Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap orang, apalagi jika kamu sudah lama mengontrak atau tinggal bersama orang tua. Ikuti cara ini, agar kamu bisa segera memiliki rumah!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Alasan Orang Siapkan DP Rumah

Bisa dibilang memiliki rumah sendiri adalah satu hal yang sangat diimpikan oleh setiap orang, apalagi jika kamu dan pasangan kamu sudah sangat lama tinggal di kontrakan atau di ‘Pondok Indah Mertua’ alias rumah mertua.

Harga rumah saat ini tidaklah murah, apalagi jika kamu menginginkan rumah yang berlokasi di tengah kota, mudah diakses, bisa dilewati kendaraan roda empat, dan berlokasi di sebuah komplek atau cluster. Harga rumah dengan klasifikasi seperti itu pasti mahal.

Di Kota Bandung sendiri harga tanah saat ini sedang meroket. Untuk 1m2 saja tanah di pinggir jalan kecil bisa mencapai belasan juta.

Tips-Terbaik-Siapkan-Dana-DP-Rumah-2-Finansialku

[Baca Juga: Punya Rumah Sendiri Jadi Kenyataan! Ini Strategi Kredit Rumah Murah]

 

Sementara untuk tanah berlokasi dipinggir jalan protokol atau jalan besar harganya bisa di atas Rp30 juta per m2. Harganya variatif tergantung letak dan kebijakan pemilik lahan.

Cukup mahal bukan? Oleh karena itu, biasanya orang membeli rumah dengan sistem cicilan.  Setelah menimbang dan memutuskan untuk membeli rumah, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan dana untuk DP (Down Payment) rumah pertamamu.

Tahapan ini sangat penting karena dapat memengaruhi keadaan finansial kamu di masa depan.

Sebelum membaca tipsnya, kamu bisa coba simulasikan perhitungan    dana membeli rumah menggunakan fitur Perencanaan Dana Membeli Rumah di Aplikasi Finansialku.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghitung biaya DP rumah dengan mempertimbangkan inflasi serta berapa jumlah uang yang harus Anda investasikan setiap bulannya.

Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

6 Tips Ini Akan Mempermudah Kamu Menyiapkan DP Rumah

Tips menyiapkan dana DP rumah ini akan bantu kamu agar lebih mudah dalam mempersiapkan uang untuk membeli rumah.

Berikut adalah beberapa panduan mudah menyiapkan dana DP rumah yang mudah untuk di praktikkan, sehingga target untuk punya rumah sendiri segera menjadi kenyataan.

 

#1 Mantapkan Niat Untuk Membeli Rumah

Setiap hal pasti diawali dengan niat, niat dan tekad yang kuat akan memotivasi kamu dalam mewujudkan tujuan itu.

Dalam mewujudkan keinginan memiliki rumah, jangan sampai terbesit sedikitpun rasa tidak percaya diri dan pemikiran jika kamu tidak akan memiliki rumah. Kenapa? Karena hal-hal tersebut hanya akan menghambat niat kamu.

Kabar Gembira Uang Muka Kredit Rumah Tidak Lagi 30% - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Wujudkan Kepemilikan Rumah Minimalis Sederhana dengan Aplikasi Finansialku]

 

#2 Tentukan Target

Jumlah DP sebuah rumah umumnya sebesar 20% dari harga rumahnya. Jadi jika harga rumah yang akan kamu beli senilai Rp800 juta maka DP yang harus kamu siapkan berkisar Rp160 juta.

Saat ini ada beberapa sistem yang memudahkan kamu untuk membeli rumah, salah satunya DP yang dapat dicicil atau tanda jadi yang nilainya lebih kecil dari itu. Tapi itu tergantung kebijakan pengembang ya. Tidak semua pengembang menawarkan sistem yang sama.

Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, jika kamu sudah menentukan target berapa yang harus dikumpulkan maka menabung akan menjadi lebih mudah.

 

#3 Kurangi Budget Tempat Tinggal Saat ini

Di mana sekarang kamu tinggal? Apartemen, kontrakan, atau kosan? Yang jelas bisa jadi saat ini kamu menyewa tempat tinggal yang terlalu mahal.

Dalam rangka menyiapkan dana untuk DP rumah pertama Anda, jangan ragu untuk pindah sementara ke tempat tinggal dengan biaya sewa yang lebih murah.

Walaupun kurang nyaman, namun tidak ada salahnya untuk bersusah dahulu sebelum akhirnya bersenang-senang, punya rumah sendiri di kemudian hari.

Gaji Rp5 Juta Ingin Memiliki Apartemen, Bagaimana Caranya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Supaya Untung Saat Membeli Rumah Lelang, Baca Dulu Strateginya!]

 

#4 Buat Rekening Khusus Untuk DP Rumah

Ada baiknya kamu memisahkan rekening tabungan untuk DP rumah dengan rekening untuk pengeluaran sehari-hari agar uang yang sudah terkumpul untuk DP rumah tidak tercampur dan bisa dihitung secara pasti.

Pastikan uang di rekening tersebut tidak kamu gunakan sama sekali selain untuk urusan rumah. Lebih baik lagi jika kamu memiliki simpanan darurat di rekening yang berbeda.

 

#5 Hemat Uang untuk Urusan yang Tidak Terlalu Penting

Jika kamu benar-benar serius mengumpulkan uang dalam jumlah besar untuk DP rumah, kamu meningkatkan jumlah pendapatan atau memotong beberapa pengeluaran yang dirasa bukan tidak terlalu penting.

Walaupun akan terasa memberatkan, kamu akan menjadi lebih kreatif dalam menghabiskan waktu yang menyenangkan tanpa harus menghabiskan uang.

 

#6 Berinvestasi untuk Beli Rumah

Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda lakukan untuk mengumpulkan DP rumah. Untuk memilih instrumen investasi yang paling tepat, Anda perlu menentukan berapa lama lagi DP rumah harus terkumpul. Apakah dalam jangka panjang atau jangka pendek? Untuk jangka panjang, Anda bisa memilih investasi saham, obligasi, deposito, dan masih banyak lagi.

Investasi reksa dana juga bisa menjadi kendaraan bagi Anda untuk mengumpulkan DP rumah, lho! Penasaran dengan investasi yang satu ini? Langsung saja pelajari jenis investasi ini lewat ebook gratis dari Finansialku berikut:

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Sudah Siap untuk Bayar DP Rumah?

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap merencanakan DP rumah untuk membeli rumah impian Anda?

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan dana untuk membeli rumah.

Jika Anda merasakan manfaatnya, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat yang juga sedang kebingungan mempersiapkan dana untuk membeli rumah. Dengan demikian, Anda dan kerabat bisa sama-sama membeli hunian idaman.

 

Itu adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan di kehidupan kamu agar bisa cepat memiliki rumah sendiri, jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar yang telah disediakan.

 

Sumber Referensi:

  • Wahyu Ardianto. 25 April 2018. Panduan Mudah Menyiapkan Dana DP Rumah. Liputan6.com – https://goo.gl/xA4UzF

 

Sumber Gambar:

  • DP Rumah – https://goo.gl/eJBmcY
  • DP Rumah 2 – https://goo.gl/CMkcMf