Sebentar lagi harbolnas 11.11 segera tiba, kamu HARUS tahu tips belanja 11.11 hemat ini di Festival Belanja Online.

Sudahkah kamu membuat list-list barang apa saja yang akan dibeli? Jangan sampai kalap ya.

Agar bisa belanja sesuai dengan kebutuhan dan yang paling penting bisa menghemat keuangan, yuk simak beberapa tips di bawah ini.

Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Harbolnas 11.11: Single Day

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional telah berlangsung mulai September hingga Desember dan jatuh pada tanggal-tanggal cantik seperti 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12.

Pesta belanja ini tentu telah dinanti-nanti karena memberikan kesempatan berbelanja aneka kebutuhan dan barang impian dengan harga murah.

Bulan ini, lebih tepatnya pada 11 November akan digelar pesta belanja online dengan nama pesta belanja online Single Day.

Ada yang menarik dari nama Single Day ini, kenapa 11 November diperingati sebagai Single Day, karena tanggal ini menjadi perayaan bagi mereka yang lajang di China oleh sekelompok mahasiswa jomblo.

Dimulai dari para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing China yang memulai tradisi perayaan hari jomblo pada tanggal 11 November di era 1990-an.

(Harbolnas 11.11) Tips Belanja 11.11 Hemat di Festival Belanja Online 02 Single Day - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

 

Kemudian di tahun 2009, marketplace raksasa Alibaba berhasil menyulap Singles Day menjadi parade belanja online penuh diskon.

Pada akhirnya, perayaan pesta belanja online Singles Day rutin digelar tiap tahunnya tidak hanya di China, namun di berbagai Negara, termasuk Malaysia dan Singapura juga ikut ramai dalam merayakan pesta belanja online Singles Day saat 11 November.

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang aktif dalam menyelenggarakan pesta diskon.

Jangan sampai momen ini dijadikan oleh kamu untuk boros dan konsumtif ya.. Untuk itu, kamu perlu membaca ebook GRATIS Finansialku berikut ini:

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Tips Belanja 11.11 di Festival Belanja Online

Saat pesta belanja online khususnya pada 11.11 yang akan digelar sebentar lagi, para pelaku e-commerce akan berlomba-lomba untuk memberikan diskon besar-besaran untuk penggemar belanja online.

Agar tetap bijak dalam berbelanja, Finansialku akan memberikan beberapa tips penting untuk dapat memaksimalkan budget dan sukses dalam berburu diskon di pesta belanja online khususnya pada pesta belanja 11.11 mendatang.

 

#1 Tetapkan Anggaran Belanja

Sebelum tanggal 11 November, tetapkan budget yang akan dialokasikan untuk berbelanja. Hal ini bisa membantu kamu agar tidak kalap saat melihat berbagai label diskon.

Dengan menetapkan budget, ini dapat menghindari pengeluaran yang berlebihan saat pesta belanja online. Sayang juga kan kalau keburu kalap, tapi akhirnya barang yang dibeli tidak terpakai.

Polling Sudah Tahu Apa Alasan Membuat Anggaran Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perlu Ditiru! Ini Dia Cara Bebas dari Godaan Belanja Online yang Bikin Kamu Bangkrut!]

 

Bagaimana cara membuat anggaran? Pakai saja Aplikasi Finansialku dan ikuti penjelasan di video berikut:

 

#2 Perhatikan Situs-Situs di 11.11

Sebelum gelaran pesta belanja online 11.11 berlangsung, ada baiknya untuk mencari tahu tentang ritel-ritel yang ikut berpartisipasi serta penawaran yang akan diberikan.

Cek situs resmi marketplace favoritmu secara berkala, karena peritel memberikan diskon besar-besaran demi memeriahkan singles day dengan jadwal yang berbeda.

Ini akan memudahkan kamu dalam menyeleksi toko online yang menawarkan promo sesuai dengan kebutuhan.

 

#3 Ikuti Program Flash Sale

Flash sale merupakan sebuah program dimana produk tertentu akan ditawarkan dengan harga yang super murah namun dengan jumlah terbatas.

Ditambah lagi produk yang ditawarkan merupakan barang-barang yang sering menjadi incaran para pemburu diskon. Ketepatan waktu merupakan salah satu kunci sukses dalam berburu produk flash sale saat pesta belanja 11.11.

Maka dari itu, catat jadwal flash sale yang dirilis oleh toko online melalui situ resmi atau email newsletter.

Agar lebih mudah, gunakan fitur notifikasi pengingat atau reminder agar kamu tetap siaga sebelum flash sale dimulai.

 

#4 Manfaatkan Kode Promo atau Cashback

Ada cara lain untuk membantumu untuk semakin hemat saat pesta belanja online 11.11. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan kode promo atau cashback yang dapat digabungkan.

Gunakan situs berhemat untuk berburu kode promo yang dapat diaplikasikan pada saat check out, dimana kamu akan mendapatkan potongan langsung pada total belanja atau cashback setelah transaksi selesai.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 03 Discount 2- Finansialku

[Baca Juga: Selain Kartu Kredit, Ini Alat Bayar untuk Belanja Online yang Aman Digunakan]

 

Biasanya situs berhemat memberikan kode kupon dengan jangka waktu tertentu, oleh karena itu kode kupon harus diaplikasikan sebelum masa waktunya berakhir.

Berikut adalah beberapa situs berhemat yang menyediakan kode kupon dan cashback diantaranya adalah CupoNation, Diskon Hunter, dan Shopback.

 

#5 Gunakan Situs Pembanding Harga

Setiap toko online cenderung menawarkan produk yang sama dengan harga yang berbeda.

Situs pembanding harga seperti Pricearea dan Priceza dapat menampilkan urutan harga barang dari yang termurah hingga termahal yang dijual pada situs-situs toko online di Indonesia.

Ini akan membantumu untuk lebih cermat dalam memilih toko online yang menawarkan barang incaran dengan harga termurah.

 

#6 Menambahkan Barang Incaran Ke Dalam Daftar Wishlist

Meski banyak produk dengan potongan harga menarik yang ditawarkan pada saat pesta belanja online 11.11, namun jumlah online shopper yang berburu juga tidak sedikit.

Dengan memasukkan barang-barang incaranmu dalam daftar wishlist, ini akan membantu kamu terhindar dari kehabisan stok atau waktu diskon yang terbatas.

Supaya Tidak Belanja Impulsif 05 Promosi 5 - Finansialku

[Baca Juga: TTS: Buktikan Kalau Anda Online Shopper Sejati! Ketahui Kamus Belanja Online Sekarang]

 

Hal ini juga mempermudah proses belanja terutama jika produk yang diinginkan sedang out stock, kamu akan menerima notifikasi dari ritel jika produk sudah di restock kembali sebelum pesta belanja online 11.11 berakhir.

 

#7 Simpan Bukti Pembayaran

Mengingat besarnya atensi masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online 11.11, maka tidak heran jika jumlah transaksi akan meningkat tajam dibanding hari-hari biasa.

Selalu simpan salinan pesanan dan bukti transaksi yang dilakukan sampai kamu menerima barang yang telah dipesan. Ini akan melindungimu dari hal-hal yang tidak diinginkan jika ada masalah dengan proses pemesanan.

Kamu juga perlu memiliki catatan keuangan. Tujuannya sederhana, supaya kamu tahu kondisi keuangan kamu yang paling update.

Mencatat pengeluaran bukanlah hal mudah untuk sebagian besar orang Indonesia. Tapi kamu perlu memiliki catatan keuangan (simpel kok, tidak lebih dari 30 detik):

 

Mau Dapat Barang Murah?

Nah itu dia beberapa tips belanja 11.11 yang harus kamu perhatikan pada saat pesta belanja online.

Kalau kamu sudah melakukan tips-tips di atas ini, pasti kamu akan mendapatkan harga termurah untuk barang incaranmu.

Jangan lupa untuk menyiapkan kuota internet ya saat 11.11 nanti!

 

Ayo jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman dan kerabat Anda agar mengikuti tips belanja 11.11 seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya. 

Semoga bermanfaat. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Agung Pratnyawan. 1 November 2019. Sambut 11.11, Ini 6 Tips Pesta Belanja Online Singles Day. Suara.com – https://bit.ly/2NrQ1nj
  • Nafis Abdulhakim. 4 November 2019. Tips Aman Berburu Diskon Pesta Belanja Online 11.11. Bisa Dapat Cashback Menggiurkan. Tribunnews.com – https://bit.ly/2PTrU2j

 

Sumber Gambar:

  • Tips Belanja 11.11 – https://bit.ly/36GZfU8
  • Tips Belanja 11.11 Single Day – https://bit.ly/33pKnYe