 2016. 7 Destinasi Terbaik di Asia untuk Menghabiskan Libur Natal. Skyscanner.co.id – https://goo.gl/36f5y5

 

Sumber Gambar:

  • Natal 1 – https://goo.gl/JBqV8g
  • Natal 2 – https://goo.gl/NrEMzD
  • Singapura – https://goo.gl/k3g44G
  • Filipina – https://goo.gl/G3h2vg
  • Hongkong – https://goo.gl/586kkG
  • Jepang – https://goo.gl/EkLTor
  • Korea Selatan – https://goo.gl/JT3PsY
  • Yordania – https://goo.gl/oKEMJk
  • Vietnam – https://goo.gl/fC1R1u
  • Malaysia – https://goo.gl/Xow7kR