Ketahui Dulu Yuk Jenis Unitlink Sebelum Anda Mengambil Asuransi Unitlink

Sebelum Anda mengambil asuransi unitlink, maka ada baiknya Anda mengetahui dulu jenis unitlink.

Semakin berkembangnya perusahaan asuransi yang menjual asuransi unitlink dan semakin banyaknya tenaga penjual yang memasarkan asuransi unitlink, membuat kita sering mendengar tentang produk unitlink.

Mungkin Anda juga salah satu orang yang sering mendapatkan penawaran unitlink. Tetapi, kali ini saya akan membahas pengetahuan lain tentang unitlink yaitu jenis asuransi unitlink.

Apa saja sebenarnya jenis unitlink?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Unitlink

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, asuransi unitlink adalah asuransi yang di dalamnya terdapat unsur investasi. Jadi, unitlink mengkombinasikan dua produk keuangan, yaitu asuransi dan investasi.

Manfaat asuransi yang ada di unitlink sangatlah bervariasi dan nasabah dapat mengambil manfaat asuransi dengan kombinasi yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk fitur investasi yang ada di dalam unitlink, biasanya perusahaan asuransi menginvestasikan dana nasabah unitlink ke reksa dana.

Oleh karena itu, nasabah akan diberi pilihan oleh perusahaan asuransi, apakah dana nasabah akan diinvestasikan di reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap atau pasar uang.

Ketahui Dulu Yuk Jenis Unitlink Sebelum Anda Mengambil Asuransi Unitlink 02 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Lama Idealnya Cuti Premi pada Asuransi Unitlink?]

 

Sebenarnya unitlink adalah produk asuransi yang sangat lengkap, banyak fitur yang terdapat di dalam satu produk tersebut, sehingga nasabah dapat se-fleksible mungkin untuk membuat satu perlindungan yang sesuai dengan kebutuhannya hanya dengan satu produk unitlink.

Ada beberapa jenis unitlink yang beredar di masyarakat dan tenaga penjual terkadang sudah menjelaskan beberapa jenis unitlink tersebut, tetapi tidak secara langsung memberi tahu bahwa itu merupakan salah satu jenis unitlink.

Apa saja jenis unitlink, mari kita simak di bawah ini.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jenis Unitlink Berdasarkan Jenis Akun

Berdasarkan jenis akunnya, unitlink dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu akun untuk asuransi dan akun untuk investasi.

 

#1 Unitlink Akun Asuransi

Unitlink akun asuransi adalah unitlink yang biasa ditawarkan kepada nasabah, dimana nasabah akan mendapatkan manfaat-manfaat asuransi mulai dari asuransi jiwa sampai dengan asuransi kesehatan.

Unitlink akun asuransi juga terdapat investasi, dimana investasi biasanya akan terbentuk setelah tahun kedua yang akan digunakan untuk membayar biaya-biaya yang ada, seperti biaya asuransi, biaya administrasi dan biaya pengelolaan investasi.

 

#2 Unitlink Akun Investasi

Di dalam unitlink akun investasi, biasanya nasabah ditawarkan untuk menginvestasikan sejumlah uang sekaligus, dimana nasabah akan mendapatkan perlindungan uang pertanggungan meninggal sejumlah 125% dari jumlah uang yang diinvestasikan.

Harapan nasabah dalam investasi yaitu uang yang diinvestasikan dapat berkembang dan memperoleh keuntungan.

Asuransi Jiwa Unitlink, Sebenarnya Menguntungkan Nasabah atau Tidak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang!]

 

Apabila nasabah meninggal dunia di dalam prosesnya, maka perusahaan asuransi akan membayarkan dana pertanggungan meninggalnya atau nilai investasi yang sudah terbentuk, mana yang lebih besar.

Nasabah tidak dapat memperoleh keduanya.

 

Jenis Unitlink Berdasarkan Pembayaran Premi

Berdasarkan jenis setoran preminya, unitlink dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni unitlink premi tunggal dan unitlink premi berkala.

 

#1 Unitlink Premi Tunggal

Dalam unitlink premi tunggal, nasabah membayarkan premi tunggal secara sekaligus di muka.

Cara pembayaran premi tunggal ini cocok bagi orang yang secara finansial sudah mapan. Setoran preminya besar dan hanya dilakukan satu kali selama masa perlindungan polis asuransi.

Selanjutnya, nasabah tidak mempunyai kewajiban untuk membayar premi lagi.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#2 Unitlink Premi Berkala

Untuk unitlink premi berkala, nasabah harus membayar premi secara berkala atau bertahap. Tahapan pembayaran premi unitlink premi berkala ini bisa setiap bulan, setiap triwulan, atau setiap tahun sampai dengan jangka waktu tertentu.

Jenis unitlink premi berkala ini cocok untuk seseorang yang ingin mendapatkan perlindungan sekaligus investasi, namun hanya memiliki dana yang terbatas.

Produk ini juga sering menjadi pilihan bagi yang masih berusia muda.

apakah-mahasiswa-dan-anak-muda-perlu-asuransi-jiwa-unitlink-2-finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Jiwa: Pilih Tradisional atau Unitlink?]

 

Untuk jenis ini, dana investasi nasabah tidak boleh ditarik selama jangka waktu tertentu.

Hal ini dikarenakan ada sejumlah biaya yang akan dikenakan terhadap hasil investasi tersebut, seperti biaya asuransi, biaya pengelolaan dana dan biaya administrasi, yang dapat mengurangi imbal hasil atau return dari investasi tersebut.

Salah satu keuntungan dari unitlink premi berkala ini, yaitu apabila kondisi keuangan nasabah sedang menurun dan tidak memungkinkan untuk membayar premi, nasabah dapat mengajukan cuti premi setelah melewati jangka waktu tertentu, selama dana yang ada cukup untuk membayarkan biaya-biayanya.

 

Jenis Unitlink Berdasarkan Penempatan Dana

Berdasarkan penempatan dana investasinya, unitlink dibagi menjadi empat jenis, yaitu unitlink pasar uang (cash fund unitlink), unitlink pendapatan tetap (fixed income unitlink), unitlink campuran (managed fund unitlink), dan unitlink saham (equity fund unitlink). 

Pembagian berdasarkan penempatan dana ini sistemnya menyerupai pembagian jenis investasi di produk reksa dana karena memang strategi investasi unitlink berupa penempatan aset di penyertaan reksa dana.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#1 Unitlink Pasar Uang

Produk asuransi unitlink ini menempatkan seluruh porsi dana investasinya di instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka dan surat utang yang berjangka kurang dari satu tahun.

Risikonya relatif rendah namun juga memberikan imbal hasil yang terbatas.

Produk ini cocok bagi orang yang tidak berani mengambil risiko yang besar.

 

#2 Unitlink Pendapatan Tetap

Produk asuransi unitlink ini menempatkan porsi dana investasi yang dikelola sekurang-kurangnya 80% di instrumen surat utang atau obligasi, dan selebihnya di instrumen pasar uang.

Risiko investasinya lebih tinggi daripada unitlink pasar uang, dengan nilai imbal hasil yang lebih tinggi pula, tetapi masih lebih rendah daripada imbal hasil dari unitlink campuran atau saham.

Produk ini cocok bagi orang yang ingin mendapatkan imbal hasil yang relatif stabil.

Asuransi Jiwa Unitlink, Sebenarnya Menguntungkan Nasabah atau Tidak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

#3 Unitlink Campuran

Produk asuransi unitlink campuran menempatkan porsi dana investasi di beragam instrumen, seperti saham, surat utang, dan pasar uang, dengan perbandingan yang tidak termasuk dalam kategori unitlink pendapatan tetap atau saham.

Potensi imbal hasil dan risiko dari produk ini secara teori bisa lebih besar daripada unitlink pendapatan tetap, namun lebih kecil daripada unitlink saham.

Jenis ini cocok bagi orang yang ingin mendapatkan pendapatan cukup sambil mengharapkan hasil investasi jangka panjang.

 

#4 Unitlink Saham

Produk asuransi unitlink saham menempatkan sekurang-kurangnya 80% dari portofolio investasi yang dikelola ke dalam instrumen saham.

Saham umumnya memberikan potensi imbal hasil yang lebih tinggi berupa keuntungan modal melalui pertumbuhan harga saham dan dividen.

Unitlink saham menawarkan potensi pertumbuhan nilai investasi yang paling besar, namun dengan risiko yang paling besar pula.

Jenis ini cocok bagi orang yang mengharapkan hasil investasi tinggi dan terbiasa dengan risiko tinggi.

Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Unitlink, Sebenarnya Menguntungkan Nasabah atau Tidak?]

 

Ada satu lagi jenis produk asuransi unitlink terbaru berdasarkan penempatan dana yang disebut unitlink syariah, dimana porsi dana investasinya ditempatkan berdasarkan prinsip syariah.

Unitlink syariah juga dibagi menjadi empat kategori seperti di atas, seperti unitlink saham syariah, unitlink campuran syariah, dan unitlink lainnya.

 

Jenis Unitlink Berdasarkan Tujuan Keuangan

Pembagian jenis unitlink berdasarkan tujuan keuangan ini sebenarnya merupakan program yang dibuat perusahaan asuransi untuk menyesuaikan kebutuhan nasabahnya.

Jadi, semacam paket produk yang ditawarkan perusahaan asuransi sesuai tujuan keuangan nasabah. Misalnya unitlink pendidikan yang bertujuan untuk asuransi dana pendidikan, atau unitlink pensiun sebagai asuransi dana pensiun.

 

Beli Unitlink Setelah Anda Mengetahui Kebutuhan Anda

Memang unitlink adalah suatu produk keuangan yang sudah booming saat ini.

Sebagian besar orang pasti pernah ditawarkan produk unitlink, tetapi masih banyak orang yang masih belum mengetahui secara tepat bagaimana unitlink bekerja.

Ada lebih baik sebelum Anda membeli unitlink, ketahui terlebih dahulu kebutuhan Anda dan bagaimana unitlink yang Anda beli dapat memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

 

Apakah artikel ini menambah wawasan Anda tentang jenis asuransi unitlink yang ada di masyarakat?

Menurut Anda, apakah artikel ini dapat bermanfaat juga untuk menambah wawasan teman-teman Anda atau orang lain? Apakah Anda bersedia untuk membagikan artikel ini untuk membantu orang lain?

Silahkan bagikan artikel ini untuk membantu menambah wawasan orang lain yang membaca artikel ini tentang jenis asuransi unitlink.

 

Sumber Gambar:

  • Unitlink – https://goo.gl/6otyos
  • Jenis Unitlink – https://goo.gl/LzboeC

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-09-18T15:13:12+00:00 September 18th, 2017|Categories: Asuransi, Unitlink|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download