Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik?

Penasaran bagaimana cara membuat beauty vlog YouTube terbaik? Sebenarnya banyak tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat channel beauty vlog semakin baik dan efektif. Mari kita lihat beberapa tips bagaimana cara membuat beauty vlog YouTube terbaik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

5 “Beauty Guru” Paling Berpengaruh pada Tahun 2016

Sebelum masuk lebih dalam dan mempelajari tips untuk membuat beauty vlog yang baik, mari kita lihat terlebih dahulu 5 “beauty guru” yang sudah sukses menguasai YouTube.

Beauty guru merupakan istilah beauty vlogger yang sudah profesional di bidangnya dan memiliki pengaruh besar di YouTube. Berdasarkan pilihan Fashionista, berikut merupakan 5 beauty guru paling berpengaruh pada tahun 2016:

 

Hasil pemilihan tersebut diperoleh berdasarkan beberapa pertimbangan berikut:

  1. Jumlah follower pada YouTube, Instagram, Facebook and Twitter, termasuk aktivitas website dan Snapchat.
  2. Pengembangan produk, yaitu produk original yang berhasil diciptakan karena pengaruhnya.
  3. Faktor identik yang membuat perusahaan tertarik mempromosikan produknya via beauty guru tersebut.
  4. Pencarian namanya pada Google, yaitu beauty guru dengan SEO yang optimal.

 

Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik 07 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?]

 

Tentunya kamu juga ingin seperti mereka bukan? Menjadi beauty guru memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun kamu bisa mengakalinya dengan mengambil tips-tips sukses dari para beauty guru ini.

 

Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik

Melalui artikel berikut, Finansialku akan memberitahukan beberapa tips cara membuat beauty vlog YouTube terbaik.

 

#1 Manfaatkan 10 Detik Pertama dalam Vlog

Penting untuk memanfaatkan 10 detik pertama dalam beauty vlog kamu, karena 10 detik awal tersebut yang akan memberikan kesan bagi viewers. Jika viewers tertarik, mereka akan melanjutkan menonton hingga selesai. Tetapi sebaliknya, mereka akan menutup video dengan mudahnya jika kamu gagal menarik perhatian mereka di awal.

Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger - finansialku 02

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

 

Tips terbaik dalam memanfaatkan 10 detik pertama adalah dengan memberi teaser menarik tentang apa yang akan kamu lakukan dalam video tersebut. Selain teaser, kamu juga bisa memberi penjelasan singkat mengenai apa yang bisa viewers harapkan dari beauty vlog tersebut.

Untuk contoh teaser dalam 10 detik pertama beauty vlog, mari kita lihat video berikut ini:

 

#2 Pancing Tindakan dari Viewers pada Akhir Vlog

Akhir vlog memiliki peran yang sama pentingnya dengan awal video. Jika kamu hanya mengatakan, “Terima kasih sudah menonton” maka tidak ada pancingan terhadap viewers akan apa yang selanjutnya dilakukan.

Kamu perlu memberikan kata-kata yang meminta tindakan selanjutnya dari viewer, sebagai contoh:

  • Berikan komentar dan saran di kolom komentar di bawah ini ya!
  • Untuk behind-the-scenes dan tips menarik lainnya, cek Instagramku
  • Punya ide tantangan menarik lainnya? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Siapa tahu ide kamu yang akan terpilih untuk vlog berikutnya!

Dengan memberikan pancingan, viewers yang tadinya malas atau malu memberikan komentar akan lebih tertarik untuk berinteraksi dengan kamu. Selain itu, ingatlah untuk selalu memberikan tanggapan atau shout out untuk komentar dan saran dari viewers ya!

 

#3 Melakukan Branding yang Kuat

Peran sebuah brand atau merek dalam produk atau jasa sangatlah penting. Misalkan sebuah smartphone Apple bisa dibanderol harga belasan juta rupiah, tetapi saat tulisan Apple-nya dihilangkan dan diganti merek lain, bisa saja harganya jatuh pesat.

Demikian halnya dengan channel YouTube kamu. Jika kamu membuat vlog tanpa branding yang kuat, viewers akan melupakan channel kamu dan tidak mengenali channel-mu.

Ampuh Ini Cara Membuat Vlog di Youtube untuk Pemula 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula]

 

Sesungguhnya kamu bisa melakukan branding yang kuat dengan mulai memberi perkenalan dalam intro vlog, sebutkan nama atau ciri khas channel-mu. Selain itu kamu juga bisa menyisipkan logo atau hashtag ala kamu pada video tersebut. Mudah bukan?

 

#4 Memberi Cuplikan atau Image Vlog Selanjutnya

Memang benar ada fitur untuk memutar video selanjutnya pada channel YouTube. Tetapi viewers akan lebih tertarik untuk melihat video rekomendasi langsung dari beauty guru tersebut lho. Misalnya, kamu bisa memberi cuplikan gambar atau teaser untuk video lain di channel YouTube-mu.

Selain itu, kamu juga bisa melampirkan YouTube card untuk menghubungkan video lain dalam videomu. Video memang tidak dapat langsung disiarkan secara otomatis, namun akan meningkatkan peluang viewers menonton lebih dari 1 video saja. Coba deh lihat contohnya di bawah ini:

Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik 08 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Dihindari Vlogger Baru pada Channel YouTube]

 

#5 Memberikan Informasi dalam Kolom Deskripsi

Salah satu kelebihan para beauty guru yang sukses adalah dengan ketekunannya dan komitmen mereka terhadap viewers. Salah satu contoh yang jelas terlihat adalah dengan adanya informasi yang sangat lengkap dalam kolom deskripsi mereka. Sebagai contoh adalah kolom deskripsi sebuah tutorial makeup berikut ini:

Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik 09a - Finansialku

Bagaimana Cara Membuat Beauty Vlog YouTube Terbaik 09b - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Komentar Dari Viewers pada Video Blog YouTube Kamu?]

 

Gambar ini merupakan kolom deskripsi dari beauty vlog Nikkie Tutorials yang menunjukkan video tutorial makeup Wonder Woman. Adapun isi kolom deskripsi mencakup:

  1. Penjelasan singkat dari Wonder Woman dan tutorial makeup yang akan dilakukan
  2. Kode diskon yang bisa digunakan untuk membeli produk kecantikan
  3. Keterangan dan link produk yang digunakan dalam tutorial
  4. Media sosial lain dari sang beauty guru
  5. Vlog lainnya yang bisa diakses dengan mudah
  6. Keterangan background music (BGM) yang digunakan
  7. Disclaimer terkait produk yang digunakan

Bagaimana? Sangat lengkap bukan? Terkadang kolom deskripsi ini sangat membantu viewers dalam mengidentifikasi produk yang menarik saat mereka menonton video, sehingga akan menjadi nilai tambah daripada beauty vlog lainnya.

 

BONUS: Tips Proses Filming Beauty Vlog

Selain cara-cara diatas, kamu juga perlu meningkatkan kualitas vlog kamu dari segi teknis lho. Dengan kata lain, perbaiki proses filming-nya. Penasaran apa saja tips ala beauty guru untuk menghasilkan beauty vlog berkelas? Cek tips berikut ini yuk:

Cara Cepat Mendapatkan 1.000 Viewer YouTube dalam Sehari 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Mendapatkan 1.000 Viewer YouTube dalam Sehari]

 

#1 Gunakan Alat Filming (Kamera, Microphone hingga Ring Light atau Pencahayaan) yang Tepat dan Berkualitas

Tentunya kamu tidak ingin vlog yang sudah direkam susah payah gelap atau suaranya tidak terdengar bukan? Pastikan kualitas video baik dengan perlengkapan filming yang sesuai.

 

#2 Gunakan Latar Belakang yang Kontras dan Desainnya Sederhana

Jika kamu tidak ingin latar belakang kamu menarik perhatian lebih banyak dari konten-mu, pastikan gunakan latar belakang yang sederhana dan mudah dilihat. Gunakan juga warna yang kontras dengan warna kulitmu agar video mudah dilihat.

 

#3 Melampirkan Behind the Scenes atau Bloopers

Entah mengapa viewers terkadang senang melihat vlogger dalam keadaan spontan alias tidak JAIM. Dengan memberikan cuplikan behind the scene atau bloopers, viewers dapat melihat diri kamu apa adanya dan dirimu dalam keadaan spontan atau informal.

 

#4 Kolaborasi dengan Beauty Guru atau Vlogger Lainnya

Untuk meningkatkan views atau jumlah subscriber, kamu juga bisa menambah luas target penonton dengan cara berkolaborasi saat filming. Kamu dan partner akan sama-sama diuntungkan karena bisa saling menyasar viewers masing-masing. Selain itu, dijamin vlog semakin ramai dan menarik dengan adanya kolaborasi.

 

#5 Hindari Video yang Terlalu Panjang dan Bertele-tele

Malas gak sih nonton video YouTube 1 jam lamanya? Kalau film sih menarik, tapi jika kamu membuat tutorial selama 1 jam sih terlalu bertele-tele dan diulang-ulang saja. Lebih baik buat video dengan durasi yang wajar dan edit secukupnya agar tidak membuat viewers bosan.

 

Kamu Juga Bisa Menjadi Beauty Guru!

Setelah mengetahui beberapa tips bagaimana cara membuat beauty vlog YouTube yang baik, sekarang kamu siap melangkah menjadi salah satu beauty guru.

Sebenarnya tips-tips di atas merupakan panduan, sehingga kamu bisa mengembangkan kreativitasmu tanpa batas. Cobalah menambah ilmu banyak-banyak mengenai kosmetik dan sering berlatih. Pasti kamu bisa sukses dengan cepat!

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai cara membuat beauty vlog YouTube terbaik YouTube lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu kamu, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vlog Nation. How to Make Great YouTube Beauty Vlogs for Your Channel. Vlognation.com – https://goo.gl/Yjoe63
  • Vlog Nation. Filming Tips for Beauty Vloggers on YouTube. Vlognation.com – https://goo.gl/4xj84A
  • Rachel Adler. 21 Desember 2016. BEAUTY: THE 21 MOST INFLUENTIAL BEAUTY VLOGGERS OF 2016 (A deep dive into the beauty YouTubers that helped change the game this year). Fashionista.com – https://goo.gl/tu7UGh

 

Sumber Gambar:

  • Beauty Vlogger – https://goo.gl/DjnkXx
  • Makeup and Laptop – https://goo.gl/GLx4hp
  • Dulce Candy – https://goo.gl/cH2p6h
  • Patrick Starrr – https://goo.gl/fzHcAX
  • Carli Bybel – https://goo.gl/bruF2j
  • Nikkie Tutorials – https://goo.gl/q798iH
  • Jaclyn Hill – https://goo.gl/xbBfRT
  • Makeup Tutorials – https://goo.gl/LNQwys
  • Foundation – https://goo.gl/5bXJoS

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-08-10T07:19:03+00:00August 9th, 2017|Categories: Blog|Tags: , , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment