Apakah sebagai mahasiswa sudah perlu mulai investasi?

Kamu tidak akan pernah menang jika kamu tidak pernah memulai, ini kata-kata yang dikutip dari ucapan Helen Rowland.

So, buat kita yang masih muda, ayo kita mulai melakukan investasi sejak dini. Mari kita menangkan kebebasan finansial sejak dari muda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tips Mudah Buat Mahasiswa yang Mau Mulai Investasi

Investor ternama dunia, Warren Buffet, adalah contoh nyata dari keberanian membangun bisnis alih-alih tetap menyimpan uang dalam jangka waktu panjang. Buffet memutuskan berhenti dari pekerjaannya pada 1955 karena berencana untuk pensiun.

Bujukan lima orang dari teman dan keluarga akhirnya membuat Buffet muda memutuskan untuk membentuk kerja sama. Pada akhirnya, dia mampu mendulang kekayaan hingga US$53,5 miliar.

Buffet memang melakukan aktivitas menabung. Tetapi, tabungan yang dia miliki lantas digunakan untuk berinvestasi.

Dia pernah menyimpan sebagian besar penghasilannya dari pekerjaan seperti loper koran, untuk kemudian digunakan dalam berinvestasi saham yang menguntungkan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Buffet benar-benar menyadari bahwa investasi memberinya “penghasilan lebih” dibandingkan hanya dengan menabung.

Menabung memang baik. Setidaknya, ini dapat menjadi jaminan untuk hari tua atau juga bisa berperan sebagai dana darurat. Tetapi bagi orang kaya, aktivitas menabung jauh kalah penting daripada investasi.

Mereka tidak menyimpan uang, melainkan menjadikannya kesempatan menghasilkan uang lebih banyak lagi. Investasi dan bisnis merupakan pilihan mereka dibandingkan tabungan hari tua.

Nah, berikut adalah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai melakukan investasi:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#1 Belajar Sebanyak yang Anda Bisa

Anda dapat memperoleh pengetahuan dan teknik investasi hanya dengan membaca buku-buku dan artikel mengenai investasi. Zig Ziglar pernah berkata:

“Orang miskin memiliki TV besar, orang kaya memiliki perpustakaan besar.”

 

Bagi orang kaya, wawasan sangat dibutuhkan untuk ia dapat menghadirkan pemasukan. Banyak miliarder mungkin bukanlah lulusan sarjana, tetapi mereka tidak pernah meremehkan pentingnya pendidikan dan pengetahuan.

Mereka terus men-upgrade diri dengan pengetahuan yang sekiranya dapat membantu mereka mencapai tujuan.

Anda juga perlu mengenali diri Anda. Kepribadian Anda dan dana yang tersedia adalah dua faktor yang paling penting yang menentukan “toleransi risiko Anda”.

Jika Anda ingin mengambil risiko, kemungkinan mendapatkan keuntungan besar mungkin bisa melebihi ketakutan Anda kehilangan uang.

Tips Buat Mahasiswa Investasi 02 Belajar - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Tiru Langkah dan Strategi Bebas Finansial untuk Mahasiswa!]

 

Jika Anda menghindari risiko, Anda harus melakukan perhitungan yang serius mengenai jumlah yang dapat Anda tanggung.

Misalnya jika Anda dapat menanggung lebih banyak risiko dan menginvestasikan uang Anda untuk jangka waktu yang lama, Anda dapat mencoba investasi dalam reksa dana. Dana ini terdiri dari berbagai efek seperti obligasi, saham dan komoditas.

 

#2 Hilangkan Ketakutan

Hilangkan image bahwa investasi hanya untuk orang kaya. Anda harus bisa memulai sejak sekarang untuk memulai investasi Anda. Thomas Alfa Edison pernah berkata:

“Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara paling pasti untuk sukses adalah mencoba sekali lagi.”

 

Setiap penemuan ilmuwan yang bisa kita nikmati sekarang adalah hasil puluhan atau bahkan ratusan percobaan yang jarang berhasil di awal. Untuk kita yang masih muda, why not kita terus berusaha dan berusaha lagi sampai kita mendapatkan kesuksesan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

 

#3 Menghilangkan Utang yang Memiliki Bunga Tinggi

Utang merupakan hal pertama yang harus dilunasi sebelum Anda membuat investasi. Terutama untuk utang yang memiliki tingkat bunga yang tinggi.

Anda berisiko untuk memperburuk kondisi keuangan Anda saat Anda melakukan investasi dengan masih memiliki pinjaman berbunga tinggi.

Utang memang bisa menjadi sebuah pengungkit untuk membangun aset Anda. Tetapi apabila utang ini digunakan untuk yang keperluan produktif dan bukan untuk keperluan konsumtif. Seperti persamaan akuntansi yaitu Aset = Utang + Modal.

Apabila Anda terlalu berani dalam berhutang dan tidak memperhitungkan dengan tepat risikonya maka bersiaplah dengan kebangkrutan.

Tips Buat Mahasiswa Investasi 03 Investasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Temukan Gimana Cara Investasi untuk Mahasiswa Jaman Now]

 

Sebagai contoh misalnya Anda memiliki aset sebesar Rp100.000.000, modal Anda sebesar Rp10.000.000, berarti utang Anda sebesar Rp90.000.000 dengan bunga 1.5% per bulan, artinya Rp1.350.000 per bulan.

Bisa dibayangkan jika ternyata bisnis Anda tidak berjalan selama 10 bulan atau belum menghasilkan laba, maka selain cash flow terganggu, modal Anda yang Rp10.000.000 juga terpakai untuk membayar biaya bunga.

Jika selama 10 bulan maka biaya bunga sudah mencapai Rp13.500.000. Artinya Anda sudah menghabiskan semua modal Anda, bahkan minus Rp3.500.000.

 

#4 Pilih Perusahaan Sekuritas/Broker yang Baik

Jika Anda benar-benar ingin membuat investasi, Anda harus membuat akun dalam perusahaan sekuritas. Saat ini sudah banyak sekali kampus yang bekerja sama dengan sekuritas-sekuritas terbaik dengan membuat pojok bursa di kampus.

Sehingga Anda bisa dengan mudah membuat akun dan juga bisa memulai investasi dengan modal yang rendah tentunya.

Anda juga memilih dengan cara online. Saat ini dengan teknologi Anda pun bisa dimudahkan untuk membuat akun pada sekuritas.

 

#5 Diversifikasi Portofolio Anda

Investasi semua dana dalam suatu perusahaan dapat mengakibatkan bencana keuangan. Pertimbangkan memasukkan uang Anda di berbagai industri dan berbagai jenis investasi. Strategi ini disebut sebagai “diversifikasi portofolio”.

Bahkan jika Anda berpikir investasi adalah “sure thing” maka jangan pernah menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang. Portofolio yang terdiversifikasi sangat dianjurkan.

Tips Buat Mahasiswa Investasi 04 Investasi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Reksa Dana Syariah, Potensi Investasi yang Memiliki Peluang untuk Terus Meningkat]

 

#6 Tetapkan Target Keuangan Jangka Panjang

Milikilah perencanaan jangka panjang. Buat tujuan-tujuan keuangan Anda untuk masa depan misalnya seperti dana pendidikan, dana pensiun, dana liburan, dana pembelian rumah, dana tabungan, dan sebagainya.

Ketika Anda sudah memiliki target, maka Anda akan dapat fokus mengatur keuangan dan meminimalisir pemborosan. Target ini memberi Anda motivasi untuk melakukan apa yang perlu dan membuang apa yang tidak perlu. 

Wajar seorang investor pemula berharap datangnya sebuah keuntungan dengan cepat ketika berinvestasi.

Maka, wajar pula jika mereka cenderung panik, ketika dalam jangka waktu tertentu tak ada perkembangan signifikan terkait keuntungan dari dana investasi yang mereka keluarkan.

Melihat kenyataan itu, banyak dari mereka yang mudah menyerah dan memilih untuk berhenti di tengah jalan. Maka selagi muda jangan pernah menyerah untuk mencoba.

 

Mulailah Melakukan Investasi Sejak Sekarang

Investasi dapat memberikan kita penghasilan lebih di kemudian hari. Banyak sekali jenis-jenis investasi yang menguntungkan. Karena itu kita harus mulai belajar untuk melakukan investasi sedini mungkin.

Tidak berarti jika Anda adalah seorang mahasiswa maka Anda belum waktunya untuk memikirkan investasi. Investasi bisa dimulai sejak sekarang saat Anda masih duduk di bangku kuliah.

 

Apakah Anda sudah berpikir untuk mulai melakukan investasi? Investasi apa yang kira-kira paling tepat untuk Anda? Bagikan pendapat dan komentar Anda pada kolom dibawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada orang lain di sekitar Anda. Marilah mulai berinvestasi sedini mungkin!

 

Sumber Referensi:

  • Latisha Styles. 13 Februari 2018. How Can a College Student Invest? Easy Tips. Youngfinances.com – https://goo.gl/SsKAYQ

 

Sumber Gambar:

  • Investasi 1 – https://goo.gl/trnKTR
  • Belajar – https://goo.gl/NFHK68
  • Investasi 2 – https://goo.gl/Tt2Tve
  • Investasi 3 – https://goo.gl/LRmeHD
Summary
Tips Mudah Buat Mahasiswa yang Mau Mulai Investasi
Article Name
Tips Mudah Buat Mahasiswa yang Mau Mulai Investasi
Description
Apakah sebagai mahasiswa sudah perlu mulai investasi? Kamu tidak akan pernah menang jika kamu tidak pernah memulai, ini ucapan Helen Rowland.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo