Tahukah kamu bahwa program studi ini ditempuh oleh 5 tokoh inspirasi Indonesia? Mereka memutuskan untuk memilih program studi tersebut.

Apa saja program studi dan siapa saja tokoh inspirasi Indonesia? Mari simak artikel berikut ini.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Tunaiku

 

Dilema Menentukan Program Studi

Memilih program studi atau jurusan akan direlung oleh segala dilematisasi.

Dalam hal ini, dengan sepenuhnya kamu harus mengikuti kata hati dan keinginan kamu. Walaupun dalam proses ini, orangtua dan lingkungan sangat berpengaruh juga dalam menentukan untuk memilih program studi.

Kamu pasti bingung, setelah lulus SMA kamu dihadapkan dengan posisi ingin menikmati liburan dan menikmati waktu kelulusan. Namun di sisi lain, kamu harus segera mempersiapkan diri untuk menentukan program studi kuliah nanti.

Gunakan waktu sebijaksana mungkin, cobalah mulai diskusikan apa yang kamu inginkan sebelum benar-benar memilih.

Cari tips sebanyak-banyaknya di luar sana untuk menuntun kamu mengenali diri lebih dalam, mulai dari bakat dan tips lain yang berguna untukmu.

Program Studi Ini Di Tempuh Oleh 5 Tokoh Inspirasi Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Mahasiswa Mengikuti Pelatihan Perencana Keuangan Pribadi]

 

Memilih program studi bisa dibilang adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup. Pada fase inilah, kamu menciptakan minat, bakat, pilihan karier dan langkah kesuksesan hidup.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin jangan anggap enteng program studi apa yang hendak kamu pilih.

Apa sih alasanmu saat menentukan program studi?

Apakah sudah jadi cita-cita dari kecil, mengikuti saran orangtua dan lingkungan sekitar, atau bahkan terinspirasi dari tokoh-tokoh sukses di Indonesia?

Tidak ada salahnya jika pilih program studi kuliah karena terinspirasi dari tokoh-tokoh sukses di Indonesia. Karena toh sudah terbukti kan kesuksesan mereka?

Asalkan kamu terinspirasi dengan kerja keras mereka, pasti bisa menyamai kesuksesan mereka.

Oleh karena itu, mari kita mengenal jurusan kuliah yang ditempuh 5 tokoh sukses di Indonesia. Semoga kamu terinspirasi!

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

5 Tokoh Inspirasi Dan Program Studinya

Kami mencoba untuk memberikan informasi program studi apa yang dipilih 5 tokoh inspirasi Indonesia ini, berikut penjelasannya!

 

#1 Program Studi Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo berasal dari keluarga sederhana. Bahkan, rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali, ketika dia masih kecil.

Tetapi ia mampu menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Program studi atau jurusan yang dipilih oleh Presiden Jokowi yaitu Teknologi Kayu. Program studinya ini membawa Jokowi bekerja dan terus mengasah pengetahuannya tentang kayu semasa bekerja di PT Kertas Kraft Aceh.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Checklist Keuangan untuk Mahasiswa! Bagaimana Dengan Kamu?]

 

Setelah memiliki banyak modal pengetahuan tentang perkayuan. Presiden Jokowi mencoba peruntungan dengan berbisnis furniture (meubel). Jokowi mendirikan CV Rakabu, bisnis ini telah ia geluti selama belasan tahun.

Jokowi dikenal masyarakat sebagai salah seorang entrepreneur yang berhasil.

Kesuksesan ini menjadi pintu gerbang baginya untuk masuk dan berkecimpung dalam dunia politik, hingga akhirnya ia memenangkan perhelatan pemilu Walikota di Solo, Pilgub DKI,  Pilpres tahun 2014, dan sampai saat ini menjabat sebagai seorang Presiden.

 

#2 Program Studi Bapak Teknologi, B.J. Habibie

Semua orang pasti mengenal B.J. Habibie, beliau adalah bapak bangsa yang memiliki peran sangat penting dalam kemajuan teknologi di Indonesia.

B.J. Habibie menunjukkan cintanya di dunia teknologi dirgantara dengan mengambil jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik ITB.

Selang setahun, ia berkesempatan terbang ke Aachen, Jerman untuk menjadi mahasiswa Studi Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang di RWTH Aachen University.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Simak Hal Penting Ini Sebelum Investasi Emas untuk Mahasiswa!]

 

Sepuluh tahun kemudian, beliau lulus sebagai doktor teknik dengan predikat summa cumlaude.

Tahun 1965, Habibie memulai kariernya di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, perusahaan penerbangan di Hamburg, Jerman hingga mencapai puncak karier sebagai Direktur Teknologi.

Pada tahun 1978, beliau akhirnya resmi pulang ke tanah air untuk menuntaskan janjinya pada Ibu Pertiwi membangun negeri.

Habibie membangun PT Dirgantara sebagai perusahaan pelopor penerbangan di Indonesia, kemudian ia dipercaya menjabat sebagai Wakil Presiden di era Soeharto dan menjadi Presiden Indonesia setelah Soeharto lengser.

 

#3 Program Studi Menteri Ekonomi RI, Sri Mulyani

Sri Mulyani memilih mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi UI jurusan ISP (Ilmu Studi Pembangunan) Universitas Indonesia.

Akhir tahun 1990, ia menamatkan pendidikan Master sekaligus Ph.D. di University of Illinois Urbana-Champaign (UI-UC) dengan spesialisasi “Public Finance dan Urban Economy.”

Kata-kata Bijak Belajar dari Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Indonesia dan Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Prestasi Sri Mulyani tak berhenti di atas kertas. Reputasinya sebagai ekonom sekaligus negarawan begitu cemerlang, hingga mencuri perhatian dunia.

Terbukti, pada 1 Juni 2010, Bank Dunia resmi meminang Sri Mulyani untuk menduduki kursi Managing Director yang kemudian membawa namanya dalam jajaran 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia.

 

#4 Program Studi Yang Dipilih Martha Tilaar

Sariayu Martha Tilaar. Siapa yang tidak kenal merek ini?

Di baliknya ada sosok Martha Handana dengan kisah perjalanan yang begitu menginspirasi, khususnya bagi para wanita yang memang memiliki hobi di dunia kecantikan dan kosmetik.

Ketertarikan Martha dengan dunia kecantikan dan kosmetik timbul semasa ia remaja. Martha termotivasi untuk mengambil pendidikan di Academy of Beauty Culture, Indiana, Amerika Serikat, dengan program studi yang berkaitan dengan kecantikan dan kosmetik.

Tak berhenti di situ, awal tahun 1970an, ia kembali menggali passion-nya ini dengan mempelajari ilmu meramu kosmetik langsung ke pabrik-pabriknya di Eropa, Yves Rocher di Prancis, Mary Quant di Inggris, dan Hartleben di Jerman Barat.

Program Studi Ini Di Tempuh Oleh 5 Tokoh Inspirasi Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Perantau yang Harus Anda Ketahui]

 

Pada 22 Desember 1981, ia mendirikan pabrik kosmetik PT Sari Ayu, Martha Kosmetika Indonesia.

Pada 1984, berkat kiprahnya ini, Martha memperoleh Doktor Kehormatan di bidang Fashion Artistry dari The World University Tucson, Arizona, Amerika Serikat.

Pada 2008, Martha terpilih sebagai Most Admire Enterprise di ASEAN.

Hingga saat ini, Sari Ayu Martha Tilaar menjadi merek kosmetik legendaris Indonesia yang memiliki kualitas dunia dan tentunya mampu bersaing dengan merek-merek terkenal di dunia.

 

#5 Program Studi Chef Ari Munandar

Untuk nama yang satu ini mungkin kamu tidak terlalu sering mendengar. Lain halnya di kalangan dunia kuliner, nama Ari Munandar sudah sangat dikenal sebagai satu-satunya Executive Chef dari Asia di Eropa.

Program Studi Ini Di Tempuh Oleh 5 Tokoh Inspirasi Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja]

 

Kepiawaian Pria kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah ini di dunia kuliner, bersumber dari sang Ibu yang dulunya adalah pemilik usaha katering.

Ia kemudian memilih jurusan yang tak jauh-jauh dari dunia kuliner, pilihannya jatuh di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, program studi Hospitaliti.

Selepas kuliah, Ari sempat magang selama 1 tahun di Hotel Hilton di London dan berlanjut dengan menjadi koki di Sun City, Afrika Selatan. Dan, sejak 2006 hingga kini Ari menjadi  Executive Chef Hilton Prague Old Town, Praha.

 

Diperlukan Kerja Keras dan Ketekunan

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, ternyata para tokoh inspirasi Indonesia memiliki program studi kuliah yang tidak melulu jurusan ‘favorit’, betul tidak?

Berarti sebenarnya, kamu pun bisa sukses jika mengikuti passion dan bakatmu. Tentunya harus diikuti dengan kerja keras dan ketekunan luar biasa. Selamat memilih program studi terbaik kamu ya.

 

Jadi sudahkah kamu menentukan program studi untuk kuliahmu?

Share artikel ini untuk menambah pengetahuan temanmu. Jangan sungkan untuk bertanya dan berdiskusi, silakan isi kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Tunaiku. 23 Mei 2017. Jurusan Kuliah yang Ditempuh 5 Tokoh Sukses di Indonesia. Tunaiku.com – https://goo.gl/DauwMi

 

Sumber Gambar:

  • Tokoh Inspirasi Indonesia – https://goo.gl/rG61hr dan https://goo.gl/CquFHw
  • Martha Tilaar – https://goo.gl/yfrmKQ
  • Ari Munandar – https://goo.gl/qZoJhQ

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang