Setiap negara pasti punya tradisi unik seputar hari raya keagamaannya.  Termasuk ketika momen Idul Adha. Penasaran dengan tradisi unik Idul Adha di berbagai negara?

Simak dulu artikel Finansialku berikut ini ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Momen Idul Adha yang Selalu Ditunggu

Idul Adha bukan sekedar ritual keagamaan, namun jadi momen sakral bagi umat muslim. Di hari raya ini, umat muslim diminta untuk menyembelih hewan kurban, berupa sapi, kambing, ataupun domba.

Seluruh orang bersukacita menyambut hari tersebut, tak terkecuali muslim minoritas di belahan dunia lain.

Perayaan Idul Adha bertepatan dengan puncak ibadah haji di Arab Saudi. Bagi umat muslim, hari ini menjadi pengingat mereka tentang keikhlasan Nabi Ibrahim AS.

Beliau rela menyembelih sang anak demi membuktikan keimanannya kepada Allah SWT. Untuk mengikuti jejak tersebut, maka turunlah perintah penyembelihan hewan kurban di dalam Al-Qur’an.

 

Inilah 7 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara

Ada perayaan unik sepanjang Idul Adha di seluruh dunia. Di Maroko misalnya, masyarakat memiliki tradisi unik dengan meliburkan diri selama 3 hari. Libur ini dimulai dari H-1 sampai H+1 lebaran.

Tak cuma di Maroko, ada juga beberapa tradisi menarik dari negara lainnya, seperti berikut ini:

 

#1 Libur 4 Hari di Pakistan

Bagi masyarakat Pakistan, hari raya Idul Adha harus dimaknai secara khidmat. Tak salah kalau suasananya pun terkesan lebih khidmat di negeri ini.

Mendekati hari raya Idul Adha, pemerintah memberikan jatah libur 4 hari kepada seluruh masyarakat. Mereka diperbolehkan tinggal di rumah untuk mempersiapkan puncak perayaan Idul Adha.

7 Tradisi Unik Idul Adha yang Dilakukan Di Berbagai Negara Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Ketahui Jadwal dan Keutamaan Puasa Jelang Idul Adha]

 

Tradisi disini sangat berbeda dengan di Indonesia. Bila di Indonesia cenderung berlebihan saat merayakan Idul Fitri, disini sebaliknya. Hampir seluruh negara Arab menerapkan perayaan sederhana di Idul Fitri.

Namun di saat memasuki hari raya Idul Adha, ada persiapan khusus yang dilaksanakan jauh-jauh hari.

Hari libur yang diberikan oleh pemerintah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunaikan ibadah puasa Arafah.

Pada hari-hari tersebut, Anda akan menyaksikan kota yang jauh lebih lengang dan semua toko sengaja ditutup. Jadi, jangan sampai lupa membeli keperluan berhari raya dari jauh-jauh hari.

 

#2 Pesta Meriah Selama 4 Hari di China

Meskipun terhitung minoritas, muslim China punya cara tersendiri memaknai hari raya Idul Adha. Layaknya di Pakistan, mereka meliburkan diri selama 4 hari penuh.

Hari-hari tersebut diisi dengan kegiatan keagamaan, seperti membaca Al-Qur’an (tadarus), shalawatan, hingga bersilaturahmi dengan sesama umat muslim.

7 Tradisi Unik Idul Adha yang Dilakukan Di Berbagai Negara Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Inilah Panduan dan Niat Solat Idul Adha]

 

Mereka berkumpul bersama-sama atau mengunjungi rumah kerabat muslim lainnya.

Khusus di hari Arafah, mereka bergotong-royong memasak bersama untuk menyediakan menu buka puasa. Nantinya makanan tersebut disantap beramai-ramai, mulai dari yang muda hingga tua.

Selama 4 hari tersebut, acara demi acara digelar secara meriah. Semua orang berkumpul untuk dapat menghelat pesta kecil, menyambut kedatangan hari raya Idul Adha.

 

#3 Tradisi Apitan dari Indonesia

Tradisi unik kali ini datang dari Semarang tepatnya daerah Sampangan. Umat muslim disini menggelar tradisi apitan yang ditandai dengan pembuatan gunungan berisi bahan-bahan makanan.

7 Tradisi Unik Idul Adha yang Dilakukan Di Berbagai Negara Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Agar Anda Bisa Ikut Berkurban di Idul Adha 2019]

 

Anda dapat menemukan tomat, jagung, padi, cabe, atau hasil panen lainnya. Apitan hanya dapat dijumpai satu tahun sekali, tepatnya di hari raya Idul Adha.

Gunungan jadi bentuk apresiasi atas rahmat dan rezeki yang diturunkan oleh Sang Pencipta.

Tak hanya gunungan, ada pula menu makanan yang dapat disantap bersama-sama. Semuanya disediakan secara swadaya oleh warga kampung tersebut.

 

#4 Takbir Keliling di Indonesia

Di beberapa kota lain, masyarakat Indonesia memeriahkan Idul Adha dengan pawai takbir keliling. Biasanya acara tersebut diisi dengan lantunan takbir serta shalawat dengan berbagai tampilan menarik.

Bahkan ada yang sengaja mendesain kostum serta ornamen domba dan hewan kurban untuk melengkapi pawai di malam takbiran.

7 Tradisi Unik Idul Adha yang Dilakukan Di Berbagai Negara Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Harga Hewan Kurban 2019? Cek Disini!]

 

#5 Fokus Ibadah Selama 3 Hari di Maroko

Anda pasti penasaran apa yang dilakukan masyarakat Maroko selama masa libur Idul Adha. Sebagian besar umat muslim akan memadati masjid untuk memperbanyak ibadah dan mengaji.

Pada hari tersebut, mereka juga melakukan puasa Arafah untuk mendapatkan ridho dari Sang Pencipta. Ibadah jadi fokus utama selama masa liburan di negeri Maroko.

7 Tradisi Unik Idul Adha yang Dilakukan Di Berbagai Negara Dunia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Membeli Hewan Kurban, Yuk Ketahui Tips Memilih Hewan Kurban dengan Tepat]

 

Tak akan Anda dapati hilir-mudik di pasar maupun pusat perbelanjaan. Semuanya benar-benar sepi dari pengunjung. Umat muslim benar-benar memfokuskan diri mereka untuk ibadah.

Itulah mengapa Anda akan mendapati semua sudut kota lengang dan terasa syahdu. Anda dapat merasakan atmosfer kota dan menikmati keindahan seluruh sudut kota Maroko tanpa gangguan berarti.

 

#6 Tradisi Mudik di Bangladesh

Kalau di Indonesia mudik jadi tradisi hari raya Idul Fitri, berbeda dengan masyarakat Bangladesh. Mereka memanfaatkan momen Idul Adha untuk balik ke kampung halaman.

7 Tradisi Unik Idul Adha yang Dilakukan Di Berbagai Negara Dunia 07 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Agar Anda Bisa Ikut Berkurban di Idul Adha 2019]

 

Stasiun kereta api akan dipenuhi oleh lautan manusia yang hendak mudik. Bahkan mereka rela berdesak-desakan untuk dapat merayakan Idul Adha bersama sanak saudara di kampung.

 

#7 Penyembelihan Hewan Kurban di Bangladesh

Idul Adha mendapat posisi istimewa bagi muslim Bangladesh. Pada hari ini, semua keberkahan dan kebahagiaan melingkupi seluruh umat muslim dunia.

Tak hanya diisi tradisi mudik, masyarakat Bangladesh juga menyembelih hewan kurban. Menariknya, hewan disini hanya boleh disembelih oleh orang tertentu.

Hewannya pun harus memenuhi kriteria wajib, yakni berusia dewasa dan dalam kondisi sehat sempurna.

 

Memaknai Idul Adha dengan Tradisi Unik

Itulah 7 tradisi unik dari masing-masing negara. Tradisi mana yang menurut Anda paling unik? Semua tradisi tentu memiliki makna dan keistimewaan masing-masing bagi umat muslim di negara tersebut.

Apapun tradisinya, semoga perayaan Idul Adha mendatang jadi momen membahagiakan bagi banyak orang. Tak hanya untuk orang-orang yang mampu, tetapi juga untuk saudara-saudara muslim yang tengah berada di tengah konflik.

Sudah seyogyanya hari raya Idul Adha jadi momen penuh berkah bagi seluruh alam. Di hari itu, semua orang berlomba-lomba berbagi hewan kurban kepada mereka yang membutuhkan.

Hal tersebut mengajarkan kepada kita bagaimana ikhlas yang sesungguhnya. Makna berbagi tanpa mengharapkan imbalan dari Sang Pencipta sekalipun. Ada rezeki orang lain di setiap rezeki yang kita terima.

Berbicara mengenai rezeki, sudahkan Anda mengelola keuangan Anda dengan baik? Anda perlu merencanakannya dengan tepat agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai sesuai rencana.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, tradisi apa yang ingin Anda lihat secara langsung? Bagikan artikel ini pada sesama pecinta budaya dan selamat jalan-jalan untuk menikmati momen Idul Adha yang menarik, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vita Ayu Anggraeni. 22 Agustus 2018. Tradisi Unik Saat Idul Adha Dari Berbagai Negara. Goodnewsfromindonesia.id – http://bit.ly/2OyMTZf

 

Sumber Gambar:

  • Tradisi Unik Idul Adha – http://bit.ly/332FjJH
  • Tradisi Unik Idul Adha 1 – http://bit.ly/2Kbx2LN
  • Tradisi Unik Idul Adha 2 – http://bit.ly/2GIsZED
  • Tradisi Unik Idul Adha 3 – http://bit.ly/2My35Hp
  • Tradisi Unik Idul Adha 4 – http://bit.ly/2yvaXl1
  • Tradisi Unik Idul Adha 5 – http://bit.ly/2LWco4u
  • Tradisi Unik Idul Adha 6 – http://bit.ly/2T4nFAG
  • Tradisi Unik Idul Adha 7 – http://bit.ly/31b8iJi