Sudah Terlanjur Beli Unitlink, Apakah Perlu Tutup Polis Unitlink?

Apa yang ada di pikiran ketika Anda mendengar kata unitlink? Jika Anda sudah terlanjur beli unitlink, apakah perlu untuk tutup polis unitlink Anda?

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Unitlink

Ada orang yang mungkin tidak pernah mendengar kata unitlink sama sekali, tetapi ada juga yang sudah pernah mendengarnya dan bersikap biasa saja.

Ada yang mendengarnya lalu mulai menceritakan pengalaman pahit karena merasa dirugikan olehnya.

Unitlink adalah salah satu jenis produk asuransi yang ada di masyarakat sekarang ini.

Unitlink adalah asuransi yang menggabungkan unsur perlindungan atau proteksi dan unsur investasi. Di unitlink, terdapat banyak sekali fitur dan manfaat yang dapat diambil secara fleksibel.

Manfaat perlindungan yang ada di unitlink antara lain adalah manfaat dasar yaitu pertanggungan meninggal, dan manfaat tambahan yaitu sakit kritis, kecelakaan, rumah sakit dan pembebasan premi.

Sudah Terlanjur Beli Unitlink, Apakah Perlu Tutup Polis Unitlink 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Yuk Jenis Unitlink Sebelum Anda Mengambil Asuransi Unitlink]

 

Selain itu, di dalam unitlink juga terdapat fitur investasi, yang hampir sama seperti reksa dana, dimana nasabah dapat memilih investasi mana yang ingin diambil, mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Oleh karena itu, banyak sekali hal yang sebenarnya dapat dilakukan oleh nasabah dengan 1 polis unitlink, tetapi jarang sekali nasabah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang unitlink.

 

 

 

Unitlink adalah Produk Asuransi

Mengapa banyak sekali orang yang merasa dirugikan oleh asuransi unitlink?

Karena mereka seringkali diiming-imingi dengan perkembangan investasi yang baik, manfaat yang besar bahkan nilai tunai yang dapat diambil kapanpun sementara manfaat perlindungannya masih akan terus berjalan sampai 99 tahun.

Apakah Anda salah satu orang yang pernah mendengar hal ini?

Jika Anda adalah salah seorang pemilik asuransi unitlink, mungkin informasi ini akan menambah wawasan Anda tentang unitlink Anda. Apalagi ketika Anda berpikir bahwa Anda ingin menutup polis Anda karena Anda merasa dirugikan.

Unitlink seperti yang tertulis di buku polis Anda atau di ilustrasi produk, adalah sebuah produk asuransi, yang artinya unitlink lebih tepat jika digunakan sebagai instrumen asuransi, bukan sebagai instrumen investasi.

Ketahui Dulu Yuk Jenis Unitlink Sebelum Anda Mengambil Asuransi Unitlink 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang!]

 

Investasi yang terdapat di dalam asuransi unitlink sebenarnya bermanfaat untuk membayarkan biaya-biaya yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh karena itu, banyak sekali orang yang merasa dirugikan karena investasi mereka tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Tetapi jika Anda benar-benar membeli unitlink oleh karena manfaat perlindungannya, maka Anda sudah mengambil pilihan yang tepat, karena manfaat perlindungan unitlink sangatlah beragam dan fleksibel.

Anda dapat membelinya secara maksimum dan untuk jangka yang panjang, akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Lalu, bagaimana jika Anda sudah terlanjur membelinya dan Anda sama sekali tidak mengerti apa manfaat polis unitlink yang Anda beli? Apakah Anda harus menutup polis Anda?

 

Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Sudah Terlanjur Beli Unitlink, Apakah Perlu Tutup Polis Unitlink?

Ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan sebelum Anda mempertimbangkan untuk menutup atau melanjutkan polis unitlink Anda.

 

#1 Apa Saja Manfaat Asuransi Di Dalam Polis Unitlink Anda?

Ini adalah pertimbangan pertama yang sangat penting. Jika Anda belum mengetahui apa yang Anda beli, sekarang adalah saatnya Anda melakukan review dan mengetahui apa yang Anda beli.

Anda dapat bertanya kembali kepada agen Anda atau mungkin kepada orang sekitar Anda yang mengerti tentang unitlink, untuk me-review manfaat asuransi yang ada di polis unitlink Anda.

Konsultasi Berapa Lama Idealnya Cuti Premi pada Asuransi Unitlink 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Berapa Lama Idealnya Cuti Premi pada Asuransi Unitlink?]

