Sedang mencari tips membeli tanah? Kamu ingin melakukan pembelian tanah kavling? Membeli tanah membutuhkan ketelitian yang bertahap agar tanah yang kamu beli tidak menyebabkan masalah serta kerugian, lho!

Yuk cari tahu tips membeli tanah biar gak ketipu dibawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Beli Tanah Kavling? Cek 5 Tips Membeli Tanah!

Pilihan investasi yang ada cukup beragam. Mulai dari mata uang asing, perhiasan, saham, deposito, obligasi, barang-barang antik, hingga properti.

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi di bidang properti khususnya tanah, ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum membeli.

Tanah bisa menjadi salah satu objek investasi yang menjanjikan,terlebih jika kamu memiliki lokasi tanah daerah pembangunan. Dalam waktu singkat tanah bisa naik 2-10 kali lipat dari harga awal.

Namun, dalam berinvestasi tanah juga terdapat kemungkinan kamu akan tertipu.

 

Tips Membeli Tanah Biar Gak Ketipu

Untuk menghindari penipuan dalam jual beli tanah yang sering terjadi, ini dia tips membeli tanah yang harus kalian perhatikan.

 

#1 Periksa Status Tanah

Dalam membeli tanah kamu harus memperhatikan status serta penyebab dijualnya tanah tersebut.

Pastikan tanah yang akan kamu beli tidak dalam keadaan sengketa. Misalnya sedang disita atau tanah milik orang lain.

Kamu juga harus memastikan informasi dalam sertifikat yang diberikan penjual sesuai dengan fisiknya. Kamu bisa mengecek fisik tanah mulai dari lokasi tanah, ukuran luasnya serta bentuk tanah.

 

#2 Perhatikan Lingkungan Sekitar

Sebelum membeli tanah kavling, kamu harus mengetahui lingkungan sekitar tanak yang akan kamu beli. Apakah nantinya kamu akan mengalami keuntungan atau kerugian jika membeli tanah tersebut.

Kamu harus memperhatikan akses jalan menuju tanah yang akan kamu beli. Akses jalan merupakan hal paling utama saat kamu ingin membeli tanah.

Kamu lebih baik memilih tanah yang memiliki akses jalan yang dapat dilintasi dua mobil secara bersimpangan kanan dan kiri.

Lebih Untung Mana Invetasi Rumah Vs Investasi Tanah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Untung Mana Investasi Rumah Vs Investasi Tanah]

 

Selain itu, perkembangan lingkungan tanah juga perlu diperhatikan. Apakah nantinya di kanan-kiri dari tanah yang kamu beli akan dibangun rumah atau tetap tanah. Tak lupa perkiraan apakah tanah tersebut nantinya aka cepat terjual atau tidak meskipun akan dibangun rumah maupun tidak.

Dan yang terpenting, jangan membeli tanah kavling yang berada di dekat jalur sutet atau jalur listrik dengan tegangan tinggi, jalur kereta api, tepi sungai dan jalur pipa gas. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penggusuran untuk pembangunan fasilitas umum.

 

#3 Lakukan Pengukuran Tanah

Saat melakukan transaksi jual beli tanah, kamu harus memastikan pengukuran tanah kavling tersebut sesuai. Pengukuran tanah tidak hanya berfungsi sebagai pemuat informasi pihak penjual dan pembeli saja.Namun, dapat juga sebagai pemisahan atas sertifikat.

Kamu dapat meminta pihak yang berwenang untuk melakukan pengukuran tanah di kantor wilayah, jika luasnya 10 Ha hingga 1000 Ha. Dan di kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) untuk pengukuran tanah yang luasnya lebih dari 1000 Ha.

 

Dilansir dari intiproperti, kamu harus  melakukan persiapan setelah petugas pengukuran menerima perintah pengukuran sebagai berikut:

  • Memeriksa ketersediaan sarana peta, seperti peta pendaftaran atau peta dasar pendaftaran atau peta lainnya pada lokasi yang akan diukur;
  • Merencanakan pengukuran di atas peta pendaftaran atau peta dasar pendaftaran atau peta-peta lainnya yang memenuhi syarat, apabila tanah yang dimohon belum mempunyai gambar situasi/surat ukur;
  • Jika tidak terdapat peta pendaftaran atau peta dasar pendaftaran atau peta lain yang memenuhi syarat, maka segera disiapkan perencanaan pembuatan peta pendaftaran;
  • Memeriksa tersedianya titik dasar teknik disekitar bidang tanah yang dimohon;
  • Dalam hal ini, jika tidak terdapat titik dasar teknik di sekitar bidang tanah yang akan diukur, meminta kepada pemohon untuk menyiapkan tugu titik dasar teknik minimal 2 (dua) buah dan bentuknya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5;
  • Apabila kegiatan pengukuran bidang tanah diperlukan, mengadakan persiapan-persiapan, seperti menyiapkan formulir-formulir untuk pengukuran seperti gambar ukur dan formulir pengukuran poligon.

 

#4 Cek Sertifikat Tanahnya

Sertifikat yang biasa dikenal SHM adalah dokumen yang sangat penting saat bertransaksi jua beli tanah. Hal ini menjadi alasan kamu harus mengecek semua hal yang berkaitan dengan sertifikat tanah.

Hal tersebut dapat menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan jual beli tanah kavling.

Simak Cara dan Panduan Membuat Surat Jual Beli Tanah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Membuat Sertifikat Tanah Sesuai Aturan 2019 dan Biayanya!]

 

Kamu harus memastikan tanah yang akan kamu beli merupakan Sertifikat Hak Milik atau Hak Guna Bangunan.

Jika masih HGB, kamu harus mengonfirmasi kepada penjual siapa yang akan menanggung biaya penggantian HGB menjadi SHM karena tanah dengan SHM akan lebih kuat secara hukum serta diakui secara legal.

 

#5 Buatlah Akta Jual Beli (AJB) dan Balik Nama

Untuk memperkuat bukti kepemilikan tanah sebaiknya kamu membuat akta jual beli tanah serta balik nama.

Kamu bisa membuatnya sendiri atau kamu juga bisa membuatnya dengan menggunakan jasa notaris PPAT tentu saja semuanya akan berjalan dengan mudah dan tanah kamu akan aman secara hukum.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Untuk Mengurus Sertifikat Tanah!]

 

Itulah tips membeli tanah kavling yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli tanah, baik untuk investasi maupun akan kamu bangun sebagai rumah.

Semoga tips ini dapat menghindarkan kamu dari penipuan serta hal yang tidak diinginkan dalam transaksi jual beli tanah.

 

Jangan Sungkan Untuk Berkonsultasi

Perihal jual beli tanah memang tidak semata-mata mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar prosesnya tidak merugikan kita kedepannya. Lebih baik lagi jika kita punya seorang ahli untuk membimbing kamu, terutama untuk pemula.

Perhitungkan pula anggaran kamu dalam membeli tanah. Jangan sampai kamu tidak tahu kemana uangmu pergi. Untuk masalah keuangan, aplikasi Finansialku dapat membantumu.

Buat anggaran dan catat pengeluaranmu di aplikasi Finansialku. Kamu dapat mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Setelah membaca artikel ini, kamu jadi tahu dong tips membeli tanah kavling. Ayo bagikan tips-tips ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 November 2019. Tips Membeli Tanah Kavling Agar Anda Tidak Tertipu. Intiproperti.com – https://bit.ly/34GuuOE