Sudah tahu apa keuntungan investasi bagi karyawan milenial?

Nyatanya terlambat berinvestasi itu zonk lho! Yuk segera cari tahu keuntungannya dan mulai berinvestasi:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Apakah Anda sudah Mulai Berinvestasi?

Sebagai karyawan milenial, apakah Anda sudah mulai berinvestasi?

Melvin Mumpuni, Perencana Keuangan Finansialku menemukan fakta, bahwa ternyata 8 dari 10 karyawan milenial belum berinvestasi. Padahal, mereka sudah tahu manfaatnya.

Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan umum berikut ini:

  • Belum menemukan produk investasi yang tepat.
  • Takut akan risiko.
  • Takut salah pilih produk investasinya.
  • Belum ada uangnya, dan sebagainya.

 

Menurut Melvin, ada lima penyebab kaum milenial masih enggan berinvestasi, yakni sebagai berikut:

 

#1 Takut Modal Besar

Nyatanya masih banyak kaum milenial yang salah kaprah dan menganggap investasi itu membutuhkan modal besar, sehingga mereka mengurungkan niatnya untuk berinvestasi.

Bahkan sebagian dari mereka menyatakan gajinya kecil, sehingga susah jika mau berinvestasi.

Menanggapi hal tersebut Melvin berpendapat:

“Justru karena gaji masih kecil, maka Anda harus menambah penghasilan. Investasi adalah satu dari tiga jenis cara menambah penghasilan.”

 

Jadi disini intinya adalah jadikan investasi sebagai suatu prioritas yang harus dialokasikan, sehingga tidak akan ada alasan lagi tidak cukup uang.

7 Keuntungan Investasi Karyawan Milenial 02 Generasi Milenial 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

#2 Takut Risiko Tinggi

Banyak generasi milenial yang berpikir bahwa semua risiko investasi itu tinggi. Memang betul, semua produk investasi itu punya risiko.

Akan tetapi, jika tidak berinvestasi pun Anda tetap berisiko. Misalnya tak bisa mencapai masa pensiun. Apakah Anda mau berakhir seperti itu?

Intinya adalah semua ada risikonya. Namun bagaimana hasilnya bergantung kepada keputusan Anda.

Apakah Anda mau berserah dan membiarkan masa depan Anda penuh risiko? Atau Anda memilih untuk bertindak dan menjadikan risiko tersebut sebagai peluang?

Semuanya kembali lagi pada keputusan Anda.

7 Keuntungan Investasi Karyawan Milenial 03 Generasi Milenial 3 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

#3 Salah Paham akan Investasi

Apakah Anda beranggapan bahwa berinvestasi itu pasti rugi atau uang hilang? Padahal tidak seperti itu, malah justru ketika Anda mendiamkan uang Anda, nilai uang akan berkurang akibat inflasi.

Justru dengan berinvestasilah, Anda bisa membiarkan uang yang bekerja dan menjadi banyak dengan sendirinya.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak memilih investasi bodong. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai instrumen investasi, kemudian pilih yang sesuai dengan tujuan keuangan dan profil investasi Anda.

Selanjutnya Anda bisa menghubungi bank atau lembaga keuangan terdekat untuk mulai berinvestasi. Pastikan bank dan lembaga keuangannya terpercaya serta memiliki reputasi baik sehingga bisa diandalkan ya.

 

#4 Takut Banyak Biaya Tambahan

Tahukah Anda? Tidak semua investasi punya biaya tambahan. Walaupun sebagian besar ada biaya administrasi, platform, biaya data, dan lain sebagainya. Namun, ada pula yang tidak mengenakan biaya itu misalnya reksa dana.

Jika tertarik berinvestasi reksa dana, Anda bisa memperoleh informasi lebih dalam yang disajikan menarik dan praktis diakses, yaitu melalui ebook Reksa Dana Finansialku. Ebook ini dapat Anda peroleh secara gratis lho!

Ebook ini juga tentunya bisa menjadi panduan dasar bagi Anda yang ingin memulai investasi reksa dana. Yuk download ebook Reksa Dana Finansialku sekarang!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Takut Uang Tidak Bisa Diambil

Apabila Anda takut uang yang diinvestasikan terkunci dan tidak likuid, cobalah pikirkan lagi. Pada kenyataannya banyak investasi yang bisa anda cairkan dalam waktu dekat. Contohnya saja reksa dana bisa dicairkan satu hari setelah dibeli.

Tertarik berinvestasi reksa dana? Anda bisa membelinya di Finansialku.

Saat ini, Finansialku telah bekerja sama dengan Bareksa untuk mempermudah Anda memulai investasi reksa dana.

Bareksa sendiri merupakan sebuah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia yang sudah terpercaya kredibilitasnya.

7 Keuntungan Investasi Karyawan Milenial 04 Generasi Milenial 4 - Finansialku

[Baca Juga: Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

 

Apakah Anda sudah download Aplikasi Finansialku? Sebelum Anda membeli reksa dana di Aplikasi Finansialku, Anda perlu memiliki download dulu aplikasinya.

Melalui aplikasi ini, Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dan manfaat yang diperoleh. Anda bisa download aplikasi di Google Play Store secara gratis!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

7+ Keuntungan Investasi bagi Karyawan Milenial

Banyak yang berasumsi bahwa generasi milenial belum mulai mempertimbangkan investasi dan merencanakan masa pensiunnya.

Hal ini tercermin dalam hasil survei Alvara Research Center pada tahun 2017, yang menjelaskan bahwa produk-produk keuangan yang sudah dikenal dan digunakan generasi milenial antara lain barulah tabungan, deposito, kredit, asuransi dan investasi unitlink.

Nah, jika Anda para karyawan milenial masih ragu berinvestasi, maka mari simak penjelasan berikut ini yang akan menjabarkan beberapa keuntungan investasi bagi generasi milenial berikut ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Untuk Belajar Disiplin

Hal ini merupakan salah satu cerminan pengalaman saya. Dulu saya tidak peduli berapa penghasilan saya per bulannya, pasti akan selalu habis di akhir bulan.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya anggaran yang mengalokasikan uang saya dengan benar.

Semenjak saya berinvestasi, mau tidak mau setiap bulannya saya mengalokasikan dana untuk investasi ini. Alhasil, uang saya menjadi bermanfaat dan tidak habis begitu saja.

Dari sini saya percaya, berinvestasi sejak dini tentu membawa keuntungan besar. Uang yang biasanya entah habis kemana kini jelas ada dan jelas berkembang menjadi lebih besar nilainya.

 

#2 Belajar Mengelola Keuangan dengan Bijak

Pengalaman kedua saya akan investasi adalah efeknya terhadap pengelolaan keuangan saya. Sebelum menikah saya sama sekali tidak mengelola uang saya, ada ya syukur, habis ya sudahlah ngirit dulu.

Namun setelah menikah tidak ada lagi alasan seperti itu. Kebutuhan rumah tangga sudah besar, belum kewajiban cicilan rumah, harus bersedekah serta berinvestasi.

 

Disini saya memanfaatkan Aplikasi Finansialku untuk mulai membuat anggaran dan menaatinya, sehingga saya jadi tahu bagaimana cara mengelola keuangan keluarga dengan baik.

Aplikasi Finansialku juga sangat membantu saya untuk mengetahui mana prioritas keuangan yang perlu diutamakan, dan mana pengeluaran yang bisa dikurangi.

7 Keuntungan Investasi Karyawan Milenial 05 Generasi Milenial 5 - Finansialku

 [Baca Juga: Para HRD: 7 Alasan Pentingnya Dana Darurat untuk Karyawan di Perusahaan Anda]

 

#3 Masa Depan Lebih Terjamin

Apakah Anda juga belum mulai memikirkan investasi? Nyatanya, berinvestasi sejak dini akan memberikan benefit yang sangat besar bagi Anda.

Certified Public Accountant, Micah Fraim mengilustrasikan pentingnya berinvestasi sejak dini melalui sebuah infografis, dan menyimpulkan menjadi beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Mereka yang mau berinvestasi lebih dulu akan memperoleh jumlah yang lebih besar ketimbang mereka yang terlambat berinvestasi.
  2. Semua itu bisa terjadi meski jumlah yang Anda investasikan lebih sedikit dari mereka.
  3. Pada skenario idealnya, Anda sudah bisa bersantai di usia muda bahkan pensiun saat mereka masih harus membanting tulang berinvestasi.

 

Intinya, dengan berinvestasi Anda mengalokasikan uang Anda untuk bekerja bagi Anda sendiri. Dengan demikian Anda mempersiapkan masa depan Anda dengan potensi kesejahteraan yang lebih tinggi.

Jadi, apakah Anda sudah mulai berubah pikiran dan ingin memulai investasi sesegera mungkin?

 

#4 Menambah Pengetahuan

Jika sebelumnya Anda buta akan keuangan, maka kini saatnya keluar dari zona nyaman dan mulai masuk ke dunia kerja yang kejam ini.

Saya pun dulu begitu, tidak peduli apapun sehingga uang hanya disimpan di dompet serta dibelanjakan.

Hingga suatu hari saya mengobrol dengan teman saya yang merupakan perencana keuangan di Finansialku dan menyadari betapa ruginya saya membiarkan uang saya terlantar seperti itu.

Bayangkan jika sejak awal kuliah saya mulai menginvestasikan uang saya, maka sudah berapa banyak keuntungan yang bisa saya peroleh sekarang.

Jangan jadi seperti saya dan mulailah kumpulkan informasi dan bekali diri dengan pengetahuan keuangan. Kini sudah sangat banyak kok sumber informasi keuangan yang bisa Anda akses dengan mudah.

Inovasi Baru Pegadaian Demi Gaet Milenial Finansialku 2

[Baca Juga: Mencapai Kebebasan Finansial, Kenapa Tidak? Anda Pasti Bisa Mencapainya]

 

#5 Masih Bisa Pensiun

Tahukah Anda bahwa generasi milenial identik dengan sandwich generation yang diasumsikan harus menghidupi orang tua dan keturunannya kelak? Artinya beban kita di masa depan lebih besar.

