Mau Belajar Investasi Saham Tapi Modal Terbatas dan Masih Awam? Begini Caranya!

Apakah Anda tertarik untuk belajar investasi saham?

Saya mulai mengenal investasi saham saat saya duduk di bangku kuliah beberapa tahun lalu.

Dan saya pun mulai terjun ke dunia saham dengan modal tabungan yang pas-pasan dan pengetahuan awam.

Yuk ikuti 10 strategi yang saya lakukan saat awal belajar investasi saham!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

10 Cara Belajar Investasi untuk Pemula

Dari mana Anda bisa belajar tentang saham? Seiring perkembangan zaman, Anda bisa dengan mudah kok mendapat informasi di internet.

Belajar dari referensi seperti buku dan literatur memang penting, tapi teori saja tidak cukup, yuk lihat 10 cara belajar investasi untuk pemula di bawah ini!

 

#1 Buka Akun

“Sebuah perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah” – Lao Tzu

 

Langkah pertama untuk mulai belajar investasi saham adalah menemukan perusahaan sekuritas atau broker yang tepat.

Usai mendapatkan perusahaan sekuritas yang dirasa paling cocok dengan Anda, mulailah membuka akun Anda.

Pelajari tampilan online trading broker di desktop maupun di apps smartphone Anda.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan berbagai trading tools gratis serta berbagai penelitian (research) yang telah disediakan khusus bagi nasabah.

Untuk menemukan perusahaan sekuritas yang tepat untuk Anda, baca tips-tipsnya di artikel Finansialku berikut: Bagi Investor Saham Pemula, Jangan Salah Memilih Broker Saham.

 

#2 Baca Buku

Buku termasuk sumber informasi yang beragam dan relatif murah jika dibandingkan dengan biaya pelatihan, workshop, seminar, ataupun DVD edukasi.

Banyak sekali investor dan trader saham yang telah berpengalaman di dalam dan luar negeri yang membagikan pengetahuan, pengalaman, dan strategi investasi saham mereka ke dalam sebuah buku.

Dengan kemudahan teknologi saat ini, bahkan Anda dapat belajar melalui e-book yang dapat Anda baca sewaktu-waktu melalui perangkat smartphone atau tablet Anda.

Bingung cari e-book panduan saham bagi pemula? Tidak usah khawatir, Finansialku telah merangkum semua hal yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi saham dalam e-book Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula. 

Yuk, segera download e-book di atas! Gratis!

 

#3 Baca Artikel Saham

Jaman ‘now’, Anda dapat menemukan begitu banyak artikel saham, rekomendasi, dan teknik analisis yang berguna dan praktis di internet.

Salah satunya adalah website Finansialku yang sering membahas artikel belajar investasi saham.

Finansialku juga rutin memberikan informasi terkait perkembangan pasar saham dan bisnis setiap pekannya.

 

#4 Cari Mentor

 “If you want to go somewhere, it is best to find someone who has already been there.” – Robert T. Kiyosaki

 

Anda bisa berguru dari orang yang sudah lama terjun dalam dunia saham, baik itu anggota keluarga, teman, dosen, maupun kolega Anda.

Carilah mentor dengan pemahaman yang dalam mengenai analisis fundamental dan analisis teknik saham.

Seorang mentor dapat memberikan jawaban atas pertanyaan Anda, memberikan bantuan, memberikan rekomendasi yang berguna, dan bahkan menjaga semangat Anda saat pasar sedang dalam sentimen negatif.

Ketika portofolio saham Anda sedang kebakaran, Anda perlu mentor yang dapat membuat Anda tetap tenang dan tidak panik.  

Mau-Belajar-Investasi-Saham-2-Finansialku

[Baca Juga: Menakar Peluang Investasi di Saham GJTL / PT Gajah Tunggal Tbk, Pemegang Merk Ban GT Radial]

 

Anda juga bisa meminimalisasi risiko gagal jika Anda mendengarkan pengalaman dan pemahaman mentor yang pernah berada di posisi Anda.

Semua investor dan trader saham yang sukses di masa lalu dan saat ini, pasti memiliki mentor yang membantu mereka di saat mereka masih awam.

Strategi investasi saham ada beberapa aliran contohnya seperti: trading saham, value investing, growth investing, bandarmology.

Temukan mentor yang sesuai dengan aliran Anda. Anda  bahkan dapat mix and match strategi investasi saham yang sesuai dengan gaya Anda melalui proses belajar investasi saham.

 

#5 Belajar dari Investor Sukses

Sebagai investor awam, belajar dari tokoh investor yang sukses selama beberapa tahun terakhir akan memberikan Anda sudut pandang yang lebih luas atas pasar saham.

Anda juga dapat belajar bagaimana tips and trick mereka dalam mengelola risiko investasi, termasuk psikologi trading yang pasti akan muncul pada saat belajar investasi saham.

Untuk investor luar negeri, Anda dapat belajar dari investor sukses seperti Warren Buffett, Peter Lynch, Benjamin Graham. Untuk investor dalam negeri, Anda dapat belajar dari Lo Kheng Hong yang kisah suksesnya sudah pernah diulas di artikel Finansialku.

 

#6 Baca dan Ikuti Pasar

Selain market update yang disediakan oleh perusahaan sekuritas, Anda juga dapat membaca dan mengikuti perkembangan pasar melalui TV, berita online, maupun koran bisnis.

Anda bisa mengikuti berita bursa saham, wawancara, dan diskusi dengan pakar saham di TV dan online.

Anda juga dapat mengikuti berita bisnis seperti di Kontan, Bisnis, Google Finance, Yahoo Finance, Bloomberg.

Full-Time-Trader-Trading-Saham-2

[Baca Juga: Pahami Perbedaan Prinsip Trading Saham vs Investasi Saham Sebelum Membeli Saham]

 

Dengan membaca berita dan monitor perkembangan pasar secara berkala, Anda dapat mengetahui mengenai tren pasar terkini, analisis saham dari pihak ketiga, berita politik, ekonomi, keuangan, dan lainnya.

Hal ini tentu dapat sangat membantu Anda untuk melakukan analisis fundamental atas saham incaran Anda.

Hal yang paling penting, carilah metode yang paling sesuai dengan kesibukan Anda agar Anda tidak ketinggalan update berita pasar saham secara berkala.

 

#7 Gabung dengan Komunitas

Paling asyik belajar sesuatu di lingkungan yang sejenis. Oleh sebab itu cari komunitas saham yang memang satu aliran dengan Anda.

Beberapa perusahaan sekuritas juga memiliki layanan forum atau group chat yang dapat Anda manfaatkan untuk tanya jawab.

Tetapi Anda tetap perlu berhati-hati dengan siapa yang Anda dengarkan, kadangkala beberapa peserta forum bukanlah trader profesional, melainkan sekelompok trader yang berusaha mengambil keuntungan.

Filter kembali masukan yang Anda telah terima secara objektif.

 

#8 Pertimbangkan Keanggotaan yang Berbayar

Beberapa komunitas ada yang keanggotaannya terbuka secara gratis maupun berbayar.

Jika Anda mempunyai dana berlebih, Anda bisa subscribe atau berlangganan akun premium untuk mendapatkan akses analisis, rekomendasi saham pilihan, atau trading tools yang dapat Anda terapkan untuk belajar investasi saham.

 

#9 Ikut Seminar atau Kelas Offline/Online

Seminar yang diadakan secara offline atau online dapat menambah perspektif Anda saat belajar investasi saham.

Bagi Anda pemula, Bursa Efek Indonesia juga mengadakan Sekolah Pasar Modal yang terbuka bagi umum dan diadakan di Kantor Pusat BEI Jakarta maupun Kantor Perwakilan BEI yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa cek langsung ke website resmi Sekolah Pasar Modal berikut ini: Sekolahpasarmodal.idx.co.id

 

#10 Ikuti Simulasi Saham

Beberapa perusahaan sekuritas menawarkan simulasi trading saham atau demo yang Anda dapat manfaatkan untuk belajar investasi saham.

Anda juga dapat melakukan simulasi saham di portal berita online seperti Kontan.

Jangan takut untuk mulai investasi saham yang sebenarnya dari jumlah kecil, mulai dari 1, 5, 10, hingga 20 lot.

Sebagai pemula dengan modal terbatas, Anda disarankan belajar mulai dari jumlah sedikit demi sedikit, kemudian menjadi jumlah yang lebih besar setelah Anda menguasai dasarnya dan menemukan kepercayaan diri dalam belajar investasi saham.

Banyak investor pemula mengalami kegagalan dalam investasi saham karena tidak cukup sabar dan tidak konsisten untuk terus menerus belajar.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai 5 kesalahan umum investor saham. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Sudahkah Anda Percaya Diri untuk Mulai Berinvestasi?

Sekarang Anda sudah tahu ‘kan bagaimana caranya belajar investasi saham?

Kalau cuma baca artikel saja, tentunya Anda tidak akan bisa-bisa.

Seperti yang saya bilang di atas, teori memang penting, tapi Anda juga harus mulai melangkah dan mengaplikasikan pengetahuan yang Anda miliki.

Dengan demikian, Anda bisa learning by doing. Selamat mencoba!

 

Apakah artikel ini memberikan informasi yang Anda butuhkan? Tinggalkan pendapat dan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah!

 

Sumber Referensi:

  • Blain Reinkensmeyer. 1 Januari 2018. 10 Great Ways to Learn Stock Trading as a New Investor. Stocktrader.com – https://goo.gl/dXDiSm

 

Sumber Gambar:

  • Belajar Investasi Saham 1 – https://goo.gl/daQGHL
  • Belajar Investasi Saham 2 – https://goo.gl/WYA4Hp

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Mau Belajar Investasi Saham Tapi Modal Terbatas dan Masih Awam? Begini Caranya!
Article Name
Mau Belajar Investasi Saham Tapi Modal Terbatas dan Masih Awam? Begini Caranya!
Description
Apakah Anda tertarik untuk belajar investasi saham?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Shierly, S.E., M.B.A
Shierly, S.E., M.B.A adalah seorang perencana keuangan independen. Memiliki latar belakang pendidikan S1 di Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan Bandung, kemudian mengambil pendidikan lanjutan S2 di Institut Teknologi Bandung (MBA-ITB). Sebelum menjadi seorang perencana keuangan independen, memiliki pengalaman kerja sebagai Relationship Manager untuk kredit komersial di sebuah bank swasta di Indonesia, juga pengalaman kerja di bidang akuntansi, corporate finance, dan perpajakan.

Leave A Comment