Bisnis sampingan atau freelance merupakan salah satu jenis bisnis yang fleksibel dan tidak menyita banyak waktu, tetapi bagaimana tips sukses freelance agar cepat jadi orang kaya?

Yuk simak 10 tips sukses freelance supaya cepat jadi orang kaya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Freelance: Apa bisa Jadi Orang Kaya?

Banyak alasan mengapa para pekerja tetap kerap kali menghindari usaha sampingan, salah satunya adalah karena kemungkinannya untuk gagal cukup besar.

Sebuah studi membuktikan bahwa 8% bisnis cenderung gagal pada 2 tahun pertama sejak dibuka.

Selain itu, saat Anda memilih untuk menjadi freelancer, maka secara otomatis Anda kehilangan penghasilan tetap per bulannya, karena pendapatan freelance bisa berubah-ubah.

Dengan demikian banyak yang bertanya-tanya ‘apakah mungkin jadi orang kaya sebagai seorang freelancer?’.

Untuk melihat jawabannya, terlebih dahulu kami mengajak Anda melihat apa sih kelebihan dan kekurangan dari menjadi freelancer ini. Yuk kita simak bersama:

KelebihanKekurangan

Adanya Kebebasan
Teknologi modern memungkinkan Anda untuk menjalankan pekerjaan di mana saja tanpa repot. Kebebasan ini adalah salah satu keuntungan yang sangat jelas dari bekerja freelance. Anda tidak terikat jam kerja dan ruang kantor.

Penghasilan Tidak Menentu
Jika sebelumnya dikatakan pekerjaan freelance yang fleksibel berpotensi memberikan penghasilan lebih besar, namun bisa terjadi juga skenario terburuknya.
Betul sekali, namanya freelancer pasti akan dihadapkan pada suasana dimana pekerjaan dan proyek yang dikerjakan sedang surut.
Potensi Perkembangannya Sangat Tinggi
Menjadi freelance merupakan cara mudah dan tercepat dalam memperoleh kesuksesan. Perkembangannya yang tumbuh secara eksponensial mungkin terjadi akibat sistem yang mendukungnya secara sempurna.
Tidak Memperoleh Fasilitas Perusahaan
Kerugian kedua dari bekerja freelance adalah Anda tidak terikat pada perusahaan manapun, sehingga Anda juga tidak akan memperoleh fasilitas karyawan yang biasanya diberikan oleh perusahaan.
Fleksibel
Bekerja freelance artinya Anda tidak terikat pada satu majikan saja, jadi kelebihan utamanya tentu Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih besar daripada karyawan biasa tergantung seberapa banyak pekerjaan yang diambil
Harus Mempromosikan Diri Sendiri
Mempromosikan diri adalah hal yang krusial dalam meningkatkan reputasi freelance.
Banyak Pengalaman dan Networking
Dengan bekerja freelance, artinya Anda akan bekerja untuk beberapa klien atau perusahaan sekaligus. Dengan demikian, Anda memperoleh pengalaman jauh lebih banyak dibandingkan saat bekerja penuh waktu untuk satu perusahaan.
 
Menjadi Bos Atas Diri Sendiri
Kelebihan lainnya dari bekerja freelance adalah Anda tidak memiliki atasan langsung, jadi disini Andalah bosnya.
 

 

Melihat pembahasan di atas, satu ironi yang terjadi saat menjadi freelance adalah kemungkinan Anda memiliki penghasilan lebih banyak saat bekerja lebih atau justru dihadapkan pada suasana dimana pekerjaan dan proyek yang dikerjakan sedang surut.

Jadi saat ditanya apakah mungkin freelance jadi orang kaya, jawabannya adalah MUNGKIN. Semuanya tergantung bagaimana Anda mengelola pekerjaan Anda agar dapat menghasilkan keuntungan.

Nah, lalu bagaimana tips sukses freelance supaya cepat jadi orang kaya? Yuk lanjut ke poin berikutnya.

 

10 Tips Sukses Freelance supaya Cepat jadi Orang Kaya

Kesimpulannya, freelance pun bisa jadi orang kaya. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa freelance memiliki potensi perkembangan sangat tinggi sehingga menjadi salah satu cara terefektif untuk meraih kebebasan keuangan.

Sayangnya, tidak sembarangan freelance bisa meraih hal ini. Anda perlu mengupayakan 10 tips suksesnya berikut ini agar peluang jadi orang kaya meningkat. Apa saja tips suksesnya?

 

#1 Mengatur Keuangan

Pengaturan keuangan menjadi hal yang sangat vital bagi seorang freelancer. Tanpa adanya penghasilan rutin, tunjangan kesehatan atau dana pensiun, freelancer diharuskan untuk menghindari pemborosan yang biasanya dilakukan.

Tahukah Anda bahwa 40% dari freelancer gagal mempersiapkan dana pensiunnya?

Meningkatkan Hidup Sebagai Freelance 04 Memilih Pekerjaan - Finansialku

[Baca Juga: Patut Ditiru! Begini Cara Freelance Menyiapkan Dana Pensiun]

 

Alasan utamanya adalah kurangnya pemasukan, jumlah pemasukan yang tidak dapat diprediksi, serta beban tanggungan dana pensiun pasangan.

Situasi ini tentu saja sangat memprihatinkan. Untungnya, ada pengaturan keuangan yang bisa membantu freelancer menemukan arah menuju kestabilan keuangan.

Yuk mulai atur keuangan Anda, misalnya saja dengan aplikasi Finansialku.

Dengan aplikasi Finansialku, Anda bisa mulai mencatat pengeluaran dan pemasukan, membuat anggaran, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda pengguna baru, silahkan download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau klik tautan berikut ini:

 

#2 Mengeluarkan Uang untuk Meningkatkan Kekuatan Pemasukan

Mungkin Anda bingung, masa mengeluarkan uang bisa meningkatkan kekuatan pemasukan?

Pepatah bijak mengatakan bahwa jika Anda tidak punya uang di bank, maka Anda perlu menabung hingga setidaknya memiliki dana darurat.

Masalahnya adalah banyak freelancer yang gagal memperoleh pemasukan yang cukup untuk menabung sedikitpun.

Jika masih harus membayar biaya hidup dan biaya sewa serta cicilan, menabung seolah mustahil bagi mereka.

Pekerja Freelance Ini Cara Negosiasi dengan Klien Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ramuan Ajaib ini Bikin Para Freelance Punya Pola Pikir Orang Sukses]

 

Satu-satunya cara untuk mengubahnya adalah dengan menghabiskan uang untuk hal-hal yang justru bisa meningkatkan kekuatan pemasukan Anda.

Artinya berinvestasi dalam training, kursus untuk mengembangkan diri, atau iklan demi pengembangan bisnis.

Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa investasi ini perlu dilakukan dengan tujuan yang jelas di kepala Anda. Karena investasi ini juga membutuhkan komitmen. Jangan sampai Anda malah menghabiskan uang tanpa hasil nyata.

 

#3 Mengurangi Pengeluaran

Jika Anda belum pernah membuat anggaran sebelumnya, kini saatnya Anda memulainya! Membuat anggaran menjadi cara untuk berhemat dengan mengetahui kemana saja uang Anda harus dialokasikan dan berapa jumlahnya.

Kemudian Anda bisa menemukan celah-celah yang bisa dihemat tanpa menyengsarakan diri sendiri.

Dengan demikian Anda bisa memilih untuk mengeliminasi pengeluaran yang memang tidak bermanfaat.

5 Cara Menghasilkan Uang Untuk Karier Freelance Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Faktor Pendukung Kesejahteraan Freelancer, Kamu Sudah Punya?]

 

#4 Meningkatkan Penghasilan

Pernahkah Anda berhemat dan terus berhemat tapi masih tidak memiliki uang lebih? Mungkin itu artinya memang pemasukan Anda tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan, meski semuanya sudah dihemat sedemikian rupa.

Saya sendiri pernah mengalaminya, dan saat itu terjadi saya berpikir bagaimana solusinya. Ternyata gampang saja, saat penghasilan tidak mampu memenuhi pengeluaran setelah dihemat, maka kini saatnya menambah penghasilan.

Saya kemudian memutuskan untuk mencari usaha sampingan baru yang fleksibel dan tidak mengganggu pekerjaan freelance saya.

Hasilnya: saya berhasil memiliki uang lebih bukan hanya untuk menambah tabungan, tetapi juga untuk berinvestasi.

 

#5 Manfaatkan Pendapatan dengan Baik

Apakah Anda baru saja memperoleh bonus atau mungkin mendapat pendapatan tambahan dari pekerjaan freelance Anda? Maka Anda bisa mempertimbangkannya untuk membiayai karier freelance Anda.

Apabila Anda merasa bersalah karena menggunakan uang tersebut, Anda bisa mencicil untuk mengembalikan uang ke diri Anda sendiri.

Tetapi benefit yang tentunya bisa Anda rasakan adalah Anda tidak perlu berutang kepada orang lain, dan tidak ada BUNGA yang berlaku.

Cara Mudah Cek Kesehatan Keuangan Freelance 02 Freelance 2 - Finansialku

[Baca Juga: Freelance vs Kantoran, Kerja Mana yang Cocok untuk Kamu?]

 

#6 Harus Mempromosikan Diri Sendiri

Apakah Anda tipe orang yang mengerjakan proyek atau pekerjaan dengan serius, dan begitu selesai maka Anda juga merasa selesai dan melanjutkan pekerjaan selanjutnya?

Tidak banyak orang yang akan mengetahui hasil kerja Anda jika Anda tak meluangkan waktu untuk mempromosikannya. Mempromosikan diri adalah hal yang krusial dalam meningkatkan reputasi freelance.

Sekarang coba bayangkan apabila seseorang membuat produk sepatu yang sangat bagus, namun tak ada satupun orang yang mengetahui keberadaannya karena tidak adanya pemasaran.

Bagaimana sepatu itu bisa laku?

Tidak peduli seberapa bagus kualitasnya, tidak akan ada yang membeli jika mereka tidak mengenalnya.

Dengan demikian kuncinya adalah selalu meng-update portofolio dan mencari cara untuk menyampaikannya. Anda bisa menggunakan banyak media digital seperti contohnya:

  1. Media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya)
  2. Membuat blog atau vlog (Blogspot, Youtube, dan sebagainya)
  3. Membuat situs bisnis sendiri.

 

#7 Berinvestasi

Hari gini belum berinvestasi? Ingat, sebagai freelancer masa depan Anda bergantung pada diri sendiri. Satu cara yang bisa Anda upayakan demi masa depan lebih baik adalah dengan INVESTASI.

Jenis investasi sangatlah beragam dan bisa disesuaikan dengan karakteristik Anda.  Ragam investasi biasa dinilai berdasarkan potensi profit dan risikonya, seperti tergambarkan berikut ini:

10 Tips Sukses Freelance Supaya Cepat Jadi Orang Kaya 02 - Finansialku

Potensi Profit vs Potensi Risiko

 

Pilih yang sesuai dengan preferensi Anda, misalnya saja saat Anda membutuhkan modal untuk kerja freelance, pilih yang imbal hasilnya tinggi.

Namun saat Anda mulai memiliki uang dingin hasil kerja freelance dan mulai menabung dana pensiun, simpan di instrumen yang risikonya rendah agar aman.

Jika Anda tertarik untuk mulai berinvestasi, tidak ada salahnya Anda memulainya dengan berinvestasi Reksadana, Anda bisa mempelajarinya melalui ebook dari Finansialku di bawah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#8 Miliki Dana Darurat

Hari gini belum punya dana darurat? Hati-hati, hal ini bisa berbahaya bagi Anda.

Salah satu tips jitu dalam bekerja freelance adalah mengurangi risiko. Bagaimana caranya?

Dalam kondisi pemasukan yang tidak menentu, penting untuk selalu memiliki dana darurat sesuai kebutuhan Anda.

Sesuai namanya, dana darurat merupakan sejumlah dana yang perlu disiapkan untuk menghadapi keadaan yang darurat, misalnya saat terjadi kehilangan kontrak, sakit, kecelakaan, dan lain-lain.

Jadi, Anda sudah meminimalkan risiko dan menjamin masa depan yang lebih baik meski pendapatan Anda tidak menentu.

 

#9 Lunasi Utang-utang Konsumtif dan Jangan Menambah Utang Konsumtif Baru

Akibat perekonomian yang semakin sulit, kredit atau utang dijadikan solusi bagi kebutuhan hidup. Tetapi inilah salah satu kesalahan besar yang umum dilakukan walau kamu tahu ini salah.

Utang memiliki dampak buruk bagi siapapun, dan jika tidak diatur dengan baik akan semakin menumpuk. Pada akhirnya, utang merupakan musuh terbesar financial freedom.

Terlebih jika utang tersebut merupakan utang konsumtif. STOP utang konsumtif mulai sekarang, dan jangan pernah menambah utang konsumtif baru.

Para Freelance, WAJIB PAHAM Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Tahun Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Galau Lagi! Tips Keuangan Freelance Milenial Khusus Buat Kamu!]

 

#10 Pikirkan Faktor Proteksi

Memikirkan kehidupan memang cukup sulit, oleh karena itulah banyak yang menolak untuk mempersiapkan masa depannya. Mayoritas orang cenderung hanya memikirkan hari ini, tanpa peduli apa yang akan terjadi kelak.

Tetapi sayangnya hal ini sangatlah berisiko.

Sebagai contoh, bayangkan apabila Anda belum memiliki asuransi kesehatan, dan Anda belum punya dana darurat. Kemudian suatu hari Anda sakit parah sehingga membutuhkan banyak biaya. Bagaimana solusinya?

Kemungkinan besar Anda akan berusaha meminjam atau berutang.

Mulailah untuk mempertimbangkan untuk membeli asuransi, terlebih jika Anda memiliki tanggungan.

DAN belilah asuransi dengan jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan. Dengan demikian Anda bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, banyak freelancer yang melakukan hal salah dalam mengatur keuangannya. Misalnya saja mereka yang menghemat sampai sengsara atau menyimpan tabungan tunai namun malah habis dibelanjakan.

Padahal, menjadi kaya sebagai freelancer bukan dengan cara seperti itu.

Bagaimanapun kasusnya, cara terbaik memperlakukan uang adalah dengan mengaturnya sedemikian rupa agar Anda bisa tetap menabung dan berinvestasi meski pemasukan tidak tetap.

Yuk jadikan karir freelance Anda cara untuk menjadi orang kaya.

Tidak ada yang tidak mungkin, wujudkan mimpi Anda dengan membaca buku dari Melvin Mumpuni CFP, CEO Finansialku berikut ini:

MAKE A PLAN!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan terkait 10 tips sukses freelance supaya cepat jadi orang kaya lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda juga ya! Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Maret 2017. 23 Keuntungan dan Kerugian Kerja Freelance. Jurnalweb.com – http://bit.ly/2TiLpAW
  • Jen Hubley Luckwaldt. 14 Desember 2016. Job Searching: 5 Ways to Find Start-Up Money for Your Freelance Career. Thebalance.com – Thebalance.com – http://bit.ly/2luk81Z
  • Abdullahi Muhammed. 31 Januari 2018. These Counterintuitive Money Management Strategies For Freelancers Really Work. Forbes.com – http://bit.ly/2n9Ozef

 

Sumber Gambar:

  • Tips Sukses Freelance – http://bit.ly/2lybwHR