Mau jadi vloggers sukses di era milenial? Inilah saatnya kamu meraup keuntungan dari setiap konten menarikmu, melalui tips menambah viewers yang bisa kamu coba.

Mau tahu caranya? Simak pembahasan berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tips Menambah Viewers: Jadi Vloggers bisa Kaya Raya

Munculnya jaringan internet membuat semua aktivitas di segala lini kehidupan menjadi berkembang dan semakin praktis. Ada begitu banyak kemudahan yang ditawarkan dan membuat setiap pekerjaan manusia semakin efektif dan efisien.

Berkembangnya dunia internet dengan media sosial yang kini sudah ada di genggaman setiap individu, dan berselancar dalam dunia maya sudah menjadi aktivitas harian yang tidak terlupakan.

Para insan milenial yang kini sudah merangkak naik mendominasi pasar global dan dunia kerja, mereka sudah tak asing lagi dengan suguhan internet dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bermunculan pekerjaan yang dianggap aneh oleh para generasi sebelumnya, salah satunya menjadi vlogger.

Bagaimana mungkin ada pekerjaan bernama vlogger yang hanya membuat konten, meng-upload-nya di dunia dan bisa menghasilkan uang?

Para generasi yang lebih senior sempat meragukan salah satu lini pekerjaan para milenial ini. Namun, seiring berkembangnya media sosial melalui jaringan internet, banyak vloggers bermunculan dan menjadikan vlogger sebagai tambang berlian yang mereka usahakan.

Lantas, bagaimana para vloggers bisa survive dan tetap berkiprah dalam dunia maya melalui konten yang ditunggu-tunggu para viewers bahkan subscribers

Siapapun kamu dan dari generasi manapun kamu berasal, ini dia 8 tips yang bisa kamu gunakan untuk menambah jumlah viewers dan subscribers melalui setiap konten yang kamu buat.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tips Vloggers #1: Cari Konten Menarik pada 1 Genre yang Kamu Sukai

Ada banyak konten menarik yang bisa dibahas, dikemas dengan lebih menarik, dapat dikembangkan dan disuguhkan kepada para pemirsa layaknya hidangan yang sangat ditunggu-tunggu.

Tips yang pertama untuk menjadi vlogger berhasil dan menghasilkan viewers, bahkan subscribers yang banyak adalah dengan memilih topik pembahasan yang kamu suka dan fokus pada 1 genre.

Misalnya, layaknya musik, kamu memilih 1 genre dan kamu fokuskan, kembangkan, gali lebih dalam dan suguhkan dengan hasil terbaik melalui konten yang kamu posting di feeds-mu. 

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 02 Ria SW - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Mengatur Keuangan Ala Selebgram dan Beauty Vlogger]

 

Ada banyak genre yang bisa kamu fokuskan, beberapa di antaranya yang sudah banyak dan mendominasi layar dunia maya adalah tentang traveling dan juga kuliner.

Mereka memfokuskan pembahasan mereka tentang berbagai tips kepada para viewers dan subscribers-nya seputar jalan-jalan dan makanan enak yang dapat dinikmati di daerah-daerah tertentu.

Strategi pemilihan genre tentang traveling dan kuliner ini memang berdasar pada kebiasaan para milenial masa kini yang senang dengan traveling dan kuliner.

Sehingga tidak heran jika para vloggers dengan konten travelings dan kuliner biasa memiliki keuntungan yang luar biasa besarnya karena jumlah penonton yang juga luar biasa mencapai jutaan orang.

 

Tips Vloggers #2: Buat Rencana & Jadwal dari Postingan Videomu

Seperti layaknya membuat bisnis, kamu tidak bisa sekadar terjun ke dunia vlogging tanpa rencana. Lakukan bisnis vlogging-mu ini dengan cara yang profesional dan cerdas, sehingga kamu dapat memaksimalkan hasil keuntunganmu.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 03 Jurnal Risa - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Peranan Email Marketing (Pemasaran Email) untuk Para Vlogger YouTube]

 

Buatlah rencana dan jadwal dari posting-an videomu dengan mempertimbangkan pertanyaan di bawah ini:

  • Topik apa yang akan kamu buat dalam video blog yang akan kau posting?
  • Seberapa sering dan kapan kamu akan mempublikasikan video? Buat jadwalnya dengan tidak mengganggu jadwalmu yang lainnya.
  • Pertimbangkan acara khusus, liburan, dan lain sebagainya. Apakah kamu dapat memasukkannya ke dalam video blog yang kamu buat?
  • Kepribadian apa yang akan kamu tampilkan dalam video blog yang akan kamu buat?

 

Dalam hal melakukan penjadwalan, ingatlah bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam dunia vlogging adalah menerbitkan konten dengan jadwal rutin tertentu yang telah kamu tetapkan.

Di samping jadwal rutin, kamu juga bisa membuat jadwal pendek penerbitan konten untuk menarik perhatian para penontonmu dan jadwal penerbitan dengan rentang waktu yang agak panjang dari sebelumnya agar membuat penontonmu merasa tidak sabar untuk konten berikutnya.

 

Tips Vloggers #3: Pelajari Platform Yang Digunakan

Dalam sebuah usaha untuk mengembangkan diri, kamu tentu harus mengetahui lingkungan di sekitarmu dengan baik.

Dalam hal menjadi seorang vlogger, kamu perlu mengetahui platform yang kamu gunakan untuk mengunggah setiap video kontenmu kepada para penonton dan calon viewers serta subscribers yang akan melihat tayanganmu.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 04 Cintya Saraswati - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik?]

 

Jika kamu menggunakan YouTube sebagai platform andalanmu, kamu perlu mengetahui format apa yang paling cocok dalam platform tersebut, bagaimana cara kerja dari platform YouTube dan cara memaksimalkan penggunaan platform tersebut.

Kamu juga perlu mengetahui topik apa yang sedang ramai dibahas di dunia maya atau di YouTube untuk menambah referensimu dalam membuat topik baru yang lebih menarik.

 

Tips Vloggers #4: Gunakan Perlengkapan yang Baik

Zaman modern saat ini sudah sangat mudah untuk mendapatkan kamera dengan harga yang terjangkau namun dengan kualitas yang sudah lumayan oke, terutama bagi para vloggers pemula.

Bahkan dengan sebuah smartphone di genggaman dengan kamera yang kini sudah semakin canggih, kamu bisa membuat video blog dimanapun dan kapanpun.

Pengaturan pencahayaan, warna dan lain sebagainya juga sudah termasuk di dalamnya.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 05 Gritte Agatha - Finansialku

[Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Dihindari Vlogger Baru pada Channel YouTube]

 

Namun, jika kamu ingin menambah jumlah viewers dan subscribers, kamu perlu perlengkapan yang lebih berkualitas, apalagi jika ingin bersaing dengan para vloggers lainnya.

Selain konten yang menarik, perlengkapan penunjang, termasuk kamera dan alat penunjang lainnya juga sangat diperlukan.

Berikut ini beberapa perlengkapan yang pada umumnya perlu dipersiapkan oleh para vloggers untuk membuat hasil video mereka semakin menarik:

  • Kamera yang bagus
  • Mikrofon eksternal jika kameramu tidak memiliki yang bagus
  • Perangkat lunak perekaman layar (TinyTakeSmartPixel, Screenflow by Telestream, Filmora, dll.)
  • Perangkat pengeditan video (iMovie untuk Mac dan MovieMaker untuk Windows). Pengeditan video memungkinkan kamu menambahkan efek, transisi, klip audio, dan lainnya ke vlog yang kamu buat, sehingga lebih menghibur, menarik, dan tampak mengesankan.

 

Kamu bisa merencanakan dana untuk membeli perlengkapan Vlogger menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tips Vloggers #5: Buat Bidikan yang Menarik

Saat kamu merekam video, pastikan bidikannya jelas, menarik, dan produktif. Pastikan kamu menggunakan format dan pengaturan video yang disarankan, sehingga video blog yang kamu buat akan jelas dan mudah diakses.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 06 Atta Halilintar - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia]

 

Misalnya, format YouTube yang disukai adalah MP4, disamping berbagai format lainnya, tapi MP4 adalah format yang termudah dan paling banyak digunakan di hampir setiap perangkat di luar sana. Jadi format ini bisa jadi yang paling oke untuk para penontonmu.

 

Tips Vloggers #6: Optimalkan Vlog Anda

Bagi para vloggers pemula, ini adalah tips yang mungkin belum banyak mereka ketahui.

Jika kamu ingin video yang kamu unggah mendapatkan traffic maksimal, kamu perlu mengoptimalkannya. Mengoptimalkan traffic berarti memberi video yang kamu buat memiliki peluang terbaik untuk mendapat peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google.

Ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci dan frasa yang tepat di bagian belakang video tersebut.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 07 David Gadgetin - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Channel Vlogging Anda pada YouTube]

 

Optimalkan istilah yang kamu gunakan dalam deskripsi videomu, seperti nama file, judul video, dan tag untuk menempatkan video blog-mu secara langsung di bagian atas saat mesin pencari mengetikan kata kunci.

Dengan demikian postingan videomu berada pada deretan atas mesin pencari dan mudah diketemukan oleh para penonton.

Juga, pastikan untuk menyertakan tautan dan alat berbagi (share) yang mudah.

Dengan cara ini, penggemar videomu dapat menjadi tim pemasaran (marketing) pribadimu, mempromosikan video blog-mu kepada teman-teman mereka dan mengembangkan audiens secara organik dan gratis!

Selain itu, kamu juga harus memastikan video blog yang kamu buat ramah-seluler (artinya dapat diakses melalui smartphone) karena penelitian menunjukkan bahwa orang-orang semakin sering menggunakan perangkat seluler mereka (dan trennya terus meningkat).

 

Tips Vloggers #7:  Menjadi Entertainer/Penghibur

Pernahkah kamu masuk dalam salah satu video blog di YouTube dan kamu merasa ingin segera mengganti tayangan ke video lainnya.

Apa penilaianmu terhadap video blog tersebut? Tentu tidak menarik bukan?

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 08 Kekeyi - Tasya - Finansialku

[Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula]

 

Jadilah video blogger atau vlogger yang menarik bagi para penonton dan membuat mereka terus menonton tayangan yang kamu posting dengan konten menarik hingga detik terakhir dari video blog yang kamu unggah.

Dengan perlengkapan yang menunjang dan materi konten menarik, pembawaan sesuai kepribadian yang ingin kamu tampilkan juga menarik perhatian para penonton, tentu mereka akan menunggu unggahan video blog-mu berikutnya.

 

Tips Vloggers #8: Jangan Abaikan Kolom Komentar

Para penontonmu terkadang ada yang memperhatikan bagaimana penampilanmu dalam video blog yang telah kamu unggah. Entah itu berupa kritikan, saran dan lain sebagainya.

Selain ada di antara mereka yang memberikan pujian, tak jarang komentar pedas atau sindiran bisa saja mereka utarakan dalam kolom komentar tersebut.

Jangan naik pitam terlebih dahulu dan tetap berpikir positif.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 09 Rachel Goddar - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

 

Kolom komentar adalah sebuah kolom yang akan membuatmu semakin lebih baik dengan konten dan hasil video blog yang semakin kreatif.

Umpan balik tersedia buatmu melalui kolom ini, jadi jangan sampai kamu melewatkan setiap komentar dari para penontonmu yang meninggalkan pesan melalui kolom komentar.  

 

Vloggers Terkenal

Menjadi vloggers dengan meraup keuntungan dari setiap konten yang kamu posting dan mendapat banyak followers sangat memungkinkan di era milenial ini.

Gunakan tips di atas untuk menjadi vloggers terkenal dan menjaring para followers yang akan membuatmu semakin kaya raya.

Selain itu, kamupun perlu memperhatikan kondisi keuanganmu dan merencanakannya dengan baik. Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk umur 20 an di bawah ini secara GRATIS agar tujuan keuanganmu dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Menurutmu, materi apa yang sangat diinginkan oleh para penonton video blog saat ini? Berikan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga bisa membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalanmu yang ingin menjadi seorang vloggers. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sarah Pritzker. 23 Januari 2019. Budding YouTube Vloggers: 10 Tips to Grow Your Audience. Youtubetomp3shark.com – https://goo.gl/dR2TJt

 

Sumber Gambar:

  • Ria Ricis – https://goo.gl/ydo4p2
  • Ria SW – https://goo.gl/2qgpTH
  • Jurnal Risa – https://goo.gl/w2oPLC
  • Cyntia Saraswati – https://goo.gl/iqkuXU
  • Gritte Agatha – https://goo.gl/jRPYfS
  • Atta Halilintar – https://goo.gl/wBLvmZ
  • David Gadgetin – https://goo.gl/NLeWTF
  • Kekeyi – Tasya – https://goo.gl/ToUzc6
  • Rachel Goddar – https://goo.gl/o4aiDJ