Bagaimana cara agar dapat asuransi premi mudah dan bagus? Tentunya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan calon peserta. 

Finansialku telah merangkum informasinya, yuk simak artikel berikut sampai habis.

 

Summary

  • Mengetahui tentang asuransi yang memberikan premi murah dengan klaim mudah, bagus dalam pelayanan serta manfaat yang akan diberikan.
  • Mengetahui apa saja yang harus kita lakukan untuk mendapatkan asuransi sesuai dengan kebutuhan.

 

Tips Dapat Asuransi Premi Mudah dan Bagus 

Sebelum Anda membeli asuransi, Anda harus paham terlebih dahulu tentang produk yang ditawarkan.

Banyak orang yang hanya ikut-ikutan membeli asuransi tanpa mengerti dengan jelas tentang manfaat serta perlindungan yang akan didapat.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui tentang asuransi yang memberikan premi murah dengan klaim mudah serta bagus dalam pelayanan dan manfaat yang akan diberikan.

Hal ini untuk menghindari risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti klaim yang terlalu lama, atau premi tinggi.

 

#1 Memilih Perusahaan Asuransi Dengan Reputasi Baik

Agar mendapatkan asuransi premi murah, mudah dan bagus Anda harus mengetahui tentang reputasi perusahaan. Banyak perusahaan dengan reputasi baik dan buruk.

Cara mengetahui reputasi suatu perusahaan Anda harus mengetahui tentang rekam jejak serta sepak terjangnya perusahaan.

Anda juga harus memperhatikan lisensi yang dimiliki suatu perusahaan asuransi. Agen berlisensi merupakan agen resmi yang terdaftar serta diawasi oleh pemerintah.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi nantinya. Dengan mengumpulkan informasi dari media digital ataupun surat kabar tentang klaim beberapa nasabah yang telah membeli.

Jangan segan untuk bertanya kepada teman, apabila ada banyak keluhan maka Anda perlu mempertimbangkan.

Anda juga bisa mengikuti tips yang tersaji dalam video berikut ini.

 

#2 Memiliki RBC di Atas 120%

Perusahaan yang bagus akan memiliki RBC (Risk Based Capital) di atas 120%. RBC merupakan suatu persentase penunjuk kesehatan keuangan suatu perusahaan asuransi.

Apabila rasio RBC semakin besar, maka semakin sehat kondisi finansialnya. Penting juga untuk mengetahui ini agar tidak terjadi kerugian terhadap nasabah nantinya.

Rasio ini juga bermanfaat untuk mengetahui apakah perusahaan mampu memenuhi janji pembayaran serta klaim yang mudah saat Anda perlukan nanti.

Cara mengeceknya, Anda dapat melihat lewat internet atau situs resmi perusahaan terkait.

[Baca Juga: Polis Asuransi Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya]

 

#3 Cari Penawaran Premi Terjangkau

Agar mendapatkan asuransi premi mudah dan bagus Anda juga harus mencari perusahaan asuransi yang memberikan penawaran premi terjangkau. Anda bisa  membandingkan premi setiap perusahaan asuransi.

Setiap perusahaan memberi penawaran premi yang berbeda. Premi mahal tidak menjamin perusahaan tersebut memiliki kualitas bagus dan begitu juga sebaliknya.

Dengan demikian Anda dapat membandingkan produk sejenis dari beberapa perusahaan. Perhitungkan dengan kebutuhan Anda agar tidak merugikan diri sendiri.

Sedikit berbagi kisah, salah satu klien Finansialku, sebut saja Mbak Miranda, memiliki kendala soal asuransi karena ia membeli beberapa asuransi yang ia sendiri belum tahu tujuannya untuk apa.

Alhasil, tagihannya melebihi jumlah ideal yang seharusnya disisihkan untuk asuransi. Ingin tahu bagaimana Mbak Miranda menghadapi kendalanya ini? Anda bisa cek cerita lengkapnya berikut ini.

 

Jika Anda memiliki kendala yang sama seperti cerita di atas, tak usah ragu untuk mengikuti langkah Mbak Miranda dengan diskusi bersama perencana keuangan Finansialku.

Anda bisa menghubungi perencana keuangan Finansialku di aplikasi Finansialku atau WhatsApp.

 

#4 Pilih Perusahaan yang Memiliki Banyak Teman Berkualitas

Setiap perusahaan pasti memiliki rekan berkualitas, semakin banyak relasi maka akan bertambah mudah nasabah mengakses layanan yang diperlukan.

Hal ini memang sangat krusial apalagi untuk nasabah asuransi kesehatan yang membutuhkan penanganan medis cepat.

 

#5 Mempelajari Sistem Asuransi

Perlunya mempelajari sistem asuransi yang Anda beli, agar dapat memanfaatkan asuransi semaksimal mungkin terutama asuransi yang akan Anda klaim.

Klaim asuransi ada dua jenis yakni reimburse  dan cashless. Anda bisa mengetahui detail keduanya, mulai dari keuntungan dan kekurangannya dalam artikel ini: Rugi Kalau Nggak Punya! Gini Konsep Asuransi Kesehatan.

 

#6  Menghindari Asuransi yang Menawarkan Cash Plan

Tips berikutnya adalah, Anda harus menghindari penawaran cash plan. Cash plan merupakan penawaran yang menghitung berdasarkan seberapa lama rawat inap tanpa memperhatikan tagihan lain. 

Misalnya, Anda rawat inap selama 3 hari dengan biaya  kamar sebesar Rp 500 ribu, maka pihak asuransi hanya akan membayar total tagihan selama 3 hari. Sedangkan untuk obat dan lainnya pihak perusahaan asuransi tidak ikut andil. 

Maka dari itu, apabila ada penawaran seperti itu Anda perlu menghindarinya. Pilih asuransi yang memperhitungkan semua tanggungan biaya untuk setiap plafon agar terhindar dari pembengkakan biaya.

[Baca Juga: Jenis-jenis Risiko yang Ditanggung Oleh Perusahaan Asuransi]

 

#7 Memilih Asuransi Murni

Sering Anda mendengar tentang asuransi murni serta asuransi unit link. Perbedaannya asuransi link menawarkan tidak hanya kesehatan saja melainkan investasi juga.

Hal ini mengakibatkan harga premi asuransi unit link lebih mahal dan manfaat yang ditawarkan juga tidak lebih banyak daripada asuransi murni. Ini dikarenakan dana yang Anda bayarkan digunakan juga untuk investasi.

Apabila Anda sudah memiliki instrumen investasi sendiri, emas atau reksadana pilih asuransi murni agar manfaatnya lebih optimal. Dengan demikian, Anda terhindar dari pemborosan.

Dalam memilih asuransi yang Anda perlukan, Anda bisa menggunakan konsep Value Protection, yaitu membeli asuransi sesuai kebutuhan dan budget.

Dalam konsep ini, terdapat beberapa prinsip yang harus Anda jaga. Apa saja? Anda bisa temukan jawaban lengkapnya dalam ebook gratis berikut ini.

Banner Iklan Ebook Dapat Asuransi Sesuai Kebutuhan dan Budget (Beli Produk Asuransi) Web
Banner Iklan Ebook Dapat Asuransi Sesuai Kebutuhan dan Budget (Beli Produk Asuransi) HP

 

Tips Memilih Asuransi yang Sesuai

Robby Christy CFP QWP AEPP AWP, salah satu perencana keuangan dari Finansialku memberikan beberapa poin memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu:

 

#1 Lakukan Financial Check Up

Hal ini perlu dilakukan agar Anda tahu kondisi keuanganmu secara keseluruhan, sehingga bisa memilih produk asuransi yang sesuai, tidak terlalu mahal pun tidak terlalu murah.

Tak usah bingung memikirkan bagaimana melakukan financial check up, karena Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk mengetahui kondisi keuangan Anda. 

Banner Iklan FCU - HP
Banner Iklan FCU - PC

 

#2 Sisihkan Maksimal 10%

Jika bingung menentukan berapa dana yang harus disiapkan untuk asuransi, Anda bisa menggunakan patokan dengan menyisihkan maksimal 10% dari pemasukan Anda.

Misalnya, jika jumlah pemasukan Anda adalah Rp 10 juta, maka dana yang harus Anda sisihkan untuk asuransi adalah Rp 1 juta.

[Baca Juga: Perlukah Memiliki BPJS Kesehatan Jika Sudah Memiliki Asuransi Swasta?]

 

#3 Hitung Kebutuhan Ideal

Masih berkaitan dengan poin kedua, Anda juga dianjurkan untuk menghitung kebutuhan proteksi ideal asuransi, baik itu asuransi jiwa, kesehatan, atau pun penyakit kritis.

Anda tidak perlu memaksakan untuk memiliki ketiganya sekaligus, tapi setidaknya, Anda dianjurkan untuk memiliki asuransi kesehatan.

Kalau Anda membutuhkan bantuan Robby Christy untuk menghitung kebutuhan asuransi kesehatan yang ideal, Anda bisa konsultasi langsung dengan Robby Christy di menu ‘Konsultasi Keuangan’ di aplikasi Finansialku atau buat janji melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

 

#4 Bandingkan Produk

Selanjutnya, usahakan untuk bersikap objektif dan bandingkan setiap produk asuransi yang Anda untuk mendapatkan produk yang cocok untuk Anda.

 

#5 Evaluasi Berkala

Tips terakhir, lakukan evaluasi secara berkala terkait ideal atau tidaknya produk asuransi yang Anda miliki sekarang, karena ketika Anda sudah pindah fase kehidupan, maka jenis asuransi yang dibutuhkan pun sudah berbeda.

 

Itulah beberapa poin penting yang wajib Anda ketahui saat akan mencari asuransi premi mudah dan bagus. Semoga bermanfaat dan Anda segera membeli asuransi yang bagus, klaim mudah dan premi rendah.

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda memiliki bayangan akan memilih asuransi mana? Jika ya, ayo diskusikan dengan teman-teman Anda dan bagikan artikel informatif di atas, terima kasih. 

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Redaksi. 7 Februari 2022. 13 Tips Memilih Asuransi agar Mendapat Premi Terjangkau. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3rnnOBC
  • Redaksi. 4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Perusahaan Asuransi untuk Hari Tua. Manulife.co.id – https://bit.ly/3M948t7