 

Mengapa manfaat asuransinya? Karena memang unitlink adalah polis asuransi, investasinya akan digunakan untuk membayar biaya-biaya yang ada di polis unitlink, salah satunya untuk biaya asuransi yang terus meningkat.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berapa besar uang pertanggungan dan manfaat asuransi apa saja yang ada di polis unitlink Anda.

Setelah Anda mengetahui manfaat asuransi yang Anda beli di unitlink, Anda butuh pertimbangan yang lainnya untuk dapat memutuskan apakah harus ditutup atau tidak.

 

#2 Sudah Berapa Lama Anda Membayar Polis Unitlink Anda?

Pertimbangan yang lainnya adalah sudah berapa lama Anda menabung polis unitlink Anda.

Mungkin Anda sudah mengetahuinya, bahwa di dalam unitlink terdapat biaya akuisisi di dalam beberapa tahun pertama sejak Anda membayar premi unitlink. Biaya akuisisi jumlahnya cukup besar karena bisa sampai 200% dari premi tahunan Anda.

Oleh karena itu, jika Anda sudah lebih dari 5 tahun membayar premi unitlink Anda, akan jauh lebih baik jika Anda meneruskan polis unitlink Anda.

Anda tidak perlu menutupnya karena biaya akuisisi akan berulang lagi jika Anda membuka polis yang baru. Tetapi, jika Anda baru mulai membeli unitlink Anda selama 1-2 tahun, Anda butuh pertimbangan yang lainnya lagi.

 

#3 Berapa Besar Kebutuhan Uang Pertanggungan Anda?

Setelah Anda mengetahui apa yang Anda beli dan berapa lama Anda telah membayarnya, saatnya Anda mengetahui berapa besar sebenarnya kebutuhan Anda akan asuransi.

Segala sesuatu butuh perencanaan, termasuk asuransi Anda.

Salah satu hal penting di dalam perencanaan adalah mengetahui seberapa besar yang Anda butuhkan. Anda dapat menghitung kebutuhan uang pertanggungan dengan aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda juga dapat menghubungi perencana keuangan yang secara tulus dapat membantu Anda untuk menghitung seberapa besar kebutuhan uang asuransi Anda tanpa mempunyai kepentingan untuk menjual produk kepada Anda.

 

#4 Apakah Polis Unitlink Anda Memenuhi Kebutuhan Uang Pertanggungan Anda?

Setelah Anda mengetahui besar kebutuhan uang pertanggungan Anda, Anda dapat mulai melihat seberapa besar kebutuhan tersebut terpenuhi oleh polis unitlink Anda.

Jika polis unitlink Anda sangat tidak menjawab kebutuhan Anda dan keuangan Anda masih dalam posisi yang cukup sulit untuk menambah polis asuransi yang baru, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti polis asuransi unitlink Anda dengan polis asuransi yang lebih menjawab kebutuhan Anda.

Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Jiwa: Pilih Tradisional atau Unitlink?]

 

Tetapi Anda harus benar-benar mengetahui apa yang Anda butuhkan.

Karena jika tidak, Anda hanya akan terjatuh di kesalahan yang sama lagi. Jika tidak, jauh lebih baik jika Anda meneruskan polis unitlink Anda tanpa harus ditutup.

 

 

 

Rencanakan Keuangan Anda Sebelum Membuat Keputusan

Baik Anda memutuskan untuk melanjutkan ataupun tidak polis unitlink Anda. Hal yang terpenting adalah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dan mengetahui kebutuhan serta tujuan keuangan Anda.

Oleh sebab itu, keputusan keuangan Anda bergantung pada seberapa efisien dan optimal uang Anda dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda dan mencapai tujuan keuangan Anda sesuai dengan perencanaan Anda.

Semoga Anda membeli dan memanfaatkan asuransi unitlink dengan benar.

 

Apakah artikel ini menambah wawasan Anda tentang unitlink? Bagaimana pendapat Anda, apakah Anda memutuskan untuk melanjutkan atau menutup unitlink Anda?

Apakah artikel ini membantu Anda dalam mempertimbangkan kembali keputusan Anda akan asuransi Anda?

Silahkan berikan jawaban Anda dan bagikan artikel ini kepada orang lain agar mereka juga semakin mengerti tentang unitlink.

 

Sumber Gambar:

  • Tutup Polis Unitlink 1 – https://goo.gl/Umyeg4
  • Tutup Polis Unitlink 2 – https://goo.gl/1XtZRw

 

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-10-20T14:28:20+00:00 October 16th, 2017|Categories: Asuransi, Unitlink|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download