Lantas jika mengurusi atas dan bawah terus, apa saya bisa pensiun? Jawabannya yaitu bisa! Asalkan Anda mau berupaya sedemikian rupa menyiapkan dana pensiun. Namun selalu merasa kesulitan mengalokasikan dana setiap bulannya.

Saat saya berbincang-bincang dengan teman perencana keuangan saya di Finansialku, mereka menjelaskan bahwa tidak ada alasan mengapa generasi milenial tidak dapat pensiun.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Semua bisa pensiun selama perencanaan dan persiapannya tepat.Lalu saya kembali bertanya mengenai keterbatasan dana setiap bulan yang saya alami tadi kepada teman saya.

Ia mengatakan bahwa mengelola keuangan di zaman serba modern ini tidaklah sulit.

Dewasa ini sudah banyak tools yang dapat membantu saya mengelola keuangan dengan cepat dan mudah, seperti contohnya dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Dengan demikian generasi milenial pun bisa bebas keuangan.

Mengundurkan Diri Atau Pensiun Dini 02 Pensiun 2 - Finansialku

 [Baca Juga: Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan]

 

#6 Mencapai Tujuan Finansial

Setiap orang pasti punya tujuan hidup, misalnya menikah, berumah tangga, menjadi pebisnis sukses, dan sebagainya. Tapi bagaimana dengan tujuan finansial Anda?

Saya sendiri memiliki tujuan finansial yaitu memiliki rumah sendiri dan berinvestasi properti demi masa depan anak saya kelak.

Tapi teman-teman saya sering pesimis, mengatakan dengan gaji yang hanya Rp5 juta per bulan, dan harga rumah 3 miliar artinya saya harus menabung selama 50 tahun tanpa pengeluaran sepeser pun.

Nah, dengan berinvestasi sejak dini, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Anda pun bisa mencapai tujuan finansial Anda jika mulai berinvestasi dan membiarkan uang Anda berkembang.

 

#7 Meringankan Beban Finansial Keturunan Anda

Jika kita adalah sandwich generation yang harus membiayai orang tua dan keturunan kita, artinya kita harus mengambil pelajaran darinya. Jangan biarkan keturunan kita pun memikul beban keuangan yang lebih besar lagi.

Saya harap dengan berinvestasi sejak dini, keturunan atau anak-anak saya tidak perlu membiayai saya di masa tua kelak.

Saya bahkan bercita-cita uang ini bisa bertambah, agar cukup untuk membekali mereka hingga dewasa tanpa kekurangan satu apapun.

Apakah Anda juga satu pikiran dengan saya? Tentunya Anda tidak mau membebani anak-anak Anda di masa pensiun Anda kelak nantinya bukan? Karena itu jangan terlena dengan waktu, dan ayo mulai berinvestasi dari sekarang!

Menyiapkan Dana Pensiun Dini 04 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate]

 

Generasi Milenial pun Bisa Pensiun

Melalui artikel di atas, Anda bisa memetik kesimpulan bahwa bukan mustahil bagi generasi milenial untuk pensiun pada waktunya. Bahkan Anda bisa mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera.

Kuncinya adalah persiapan dini dengan langkah yang tepat seperti karakter profil investasi Anda.

Jika Anda masih bingung harus memulai persiapan dana pensiun dari mana, Anda bisa meminta bantuan perencana keuangan profesional seperti yang saya lakukan tadi.

Para perencana keuangan di Finansialku adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan bekerja sesuai kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.

Dengan demikian, Anda juga bisa dengan mudah mengatur keuangan dan mencapai kebebasan finansial hanya dengan menggunakan jasa Finansialku.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 7 keuntungan investasi bagi karyawan milenial lainnya?

Tinggalkan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Perencana Keuangan kami akan selalu siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Januari 2018. Generasi Milenial, Segeralah Berinvestasi. Investasi.kontan.co.id – https://goo.gl/Rc7QMj
  • Admin. 6 Kelebihan Memulai Investasi Bagi Milenial. Satutumbuhseribu.valbury.co.id – https://goo.gl/Aj1cGi
  • Anthony Kevin. 3 Februari 2018. Investasi Apa yang Cocok untuk Milenial? Cnbcindonesia.com – https://goo.gl/apbb7U
  • Matt Duczeminski. Why You Should Start Investing as Early as Possible [Infographic]. Lifehack.org – https://goo.gl/oTmYTT

 

Sumber Gambar:

  • Generasi Milenial 1 – https://goo.gl/pDn7NY
  • Generasi Milenial 2 – https://goo.gl/2KeuKc
  • Generasi Milenial 3 – https://goo.gl/hpu7r7
  • Generasi Milenial 4 – https://goo.gl/toCKAo
  • Generasi Milenial 5 – https://goo.gl/cMgPHJ
Summary
Wagelaseh, Ini 7 Keuntungan Investasi Bagi Karyawan Milenial
Article Name
Wagelaseh, Ini 7 Keuntungan Investasi Bagi Karyawan Milenial
Description
Sudah tahu apa keuntungan investasi bagi karyawan milenial? Nyatanya terlambat berinvestasi itu zonk lho! Yuk cari tahu keuntungannya!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo