Anda mengalami trauma investasi bodong? Jangan khawatir karena ada cara-cara jitu mengatasi trauma tersebut!

Jika dikelola melalui instrumen yang tepat, investasi dapat menghasilkan keuntungan yang menunjang kesejahteraan keluarga. Namun apa jadinya jika investasi yang Anda lakukan ternyata bodong dan merugikan hingga ratusan juta rupiah?

Tenang! Anda tidak perlu khawatir dan takut. Kali ini saya akan membagikan cara jitu mengatasi trauma dari investasi bodong. Yuk, simak artikel di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Bodong

Berinvestasi pada instrumen yang jelas merupakan cara terbaik untuk menambah dana yang ditanamkan untuk setiap tujuan keuangan yang Anda ingin capai.

Harapannya uang dapat berkembang dan menjadi berlipat meskipun membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Namun, maraknya penipuan saat ini dengan berkedok investasi semakin meningkat dan bisa membuat investasi Anda tak berjejak atau yang biasa dikenal dengan istilah tujuan keuangan.

Dilansir dari Pasardana.id, pada akhir Maret 2019 lalu, terjadi kasus penipuan investasi berkedok arisan online di Trenggalek, Jawa Timur. Korban merupakan seorang ibu yang mengalami total kerugian mencapai Rp700 juta.

Kasus tersebut bermula dengan modus arisan online. Modus tersebut kerap terjadi karena bagi kalangan ibu-ibu di Indonesia, budaya arisan sudah dikenal akrab.

Terlebih, dengan perekrutan anggotanya yang leluasa serta sistem penyetoran dana yang mudah karena hanya tinggal memberikan uang tiap bulan yang nantinya akan diberi imbal hasil tinggi dengan waktu singkat.

Mau Irit Lakukan Tips Hemat Selama Puasa, Lumayan Buat Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Bodong! 48 Entitas Telah Dihentikan Kegiatan Usahanya]

 

Sering kali banyak orang yang tergiur dengan iming-iming dari pihak yang menawarkan investasi model seperti di atas. Pada akhirnya, Anda harus gigit jari karena dana yang Anda setorkan justru raib tanpa bisa kembali.

Meskipun penipu nantinya dapat tertangkap, namun belum tentu jika dana Anda yang hilang bisa kembali. Tentunya hal ini akan membuat Anda mengalami kerugian yang besar.

Tak hanya ratusan ribu atau pun jutaan, namun investasi bodong ini juga bisa membuat Anda merugi hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah.

Dengan demikian, Anda perlu untuk mengatasi trauma dari investasi bodong sehingga bisa melakukan investasi kembali dengan aman dan terhindar dari penipuan.

 

Mengatasi Trauma Investasi Bodong

Keberadaan investasi bodong memang membuat resah. Akibatnya, tidak sedikit orang yang habis uangnya dan trauma tidak mau mencoba berinvestasi lagi.

Di sisi lain, banyak orang menunda-nunda buat berinvestasi karena mereka takut merugi. Padahal investasi itu perlu dan sangat berguna untuk membantu accelerate tujuan keuangan Anda.

Berikut merupakan cara mengatasi trauma investasi bodong yang bisa Anda terapkan:

 

#1 Menerima Diri Telah Ditipu

Hal pertama yang paling penting dilakukan ketika Anda menjadi korban investasi bodong adalah menerima kenyataan bahwa telah tertipu.

Mengakui diri sendiri sudah tertipu dan menerima kenyataan memang berat. Namun cara ini dapat membuat Anda menempatkan diri sebagai pelaku sehingga dapat mengambil alih kontrol ke depannya.

Penipu memang sudah memanfaatkan Anda dan menyalahgunakan kepercayaan yang sudah diberikan. Akan tetapi, hal tersebut sudah terjadi dan sekarang saatnya Anda bangkit kembali.

Apakah Tepat Investasi Forex Bagi Milenial 03 Risiko - Finansialku

[Baca Juga: Yess! Ternyata Gini Cara Ampuh Selamat dari Investasi Bodong]

 

Jika Anda merasa berat dan tidak tahu harus memulai dari mana, Anda bisa tetap rasional dalam menyikapi kerugian dan berkonsultasi pada ahli keuangan atau Financial Planner yang bersertifikat dan terpercaya.

Jasa Financial Planner dapat memberikan rekomendasi langkah yang harus dilakukan untuk mencapai kondisi keuangan yang kembali sehat serta mengetahui investasi yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Memang faktanya belum familiar bagi masyarakat Indonesia terhadap sosok Financial Planner ini.

Namun, memang harus disadari bahwa kita tidak bisa hanya menunggu kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keuangan, terlebih pasca terjadi permasalahan finansial seperti contohnya investasi bodong ini.

Anda perlu memiliki perencanaan keuangan untuk anggaran bulanan, tabungan, investasi, dan dana pensiun agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai, khususnya bagi Anda yang telah berkeluarga.

Aplikasi Finansialku hadir untuk memenuhi keperluan ini. Jika Anda pergi ke luar dan mencari Financial Planner bersertifikat, Anda dapat menghabiskan ratusan ribu untuk berkonsultasi selama beberapa jam.

Namun melalui aplikasi Finansialku, hanya dengan investasi sebesar Rp350 ribu, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan Financial Planner bersertifikat secara bebas dalam satu tahun.

Bukan hanya itu, aplikasi Finansialku juga membantu Anda dalam mencatat dan merencanakan keuangan Anda. Terlebih lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Financial Health Check Up untuk memeriksa kesehatan keuangan Anda.

Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya secara gratis di Google Play Store dan dapatkan solusi masalah keuangan Anda.

 

#2 Periksa Kembali Profil Risiko Anda

Sebelum memutuskan berinvestasi di mana pun, Anda dapat terlebih dahulu melakukan pemeriksaan profil risiko.

Kenapa mengecek profil resiko sebelum melakukan investasi menjadi penting karena pertanyaan-pertanyaan dari profil risiko akan memberikan gambaran apakah Anda cocok dengan potensi risiko dari sebuah produk investasi.

Mau Beli Laptop Pahami Dulu Investasi Sukuk Untuk Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati! Kenali Kebohongan Investasi pada Investasi Bodong di Indonesia]

 

Dengan mengetahui profil risiko ini, Anda bisa jadi kira-kira investasi apa yang cocok dengan Anda.

Sebuah produk investasi bisa jadi memiliki satu atau bahkan beberapa risiko sekaligus. Kenali risiko tapi jangan ditakuti.

Risiko dapat Anda kendalikan salah satu caranya dengan meningkatkan pendidikan Anda mengenai investasi tersebut, tingkatkan pengalaman Anda dan tentunya siapkan dana untuk berjaga-jaga.

 

#3 Pilih Investasi yang Relatif Lebih Aman

Jika Anda ingin memulai investasi kembali, coba untuk memilih investasi yang relatif lebih aman terlebih dahulu. Instrumen investasi yang relatif lebih aman ini salah satunya adalah Obligasi Pemerintah.

Untuk nasabah perorangan, Anda dapat membeli obligasi pemerintah ini melalui penerbitan ORI dan/atau SUKUK dengan minimal pembelian hanya Rp5 juta.

Mau Investasi Tapi Bingung 02 Investasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Aneh! Literasi Keuangan Meningkat Tapi kok Korban Investasi Bodong juga Meningkat. Apa yang Salah?]

 

Investasi ini terbilang aman karena di akhir jangka waktu utangnya, pemerintah menjamin pengembalian pokoknya serta kupon yang dibayar juga lebih tinggi dibandingkan deposito.

Selain ORI dan SUKUK, Anda juga dapat berinvestasi reksadana pasar uang yang relatif lebih aman dan cocok untuk investor yang masih belum terlalu yakin untuk investasi dengan risiko yang tinggi.

Dalam memilih produk investasi reksadana yang tepat sesuai tujuan keuangan Anda, perlu untuk memahami ilmunya lebih dalam.

Deretan kasus investasi bodong yang berulang kali terjadi menandakan adanya minat masyarakat untuk investasi namun terhalangi oleh keterbatasan pengetahuan dan informasi yang cukup dalam mengenal mana skema investasi yang benar dan salah.

Jika Anda tidak punya waktu cukup untuk mempelajarinya, Anda dapat membaca E-book Finansialku mengenai Investasi Reksadana bagi Pemula yang bisa Anda download secara gratis berikut ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#4 Memilih untuk Melupakan Trauma Investasi Bodong

Cara terakhir mengatasi trauma investasi yang tidak kalah penting adalah memilih untuk melupakan trauma yang Anda rasakan.

Mengingat kejadiannya memang diperlukan untuk pembelajaran diri, tetapi jangan terlalu larut dalam traumanya, ya!

Keputusan ada di tangan Anda. Tidak perlu merasa tak berdaya karena trauma investasi yang telah Anda alami. Life must go on!

Jadikan pengalaman sebelumnya sebagai pembelajaran. Lakukan analisa yang lebih mendalam dan lebih menyeluruh dari sebelumnya.

Lakukan upaya terbaik mengatasi trauma investasi dan investasi secepatnya karena teman terbaik buat investor adalah waktu.

 

Jadi, keluarlah dari trauma Anda dengan melakukan cara-cara di atas. Jika Anda memiliki kolega yang mengalami trauma investasi bodong, bagikanlah artikel ini untuk membuat mereka bangkit dari keterpurukan. Berbagi itu indah, bukan?

Jangan lupa berbagi dengan rekan-rekan Anda yang lain ya!

 

Sumber Referensi:

  • Dani. Mengatasi Trauma Investasi (Bodong). Danirachmat.com – http://bit.ly/2kvxfzs
  • Harry. 10 Mei 2019. Trauma Investasi Bodong, Financial Planner Rangkul Perempuan Pahami Konsep Keuangan Syariah. Pasardana.id – http://bit.ly/2l3aEKX
  • Meita Fajriana. 23 Mei 2019. Trauma Investasi Bodong, Intip Tips dari Finacial Planner Ini. Fimela.com – http://bit.ly/2kEw94G

 

Sumber Gambar:

  • Trauma Investasi Bodong – http://bit.ly/2m9Uboq

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang