Para Investor Pemula, Begini Tips Membeli Saham yang Benar

Apakah Anda ingin memulai berinvestasi saham? Apakah Anda sudah tahu bagaimana tips membeli saham yang benar?

Investasi saham memang menjadi investasi favorit jika Anda menginginkan imbal hasil yang tinggi dengan modal yang tidak sebesar memulai sebuah bisnis.

Sebelum Anda mulai berinvestasi, yuk kita simak tipsnya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Saham

Salah seorang teman saya sedang tertarik untuk berinvestasi, salah satunya adalah investasi saham, mengingat saham ini mampu memberikan imbal hasil yang tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Teman saya ini merasa kebingungan, bagaimana caranya berinvestasi saham untuk pemula. Dia pun ingin hasil investasinya memang menguntungkan untuk dirinya bukan untuk menyesatkan.

Teman saya pun sering mendengarkan bahwa investasi saham jika tidak benar dipelajarinya bisa seperti judi, yang menghabiskan banyak uang tapi tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Dengan adanya informasi yang banyak mengenai investasi saham untuk pemula, teman saya pun semakin bingung bagaimana sih caranya memulai investasi saham yang benar.

Teman saya ini pun langsung bertanya kepada saya, bagaimana caranya berinvestasi saham yang benar dan bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham ini.

Saya pun menjawab, jika ingin investasi, baik saham atau instrumen investasi lainnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui keuntungan dan kerugian dari investasi tersebut.

Ketika Anda sudah mulai mempelajari bagaimana caranya investasi saham, kerugian apa yang akan Anda hadapi dan bagaimana caranya meraih keuntungan. Anda pasti akan merasa kebingungan lagi.

Para Investor Pemula, Begini Tips Membeli Saham yang Benar 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Alasan Wajib Kamu Investasi Saham Sekarang!]

 

Selanjutnya, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke teman atau rekan Anda yang memiliki pengalaman dalam berinvestasi saham supaya Anda tidak asal-asalan berinvestasi dan seperti berjudi.

Selain itu, saya meminta teman saya agar men-download dan membaca ebook panduan investasi saham untuk pemula. Jika Anda ingin juga, silakan klik tombol berikut ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Selanjutnya dalam artikel ini akan dibahas apa saja tips membeli saham yang benar untuk para investor pemula, supaya Anda tidak berinvestasi seperti berjudi.

 

Tips Membeli Saham yang Benar

Ketika Anda menginginkan untuk berinvestasi saham, sebaiknya Anda membaca dahulu tips-tipsnya di bawah ini supaya investasi yang Anda lakukan akan efektif dan juga efisien.

 

Tips #1 Belajar dan Konsultasi Tentang Investasi Saham

Sebelum Anda memulai untuk berinvestasi saham, sebaiknya Anda harus sudah memahami bagaimana caranya membeli saham-saham yang tersedia di Indonesia di Bursa Efek Indonesia.

Anda bisa belajar dari internet, download ebook Finansialku atau Anda bisa bertanya-tanya pada rekan Anda yang sudah berinvestasi saham sebelum Anda.

Cara memulai investasi saham sebenarnya cukup mudah. Apalagi di zaman yang serba instan dan teknologi yang semakin canggih, Anda bisa membeli dan menjual saham dari genggaman Anda.

Saat Terjadi Perubahan Fundamental Saham 01 Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Mau Belajar Investasi Saham Tapi Modal Terbatas dan Masih Awam? Begini Caranya!]

 

Pertama, Anda harus membuka rekening saham terlebih dahulu atas nama Anda.

Pembukaan rekening saham ini bisa Anda mulai dengan mengunjungi perusahaan sekuritas, perusahaan pialang atau perusahaan broker saham. Pembukaan rekening saham ini tidak jauh beda dengan pembukaan rekening tabungan.

Anda membutuhkan saldo awal rekening untuk investasi saham, ada yang mulai dari Rp1 juta, Rp5 juta, bahkan bisa juga mencapai Rp10 juta, tergantung dari sekuritasnya.

Selain itu, Anda akan diminta untuk mengisi sebuah formulir aplikasi pembukaan rekening investor dengan cara melampirkan data identitas alamat tempat tinggal, data usaha, pekerjaan, data ahli waris dan fotokopi rekening buku tabungan Anda.

Transaksi jual beli saham yang Anda inginkan melalui perantara, yang dinamakan perusahaan sekuritas. Jika Anda sudah membuat rekening saham dan sudah aktif, Anda sudah bisa memulai membeli saham yang Anda inginkan.

Jangan lupa juga untuk konsultasi ketika Anda akan membeli saham sebelum Anda benar-benar membelinya. Anda bisa bertanya ke perencana keuangan atau rekan Anda yang sudah mahir berinvestasi saham.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Tips #2 Lakukan Analisis Fundamental

Ketika Anda akan membeli saham, sebaiknya Anda mempelajari analisis fundamental sederhana, yaitu tentang kondisi perusahaan yang akan Anda miliki sahamnya.

Anda juga perlu memonitor pada berita-berita yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Tujuan dari monitor ini yaitu untuk melihat kondisi perusahaan tersebut, apakah perusahaan yang bertumbuh dan berkembang dengan sehat atau tidak. Apakah perusahaan tersebut menuai untung atau merugi.

Investor Saham! Ketahuilah Bahwa Laba Bersih Tidak Menjamin Perusahaan Pasti Bagus, Ini Alasannya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja 5 Pantangan Dalam Investasi Saham? Ketahui Sekarang]

 

Jangan lupa juga, Anda perhatikan berita lainnya, seperti rencana bisnis perusahaan tersebut.

Apakah perusahaan tersebut memiliki rencana untuk ekspansi bisnis, akuisisi perusahaan baru atau sebaliknya memiliki rencana untuk pengurangan atau penyusutan bisnis.

Anda juga perlu mempelajari kinerja perusahaan saham-saham yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Anda bisa mendapatkan banyak sekali informasi dari website BEI atau prospektur perusahaan, profil perusahaan, laporan keuangan, bahkan Anda pun bisa mengetahui berita pasar modal lainnya.

 

Dengan melakukan hal ini, diharapkan Anda bisa mengetahui perkembangan saham perusahaan yang Anda pilih tersebut, hal ini tentunya akan berkaitan erat dengan hasil investasi yang akan Anda peroleh.

 

Tips #3 Lakukan Analisis Teknikal

Setelah Anda sudah melakukan analisis fundamental, maka selanjutnya Anda juga perlu melakukan analisis teknikal yang sederhana terhadap saham-saham pilihan Anda.

Tujuan dari analisis teknikal ini yaitu supaya saham yang Anda beli memiliki harga beli dan harga jual yang terbaik.

Anda juga perlu mengamati pergerakan harga saham dengan melihat grafik harga saham, dimana dengan melihat grafik ini akan mempengaruhi keputusan transaksi jual atau beli ketika harga saham perusahaan yang Anda incar sedang murah.

Anda juga dapat meyakini bahwa saham tersebut memiliki prospek yang bagus ke depannya, maka ini akan menjadi timing atau waktu yang tepat untuk membelinya.

 

Tips #4 Lakukan Diversifikasi

Ketika Anda akan berinvestasi saham, Anda pasti akan mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Tetapi Anda juga perlu ingat bahwa Anda juga bisa merugi besar karena bermain saham.

Bagaimana caranya menghindari risiko ini? Anda bisa melakukan diversifikasi, hindari menanamkan dana hanya pada salah satu jenis saham tertentu.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai faktor eksternal dan internal yang akan menyebabkan harga saham Anda mengalami penurunan.

apakah-investasi-di-p2p-lending-aman-dan-terdiversifikasi-2-finansialku

[Baca Juga: Inilah 8 Mindset Investasi Saham Yang Perlu Kamu Miliki!]

 

Dengan hanya menanamkan semua dana Anda ke satu perusahaan saja, risiko rugi lebih besar jika dibandingkan dengan membagi dana Anda ke perusahaan lainnya.

Hal ini perlu Anda lakukan jika salah satu saham yang Anda miliki mengalami kerugian, maka Anda masih memiliki peluang untuk meraup untung dari saham-saham yang Anda miliki lainnya.

 

Pelajari dan Raihlah Untung

Tidak hanya investasi saham saja, semua investasi harus Anda pelajari, bagaimana sistemnya, bagaimana keuntungan dan kerugiannya serta bagaimana caranya meraup keuntungan.

Jangan lupa bahwa setiap investasi pasti ada risikonya, yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminimalkan risiko tersebut.

Jika Anda masih ingin belajar lebih banyak tentang investasi saham, kami akan membantu Anda.

Anda dapat membaca ebook mengenai investasi saham untuk pemula yang bisa Anda dapatkan di bawah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana tips membeli saham yang benar.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana tips membeli saham yang benar. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Tips Membeli Saham 01 – https://goo.gl/JhQ2b5
  • Tips Membeli Saham 02 – https://goo.gl/qn4vk5
By |2018-12-05T14:23:28+00:00December 5th, 2018|Categories: Investasi, Saham|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

Leave A Comment